Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah: PENERAPAN TABUNGAN iB PELAJAR PT. BPRS SURIYAH CABANG SEMARANG

BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Ketika  belum  ada  pilihan  untuk  menjadi  tumpuan  transaksi  simpan  pinjam kecuali bank konvensional, riba tidaklah menjadi masalah  yang sangat  serius.  Meskipun  banyak  masyarakat  yang  beranggapan  bahwa  bunga  bank  adalah riba, akan tetapi masyarakat masih bingung karena belum adanya bank  yang sesuai dengan syariah.

Penduduk Indonesia mayoritas muslim. Jumlah ini merupakan potensi  besar untuk membangun ekonomi ummat, karena itu, kekuatan ekonomi Islam  yang tangguh, mesti ditumbuhkan dari ummat sendiri. Sebab potensi ummat  itu sangat besar, namun belum tergali optimal. Karena potensi yang besar itu  kehadiran  BPR  yang bernafaskan  Islam dan  BMT, merupakan  peluang  yang  sangat strategis bagi pengembangan dan peningkatan ekonomi ummat.
Lembaga  keuangan  syari’ah  seperti  perbankan  syari’ah  di  Indonesia  keberadaannya  telah  di  atur  dalam  undang-undang,  yaitu  undang-undang  nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan undang-undang nomer 7 tahun 1992  tentang perbankan. Hingga tahun 2101 terdapat banyak institusi bank syari’ah  di  Indonesia  yaitu  diantaranya  bank  muamalat  Indonesia,  bank  syari’ah  mandiri dan bank mega syri’ah, sementara itu bak umum yang telah memiliki   unit usaha syari’ah adalah 19 bank. Sistem syari’ah juga telah digunakan oleh  Bank perkreditan rakyat, saat ini telah berkembang banyak BPR Syari’ah.
 Pada dasarnya bank syari’ah memiliki tugas  yang sama dengan bank  umum, sesuai dengan fungsi perbankan undonesia yaitu sebagai penghimpun  dan  menyalurkan  dana  dari  masyarakat  atau  dapat  dikatakan  fungsi  utama  sektor  perbankan  adalah  bagaimana  sebuah  bank  dapat  menghimpun  dan  menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat.
 Banyak produk yang di kemas untuk pendanaan dan  penyaluran dana  oleh  bank  syariah.  Untuk  produk  funding  (pendanaan)  dibuat  produk  seperti  tabungan wadiah dan deposito. Sedangkan untuk lending (pembiayaan) dibuat produk  seperti  mudharabah,  musharakah,  ijarah,  qardh  dan  lain  sebagainya.
Keduanya memiliki peran yang penting bagi bank.   Sebagai Bank Pembiyaan Rakyat Syari’ah BPRS Suriyah menyalurkan  produk-produk Funding yang berupa Tabungan Wadi’ah ( Tabungan Suriyah  dan  Tabungan  Pelajar  Santri),  Tabungan  Mudharabah  (  Tabungan  Haji,  Qur’ban  dan  Taman  Sari  )dan  Deposito  Mudharabah,  pembiyaan  dengan  prinsip jual beli, bagi hasil dan lain sebagainya Untuk meningkatkan dan memperluas layanan kepada nasabah, BPRS  Suriyah meluncurkan produk tabungan iB Pelajar dan Santri. Produk tabungan  ini untuk melayani segmen masyarakat dengan usia <17 tahun guna membantu  dan memfasilitasi kebutuhan menabung sejak usia dini. Tabungan iB Pelajar  dan Santri didesain untuk memberikan kemudahan bagi penabung yang rata- Artikel Wikipedia, Perbankan Syariah, Hari Rabu Tanggal 25 November 2009.
 Malayu Hasibuan, Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta:PT Bumi Aksara.2008,2008.hlm.3.    rata merupakan pelajar dengan setoran awal minimal Rp 10.000 dan setoran  selanjutnya minimal Rp 5.000. Calon nasabah dapat membuka Tabungan iB  Pelajar dan Santri di kantor cabang dengan persyaratan memiliki Fotokopi  kartu identitas diri : KTP/SIM/Kartu Pelajar yang masih berlaku.
Kelebihan Tabungan iB Pelajar adalah pada buku tabungan tercetak  atas nama anak sendiri diikuti nama orang tua sehingga memberikan rasa  bangga dan memiliki atas tabungannya dengan harapan memberikan motivasi  kepada anak untuk terus menabung. Memberikan kesempatan kepada anak  untuk belajar melakukan transaksi sendiri diteller.
Salah satu  yang menjadi nasabah dan bekerja sama dalam penerapan  tabungan iB Pelajar adalah SD Negeri Pendrikan Lor 01. Setelah bekerja sama  dengan  BPRS  Suriyah,  SD  tersebut  ditunjuk  sebagai  Piloting  Pembinaan  Edukasi Ekonomi di Kota Semarang. Program dari Depdiknas Kota Semarang  tersebut membantu para murid SD lebih giat dalam menabung.
Dari  paparan  di  atas  penulis  tertarik  untuk  membahas  tentang  “  PENERAPAN TABUNGAN iB PELAJAR DI SD PENDRIKAN  LOR   SEMARANG (STUDI KASUS DI PT. BPRS SURIYAH SEMARANG) “.
 B.  Rumusan Masalah.
Adapun  permasalahan  yang  akan  diangkat  penulis  dapat  dirumuskan  sebagai berikut :.
1.  Bagaimana  Penerapan  Tabungan  IB  Pelajar  PT.  BPRS  Suriyah  di  SD  Pendrikan Lor 01 Semarang ?
2.  Bagaimana  Penerapan  Tabungan  iB  Pelajar  PT.  BPRS  Suriyah  di  SD  Pendrikan  Lor  01  Semarang  Ditinjau  Dari  Prinsip  –  Prinsip  Ekonomi  Syari’ah ?
C.  Tujuan Penelitian.
1.  Untuk  mengetahui  penerapan  tabungan  IB  Pelajar  PT.  BPRS  Suriyah  Semarang Di SD Pendrikan Lor 01 Indrapasta Semarang.
2.  Untuk  mengetahui  penerapan  tabungan  iB  pelajar  PT.  BPRS  Suriyah  Semarang di SD Pendrikan Lor 01 Semarang ditinjau dari prinsip – prinsip  ekonomi syari’ah.
D.  Manfaat Penelitian.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain : 1.  Bagi PT. BPRS Suriyah, pengenalan produk tabungan BPRS Suriyah serta  dapat memberikan masukan sebagai evaluasi untuk mencapai target yang  lebih baik.
2.  Bagi  D3  Perbakan  Syari’ah,  sebagai  dokumen  baru  bagi  peneliti  selanjutnya yang akan membuat penelitian tentang Tabungan bagi Pelajar.
 3.  Bagi  peneliti  sebagai  jawaban  tentang  permasalahan  yang  ada  dan  tambahan ilmu bagi peneliti tentang Tabungan IB Pelajar.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi