Senin, 09 Juni 2014

Skripsi IPS: PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Dalam era globalisasi saat ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar  domestik  (nasional)  maupun  di  pasar  internasional  atau  global.  Untuk memenangkan  persaingan  perusahaan  harus  mampu  memberikan  kepuasan kepada pelanggannya, misalnya dengan memberikan produk yang mutunya lebih baik, harga lebih murah, penyerahan produk yang lebih cepat dan pelayanan yang lebih  baik  dari  pesaingnya.  Produk  dengan  mutu  jelek,  harga  yang  mahal, penyerahan  produk  yang  lambat  bisa  membut  pelanggan  tidak  puas,  walaupun dengan tingkat yang berbeda. Menurut Porter, intensitas persaingan dalam suatu industri/perusahaan  bukanlah  masalah  kebetulan  atau  nasib  buruk.  Sebaliknya, persaingan dalam suatu industri atau perusahaan berakar dalam struktur ekonomi yang mendasarinya dan berjalan diluar perilaku pesaing yang ada.
 Tuntutan-tuntutan  tersebut  diakibatkan  karena  kebutuhan  yang  terus meningkat  dan  juga  semakin  banyaknya  serta  beraneka  ragamnya  produk  yang ditawarkan,  tidak  lagi  berbanding  lurus  dengan  pendapatan  konsumen.

Pendapatan riil masyarakat pada dasarnya dalam beberapa tahun terakhir ini tidak meningkat,  kalaupun  sebagian  ada  yang  mengalami  peningkatan,  percepatannya tidak  seimbang  atau  kalah  dengan  tuntutan-tuntutan  kebutuhan. Fenomena  Michael Porter, Keunggulan Bersaing, (Jakarta: Erlangga, 1994), hlm.
tersebut apabila kita cari landasan idealnya, sejalan dengan ayat dalam al-Qur’an yang menjelaskan: “Dan  memberinya  rezki  dari  arah  yang  tiada  disangka-sangkanya. Dan barangsiapa  yang  bertawakkal  kepada  Allah  niscaya  Allah  akan  mencukupkan (keperluan)nya.  Sesungguhnya  Allah  melaksanakan  urusan  yang (dikehendaki)Nya.  Sesungguhnya  Allah  Telah  mengadakan  ketentuan  bagi  tiaptiap sesuatu.” ( Ath thalaaq ayat : 3 ) Dari surat Ath thalaaq di atas dan juga penjelasannya secara kontekstual, bahwa rizki akan datang secara tidak disangka-sangka dan barang siapa yang mau berusaha  maka  Allah SWT akan  mencukupkan  apa  yang  hamba-Nya butuhkan. Kalau kita masukkan dalam teori pemasaran, dapat kita tarik penjelasan bahwa,  pada  saat  ini  pemasaran  atau  jual  beli  banyak  memiliki  konsep  yang berbeda-beda.  Dengan  berkembangnya  masyarakat  kita  yang  semakin  banyak, pemasar menyadari bahwa tujuan utama pemasaran bukan lagi sebatas pertukaran transaksional yang cirinya bersifat jangka pendek dengan sasaran akhir terjadinya penjualan.  Orientasi pemasaran  saat  ini  adalah  terciptanya  hubungan  jangka panjang  yang  berkelanjutan  dan  saling  menguntungkan  antara  perusahaan  dan pelanggan.
Dalam menghadapi krisis  global saat  ini, setiap  perusahaan  mengubah format strategi usahanya. Salah satunya berorientasi pada bagaimana membangun perusahaan yang kuat. Untuk membangun perusahaan yang kuat, mampu bertahan dan bersaing salah satunya adalah dengan mengembangkan strategi pemasarannya agar tetap bertahan ditengah-tengah gelombang persaingan untuk memasuki pasar yang kompetitif.
Kegiatan  pemasaran  pada  intinya  memfokuskan  diri  pada produk, penerapan  harga,  kebijakan  distribusi  dan  cara  promosi,  yang  dalam  hal  ini dikenal  sebagai  bauran  pemasaran.  Kegiatan  pemasaran  tentunya  membutuhkan suatu  strategi.  Strategi ini  tentu  harus  mampu  memberikan  kontribusi  terhadap pencapaian  tujuan  perusahaan  yaitu  peningkatan mutu  dan  luasnya  jaringan pemasaran. Bauran  pemasaran  (marketing mix)  adalah  strategi  pemasaran  untuk menggunakan dan  mengefektifkan produk,  periklanan,  harga,  saluran distribusi, dan unsur-unsur lain.
Saat  ini  kegiatan  pemasaran  merupakan  proses  yang  terintegrasi,  yaitu berfokus  pada  pelanggan.  Jadi  kegiatan  pemasaran  yang  dilakukan  selalu berdasarkan  kebutuhan  pelanggan.  Kebutuhan  pelanggan  yang  selalu  berubah tersebut  dikelola  dalam  suatu  data  base  pemasaran  individual  untuk  masingmasing  produk,  masing-masing  perusahaan  bahkan  untuk  masing-masing  pasar sasaran secara spesifik.
Selain  kebutuhan  pelanggan  yang  selalu  berubah,  kondisi  sosio  ekonomi masyarakat juga mengalami perubahan terutama tentang sistem nilai yang dianut dan cara pandang masyarakat. Masyarakat lebih menuntut pelayanan yang lebih baik  dan  sesuai  dengan  kebutuhannya,  sehingga  mereka  lebih  teliti  dan  kritis dalam  memilih  segala  sesuatu  yang  dapat  digunakan  untuk  memenuhi kebutuhannya.
Perubahan  kondisi  masyarakat  tersebut  menyebabkan  semakin  ketatnya persaingan disegala bidang. Persaingan yang semakin ketat tidak dapat dihindari oleh  setiap  perusahaan  yang  ingin  mengembangkan  usahanya.  Hal ini  menuntut setiap  komponen  perdagangan  untuk  meningkatkan  aktivitasnya  dalam  segala bidang,  bukan  saja  terjadi  pada  perusahaan  milik  swasta  tetapi  juga  perusahaan milik negara baik perusahaan besar atau kecil.
Kepusan  pelanggan  dapat  tercapai  apabila  ada  jalinan  ikatan  yang  kuat antara  pelanggan  dengan  perusahaan  yang  dapat  memenuhi  harapan  pelanggan, yang akhirnya kepuasan pelanggan tersebut akan menciptakan loyalitas pelanggan terhadap  perusahaan.  Cara  lain  yang  dapat  memberikan  kepuasan  kepada pelanggan  yaitu  dengan  meningkatkan  pelayanan.  Pelayanan  merupakan  suatu tindakan  yang  dilakukan  untuk  memenuhi  kebutuhan  orang  lain,  dalam  hal  ini terjadi  komunikasi  antara  orang  yang  melayani  dan  yang  dilayani.  Komunikasi akan  berjalan  lancar  apabila  ada  interaksi  antara  kedua  belah  pihak,  sehingga menghasilakan pelayanan yang memuaskan kepada palanggan.
Salah  satu  perusahaan  yang  menggunakan  teori  pemasaran,  langkahlangkah  pemasaran,  dan  strategi  untuk  memuaskan  pelanggan  adalah usaha  sari buah apel  ”Mia” di desa  Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan.  Berkembang  dan tidaknya sebuah perusahaan dapat dilihat melalui perumusan marketing mix secara efektif, sebagaimana  yang  disimpulkan Zimmerer dan  Norman tentang  definisi marketing  mix yaitu  unsur-unsur utama  dalam  strategi  pemasaran  yang  saling memperkuat, dan bila dipadukan dan diorganisasikan akan meningkatkan daya tarik  penjualan  dan  memuaskan  pelanggan,  keempat  unsur  pemasaran  tersebut yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (tempat).
 Pada  penelitian  yang  dilakukan  oleh Nurdyansyah (2008)  yang  berjudul ” Penerapan Strategi Bauran Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Konvensional dan  Ekonomi  Islam” yang  menghasilkan  bahwa Penerapan  strategi  bauran pemasaran  belum  dapat  diterapkan  secara  maksimal  karena  kurangnya  unsurunsur  4P  yang  diterapkan  oleh  pabrik  tahu  Jawa,  dan  penjulan  yang  dilakukan oleh pengusaha tahu Jawa dengan teknik personal selling, yaitu dengan berjualan keliling  dan  mekakai  atribut  khas  serta  ucapan-ucapan  yang  digunakan untuk tanda. Maka  peneliti  tertarik  untuk  menggunakan  judul ”Penerapan  Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Usaha  Kecil  Sari  Buah  Apel  ”Mia” di desa  Wonosari-NongkojajarPasuruan)” untuk mengembangkan judul penelitian terdahulu tersebut.
1.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran dalam  meningkatkan kepuasan  pelanggan sari  buah  apel  ”Mia”  di  desa  Wonosari-NongkojajarPasuruan? 2. Apa  saja  faktor- faktor  pendukung  dan  penghambat  pemasaran  pada usaha kecil sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan?  Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough, Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, (Jakarta: Prehalindo, 2002), hlm. 1
1.3 Tujuan Penelitian 1. Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran dalam  meningkatkan  kepuasan pelanggan sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor  pendukung  dan  penghambat  pemasaran pada usaha kecil sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan.
1.4 Manfaat Penelitian Secara  umum  manfaat  yang  dapat  diperoleh  dari  penelitian  ini  adalah untuk mengetahui strategi pemasaran sari buah apel. Secara khusus, penelitian ini diharapkan, dapat memberikan manfaat bagi : 1) Bagi Penelit/ Mahasiswa a) Penelitian ini tentunya sangat berguna bagi penulis sebagai media pengembangan diri.
b) Dapat  memperluas  ilmu  pengetahuan  baik  secara  teori  maupun praktik pendidikan ilmu pengetahuan sosial sesuai dengan disiplin ilmu yang telah penulis tekuni.
2) Bagi Fakulta /Kampus a) Sebagai  bahan  informasi  bagi  pemerhati  ilmu  pengetahuan  sosial terutama  bagi  para  pemegang  perusahaan  dan businessman serta praktisi  dan sivitas  akademika  pendidikan  yang  ada  pada lingkungan UIN Malang.
b) Sebagai  acuan  atau  bahan  dasar  bagi  peneliti  lain  yang  akan mengadakan penelitian lebih lanjut.
3) Bagi masyarakat umum a) Sebagai bahan  pertimbangan  bagi wirausahawan  untuk dapat mengoptimalkan  usahanya guna  peningkatan  kesejahteraan masyarakat itu sendiri.
b) Bahan  referensi  bagi  masyarakat  yang  ingin  mengetahui  dan mengembangkan bauran pemasaran pada sari buah apel dan usaha sejenisnya.
1.5 Ruang Lingkup Penelitian Ruang lingkup merupakan suatu batasan pembahasan obyek tertentu agar lebih spesifik, maka ruang lingkup penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dibatasi pada masalah-masalah yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran pada usaha  kecil sari buah apel  ”Mia”  di  desa  Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan dan  faktor-faktor  pendukung  serta  penghambat pemasaran  pada usaha  kecil sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan.
1.6 Definisi Istilah 1. Stategi Pemasaran Suatu cara untuk mencapai sasaran usaha yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan produksi sari buah apel ”Mia” ke tangan  konsumen sehingga  pada  akhirnya  dapat  tercapai  tujuan  yang diharapkan.
2. Kepuasan Pelanggan Persepsi  pelanggan sebagai  hasil  dari  perbandingan  antara pengalamannya dalam mengkonsumsi produk sari buah apel ”Mia” yang dirasakan dan yang diharapkan.
1.7 Sistematika Pembahasan Untuk  memperoleh  gambaran  secara  jelas  mengenai  pokok-pokok pembahasan skripsi ini disusun dengan sistematika sebagai berikut: 1. Bagian Depan atau Awal Pada  bagian  ini  memuat  sampul  atau  cover  depan,  halaman  judul,  dan halaman pengesahan.

2. Bagian Isi Bagian ini terdiri dari lima bab yang meliputi: BAB I : Bab  ini   berisi  tentang pendahuluan yang  meliputi:  latar belakang  masalah,  rumusan  masalah, tujuan  penelitian, manfaat  penelitian,  ruang  lingkup  pembahasan, devinisi istilah, sistematika pembahasan.

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi