Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PENERAPAN PROMOSI KARTU Shar-e DAN PELAYANAN NASABAH SECARA ISLAMI PADA BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk. CABANG MALANG


BAB I  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang  Sejalan dengan kondisi perkembangan dan kemajuan teknologi dalambidang  pemasaran, persaingan ekonomiyang terjadi akan berpangaruh pada peningkatan  kualitas dan mutu pelayanan yang akan diberikan perusahaan pada nasabahnya,  kondisi demikian membuat para nasabah dihadapakan pada berbagai alternatife pilihan pembelian dalam rangka memenuhikebutuhannya.Sementara dipihak lain perusahaan menimbulkan iklimpersaingan yang semakin tinggi dalam  mendapatkan nasabah yang baru.
 Produsen dari berbagai produk barang dan jasa berusaha dengan keras  merebut simpatik dan menciptakan keinginan memberi dari konsumen, selain itu  juga bertahan dan maju dalam persaingan yang kompetitif, perusahaan  memerlukan perencanaan dan pelaksanaan secara cermat dan tepat sehinga tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangkapanjang yang telah ditetapkan bisa terealisasi dengan baik.
 Memiliki pelanggan yangsangat loyaladalah Bank Muamalat. Kelahirannya  yang diprakarsai Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia  menjadikan Bank Muamalat sebagai bank yang pertama kali dipercaya  mengedepankan prinsip-prinsip syariah. Akibatnya, nasabah yang berpegang  teguh terhadap nilai-nilai Islamakan langsung mengalihkan dananya ke Bank  Muamalat. Artinya, masyarakat yangsetia menjalankan aturan-aturan dalamIslam otomatis akan menjadi nasabah Bank Muamalat yang sangat loyal.
 Memang, bila kita mengacu pada karakteristik segmen pasarnya, pasar Bank  Muamalat adalah orang-orang yangmemiliki kepatuhan tinggi terhadapprinsip   Islamatau biasa disebut pasar emosional.Karakter pelanggan seperti ini adalah  sangat setia dan selalu berusaha ikutmempromosikan produk atau perusahaan  tersebut.

 Namun, Bank Muamalat menyadari bahwa pasar emosional ini tidaklah besar.
 Karena pasar terbesar adalah pasar rasional yang tidak hanya mementingkan  prinsip keadilan tetapi juga keuntungan yang bisa didapat dari dana yang mereka  simpan. Karena itu, untuk meraih pasar rasional tersebut dan menciptakan  nasabahnya agar menjadi long life loyalist, Bank Muamalat melakukan berbagai  inovasi. Salah satu inovasi yang menarik adalah pada produk Shar-e.
 Shar-e merupakan sebuah jasa layanan  investasi syariahyang berbasis  teknologi dengan mengombinasikan akses investasi syariah, ATM dan  Debit  Card. Kartu ini bukan hanya kartu investasi yang akan memperoleh bagi hasil,  tetapi juga berfungsi sebagai ATM dan Debit Card.
 Selain itu, dengan berbagai kemudahan dan jaringan yang luas, karena  bekerjasama dengan kantor Pos di seluruh daerah di Indonesia, maka produk  Shar-e akan bisa meningkatkan loyalitas nasabah Bank Muamalat.
 Melalui Shar-e juga, Bank Muamalatmemang ingin menciptakan suatu  keterikatan emosional dan kemudahan bagi semua pelanggannya. Sesuai dengan  Tagline-nya yaitueasy, everywhere & extraordinary,Bank Muamalat  menyediakan sebuah Investment Cardpertamadi Indonesia, bahkan di dunia,  yang akan dikelola sesuai syariah dan memberikan akses kepada para peminat  investasimelalui bank syariah.
 Memang, Shar-e Cardditujukan untuk menjadi brandyang dapat digunakan  oleh mitra aliansi Bank Muamalat. Baikmitra yang berupa bank maupun lembaga  keuangan lainnya.
  Agar loyalitasnasabahnya terus meningkat dan sustainable, Bank Muamalat juga berusaha untuk selalu memberikanberbagai kemudahan. Misalnya dengan  memberikan kemudahan kepada pemegang kartu Shar-e sehingga dapat  mengaktivasi nomor rekening padakartu tersebut dan memiliki nomor rekening di Bank Muamalat. Dengan kemudahaan tersebut, pengguna Shar-e juga dapat  mengakses 18.000 Debit BCA dan memperoleh akses penarikan tunai secara halal  dan free of chargepada 4.885 ATM BCA dan ATM Bersama.
 Strategi yang dilakukan Bank Muamalatdengan produk Shar-E bisa dikatakan  sebagai penerapan strategi life-longloyalist. Nasabah banyak diberi kemudahan  melalui Shar-E carddalam berbagai aktivitasnya. Sehingga, nasabah akan terus  menggunakan Shar-Edalamsetiap transaksinya. Nasabah yang awalnya memang  sangat loyal, akan semakin loyaldengan berbagai kemudahan yang diberikan  Shar-e.
 Intinya, loyalistyang sustainableakan terciptabilasebuahperusahaandapat  selalu membuat produk yang mampu memberikan kemudahaan dan manfaat lebih  kepada pelanggannya. Pelanggan pun akan banyak memberikan keuntungan  kepada perusahaan dengan melakukan promosi terhadap lingkungannya.
  Di tengah perbankan nasional yang mengunakan sistembunga, perbankan  Syariah tampil mengeliat danberkembang secara tepat.Trend yangsedang  berkembang, yakni sebagian perbankan nasional yang sudah mulai ikut ambil peran dalam bisnis perbankan syariah. Hal ini di tandai dengan beroperasinya  beberapa bank dengan mengunakan sistem  syariah antara lain: bank umum syariah, unit usaha syariah, bank konvesional dan bank perkreditan rakyat syariah.
 Penerapan sistemperbankan syariah yang diatur dengan undang-undang  No.10 Tahun 1998 tersebut lebih memperluas dan melengkapi produk-produk dan   Yoki Kuncoro, PromosiKartu Shar-e, (http://www.muamalatbank.com, diakses 02  Januari 2007).
  jasa-jasa perbankan yang telah ada. Keberadaan sistemperbankan syariah tersebut  dapat memenuhi kebutuhan sebagian masyrakat yang tidak bersedia  memanfaatkan jasa-jasa bank konvensional karena prinsip keyakinan ataupun  kepercayaan. Pada dasarnya, pruduk perbankan syariah bersifat universal, tidak  hanya dikhususkan untuk suatu kelompok masyrakat tertentu, meskipun prinsip  operasional bank syariah Islamyaitu hukum-hukumyang bersumber dari AlQur’andan Sunnah Rasul.
 Perbankan syariah merupakan sistemperbankan yang dalamusahanya  didasarkan pada prinsip-prinsip hukumIslamdengan mengacu kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Maksud dari sistem yang sesuai dengan  syariah islamadalah operasi mengikuti ketentuan-ketentuan  syariah Islam. Khususnya yang  menyangkutcara-cara bermuamalat misalnyadengan menjauhi praktik-praktik  yang mengandung unsur-unsur riba dan melakukan kegiatan investasi atas dasar  bagi hasil pembiayaan. Sedangkan kegiatan usaha dengan mengacu pada AlQur’andan Al-Hadistyang dimaksudkan beroperasi mengikuti larangan dan  perintah yang terdapat dalam  Al-Qur’andan Sunah Rasul Muhammad SAW.
 Penekanan dalampelarangan tersebut terutama berkaitan dengan praktik-praktik  bank yang mengandung dan menimbulkan unsur riba.
  Bank syariah sebagai bank yang beroperasi dengan mengunakan prinsipprinsipsyariah sebetulnya memiliki perbedaan dan keungulan dengan perbankan konvensionalyaitu metode bunga diganti dengan metode bagi hasil. Proporsi bagi  hasil didasarkan atas jumlah keuntungan usaha yang diperolah debitur.
 Dengan semakin bayaknya kartu kredit yang ada, maka menjadikan setiap  bank bisa dihadapkan pada situasi persaingan yang semakin tajamdimana setiap  bank ingin menguasai pasar seluas-luasnya, oleh karena itu setiap bank harus   Dahlan slamet, ManajemenKeuangan(Jakarta : lembaga penerbitanFak ekonomi Universitas Indonesia), Hlm.407-408.
  mempunyai cara yang efektifuntuk meningkatkan jumlah nasabahnya dengan  cara melakukan pelayanan terhadap nasabah secara baik.
 Promosi merupakan bagian bauran pemasaran yang berfungsi sebagai media untuk memberikan informasi suatu barang dan jasa yang telah ditawarkan oleh  suatu perusahaan.
  Dalamhal ini, promosi memegang peranan penting dalamproduk kartu Share, dasar tujuan suatu produk adalah kepada nasabah, sedangkan pelayanan  mempunyai peranan yang terpenting dalam penyampaian pelayanan kartu Shar-e  kepada nasabahnya.
 Pelayanan yang mencerminkan kualitas masih menjadi titik sentral bagi  perusahaan jasa. Kualitas pelayanan ditentukan oleh konsumendan bukannya oleh  penyedia jasa. Hal ini berarti bahwa kualitas jasa yang baik datang dari sudut  pandang konsumennya bukannya dari sudutpandang penyedia jasa. Pelayanan  juga merupakan salah satu unsur terpenting bagi kesetiaan nasabah. Khususnya  dalamdunia perbankan syariah oleh karenaitu pihak bank perlu meningkatkan  kinerja jasanya dan mengetahui unsur-unsur terpenting yang membentuk kinerja  jasa, sehingga nantinyabisa mengukur tingkat jasanya pada para nasabah secara  efektif dan efisien.
 Pelayanan yang baik akan menarik nasabahnya baru dan mempertahankan  nasabah yang sudah ada serta membentuk nasabah yang royalmemang tidak mudah tetapi dengan nasabah yang loyaldapat menghasilkan profit. Di samping  itu nasabah sekarang lebih jeli dan selektifdalammenilai suatuBank syariah,  pilihan nasabah pada suatu produkyakni kartu Shar-e akan ditawarkan Bank  Muamalat tetapi juga pada pelayanan yang akan dirasakan oleh nasabah.
  Kolter philip, Manajemen Pemasaran, (Jakarta : PT.Indeks, 2005), Hal 27.
  Pelayanan memberikan suatu dorongan pada nasabah untuk menjalin ikatan  dengan perusahaan. Pada berbagai nilai tidak semua pelayanan yang diterima kadangkala tidak sesuai dengan apa  yang dipersepepsikan oleh pihak  manajemen.pada suatu sisi pihak manajemen mengangap bahwa kinerja yang  karyawanberikan telah optimaldan sesuai dengan harapan para nasabah,  perbedaan penilaian inilah yang menciptakan kesenjangan antara pihak  manajemen dengan nasabah yang melahirkan perbedaan mengenai pelayanan  yang diberikan oleh pihak bank.
 Dalam pelayanan itu sendiri memiliki peranan yang terpenting dalampromosi  kartu Shar-e, dimana para marketing berusaha untuk memasarkan suatu produk  yang nantinya bisa diterimaoleh para nasabah. Maka perusahaan wajib  memberikan pelayanan dengan berkualitas terbaik yakni dengan pelayanan yang  berkualitas harus dimulai dengan karyawan yang mengerti akan kebutuhan dan  kondisi para nasabah.
  Konsep pemasaran Bank sebenarnya tidak hanya berbeda dengan konsep  pemasaran untuk sektor industri manufaktur, sektor jasa, dan lain-lain. Perbankan  merupakan salah satu jenis industri  jasa, sehingga konsep pemasaran lebih  cenderung mengikuti konsep untuk produk jasa lainnya adalah banyaknya  ketentuan dan peraturan pemerintah yang membatasi penggunaan konsep-konsep  pemasaran, meningat industri perbankan merupakan industri yang sangat  dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan masyrakat.
  Di tenggah maraknya bisnis perbankan yang ketat, promosi kartu Shar-e  dengan pelayanan nasabah pada Bank Muamalat Indonesia cabang Malang  merupakan suatu perusahaan yang bergerakdi bidang jasa (perbankan) dimana   Yoki Kuncoro, Pelayanan NasabahBank Muamalat, (http://www.muamalatbank.com,  diakses 29 Januari 2008).
  Lukman Dendrawijaya, ManajemenPemasaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2005),  hal.66.
  dalamhal ini karyawan dan CS (Customer Service) dituntut untuk bersikap dan  melayani nasabah dengan baik. Sehingga dapat memberikan kepuasan tersendiri  pada nasabah yang secara langsung akan berdampak pada profitperusahaan  namun sebaliknya, bagi pihak CS memberikan pelayanan terhadap nasabah yang  mana dapat menumbuhkan perasaan puas yaitu dengan cara memeberikan  pelayanan dengan tepat dan sesuai dengan ajaran Islam.
 Mengingat semakin banyaknya kartu kredit yang bermunculan saat ini maka  Bank Muamalat cabang Malang dalammeningkatkan produk Shar-e ingin  menjaring nasabah yang baru dan memperhatikan nasabah yang sudah ada, maka  dari latar belakang di atas, penulis terdorong untuk melakukan penelitian dalam  penulisan skripsi yang berjudul, Penerapan Promosi Kartu Shar-e dan  Pelayanan Nasabah Secara Islami Pada Bank Muamalat Indonesia Tbk.
 Cabang Malang.
 B.  Fokus Masalah  Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti mengformulasikan dalam  fokus masalah sebagai berikut:  1.  Bagaimana penerapan promosi kartu Shar-e pada Bank Muamalat Indonesia  Tbk. Cabang Malang? 2.  Bagaimana pelayanannasabah secara Islamipada Bank Muamalat Indonesia  Tbk. Cabang Malang? 3.   Bagaimana respon pelanggan/ klien terhadap penerapan promosi kartu Shar-e  dan pelayanan nasabah secara Islami pada Bank Muamalat Indonesia Tbk.
 Cabang Malang? 
C. Tujuan Masalah  Berdasarkanrumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai oleh  penulis adalah sebagai berikut:  1.  Untuk mengetahui bagaimana penerapan promosi kartu shar-e pada Bank  Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Malang  2.  Untuk mengetahui bagaimana pelayanan nasabah secara Islamipada Bank  Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Malang  3.  Untuk mengetahui bagaimana respon pelanggan/klien terhadap penerapan  promosi kartu Shar-e dan pelayanan nasabah secara islamipada Bank  Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Malang  
D. Manfaat penelitian  Melalui hasil penelitianini diharapkan dapat mengambarkan sumbangan yang  mungkin baru dan arah pemikiran ilmiah terhadap situasi dan kondisi yang ada,  adapun manfaat penelitian yang penulislakukan adalah sebagai berikut:  1.  Bagi Bank Muamalat  Untuk memberikangambaran dan pemerataan tentang pelayanan nasabah dan  promosi kartu Shar-e.
 2.  Bagi lembaga pendidikan  Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi bahan refrensi untuk  penelitian selanjutnya berhubungan dengan penelitian serta menjadi bahan  masukan dalammengatasi masalah yang telah berlangsung.
 3.  Bagi peneliti  Agar nantinya dapat memberikan banyak praktek tentang kegiatan ekonomi dan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dengan nyata sesuai dengan  penelitian yang dilakukan   4.  Bagi pembaca  Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan  pengetahuan serta berguna sebagai informasi tentang kondisi yang ada di  Bank Muamalat, sehingga menimbulkan minat dan kepercayaan mereka untuk  lebih memilih kartu Shar-e  E.  Batasan Masalah  Untuk mempermudah bahasan dan mengantisipasi melebarnya pembahasan ke  hal-hal yang tidak sesuai dengan fokus masalah dan tujuan penelitian, maka sudah  sewajarnyajika  (scope)ruang lingkup penelitian ini dibatasi. Pembahasan  masalah promosi dan pelayanan sangat kompleks, Untuk lebih mensistematiskan  pembahasan masalah ini tidakmelebar terlalu jauh dari masalah, sehingga akan  mempermudah pembahasan dan penyusunan laporan penelitian ini. Adapun ruang  lingkup pembahasan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan promosi kartu Shar-e dan pelayanan nasabah padasecara Islamipada Bank Muamalat  Indonesia Tbk. Cabang Malang.
 F.  Sistematika Pembahasan  Untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai skripsi ini, maka penulis  menyampaikan dalambeberapa bab secara sistematis adalahsebagai berikut:  BAB I : PENDAHULUAN  DalamBab Pendahuluan penulis mengemukaan tentangLatar  Belakang, Fokus Masalah, Tujuan Masalah, Manfaat Penelitian  dan Sistematika Pembahasan.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi