Minggu, 08 Juni 2014

Skripsi IPS: Pengaruh Persepsi Konsumen pada Implementasi Corporate Social Responsibility terhadap Brand Loyalty Produk Indosat (Studi pada Mahasiswa UIN MALIKI Malang Angkatan 20082009)


BAB 1  PENDAHULUAN  
A. Latar Belakang  Keberadaan  perusahaan­perusahaan  t i dak  lepas  dari   hubungannya  denga n  masyarakat,  terutam a  dengan  masyarakat  yang  berada  diseki t ar  lingkungan  perusahaan.  Sei r ing  dengan  semakin  besar  dan  l uasnya  pengaruh  perusahaan  terhadap kehi dupan  masyarakat,  perusahaan  sudah seharusnya  bertanggung  jawab  terhadap  keseluruhan  lingkungan,  baik  internal  ( lingkungan  di  dalam  perusahaa n  sendi r i)  maupun  eksternal   perusahaan  ( lingkungan  masyarakat  seki t ar  dan  masyarakat  l uas),  dan  setiap  keputusan  dan  t indakan  yang  diambil  perusahaan  harus  mencer minkan  tanggung  jawab  perusahaan  terhadap  masyarakat  karena  masyarakat  cermin  dari   kemajuan  bangsa  Indonesia  terutam a  anak­anak  bangasa  yang siap menjadi  generasi  bangsa yang berkuali tas.
Dewasa  ini  kepedulian  masyarakat  terhadap  tanggung  jawab  sosia l  semakin  mendapatkan  perhat i an,  bahkan  o l eh  perusahaan­perusahaan  besar.

Peruasahaan  semakin  memandang    pent ing    terhadap  perl unya  perhat i an  mereka  terhadap  aspek  lingkungan,  dan  hal  inilah    yang  melahirkan  konsep  tanggung  jawab  sosi al  perusaahaan  (Corporate sosial Responsibility). Empati perusahaan d i  atas  merupakan  tanggung  jawab  sosial  terhadap  masyarakat  dan  tunas­tunas  bangsa,  hal  tersebut  semakin  mendapat kan  perhati an,  bahkan  o l eh  perusahaan­  perusahaan  besar.  Perusahaan  semakin  memandang    pent ing    terhadap  perlunya  perhat i an  mereka  terhadap  aspek  lingkungan  masyarakat,  pendi dikan  dan  ha l 2  inilah  yang  melahirkan  konsep  Tanggungjawab  Sosi al  Perusahaan  (TSP)  atau  yang  dikenal  dengan  Corporate  sosial  Responsibility  (CSR).  Karena  Tanggungjawab  Sosial  Perusahaan  sebagai  suatu  kepedulian    organisasi  bisnis  unt uk  bertindak  dengan  cara­cara  mereka  sendi r i  dalam  melayani  kepent inga n  organi sasi  dan  kepent ingan  publik  eksternal .  Secara  konseptual   CSR  adala h  sebuah pendekatan di mana perusahaan mengintegrasi kan kepedulian sosial dala m  operasi   bisnis  dan  interaksi   mereka  dengan  para  pemangku  kepent inga n  (stakehol ders) berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemi traan.
1  Corporat e  Soci al  Responsibilit y  (CSR)  adalah  sebuah  kewajiban  yang  dibebankan  pada  Perseroan  Terbatas  melalui   Undang­Undang  Nomor  40  tahun  2007  tentang  Perseroan  Terbatas.  Pasal  74  ayat  (1)  UU  40  tahun  2007  in i  menjelaskan “Perseroan yang menjalanjan kegiatan usahanya di bidang dan/atau  berkaitan  dengan  sumber  daya  alam,  wajib  melaksanakan  Tanggung  Jawab  Sosial  dan  Lingkungan”.  Dengan  adanya  Undang­Undang  ini,  industr i  atau  korporasi ­korporasi  wajib  unt uk  melaksanakannya,  namun  kewajiban  ini  bukan  merupakan  suatu  beban  yang  memberatkan.  Pembangunan  suatu  negara  t i dak  hanya tanggung jawab pemerintah dan  industri   saja. Di perl ukan kerj asama denga n  seluruh  masyarakat  unt uk  menciptakan  kesejahteraan  sosi al  dan  pengel o laan  kuali tas  hidup  masyarakat.  Perusahaan  berperan  unt uk  mendorong  pertumbuha n  ekonomi  yang sehat dengan mempert imbangkan  f aktor lingkungan hidup.
1  Edi suharto, Pekerjaan Sosial di Dunia Industr i memper kuat tanggung jaw ab sosial perusahaan  (Bandung : PT. Ref ika aditama, 2007),  hlm. 1 3  Pent ingnya  kepedulian  sosi al  t i dak  hanya  ket i ka  manusia  dalam  kondis i  berkecukupan,  bahkan    ket i ka  manusia  dalam  kondisi  kesuli tan.  Ol eh  karena  i t u,  kepedulian  ini   t i dak  hanya  tercermin  dari   t indakan­t indakan  kepedulian  setel a h  seseorang  atau  perusahaan  mendapatkan  laba  yang  yang  cukup  t inggi,  namu n  pada seti ap setingkat keuntungan.
Dijelaskan  dalam  firman  Allah  yang  t erdapat  dalam  Al­qur’an  surat  Al­  baqarah ayat 261 y ang artinya:  261.  Perumpamaan  (nafkah  yang  dikeluarkan  oleh)  orang­orang  yang  menafkahkan  hartanya  di  jalan  Allah  adalah  serupa  dengan  sebutir  benih  yang  menumbuhkan  tujuh  bulir,  pada  tiap­tiap  bulir  seratus  biji.  Allah  melipat  gandakan  (ganjaran)  bagi  siapa  yang  dia  kehendaki.  dan  Allah  Maha  luas  (karunia­Nya)  lagi  Maha  Mengetahui.  (  pengertian  menafkahkan  harta  di  jalan  Allah  meliputi  belanja  untuk  kepentingan  jihad,  pembangunan  perguruan,  rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain­lain).
2  Dar i  ke ayat tersebut sudah  jelas  janji Allah yang tidak akan diingkari ,  da n  dapat   di tari k  kesimpulan  dan  dilihat,  bahwa  kandungan  keberkahan  tel ah  mampu  meningkatkan  pe rmintaan  barang;  baik  dalam  keadaan  normal  maupun  dala m  keadaan  harga  meningkat.  Dengan  demikian  kandungan  berkah  merupakan  suatu  hal  yang  sangat  berguna  bagi  produsen  unt uk  selal u  diusahakan.  Sebagai  misal,  sebagian  perusahaan  mengal okasi kan  2,5%  dari   laba  bersihnya  unt uk  zakat  at au  di al okasi kan  unt uk  faki r  miskin,  tempat  ibadah,  fasili tas  pendidikan,  pemberi a n  2  Al­ Qur’a n dan Terjemahnya (Surabay a: CV. KARYA UTAMA, 2000), hlm.
4  fasili tas  pendidikan,  dan  sebagainya.  I nformasi  seperti   ini  sering  kal i  diinformasi kan kepada konsumaen dalam  bent uk label dalam kemasan produknya,  atau  dengan  menerakan  pada  media  lain,   sebagai  misal  label  “25%  ini  dari  laba  perusahaan  akan dial okasi kan  unt uk bant uan warga  yang kekurangan pangan  atau  unt uk  bantuan  anak  yat im”  yang  t ertera  pada  sebuah  kemasan  produk,  karena  kepedulian  perusahaan  terhadap  lingkungan  merupakan  salah  satu  sumber  peningkatan  keberkahan.  Ket i ka  konsumen  mengetahui   bahwa kandungan  berka h  pada  suatu  barang  meningkat,  maka  ia  akan  meningkat  pembelian  atas  barang  tersebut  dan  mengurangi  pembelian  terhadap  barang  yang  kandungan  berkahnya  lebih rendah.
3  Hal  tersebut  akan  membawa  pada  persepsi   konsumen  yaitu  secara  etimo l ogi persepsi berasal  dari bahasa  lat in perseption  y ang berarti  menerima atau  mengambil .  Persepsi  adalah  suatu  proses  dengan  mana  berbagai  st imuli  dipilih,  di organisir  dan  diinterpretasi   menjadi  informasiyang  bermakna.
4  Sehingga  dari  perse psi  konsumenla h  yang  akan  menilai  terhadap  merk  atau  perusahaan  tersebut,  karena  perusahaan  mempunyai  ci tra  baik  sehinnga  pengetahuan  konsumen  yang  terakum ulasi posi t if  ini  bisa membent uk persepsi konsumen unt uk sel alu memilik i  empat i   terhadap  perusahaan  beserta  produk  y ang  dihasilkan.  Konsumen  bersedia  dan  merasa  bangga  bila  bisa  membeli  produk  dari   perusahaan  yang  memilik i  kel anggengan aktivi tas CSR.
3  Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Eko nomi Islam (P3EI ),  Ekonomi Islam (Jakarta: Raja  Graf indo Pe rsada, 2008), hlm. 205  4  Erna Fe rr inadewi, Merek dan Psikologi Konsumen (J akarta: Binarupa Aksara,2008), hlm.
5  Dar i   kerelaan  konsumen  akan  pembelian  produk  karena  suatu  merk  menerapkan  program   yang  bermanfaat   sepert i  perusahaan  yang  bertanggung  jawab  pada  lingkungan,  maka  akan  mendapatkan  banyak  manfaat ,  bag i  masyarakat  dan  perusahaan,  salah  satu  manfaat   bagi   perusahaan    adalah  peningkatan  brand  l o yal t y   ( l o yali tas  merk).  Apabila  brand  tel ah  memberikan  rasa  aman  dan  nyaman  pada  konsumen,  maka  pelanggan  t i dak  akan  merasakan  lag i  adanya  faktor  harga  di  dalam  benaknya,  artinya   senst ivi tas  konsumen  terhadap  harga  tel ah  berkurang,  berapapun  harga  yang  di tawarkan  t i dak  akan  terl alu  berpengaruh pada  l o y ali tas konsumen.
Dal am  teori   Temporal   dan  Trott,  apabila  di kembangkan  dengan  baik,  program  Corporate  Social   Responsibilit y  (CSR)  akan  menciptakan  suatu  kai tan  emosi onal   ant ara  masyarakat  dengan  perusahaan  yang  nant inya  akan  berdampak  pada  brand  awareness  (pengenalan  mer k),  dan  lama­kelamaan  akan  berkembang  menjadi  brand  l o yal t y (loyalitas  me rk), y ang  akan  menciptakan ekui tas  merek  yang  menguntungkan  bagi  perusahaan.
5  Karena  corporat e  soci al  responsibili t y  merupakan  salah  satu  al ternat if  yang  ino vat if  dalam  membina  hubungan  dengan  masyarakat,  dan  memungkinkan  program  corporat e  soci al  responsibili t y  ini  aka n  menciptakan  suatu  i katan  emo si onal  ant ara  masyarakat  dengan  perusahaan.
Sampai  saat   ini ,  perkembangan  tentang  konsep  dan  implementasi   CSR  pun  semakin  meningkat, baik dari   segi   kuant i tas  maupun  kuali tas.  Hal   ini  terbukti   dar i  banyaknya  perusahaan  yang  berl omba­l omba  unt uk  melakukan  CSR.
5  http://www.jurnalskr ipsi.com, di akses 20 juli 20 6  Pel aksanaannya  pun  semakin  beranekaragam  mul ai  dari  bent uk  program  yang  dilaksanakan, maupun dari  sisi dana yang di gulirkan unt uk program  tersebut.
Adanya  persepsi konsumen  karena  suatu perusahaan menerapkan  program  sosi al  dapat   menimbulkan  pada  brand  l o yal t y  yang  sudah  di  jelaskan  di  atas  karena  suatu  merk  mempunyai  atribut  y ang  melekat  pada    konsumen,  sehingga  konsumen  memiliki  kepercayan  terhadap  atr ibut  suatu  produk  y ang  mana  atribut  tersebut merupakan  image  y ang  melekat   dal am  produk tersebut.  Dari  kepercayaa n  konsumen  tersebut,  maka  konsumen  akan  rela  membeli  produk  tersebut  karena  merk y ang di  beli mempunyai  manfaat  bagi  orang lain.
Seti ap  perusahaan  mempunyai  strategi   sendir i ­ sendir i   dalam  penerapa n  program  corporat e  social  responsibili t y .  Salah  satu  perusahaan  besar  yang  menerapkan  program   Corporat e  Sosi al  Responsibili t y   adalah PT.  Indosat   tbk.  PT.
Indosat  tbk  sebagai  perusahaan  publik  yang  beroperasi   di   Indonesia  dan  melayani  kebutuhan  telekomunikasi  masyarakat  Indonesia,  Indosat  senant i asa  berupaya  unt uk  tet ap  konsisten  melaksanakan  program   tanggung  jawab  sosial   perusahaan  atau  program   CSR  yang  memberikan  manfaat   dalam  meningkatkan  kuali ta s  hidup  masyarakatdan  bangsa  Indonesia  secara  berkesinambungan  dengan  dan  sistemat i s.  Bahkan  mereka  memasukkan  unsur­unsur  tanggung  jawab  sosi a l  dal am  si kap  dasar  yang  melandasi   pribadi  perusahaan  mereka.  Salah  satu  sikap  dasar  tersebut  adalah  Senant iasa  mewujudkan  sikap  peduli  baik  di tempat  kerj a,  lingkungan maupun masyarakat.
7  PT.  Indosat  t el ah  mengakar  kuat  dal am  kul tur  dan  pasar  di  seluruh  dunia  dan  membuat  Indosat  memiliki   hubungan  yang  kuat  dengan  pelanggan  yang  akan  menjadi  landasan  unt uk  pertumbuhan  di   masa  mendatang.  Indosat  tbk  merupaka n  salah  satu  j asa  tel ekomunikasi  yang  berkomi tmen  dalam  meningkatkan  kesejahteraan  hidup  masyarakat,  dan  akan  membawa  pengetahuan  dan  keahlia n  yang  mereka  miliki  unt uk  melayani  seluruh  masyarakat  duni a.  Sehingga  berbaga i  progam   yang  t erl aksana  diharapkan  dapat   meningkatkan  kehidupan  masyarakat  Indonesia unt uk menjadi  lebih baik.
Dal am  hal  ini kegiatan Corporate Soci al Responsibili t y salah  satunya yang  t el ah  di terapkan  oleh  PT.  Indosat   tbk  adal ah  mengkontri busikan  melalui   program  kusus  dengan  tema  “Satukan  Cinta  Negeri” ,  berhubung  progaram  yang  di terapkan  terl alu  banyak,  maka  peneli t i  menunjuk  program  “berbagi  bersama  Indosat”  sebagai   sampel   pada  peneli t ian  ini,  karena  program   tersebut  sudah  banyak  diketahui  konsumen  karena  program   ini  membant u  masyarakat  da n  lingkungan  unt uk  generasi  Indonesia  yang  akan  datang,  sepert i   adanya  beasiswa,  cint a duafa, dan  l ain­lain.
Meskipun  tel ah  banyak  peneli t ian  yang  menyebutkan  bahwa  program  corporate  soci al  responsibilit y  ini  mendatangkan  banyak  keuntungan  bag i  perusahaan  dan  membawa  dampak  yang  posi t if  bagi  masyarakat,  tet api   apakah  persepsi  konsumen  akan  mempengaruhi  brand  l o yal t y  karena  adanya  implementasi  CSR yang di   lakukan PT. Indosat  tbk.
8  Maka  dari  hal  yang  melatar belakangi  fenomena  yang  ada,  penulis  tert arik  meneli t i  dan  mengangkat  j udul  “Pengaruh  Persepsi  Konsumen  pada  Implementasi  Corporate  Social  Responsibility  (CSR)  terhadap  Brand  Loyalty  Produk  Indosat  (Studi  pada  Mahasiswa  UIN  MALIKI  Malang  Angkatan 2008/2009)”.
B. Rumusan Masalah  Adapun perumusan  masalah  yang peneli t i  kemukakan  dalam  peneli t ian  ini  adal ah sebagai beri kut:  1.  Apakah  ada  pengaruh  yang  signifikan  ant ara  pel aku  persepsi  pada  implementasi   Corporate  Social   Responsibili t y  (CSR)  dengan  brand  l o y alt y  produk  Indosat  (St udi   pada  mahasiswa  UIN  MALIKI  Malang  Angkatan  2008/2009)?  2.  Apakah  ada  pengaruh  yang  signifikan  ant ara  target  pada  implementas i  Corporat e  Soci al  Responsibili t y  (CSR)  dengan  brand  l o yal t y   produk  Indosat  (St udi  pada mahasiswa UIN MALIKI Mal ang Angkatan 2008/2009)?  3.  Apakah  ada  pengaruh  yang  signifikan  antara  si tuasi  pada  implementas i  Corporat e  Soci al  Responsibili t y  (CSR)  dengan  brand  l o yal t y   produk  Indosat  (St udi  pada mahasiswa UIN MALIKI Mal ang Angkatan 2008/2009)?  4.  Apakah  ada  pengaruh  yang  signifikan  ant ara  persepsi   konsumen  pada  implementasi   Corporat e  Social   Responsibilit y  (CSR)  terhadap  brand  l o yalt y  produk  Indosat   (St udi   pada  mahasiswa  UIN  MALIKI  Malang  Angkatan  2008/2009)? 9  C. Tujuan Penelitian  Secara  umum  peneli t ian  ini  bertuj uan  ingin  memahami  pengaruh  persepsi  konsumen  pada  implementasi  Corporat e  Social  Responsibili t y  (CSR)  terhadap  brand  l o yal t y  produk  Indosat  (St udi   pada  mahasiswa  UIN  MALIKI  Malang  Angkatan  2008/2009).  Adapun  secara  khusus  t ujuan  dari   peneli t ian  ini  yanng  sesuai dengan rumusan masalah di  atas adalah sebagai   beri kut:  1.  Menjelaskan  pengaruh  ant ara  pelaku  persepsi  pada  implementasi  Corporat e  Soci al  Responsibili t y  (CSR)  dengan  brand  l o y al t y  produk  Indosat  (St udi   pada  mahasiswa UIN MALIKI Malang Angkatan 2008/2009).
2.  Menjelaskan  pengaruh  ant ara  target  pada  implementasi   Corporat e  Socia l  Responsibili t y  (CSR)  dengan  brand  l o yal t y  produk  Indosat  (St udi   pada  mahasiswa UIN MALIKI Malang Angkatan 2008/2009).
3.  Menjelaskan  pengaruh  ant ara  si tuasi  pada  implementasi   Corporat e  Socia l  Responsibili t y  (CSR)  dengan  brand  l o yal t y  produk  Indosat  (St udi   pada  mahasiswa UIN MALIKI Malang Angkatan 2008/2009).
4.  Menjelaskan pengaruh  ant ara persepsi  konsumen pada  implementasi Corporat e  Soci al Responsibili t y (CSR) terhadap brand  l o yal ty  produk Indosat (St udi  pada  mahasiswa UIN MALIKI Malang Angkatan 2008/2009).
10  D. Manfaat Penelitian  Manfaat  atau  kontribusi  yang  diperol eh  dari  peneli t ian  ini  adalah  sebagai  berikut :  1.  Kegunaan secara t eori t i s  Secara  teori t i s  peneli t ian  ini  dapat   memberi kan  tambahan  pemikiran  dan  masukan  terhadap  pel aku  usaha  dalam  peker jaan  sosial ,  sekaligus  sebaga i  referensi  bagi  peneli t i  selanjutnya  yang  akan  melakukan  peneli t ian  lebih  lanjut mengenai  topi k ini.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi