Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PEMAKAIAN JILBAB PARIS JURUSAN IPS TAHUN 2008 2009 DI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG)


BAB  1  PENDAHULUAN
 1 . 1  Lata r Belakang  Perdagangan   dan  aktivitas  pemasaran  sekarang  ini  memegang  pe ranan   yang  san gat  penting  bagi  pe ru sah aan.  Kegiatan  pemasaran  p erusahaan  di  mulai  dengan  mengidentifikas ikan   kebutuhan  konsumen   yang  perlu  dipuaskan.  Usaha  untuk  memuaskan  konsumen  bukanlah  hal  yang  mudah  dilakukan  karen a  d iperlakukan  usaha­usaha  yan g  keras  un tu k  me rebu t  simpati  dan  menciptakan  keingin an  pembeli  untuk memb eli produk yang ditawarkan.
 Kead aan   ini  akan   b ertambah   sulit  dengan  adanya  p ersain gan   yang  semakin  ketat  antar  produsen  yan g  mengh as ilkan  p roduk  se jenis.  Produsen  di  tun tut  untuk  mampu  men getahui  dan  menganalisis   semua  hal  yang  mendasari  kon sumen  dalam  pen gamb ilan   keputusan  pemb elian  p roduk  yang  di  tawarkan.  Konsep  pemasaran  mengatakan  b ahwa  un tu k  menc apai  tu ju an  organ i sas i  t e rgantung  pada  penen tu an  kebutuhan  d an  keingin an  pasar  sasaran  yan g  memuaskan  pelanggan  secara  leb i h  e f e ktif dan  e f isien dari pada yang d ilakukan o leh pe sain g.

 1  Ketatnya p ersaingan  yang d iiringi pe r e konomian khususn ya di  I n donesia yang  tidak  menentu  ini  mengakibatkan  pertumbuh an  pasar  men jadi  re ndah.  Kualitas  me rupakan  kondis i yang se lalu berub ah dan bersifat d in amis. Konsumen  sekarang  semakin se l e ktif d alam hal ku alitas . Pe ru sahaan yang menawarkan produk  b erkualitas  b i sa saja keh ilan gan   p asaranya. Oleh  karena itu kualitas  h arus d ikaitkan be rbagai hal  1  Phil ip d an  Gar y , Prin sip ‐ prinsi p  Pemasaran jil id   1  ( Ja karta : P renhalli ndo. 2001   ). Hal  2  s trate gis pelayan aan  d an kepuasan kon sumen, persain gan  u saha, bud aya kualitas se rta  perencan an  se trategis   jangka  pan jang  dengan menciptakan  keterpaduan  imp l ementas i  manaj emen,  kualitas  produ k  ( p roduk  quality)    merupakan  kemampuan  suatu   p r oduk  untuk  melaksanakan  f u ngsinya,   warna  jilbab,  pemakaian  jilbab ,   ukuran  jilbab ,   kain  jilb ab, harga  jilb ab, se rta atribu t yang bernilai lainnya  2  Ada  hubungan   erat  antara  ku alitas   p roduk  dengan  ke puasan   konsumen    se rta  keuntungan  perusahaan .   Kualitas  yan g  leb ih   tinggi  me ngh as ilakan  kepuasan   yang  lebih   tinggi  se kaligus mendukung  harga  lebih  tinggi  dan  se ring  juga b iaya  yang  leb i h  rendah.   Kepu asan  konsumen  be rgan tun g  p ada  pe rkiraan  kine rja  p roduk  dalam  membe rikan   nilai,   re lati f   te rh adap  h arapan  pembe li.  J ika  kualitas  p roduk  dalam  membe rikan   nilai  relative  terhadap   kepuasan  konsumen,  dan   pembeli  tid ak  terpu asakan,  jika  ku alitas  p r oduk  sesuai  den gan   yang d ih arapkan  maka  pembeli  akan  me rasa  terpu askan .
 J ilb ab  adalah  has il  adopsi  bud aya  bangsa  Arab.  Sehingga  menuru t  mereka,  b an gsa  yang  d i  lu ar  Arab ,  tidak  memiliki  kewajiban  untuk  men gikuti  budaya  Arab.,  jilb ab  be rasal  dari  akar  kata  jalaba,   yang  berarti  men ghimpun   d an  memb awa.  Jilb ab  p ad a  masa  Nab i  Muhammad  SAW  diartikan  sebagai  pakaian  luar  yan g  menu tupi  segenap  anggota  badan ,   dari  ke pala  hingga  kaki  pe rempuan  dewasa.   Sementara  di  Ind onesia,  masyarakatn ya  lebih  mengartikan  sebagai  penutup   kepala.   Seperti  orang  Minang  yan g  suka  memakai  se l endang  atau  kain  sarung  yan g  d ib elitkan  d i  atas  2  Phil ip   d an  Gary,  Prinsip‐  prins ip  Pemasaran  jili d  1  (Ja ka rta  :   Prenha llindo .   2001).ha l  3 3  kep ala.  Se bagaiman a  orang  Indones ia  sering  menganggap  kerudung  dengan  sebutan  "jilbab "  3  .
 Oleh  karena  itu  konsekuensi  d ari  ban yaknya  p erusahan  yang  mengh as illkan  p roduk  yang  sejenis   sekaligu s  memiliki  ku alitas   yang  sama  adalah   men ghadapi  persain gan  yang ketat trermasu k di b id ang p roduksi.  Pe rsaingan semakin ke tat  terjadi  antara  produsen  jilb ab  sepe rti,  Jilb ab  Silky,   Jilb ab  Min ang,   jilbab  Khumairoh,  Jilb ab  Manoh ara dan   jilb ab Paris dan lain­lain.
 Ditengah ­  ten gah   pe rsaingan  yan g  b egitu  tajam  akibat  ban yaknya  me rek,  p roduk  jilbab  Paris   termasuk  keluaran  pr oduk  baru   yang  mamp u  menarik  s impati  konsumen  sehingga    p ara  wanita  dan   mahasiswa  se karang  ini  banyak  yang  mengunakan   jilbab  in i,  karena  kemud ahan  dalam  pemakaian,  membuat  jilbab   paris  menjad i  pilihan   bagi  mahas iswa  te r u tama  p ada  mahas iswa  Jurusan   IPS  angkatan  2008 / 2009 d i UIN M alan g.   Berdasarkan f e nomena d i atas .
 Peneliti  tertarik  u ntuk  me lakukan  penelitian  dengan  judul  “Penga ruh  Kualitas  Produk Terhada p Kepuasa n Konsumen (Studi pada   Pemakaian Jilbab  Paris pa da Mahasiswa   J urusan  IPS Angka ta n 2008/  2009  di UIN Malang )” .
 3  Ahmad El qo rn i ,  Jilba l,  Ke wajiban Islam a ta u Bu da ya A r a b (  Jakarta: Bumi ak s a ra 2005) ha l   4  1 . 2   Rumusan Masalah  Berdasarkan   latar  belakang  diatas,  maka  pe rmasalah an   yang  di  rumuskan  dalam  penelitian ini adalah  :  1.  Apakah  variabel  ­variabel  dalam  ku alitas   p roduk  jilbab  p aris   meliputi(  warna  jilbab,  pemakaian  jilbab,  ukuran  jilbab ,   kain  jilb ab,  h arga)  secara  se rentak  (stimu ltan ) be rpengaruh pada kepuasaan konsumen ?  2.  Variabel    ap akah  di  d alam  kualitas  produ k  jilb ab   paris  meliputi  (warna  jilbab ,  pemakaian  jilbab ,   uku ran  jilbab ,   kain  jilbab,  harga)  yang    berpengaruh  secara  individu (pars ial) terhadap  kepuasan konsumen  ?  1 . 3  Tujuan Penelitian  1 .  Untu k  mengetahu i  variabel­  vari abe l  dalam  ku ali tas   p roduk  jilbab    meliputi  (warna  jilb ab,  pemakaian  jilbab,  u kuran   jilb ab ,   kain   jilb ab,  harga)  berpengaruh  sec ara se rentak (stimultan ) pada kepuasaan konsumen .
 2 .  Untu k  mengetahu i  Variabe l    d i  dalam  ku alitas   produk  jilbab  p aris   me lipu ti,  warn a  jilb ab,  pemakaian  jilb ab,  u kuran   jilbab ,   kain  jilb ab,  h arga,  yang  berpengaruh  sec ara in dividu (parsial) terhadap  kepu asan konsumen .
 5  1 . 4  Ma nfa at Penelitian  Dalam penelitian ini d i harapkan dap at memberikan   b eberapa manfaat  yaitu  :  1 .  Bagi pen gguna.
 Dapat memberikan inf o rmasi yan g berguna bagi pemakai  jilb ab sebagai salah  satu a cuan dan   informas i tambahan  serta p erbandingan dalam  p emakaian  jilb ab.
 2 .  Bagi Jurusan  Pend idikan I PS.
 Sebagai bahan   informas i pemerhati  b agi ilmu penge tahuan so sial serta praktis i  d an  s ivitas  akademika pend id ikan yang ada pada lin gkungan UIN M au lana  Malik Ibrahim. Dan menjad i bahan   p erbandingan antara  teo ri­ teori yang  d iterap kan di bangku pe rkuliahan   dengan ap likasi d i  lap angan.
 6  BAB II  LANDASAN TEORI  2 . 1 . Penelitian Te rda hulu  Sebagai bahan  s tudi d an pembandingan, dalam penelitian  akan d i s ajikan hasil  penelitian te r d ahulu.
 Tabel  2 .1  Pene litian Terdahulu  no  Nama /  Tahun/Judu l  Variabe l yang  dit e liti  Lokasi  Tehnik  An alisa Data  Has il  1.  Miftahul  Jannah,  2005 ,  UIN,   Pengaruh  Kualitas  Produk  Terhadap  kepuasan  Pelan ggan  (Su rvei  Pada  Pelan ggan  Simp ati  Di  Kota M alang  1 .  kinerja  sesuai  den gan  spesif ik  2 .  karakte risti  k  tamb ah an  3 .  keandalan  4 .  pelayanaan  Kota  Malang  1 .  re gres i  line ar  be rgand a  Dari   hasil  an alisis  di  ke tahui  bahwa  variab le  ku alitas  produk  mempunyai  pengaruh  yang  sign ifikan  terhad ap  kepuasaan  pe langgan  dengan  be sar n ya  F  table(15 ,   227  >3 ,91 )  2.  Eka  Susana,  2007,  Pen garuh  Kualitas  Produk  Terhadap  Kepu asan  Pelan ggan  1 .  kinerja  2 .  tampilan  3 .  daya  tahan  4 .  pelayanaa  n  5 .  es t itika  Kelurahan  Sen tu l  Blitar  1 .  tehn ik  re gres i  be rgand a  2 .  F–test  dan  t­ te st  Be r dasarkan  hasil  dari  an alisis  regres i  linier  be rgand a  menunjukan  bahwa  f aktor  kine rja,  tampilan,  daya  tahan, 7  dan  pe layanaan  dan  estitika  mempunyai  pengaruh  terhad ap  kepuasan  pe langgan  sepeda  motor  Honda  Sup ra  Fit.   Diketahui  bahwa  variab le  es titika  yaitu  mempuyai  nilai  t  hitung  yang  seb esar  2,659  Perbedaan Penelitian Terdahulu dan penelitian ini  a dalah:  1 .  Pene litian  ini  menggunakan   variab el  bebas   mel iputi:   Wa rn a  J ilbab  (X1),  Pemakaian   J ilbab  (X2),  Uku ran  Jilb ab  (X3),  Kai n  J ilb ab  (X4 ),  Harga  Jilb ab  (X5).
 2 .  Produk  pada  penelitian  in i  adalah  p r oduk  Jilbab   Paris  yaitu  jilb ab  untuk  menutup  aurat muslim.
 3 .  Lokasi  pene litian  yaitu  pada  Mahasiswa  UIN  Maulan a  Malik  Ibrah im  di  Malang Jur u san I PS T ahun 2008/ 2009 .
 8  2 . 2   Produk  2 . 2 .1  Pengertian produk  pen gertian p roduk sec ara mudah dap at d ip ahami  tetap i  tidak su lit d i rumuskan  sec ara  pas t i.  Di  d alam  kata  produ k  itu  te rkandung  penge rtian  yang  menc akup  se gi  fisik dan  hal­h al  lain yang leb ih di tentukan oleh  konsumen   sepe rti masalah   jasa yang  menyertainya,   masalah  p sikologis   seperti  kepu asaan   pemakaian  simbo l  status ,   se gi  artistik d an sebagainya.
 Ada  varias i  at au  rangkaian   dalam  p roduk  yang  diju al  atau  di  pe r d agangkan  kec il maupun  di  perusahaaan   raksasa.  Variasi  atas   rangkaian  produk  itu  be rkembang  terus   menerus   untuk  mencap ai  p rofitabilitas  tertentu  tanpa  ad a  ketergantungan  pada  suatu  macam produk un tuk mengenali varias i produ k sebagai berikut :  Produc t  Item  :  macam  produk  te rten tu   yang mempun yai  f un gs i  sendiri­sendiri  dalam  d afta r penjualan  a)  Produc t  Line:   Sekelompo k  p roduk  yang  berhubun gan   e rat  satu  sama  lain  untuk  memenuhi  kebu tuh an   tertentu,  d i  pakai  secara  bersama­  sama  di  jual  pad a  kelas   konsumen  yan g  sama,  disalu rkan  distribusi  tertentu  atau  masuk  kelas  harga  tertentu  b)  Produc t M ix: komposisi dari produk yang dibu at atau diju al (dipe r d agangkan  oleh suatu pe r u sah aan ) 9  Produk me r upakan elemen  kunci d alam  pen awaran pasar (marke t ingo ffer ing),  pen gertian  p roduk  tid ak  terlepas   d ari  kebutuhan    karena  produk  merupakan  sesuatu  yan g dap at memenuhi kebu tuhan  konsumen  Produk  dide f inisikan  sebagai  segala  sesuatu  yang  dapat  ditawarkan   ke   suat u  p asar untuk mendap atkan  perhatian, dibeli,  dipe rgunakan ,  atau dikonsums i, dan  d apat  memuaskan keingin aan kon sumen.
 4  2 . 2 . 2 Pengertian J ilbab  J ilb ab  dalam  bahasa  (Arab:  ﺏﺎ ﺒﻠﺟ)  adalah   pakaian  te r usan   p anjan g  menu tupi  seluruh   badan   kecuali  tan gan ,   kaki  dan   wajah  yang  biasa  dikenakan   oleh   para  wanitamuslim.  Maka  p enggun aan  jen i s   p akaian  in i  te rkait  den gan   tun tun an  syariat  Is lam  un tu k  menggunakan  p akaian  yang  menutup  aurat  atau  diken al  dengan  istilah  h ijab  5  .
 J ilb ab  adalah  has il  adopsi  bud aya  bangsa  Arab.  Sehingga  menuru t  mereka,  b an gsa  yang  d i  lu ar  Arab ,  tidak  memiliki  kewajiban  untuk  men gikuti  budaya  Arab.,  jilb ab  be rasal  dari  akar  kata  jalaba,   yang  berarti  men ghimpun   d an  memb awa.  Jilb ab  p ad a  masa  Nab i  Muhammad  SAW  diartikan  sebagai  p akaian  luar  yang  menu tupi  segenap  anggota  bad an ,   dari  kepala  hingga  kaki   perempuan   dewasa.Sementara  di  Ind onesia,  masyarakatn ya  lebih  mengartikan  sebagai  penutup   kepala.   Seperti  orang  Minang  yan g  suka  memakai  se l endang  atau  kain  sarung  yan g  d ib elitkan  d i  atas  4  Phil ip  dan  Gary, Op. cit hal 346  5  Syaikh  kamil , Fiqih  Wa nita ( Jakarta: Pustaka‐ Kau tsar 20 07 ) ha l  6 10  kep ala  6  .Se bagaiman a  orang  Indones ia  sering  menganggap  kerudung  dengan  sebutan  "jilbab " .
  


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi