Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN CV ARTHA MEGAH KABUPATEN MALANG DALAM MEMUASKAN KONSUMEN


BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang  Semakin  pesatnya  perkembangan  dunia  usaha  seiring  kemajuan  teknologi dan globalisasi, mengakibatkan semakin tajamnya persaingan usaha  di  bidang  pemasaran  maupun  usaha  di  bidang  jasa  untuk  meningkatkan  kualitas  dan  mutu  pelayanan  sangat  menentukan  keberhasilan  perusahaan.
 Dimana  perusahan  itu  sendiri  harus  memiliki  nilai  lebih  atau  keunggulankeunggulan  kompetitif  yang  mampu  memberikan  ciri  khas  tersendiri  dan  berbeda  dengan  perusahaan  lain.  Nilai  lebih  yang  ditawarkan  perusahan  di  harapkan  mampu  memberikan  kepuasan  pada  konsumen,  maka  kepuasaan  konsumen merupakan sasaran dan tujuan perusahaan.
 Kepuasan  tersebut  dapat  terbentuk  bila  perusahaan  mampu  memberikan produk barang atau jasa sesuai dengan harapan konsumen. Salah  satu  cara  untuk  memberikan  kepuasan  pada  konsumen  yaitu  dengan  meningkatkan pelayanan. Yang mana pelayanan  merupakan sebuah kegiatan  atau  urutan  kegiatan  yang  terjadi  dalam  interaksi  langsung  antara  seseorang  dengan  orang  lain  atau  mesin  secara  fisik.  Dalam  kamus  besar  bahasa  Indonesia  dijelaskan  bahwa  pelayanan  sebagai  usaha  melayani  kebutuhan  orang  lain.  Sedangkan  melayani  adalah  membantu  menyiapkan  (mengurus)  apa yang diperlukan seseorang. Sedangkan kualitas pelayanan merupakan citra  kualitas  pelayanan  yang  baik  yang  timbul  dari  persepsi  atau  sudut  pandang  konsumen bukan dari persepsi atau sudut pandang penyedia jasa.
  Usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, salahsatunya yang  dilakukan dengan menarik manfaat dan kegunaannya suatu produk, untuk itu  manusia  melakukan  kegiatan  pertukaran  yang  melibatkan  berbagai  faktor  secara langsung maupun tidak langsung.

 Sehubungan  dengan  kegiatan  pertukaran  untuk  memenuhi  kebutuhan  hidup manusia, seperti yang diungkapkan Philip kotler bahwa:  “Pemasaran  merupakan  kegiatan  manusia  yang  diarahkan  kepada  pemuasan  kebutuhan  dan  keinginan  orang  atau  pihak  lain  melalui  proses  pertukaran,  yang  mana  pemasaran  harus  dilihat   dari  berbagai  komponen  yaitu  kebutuhan,  keinginan,  tuntutan,  produk,  pertukaran,  transaksi, dan pasar”.
  Adapun memberikan kepuasan pelayanan pada konsumen ternyata cara  memasarkan barang atau jasa itu sendiri juga sangatberpengaruh dalam proses  pemasaran. Seperti yang di ungkapkan oleh Philip Kotter bahwa :  “Pemasaran  adalah  fungsi  bisnis  yang  mengenali  keperluan  dan  kepentingan  yang  tidak  terpenuhi  sekarang,  mendefinisikan  dan  mengukur  besarnya,  menetapkan  pasar  tujuan  tempat  organisasi  itu  memberikan  layanan  terbaik  dan  menentukan  produk,  layanan,  dan  program yang pantas untuk melayani pasar tersebut.
  Dari kedua pernyataan diatas dapat disimpulkan  bahwa dalam proses  pemenuhan  kebutuhan  manusia  tidak  terlepas  dari  proses  pemasaran.  Yang  mana pemasaran itu sendiri ditujukan untuk memenuhikebutuhan konsumen  dan memberian kualitas pelayanan yang baik kepada konsumen. Hal ini bisa  dilihat  dari  hasil  proses  transaksi  dan   memberikan layanan  terbaik  bagi  konsumen.
   Philip  Kotler,  Manajemen  Pemasaran,  Analisis  Perencanaan,  Komplementasi  Dan  Pengendalian. (Jakarta : Salemba Empat, 1995) hlm 5   Basu Swastha, Azas-Azas Marketing. ( Yogyakarta: Liberty, 1984) hlm. 3   Kualitas  pelayanan  adalah  kualitas  jasa  yang  dapat  memberikan  kepuasan  bagi  konsumen  sebagai  pelanggan  dengan  melihat  dari  sudut  pandang pelayanan yang mana dalam pelayanan ini diharapkan konsumen.
  Kepuasan adalah perasaan senang kecewa seseorang yang berasal dari  perbandingan  antara  kesannya  terhadap  kinerja  (hasil)  suatu  produk  dan  harapan-harapannya,  sedangkan  kepuasan  pelanggan  merupakan  fungsi  dari  kesan  kinerja  dan  harapan,  jika  kinerja  berada  dibawah  harapan  maka  pelanggan  tidak  puas  dan  jika  kinerja  memenuhi  harapan  maka  pelangggan  akan  puas  dan  jika  kinerja  melebihi  harapan,  pelanggan  amat  puas  atau  senang.
  Walaupun  demikian,  banyak  perusahaan  yang  kurang  menyadari  arti  penting  kepuasan  konsumen.  Akibatnya,  dalam  jangka  panjang  perusahaan  akan mengalami kemunduran karena ditinggalkan oleh  konsumennya. Selain  mengabaikan  kepuasan  konsumennya,  banyak  pula  perusahaan  yang  kurang  berupaya untuk menelusuri dan mempelajari kepuasan konsumen.
 Kualitas produk dan pelayanan, kepuasan pelanggan dan profitabilitas  perusahaan.  semakin  tingginya  tingkat  kualitas  menyebabkan  semakin  tingginya  kepuasan  pelanggan  dan  juga  mendukung  harga  yang  lebih  tinggi  serta biaya yang lebih rendah. Selain itu juga komunikasi juga berperan dalam  hal ini karena Komunikasi berjalan lancar  apabila ada interaksi diantara dua   Sunaryo.  2006.  Strategi-Strategi  Pelayanan   http:  //www.ib-ptid=1&did=198.Diakses  pada  tanggal 19 November 2007   Philip  Kotler,  Manajemen  Pemasaran  Analisis,  Perencanaan,  Implementasi,  Dan  Kontrol.
 (Jaksarta: PT.Prenhallindo Erlangga,1997) hlm. 36   belah  pihak  sehingga  menghasilkan  pelayanan  yang  memuaskan  kepada  pelanggan.
 Adapun upaya untuk mewujudkan kepuasan konsumen total bukanlah  hal yang mudah. Kepuasan konsumen total tidak mungkin tercapai sekalipun  hanya untuk sementara waktu upaya perbaikan dan penyempurnaan kepuasan  hanya dapat dilakukan dengan berbagai strategi.
  Oleh sebab itu perusahaan jasa perlu mempertahankandimensi kualitas  layanan  jasa  yang  mempengaruhi  kepuasan  konsumen.  Seperti  yang  diungkapkan  oleh  Christopher  Lovelock   bahwa  konsumen  mempunyai  kriteria  yang  pada  dasarnya  identik  dengan  beberapa jenis  jasa  yang  memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kriteria tersebut adalah:  1.  Reliability(kehandalan)  Kemampuan  untuk  memberikan  jasa  secara  akurat  sesuai  dengan  yang  dijanjikan.
 2.  Responsiveness(daya tanggap)  Kemampuan  karyawan  untuk  membantu  konsumen  menyediakan  jasa  dengan cepat sesuai dengan yang diinginkan konsumen.
 3.  Assurance(jaminan)  Pengetahuan  dan  kemampuan  karyawan  untuk  melayani  dengan  rasa  percaya diri.
   Nasution,  “Total  Service  Managemen”  Manajemen  Jasa  Terpadu”  Edisi  Pertama.  (Bogor  Selatan : Gahalia Indonesia, 2004)   4.  Emphaty (empati)  Karyawan  harus  memberikan  perhatian  individual  kepada  konsumen  dan  mengerti kebutuhan konsumen.
 5.  Tangible(kasat mata)  Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personal, dan alat-alat komunikasi.
  Adapun penelitian terdahulu  yang relevan dengan tema  yang diambil  penulis  yang  diharapkan  dapat  membantu  penulis  dalam  mengarahkan  penelitian yang akan dilakukan untuk lebih jelasnyadapat kita lihat dibawah  ini.
 Machfud Suyuti 2005 melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh  Dimensi  Kualitas  Jasa  Terhadap  Kepuasan  Nasabah  Pada  Bank  Nasional  Indonesia  Cabang  Kediri“.  Adapun  penelitian  ini  mempunyai  variabelvariabel  yang  meliputi  tangible,  reliability,  responsiveness,  assurance,  empathy  dan  ada  20  item  yang  digunakan  untuk  item  pertanyaan  sedangkan  alat  regresi  yang  digunakan  adalah  regresi  berganda dan  korelasi  berganda.
 Dalam  pengambilan  sampel  peneliti  menggunakan  99  responden  dengan  menggunakan metode proposional area sampling.Dan hasil dari penelitian ini  adalah  kualitas  pelayanan  menurut  persepsi  pelanggan  sangat  baik,  tingkat  kepuasan secara umum mereka cukup puas, dan ada pengaruh yang signifikasi  dan searah antara pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan serta variabel  yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan adalah  variabel  assurance.
   Rangkuti  Fredy,  Tehnik  Mengukur  Dan  Strategi  Meningkatkan  Kepuasan  Pelanggan (Jakarta:  PT.Gramedia Pustaka Utama, 2006) hlm 18   Salah satu perusahaan jasa yang berkembang di bidang jasa yaitu CV  Artha  Megah  Kab.Malang.  CV  Artha  Megah  Kab.  Malang  adalah  lembaga  bisnis yang berorientasi di bidang jasa - jasa komputer dan peralatan kantor,  perlengkapan sesuai dengan kebutuhan dan keinginanpelanggan dan tentunya  mampu  memberikan  kepuasan  kepada  konsumen  dalam  menghadapi  persaingan  tidak  terlepas  dari  usaha  CV  Artha  Megah Kab.  Malang  sendiri  dalam  menunjukan  kualitas  jasanya.  Untuk  memenuhi  harapan,  mencari  dan  mempertahankan  pelanggan.  Ditinjau  dari  sisi  kebutuhan  kepuasaan  pelanggan maka hal ini harus dapat di tangkap secara jeli oleh para pemasar  CV  Artha  Megah  Kab.  Malang  itu  sendiri,  agar  dapat  menampilkan  kinerja  sebagai  salah  satu  perusahaan  jasa  yang  mampu  memberikan  kualitas  pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
 Dari  latar  belakang  diatas  dan  berdasarkan  hasil  penelitian  yang  terdahulu   maka  hal  inilah  yang  menjadi  alasan  penulis  untuk  melakukan  penelitian pada CV Artha Megah Kab. Malang dengan judul  "PENERAPAN  KUALITAS  PELAYANAN  CV  ARTHA  MEGAH  KAB.  MALANG  DALAM MEMUASKAN KONSUMEN".
 B.  Rumusan Masalah  Berdasarkan  latar  belakang  yang  dijelaskan  diatas,  maka  rumusan  masalah yang dapat diungkapkan dalam penelitian iniadalah :  1.  Bagaimana penerapan kualitas pelayanan CV Artha Megah Kab. Malang  dalam  memuaskan  konsumen  ditinjau  dengan  bukti  fisik,  kehandalan,  responsif, jaminan dan empati?   2.  Bagaimana  tanggapan  para  konsumen  CV  Artha  Megah  Kab.  Malang  mengenai kualitas pelayanan dalam memuaskan konsumen yang ditinjau  dengan bukti fisik, kehandalan, responsif, jaminan dan empati ?  
C.  Tujuan Penelitian  1.  Untuk  mendeskripsikan  bagaimana  penerapan  kualitas  pelayanan  CV  Artha Megah Kab. Malang dalam memuaskan konsumen ditinjau dengan  bukti fisik, kehandalan, responsif, jaminan dan empati.
 2.  Untuk  mendeskripsikan  bagaimana  tanggapan  pelanggan terhadap  pelayanan CV Artha Megah Kab. Malang dalam memuaskan konsumen  ditinjau dengan bukti fisik, kehandalan, responsif,jaminan dan empati.
 D.  Manfaat Penelitian  1.  Bagi Perusahaan  a.  Memberi  tambahan  informasi  mengenai  persepsi  konsumen  terhadap  kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan.
 b.  Dapat  dijadikan  sebagai  bahan  masukan  untuk  memperbaiki  kualitas  pelayanan yang dapat memuaskan konsumen.
 2.  Bagi jurusan pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah  Penelitian  ini  diharapkan  dapat  menghasilkan  laporan  penelitian  yang bias digunakan sebagai acuan atau pustaka bagipeneliti selanjutnya  yang ingin mengkaji tentang kualitas pelayanan jasa.
  3.  Bagi pengguna jasa CV Artha Megah Kab. Malang  Bersama  peneliti  ini  diharapkan  konsumen  lebih  kritis  dalam  memilih  pelayanan  yang  disediakan  oleh  lembaga–lembaga  bisnis  penyedia jasa pelayanan.
 E.  Sistematika Pembahasan  BAB I PENDAHULUAN  Membahas tentang pendahuluan yang meliputi tentang latar belakang,  hal ini diperlukan untuk mengetahui sesuatu yang mendasari pemilihan tema.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi