Senin, 25 Agustus 2014

Skripsi Syariah: ANALISIS PELAKSANAAN AKAD MUDHARABAH PADA KARTU SHAR-E BMI DI PT. POS INDONESIA CABANG SEMARANG

BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Pos  Indonesia  merupakan  sebuah  badan  usaha  milik  negara  BUMN  Indonesia yang bergerak di bidang layanan  POS. Saat ini, bentuk  badan  usaha  Pos  Indonesia  merupakan  Perseroan  Terbatas  dan  sering  disebut  dengan  PT.  Pos  Indonesia.  Bentuk  usaha  Pos  Indonesia  ini  berdasarkan  Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  5  Tahun  1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal  Pos  Indonesia  yang  berupa  perusahaan  umum  (perum)  menjadi  sebuah  perusahaan (persero).

PT.  Pos  Indonesia  adalah  suatu  perusahaan  skala  nasional  yang  melayani jasa antar barang baik didalam kota maupun diluar kota. PT.  Pos  Indonesia  telah  memiliki  cabang  di  setiap  penjuru  Indonesia.  Banyak  sekali  layanan-layanan  yang dilakukan dari PT.  Pos  seperti:  Express Post  (Layanan  pengiriman  dokumen  dan  barang),  EMS  (merupakan  layanan  Premium  PT.  Pos  Indonesia  (persero)  untuk  pengiriman  dokumen  dan  barang  dagangan  ke  Luar  Negeri),  Paket  Pos  Internasional,  Wesel  Pos  Internasional,  POS  PAY  (merupakan  jaringan  cara  tercepat,  mudah  dan  praktis dalam melakukan setoran tabungan, pembayaran tagihan rekening  telepon,  seluler,  asuransi,  kred it,  penerimaan  pajak  dan  isi  ulang  pulsa  seluler),  Wesel  Pos  Standard  (Sarana  pengiriman  uang  untuk  tujuan   diseluruh Indonesia dengan  service  level paling cepat 2 hari (H+2)  Uang  dapat  diantar  sampai  rumah),  Wesel  Pos  Prima  (Sarana  pengiriman  uang  untuk tujuan diseluruh Indonesia  dengan service level H+0/ H+ 1.Produk  Kiriman  uang  cepat  sampai,  bisa  diantar  sampai  rumah),  Wesel  Pos  Instan/Remittance  (merupakan  solusi  untuk  pengiriman  uang  anda  secara  cepat  dan  aman  karena  penerima  dilengkapi  dengan  PIN  dapat  diambil  diseluruh  Kantor  Pos  dalam  jaringan),  Wesel  Pos  Berlangganan  (Sarana  pengiriman  uang  untuk  tujuan  diseluruh  Indonesia  dalam  jumlah  uang  yang  tetap  dan  rutin  kiriman  uang  dapat  diterima  dirumah),  Wesel  Pos  Luar  Negeri/Western  Union  (Sarana  pengiriman  dan  penerimaan   uang  untuk  tujuan  diseluruh  dunia  dengan  level  service  H+0  kiriman  dapat  diterima diseluruh Kantor Pos dalam jaringan),  Paket  Pos Biasa,  Paket Pos  Kilat Khusus/PPKH  (Layanan prioritas dari Unit Bisnis  Logistik PT. Pos  Indonesia  yang  tersedia  di  28  propinsi  di  Indonesia.  Layanan  ini  menawarkan  garansi  waktu  tempuh  dan  ganti  rugi  jika  terjadi  keterlambatan atau hilang).
 Sesuai  dengan  perkembangan  zaman  yang  ada,  dan  berkaitan  dengan kebutuhan manusia yang tak terbatas, maka lahirlah unit pelayanan  jasa yang lain dimana unit pelayanan jasa tersebut bergerak dalam bidang  keuangan,  yaitu  Bank.  Bank  adalah  lembaga  keuangan  yang  menerima  berbagai  jenis  simpanan  dan  mempergunakan  dana  yang  terhimpun  di   www.Pos Indonesia.co.id di akses pada tanggal 10 Agustus 2011   Bank  terutama  untuk  pemberian  kredit.
 Istilah  bank  berasal  dari  bahasa  italia  “Banca”    yang  berarti  meja  yang  dipergunakan  oleh  para  penukar  uang  di  pasar.  Pada  dasarnya  bank  merupakan  tempat  penitipan  atau  penyaluran kredit dan juga perantara di dalam lalu lintas pembayaran.
 Dewasa ini,  Bank  dibedakan menjadi dua yaitu bank konvensional  dan bank syari’ah.
a.  Bank Konvensional Sebagaian  terbesar  bank  yang  berkembang  Indonesia  melaksanakan  prinsip  konvensionalnya  dengan  metode;  menetapkan  bunga sebagai  harga baik  itu produk simpanan seperti giro, tabungan  deposito, deposito berjangka, maupun produk penjamin (kredit) yang  diberikan berdasarkan tingkat bunga terentu.
 b.  Bank Syari’ah Bank  Syari’ah  (Bank  bagi  hasil)  merupakan  bank  yang  beroperasi  dengan  prinsip-prinsip  syariat  Islam.  Dalam  operasionalnya,  baik  dalam  kegiatan  penghimpunan  dana  dari  masyarakat maupun dalam penyaluran dana kepada masyarakat Bank  Syari’ah  menetapkan  harga  produk  yang  ditawarkan  bardasarkan  prinsip jual beli dan bagi hasil.
  Sawaldjo Puspopranoto,  Keuangan Perbankan Dan Pasar Keuangan Konsep, Teori dan  Realita, Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2004, hlm.
 Iswardono, Uang dan Bank, Yogyakarta: BPFE-  Yogyakarta, 1999, hlm.
 Martono, Bank Dan Lembaga Keuangan Lain,  Yogyakarta: EKONISIA, 2002,  hlm.
 Ibid, hlm. 31   Salah satu jenis  Bank  Syari’ah  adalah  Bank  Mu’amalat  Indonesia.
Bank  Muamalat  Indonesia  berdiri  pada  tanggal  1  November  1991  dan  mulai beroperasi pada tanggal 1 Mei 1992.
 Sebagai Bank Pertama Murni  Syariah,  bank  muamalat  berkomitmen  untuk  menghadirkan  layanan  perbankan  yang  tidak  hanya  comply  terhadap  syariah,  namun  juga  kompetitif  dan  aksesibel  bagi  masyarakat  hingga  pelosok  nusantara.
Komitmen  tersebut  diapresiasi  oleh  pemerintah,  media  massa,  lembaga  nasional  dan  internasional  serta  masyarakat  luas  melalui  lebih  dari  70  award bergengsi  yang diterima oleh BMI dalam  5 tahun Terakhir.  Shar-E  adalah  salah  satu  produk  dari  Bank  Mu’amalat  Indonesia  yang  bekerja  sama dengan PT. Pos Indonesia sebagai jasa pemasaran dan penjualannya.
 Kartu  Shar-E  merupakan  kartu  tabungan  instant  yang  dikeluarkan  oleh  Bank  Muamalat  Indonesia.  Shar-E  mampu  menembus  keterbatasan  jaringan  perbankan  syariah  di  seluruh  Indonesia.  Dengan  kartu  Shar -E,  masyarakat  dapat  bertransaksi  perbankan  syariah  di  daerah  terpencil  sekalipun.  Sebagai  bank  syariah  pertama  di  Indonesia,  Bank  Muamalat  dikenal  inovatif.  Banyak  terobosan  yang  telah  dilakukan  oleh  bank  yang  mengusung  semboyan  ''Pertama  murni  syariah''  itu.  Salah  satunya  adalah  Shar-E  yang  merupakan  paket  Investment  Shariah  Card  pertama  di  Indonesia,  bahkan  di  dunia.
 Shar-E  adalah  tabungan  instan  investasi   Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari teori ke praktik, Jakarta: Gema Insani,  2001, hlm.
 www. Muamalat Bank. com di akses pada tanggal 10 agustus 2011   Investment Shariah Card : kartu penanaman modal shari’ah  http://pikiranmhsw.blogspot.com/2011/05/penelitian-faktor-minat-beli.html/  di akses  pada tanggal 10 agustus 2011   syari’ah  yang  memadukan  kemudahan  akses  ATM,  Debit  dan  Phone  Banking  dalam  satu  kartu  dan  dapat  dibeli  di  kantor  pos  seluruh  Indonesia.
 Dalam  pelaksanannya  kartu  shar-E  menggunakan  akad  mudharabah.  Mudharabah  adalah suatu kontrak kemitraan (partnership)  yang  berdasarkan  pada  prinsip  bagi  hasil  dengan  cara  seseorang  memberikan  modalnya  kepada  pihak  lain  untuk  melakukan  bisnis  dan  kedua  belah  pihak  membagi  keuntungan  atau  memikul  beban  kerugian  berdasarkan isi perjanjian bersama.
Berdasarkan  pada  latar  belakang  diatas,  penulis  merasa  tertarik  untuk  mengetahui  lebih  lanjut  bagaimana  pelaksanaan  akad  mudharabah  pada  Kartu  shar-E  BMI  di  PT.  POS  Indonesia  Cabang  Semarang.  Maka  penulis  mengambil  judul  penelitian  ini  dengan  judul  :  “Analisis  Pelaksanaan  Akad  Mudharabah  pada  Kartu  Shar-E  BMI  di  PT.  POS  Indonesia Cabang Semarang”.
B.  Rumusan Masalah.
1.  Bagaimana pelaksanaan akad  mudharabah  pada kartu shar-E  BMI  di  PT. POS Indonesia Cabang Semarang? 2.  Apakah pelaksanaan akad mudharabah  pada kartu shar-E BMI di PT.
POS Indonesia  Cabang Semarang  telah  sesuai dengan  Prinsip-prinsip  Muamalah Islam?   http://fauzanijambi.blogspot.com/2008/09/sistem-bagi-hasil-produk-mudharabah.html/ di akses pada tanggal 10 agustus 2011   C.  Tujuan dan Manfaat Penulisan.
1.  Tujuan penelitian.
a.  Untuk  mengetahui  bagaimana  pelaksanaan  akad  mudharabah pada kartu shar-E BMI di PT. POS Indonesia Cabang Semarang.
b.   Untuk  mengetahui  apakah  pelaksanaan  akad  mudharabah  pada  kartu shar-E  BMI  di PT.  POS Indonesia  Cabang Semarang telah sesuai dengan Prinsip-prinsip Muamalah Islam.
2.  Manfaat penelitian.
a.  Menambah  wawasan  dalam  pelaksanaan  di  bidang  akad  mudharabah  pada  kartu  shar-E  BMI  di  PT.  POS  Indonesia  Cabang  Semarang  serta  diharapkan  dapat  digunakan  sebagai  pemikiran alternative mengenai permasalahan diatas.
b.   Bagi  PT.  POS  Indonesia  Cabang  Semarang  penelitian  ini  dapat  dijadikan  sebagai  bahan  pertimbangan  dalam  mengambil  kebijakan juga sebagai masukan dalam meningkatkan pelayanan.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi