Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATAPELAJARANIPS DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR


BAB I  PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang  Masalah  Dal am  kesel uruhan  proses  pendidikan  di  sekol ah,  kegiatan  belajar  merupakan  kegiatan  yang  paling  pokok.  Hal   ini  berarti   bahwa  berhasil  t i daknya  pencapaian  tuj uan  pendidikan  sebagaimana  yang  tertuang  dal am  Undangundang  Republik  Indonesia  No.  20  tahun  2003  tentang  sistem  pendi dikan  nasi onal  yai tu  “Untuk  berkembangnya  potensi  peserta  di dik  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreat if ,  mandiri ,  dan  menjadi  warga  negara  yang  demokrati s  serta  bertanggung  jawab”  sangat  tergantung  pada  bagaimana  proses  belajar  yang di alami olehsiswa sebagai  peserta di dik.
Belajar  merupakan  suatu  keharusan  atau  kewajiban  bagi  manusia.  Dalam  agama  Islam  sudah  jelas  disebutkan,  sebagaimana  dalam  hadis  Nabi   bahwa  ”Belajar  i tu  wajib  bagi  semua  orang  Islam  sejak  mulai  ia  lahir  sampai  ia  mat i ”.
 Jadi  kewajiban  belajar  sudah  t i dak  dapat  di tawar  l agi ,  harus  dilakukan  ol eh  semua orang semasa  i a  hidup.

Ibarat  peperangan,  dalam  belajar  ki ta  j uga  harus  si ap.  Yai tu  mengetahui  hal-hal  apa  yang  membantu  suksesnya  belajar  dan  apa  yang  sering  membuat  gagalnya  pelajaran.  Sehingga  bagi   seorang  pelajar,  harus  faham  teknik-teknik   Undang-undang  Republik  Indonesia  nomor  14  Tahun  2005  Tentang  Guru  dan  Dosen  Serta  Undang-undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003  Tentang  Sisdiknas  (Bandung:  Citra Umbara, 2006), hal. 76   Hasbullah Thabrany, Rahasia Sukses Belajar Bagaimana Memilih dan Belajar di  Perguruan Tinggi Amerika (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994), hal. 9   belajar  yang  baik,  mengetahui   waktu  yang  tepat  untuk  belajar,  mengatur  waktu  dan  disiplin  dalam  belajar,  j uga  membiasakan  membaca  serta  mengunjungi  perpustakaan  yang  merupakan  gudang  dari  segala  bacaan.  Dengan  melaksanakan  kebiasaan-kebiasaan  baik  dalam  belaj ar  maka  seorang  siswa  akan  memperol eh prestasi   yang tinggi  dan akhirnya sukses dalam  studi .
Sel ain  mempunyai  kebiasaan  belajar  yang  baik,  membaca  juga  merupakan  tuntutan  pent ing  bagi  para  siswa.  Karena  pada  dasarnya  belajar  memang  t i dak  dapat  l epas  dari  akt ivi tas  membaca.  Dalam  Islam,  wahyu  yang  pertama  kali  turun  adal ah  perintah  membaca.  Sebagaimana  tertuang  dalam  Q.S  Al -Alaq  1-5  yang  berbunyiArt inya: “Bacalah  dengan  (menyebut)  nama  Tuhanmu  yang  menciptakan;  Dia  telah  menciptakan  manusia  dari   segumpal  darah;  Bacalah,  dan  Tuhanmu-l ah  yang  Maha pemurah; Yang mengajarkan (manusia) dengan perantaran kalam; Dia  mengajarkan kepada manusia apa  yang ti dak diketahuinya”  Akan  tetapi   sangat  disayangkan,  minat  baca  di  Indonesia  yang  sebagian  besar  penduduknya  beragama  Islam  malah  sangat  memprihatinkan.  Malas  membaca adalah virus  yang terus menjadi   boomerang  bagi generasi muda. Vi rus   Al-Qur’an dan Terjemahnya Jilid II (Kudus: Mubarokatan Toyyibah, Tanpa Tahun),  hal. 597   i tu  tel ah  di tularkan  dari  generasi  terdahulunya  dan  hingga  kini  terus  menular  kesemua kalangan ti dak pandang usia.
Riset-ri set  yang  dilakukan  para  pakar  menunjukkan  bahwa  minat  membaca  masyarakat  Indonesia  masih  rendah,  paling  rendah  di  antara  negara  tetangga  se-Asia  Tenggara,  bahkan  masih  rendah  dibandingkan  dengan  Nigeria,  negara  berkembang  di  padang  gurun  Af rika.  Hal  tersebut  merupakan  laporan  yang  dikemukakan  suatu  lembaga  pengetesan  International  Association  for  Educational  Achievement  (IAEA)  pada  tahun  1992.
 Dengan  kondisi  sepert i   i tu,  maka t i dak heran apabila kuali tas pendidikan di  Indonesia  j uga  buruk.
Menurut  Ichwani  AS,  ada  dua  faktor  yang  sangat  vi tal  yang  menyebabkan  budaya  malas  dan  rendahnya  minat  membaca  ti dak  berubah.  Pertama,  rendahnya  budaya  cinta  ilmu.  Dalam  masyarakat  ki ta  budaya  cinta  ilmu  pengetahuan  memang  masih  kalah  dengan  budaya  konsumt if  dan  kesenangan  sesaat.  Seperti   shooping  ke  mal ,  makan  di   restoran  mewah,  membeli  barangbarang  yang  kurang  bermanfaat,  membawa  anak  rekreasi  yang  hanya  akan  memakan  biaya  banyak  dan  lain-lain,  i tu  semua  lebih  disenangi  dari   pada  harus  membeli  buku  yang  harganya  relat if  murah  dan  lebih  bermanfaat.  Kedua,  kurangnya  kesadaran  akan  pent ing  dan  bermanfaatnya  membaca.  Hal   tersebut  dapat  dilihat  dari   betapa  sepinya  pengunjung  perpustakaan.  Anak-anak  atau  remaja  yang  masih  menyandang  status  pel ajar,  l ebih  suka  menghabiskan  waktunya  untuk  bermain,  keluyuran,  berkumpul  dengan  teman-teman  geng-nya   dalam,  Suroso,  Kemampuan  Membeli  Buku  dan  Minat  Membaca,  (http://www.
hamline.edu/apakabar/basisdata/1997/02/28/0075.html,  diakses 11 januari 2007).
 tanpa  ingat  belajar  (membaca)  dan  mengulangi  pelajaran  yang  tel ah  di terima  di  sekol ah.
 Memang  ilmu  t i dak  akan  berkembang  tanpa  kegiatan  membaca.  Melalui  kegi atan  membaca  buku  pelajaran  siswa  akan  lebih  memahami  atau  menguasai  materi   pelajaran,  sehingga  siswa  dapat  memperol eh  hasil  belajar  yang  lebih  tinggi .   Keakt ifan  dan  ketekunan  siswa  untuk  membaca  buku-buku  pelajaran  sangat  di pengaruhi  ol eh  minat  seorang  siswa  untuk  membaca.  Bila  minat  membaca  di  kalangan  siswa  tel ah  tumbuh  dan  berkembang,  diharapkan  prestasi  belajar  siswa  pun  akan  meningkat.  Dengan  adanya  minat  membaca  yang  tinggi,  terutama  bacaan  yang  berhubungan  dengan  bi dang  studi  Ilmu  Pengetahuan  Sosi al (IPS) maka pengetahuansiswa akan bertambah.
Ilmu  Pengetahuan  Sosi al  (IPS)  merupakan  salah  satu  mata  pel ajaran  yang  diberikan  mulai  dari  SD/MI/SDLB  sampai  SMP/MTs/SMPLB.  Ilmu  Pengetahuan  Sosi al  mengkaji  seperangkat  peri st i wa,  fakta,  konsep  dan  generalisasi  yang  berkai tan  dengan  isu  sosi al.  Di  SMP/Madrasah  Tsanawiyah,  mata  pel ajaran  IPS  memuat  materi   pengetahuan  sosial   yang  terdi ri   dari  Geografi ,  Sejarah,  Sosi ol ogi ,  dan  Ekonomi.  Melalui   mata  pelajaran  IPS,  peserta  di dik  di   arahkan  untuk  dapat  menjadi   warga  Negara  yang  demokratis  dan  bertanggung  jawab  serta  warga  dunia  yang  cinta  damai .  Hal  inilah  yang  menambah  pentingnya  ilmu  pengetahuan  sosial  dal am  dunia  pendidikan.  Hal  tersebut  terbukti   dari  ruang  lingkupnya  yang  luas  dan  pemberian  al okasi  waktu  setiap  minggunya. Sebagaimana tercantum dalam tabel di   bawah  ini:   Ichwani  A.S,  Budaya  Membaca(http://www.Pontianakpost.com/berita/index.asp?  Berita=opini&id=96937, diakses 03 November 2006)  Tabel. 1  Ruang lingkup dan alokasi waktu mata pelajaran IPS  RuangLingkup  Materi  Pelajaran  Al okasi  waktu  1.  Manusia tempat dan  lingkungan  2.  Waktu keberlanjutan dan  perubahan  3.  Si stem sosial  dan  budaya  4.  Perilaku ekonomi dan  kesejahteraan Geografi  Sej arah  Sosi ol ogi  Ekonomi  4x40 meni t  Sumber: Olahan Kurikulum KTSP  Untuk  menambah  dan  mengembangkan  pengetahuan  umum  dan  khususnya  pengetahuan  sosial  seorang  siswa  dapat  dilakukan  dengan  memperbanyak  f rekuensi  membaca  dan  j uga  membiasakan  diri  dengan  belajar  yang  baik.  Karena  pada  dasarnya  ilmu  pengetahuan  sosial   merupakan  pelajaran  yang  dinamis  dalam  arti   selal u  berkembang,  sehingga  mengharuskan  siswa  untuk  mengi kut i   perkembangan  tersebut  dengan  memperbanyak  membaca  dan  belajar dengan bai k.
Kegiatan  membaca  yang  dilakukan  di  sekol ah  biasanya  merupakan  suatu  al at  untuk  dapat  menguasai  semua  bahan  pelajaran.  Adanya  minat  membaca  yang  t inggi   terhadap  segala  bidang  pengetahuan,  terutama  bacaan  yang  berhubungan  dengan  bidang  studi   pengetahuan  sosial ,  maka  makin  mudahlah  bagisiswa untuk menguasai segala bidang pengetahuan tersebut.
Saat  ini ,  masih  sering  ki ta  jumpai   pelajar  yang  kurang  memperhat i kan  kebiasaan  belajar  dan  minatnya  terhadap  bacaan.  Kebanyakan  siswa  masih  juga  membudayakan  Cramming  yai tu  menumpuk  pelaj aran  yang  harus  dipelajar i  sampai  saat  terakhi r  yakni  bila  saat  ul angan  atau  ujian  sudah  t iba,  sehingga   seorang  siswa  pada  saat  i tu  akan  belajar  mat i -mat i an  semalam  suntuk  untuk  menghadapi  ujian  atau  yang  biasa  di kenal  dengan  ist ilah  SKS  (Si stem  Kebut  Semalam)  di  kalangan  pelajar.  Sel ain  i tu  minat  terhadap  bacaan  pun  j uga  rendah,  sehingga  bagaimana  mereka  menjadi  pel ajar  yang  baik  dan  sukses  apabila  t i dak  didukung  adanya  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  keberhasilan  belajar dalam diri  mereka.
MTs  Darul   Huda  merupakan  sebuah  l embaga  pendidikan  t ingkat  dasar  yang  berada  di   pinggir  barat  Kabupaten  Bli tar,  tepatnya  yai tu  di   Kecamatan  wonodadi . Dari  sekian  banyaksiswa past inya  j uga mempunyai kebiasaan belajar  yang  beragam  dan  mempunyai  minat  membaca  yang  berbeda-beda.  Hal  tersebutl ah  yang  menjadikan  prestasi   belajar  siswa  juga  berbeda.  Karena kebiasaan-kebiasaan  belajar  dan  minat  membaca  si swa  dapat  mempengaruhi  hasil  belajarnya,  sudah  seharusnya  penerapan  kebiasaan  belajar  yang  baik  dan  peningkatan minat membaca akan sangat berguna  bagi keberhasilan studinya.
Ol eh  karena  uraian  tersebut  di   atas,  maka  penulis  merasa  tertari k  untuk  meneli t i  reali tas  dalam  dunia  pendidikan  tersebut  dengan  judul:  Pengaruh  Kebiasaan  Belajar  dan  Minat  Membaca  Terhadap  Prestasi  Belajar  Siswa  Kelas VIII Pada Mata PelajaranIPS di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.
 B.  Rumusan Masalah  Rumusan  masalah  dalam  peneli t ian  ini  secara  khusus  dikemukakan  dalam  bentuk pertanyaan sebagai  beri kut:  1.  Apakah  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  secara  parsi al   antara  kebi asaan  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa  kelas  VIII  pada  mata  pelajaran  IPS  di  MTs Darul  Huda Wonodadi  Bli tar?  2.  Apakah  terdapat  pengaruh  signifikan  secara  parsial   antara  minat  membaca  terhadap  prestasi   belajar  siswa  kelas  VIII  pada  mata  pel ajaran  IPS  di   MTs  Darul  Huda Wonodadi  Bli tar?  3.  Apakah  terdapat  pengaruh  signifikan  secara  simul tan  antara  kebiasaan  belajar  dan  minat  membaca  terhadap  prestasi  belaj ar  siswa  kelas  VIII  pada  mata pel ajaran IPS di  MTs Darul  Huda Wonodadi  Bli tar?
C.  Tujuan Penelitian  Tuj uan dari  peneli t ian  ini  adalah:  1.  Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh  yang  si gnifikan secara parsial antara  kebiasaan  belajar  terhadap  prestasi   belajar  si swa  kelas  VIII  pada  mata pel ajaran IPS di  MTs Darul  Huda Wonodadi  Bli tar.
2.  Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh  yang  si gnifikan secara parsial  antara  minat  membaca  terhadap  prestasi   belajar  si swa  kel as  VIII  pada  mata pel ajaran IPS di  MTs Darul  Huda Wonodadi  Bli tar.
3.  Untuk  mengetahui   apakah  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  secara  simul tan  antara  kebiasaan  belajar  dan  minat  membaca  terhadap  prestasi   belajar  siswa  kelas  VIII  pada  mata  pel ajaran  IPS  di   MTs  Darul   Huda  Wonodadi  Bli tar.
D.  Kegunaan Penelitian  1.  Bagi  Sekol ah Hasil  dari  peneli t ian  ini  diharapkan  digunakan  sebagai  salah  satu  pertimbangan  dalam  membuat  kebijakan  mengenai  upaya  peningkatan  mutu l ulusan.
2.  Bagi  pengembangan  ilmu pengetahuan  Hasil  dari  peneli t ian  ini  diharapkan  dapat  memperkaya  khazanah  ilmu  pengetahuan,  yakni  tentang  faktor-faktor  yang  berhubungan  dan  berpengaruh terhadap prestasi  belajarsiswa pada mata pel ajaran IPS.
3.  Bagi  penulis  Untuk  menambah  pengetahuan,  pengembangan  cakrawala  berpiki r  dan  sebagai   bahan refleksi  bagi  penulis  sebagai cal on pendidik ataupun prakti si  pendidikan  untuk  mencoba  menyelesaikan  salah  satu  permasalahan  pendidikan, khususnya  yang terkai t dengan prestasi   belajarsiswa.
E.  Hipotesis  Hi potesis  adalah  jawaban  sementara  terhadap  masalah  peneli t ian  yang  secara  teori t i s  dianggap  paling  mungkin  atau  tingkat  paling  t inggi  kebenarannya.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi