Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah: PENGARUH IKLAN ISLAMI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH

BAB I.
PENDAHULUAN.
1.1.  Latar Belakang Masalah.
Setiap perusahaan  yang  bergerak  baik dalam bidang  barang maupun  jasa  mempunyai  misi  dan  strategi  yang  bertujuan  untuk  tetap  dapat  bertahan  dan  berkembang dalam menghadapi pesaingnya. Mereka harus dapat mempertahankan  konsumen  yang  sudah  mereka  miliki  dan  berusaha  secara  aktif  untuk  mendapatkan  konsumen  baru  yang  lebih  potensial.  Salah  satu  cara  yang  dapat  dilakukan yaitu melalui bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari unsur  product,  price,  place dan  promotion.  Untuk  perusahaan  jasa  ditambah  dengan  unsur peopledan process.

Bauran  pemasaran  adalah  seperangkat  alat  pemasaran  yang  digunakan  perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan sasaranya di pasar sasaran.
 Dari  definisi  di  atas  mempunyai  pengertian  bahwa  bauran  pemasaran  merupakan  gabungan dari variable pemasaran yang dapat digunakan untuk mengejar tingkat  penjualan  yang  diinginkan  dalam  pemasaran  perusahaan  sehingga  dapat  mempengaruhi akan produk yang di hasilkan.
Promosi merupakan salah satu jenis komunikasi yang sering di pakai oleh  pemasar  sebagai  salah  satu  elemen  bauran  pemasaran,  promosi  di  gunakan  perusahaan untuk berkomunikasi dengan nasabah maupun dengan calon nasabah.
Karena promosi sebenarnya komunikasi sehingga perusahaan dapat lebih banyak   Philip Kotler dkk, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Indeks, 2000, hlm. 17   menarik konsumen untuk menjadi nasabah dan menggunakan produknya. Promosi  adalah  jenis  komunikasi  yang  memberikan  penjelasan  yang  menyakinkan  konsumen tentang barang dan jasa.
 Definisi tersebut memberi pengertian bahwa  promosi  meliputi  semua  komponen  yang  terdapat  dalam  bauran  promosi  yang  mempunyai peranan untuk mengadakan komunikasi yang bersifat membujuk.
Promosi  yang  dilakukan  sebenarnya  mengemban  misi  untuk  menyampaikan  suatu informasi tentang suatu produk  yang dijual. Intinya adalah  sebagaimana  pesan  tersebut  sampai  pada  konsumen  dengan  cepat  dan  tepat.
Ketepatan  informasi  ini  ditentukan  oleh  tiga  elemen,  yaitu  sifat  dan  kualifikasi  pesan,  figur  dan  gaya  bahasa  pesan  yang  akan  disampaikan,  serta  sarana  media  yang  dipergunakan.  Tiga  elemen  ini  sangat  menentukan  dalam  keberhasilan  promosi,  tetapi  yang  lebih  penting  dalam  promosi  ini  adalah  dari  segi  etikanya  yang  berupa  kebenaran  dan  kejujuran  obyektivitas  pesan  faktual  yang  disampaikan dalam promosi.
 Apabila prinsip kebenaran dan kejujuran dijadikan sebagai landasan dalam  penyampaian  promosi,  maka  image positif  akan  terbangun  dimata masyarakat.
Sehingga  konsumen  akan  terdorong  untuk  bersikap  loyal  dalam  melakukan  pembelian  ulang  secara  terus  menerus.  Hal  ini  sesuai  dengan  prinsip- prinsip  promosi dalam Islam.
 Seperti firman Allah SWT :  Artinya:  “Hai  orang-orang  yang  beriman,  bertaqwalah  kamu  kepada  Allah dankatakanlah  perkataanyang benar.”  (Q.S. Al -Ahzab:  70)  Periklanan  sebagai  salah  satu  program  pemasaran  merupakan  kekuatan  komunikasi  yang  akan  mengarahkan  konsumen  melalui  tahapan-tahapan,  perhatian,  keputusan  dan  keinginan  serta  tindakan  untuk  melakukan  pembelian.
Pengiklanan  dapat  dilakukan  melalui  berbagai  media,  baik  cetak  maupun  elektronik.  Melalui  media  cetak  yaitu  dengan  surat  kabar  majalah  dan  brosur  sedangkan  melalui  media  elektronik  dengan  menggunakan  televise,  radio  dan  internet.
Iklan merupakan suatu metode penyampaian pesan suatu sponsor tertentu  dengan  menggunakan  media  massa  yang  bertujuan  untuk  membujuk  atau  mempengaruhi  keputusansasaranya. Agar informasi atau pesan tersebut dapat di  sampaikan dengan baik kepada konsumen maka periklanan perlu memilih media  yang paling tepat yang terdapat dalam periklanan yang terdiri dari televise, surat  kabar, radio, majalah dan lain-lain.
Iklan  dalam  pandangan  Islam  harus  menggunakan  cara-cara  yang  terpuji  seperti  iklan  tidak  menipu  dalam  arti  memberi  informasi  yang  akurat  dan  benar  tentang  produk  yang  ditawarkan,  tidak  melakukan  penawaran  dan  pengakuan  (testimoni)  fiktif  serta   tidak  mengeksploitasi  wanita,  produk-produk  seperti  kosmetika,perawatan  tubuh  maupun  produk  lainya  seringkali  melakukan  eksploitasi tubuh wanita agar iklanya dianggap menarik.
  Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsir Al-Qur’an,  Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Jakarta: DEPAG, 2002,hlm. 6  http://www. Etika bisnis dalam  islamcom, di akses tanggal 12 April 2011   Selain  perusahaan,  iklan  juga  diperlukan  oleh  lembaga  keuangan  seperti  perbankan  syariah  untuk  memberikan informasi  kepada  para  nasabah  tentang  produk  yang  di  tawarkan  serta  kelebihan-kelebihan  yang  dimiliki.  Selain  itu,  perbankan  syariah  melakukan  periklanan  bertujuan  untuk  mempengaruhi keputusan nasabah menabung di bank syariah.
Sebagai  sarana  komunikasi  dengan  masyarakat   khususnya  di  wilayah  semarang , Bank  BRI syariah  melakukan pengiklanan dengan  media cetak  yaitu  dengan koran lokal jawa tengah,dengan radio melalui Frambros FM dan melalui  website  di  www.BRIsyariah.co.id.  BRI  syariah  melakukan  promosi  periklanan melalui  media  cetak  dan  elektronik  untuk  mengenalkan  dan  memberi  informasi  tentang  produk  baru  yang  di  tawarkan  kepada  nasabah  dengan  berbagai  keunggulan  yang  tidak  di  miliki  oleh  produk  lain  yang  sejenis.  Produk  yang  di  tawarkan  berupa  tabungan  yang  memiliki  keunggulan  faedah  (fasilitas  serba  mudah)yakni, setiap pembukaan rekening baru saldo awal hanya Rp50.000, gratis  biaya  administrasi  bulanan  dan  kartu  ATM,  gratis  tarik  tunai  dan  cek  saldo  di  ATM BRI, bersama dan prima.
 Agar  dapat  meningkatkan  jumlah  nasabah,  perusahaan  harus  dapat menonjolkan  keunggulan  yang  di  miliki  produk  tersebut  sehingga  dapat  mempengaruhi  persepsi,  sikap  dan  perilaku  nasabah  melalui  apa  yang  mereka  ketahui  yang  dapat  membuat  produk  mereka  lebih  unggul  dibandingkan  dengan  pesaingnya sehingga nasabah akan menilai dan memilih produk mana yang paling  baik dan pada akhirnya di harapkan nasabah berkeputusanuntuk membeli.
 www.BRI Syariah.co.id di akses tanggal 12 april 2011   BRI syariah melakukan kebijaksanaan promosi lewat pemasangan iklan di  media  cetak  dan  elektronik.  Hal  ini  di  lakukan  agar  perusahaan  dapat  menarik  perhatian yang tinggi dari nasabah. Media cetak dan elektronik memiliki cakupan  yang luas dan cepat dalam hal penyebaran informasi.Perhatian ini tentu saja dapat  merangsang  nasabah  terhadap  persepsi,  sikap  dan  perilaku  untuk  dapat  tertarik  pada  produk  yang  di  tawarkan  sehingga  di  harapkan  dapat  meningkatkan  keputusan  membeli konsumen. Berdasarkan dari  wawancara awal pada sebagian nasabah di bank BRI syariah mengatakan bahwa alasan menabung bukan karena  faktor  iklan  melainkan  karena  alasan  yang  lain  seperti  karena  ada  hubungan  persaudaraan dengan staff yang bekerja pada lembaga tersebut, mengikuti ajakan  teman dan kebutuhan yang mengharuskan menabung di lembaga tersebut.
Sedangkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Sudartatik dengan judul  “Pengaruh  Periklanan  terhadap  Keputusan  Nasabah  dalam  Menabung  padaPT BPR  Semarang  Magatama  Gunadana”  dapat  di  ambil  kesimpulan  bahwa  periklanan  berpengaruh  positif  signifikan  terhadap  keputusan  nasabah  dalam  menabung.
 Dalam  penelitian  Nila  Purbiyanti  Zamro  yang  berjudul  “Pengaruh Promosi  dan  Diferensiasi  terhadap  Keputusan  Nasabah  untuk  Berinvestasi  di BankSyariah  Mandiri Cabang Semarang” diperoleh kesimpulan  bahwa  promosi  dan  diferensiasi  secara  sendiri -sendiri  dan  bersama-sama  berpengaruh  terhadap  keputusannasabah untuk berinvestasi di Bank Syariah Mandiri.
  Sudartatik , Pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung pada  PT BPR Magatama Gunadana Semarang, Skripsi UNNES 20  Nila Purbiyanti Zamro, Pengaruh Promosi dan Diferensiasi terhadap Keputusan Nasabah untuk Berinvestasi di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang, Skripsi IAIN Walisongo  Semarang 2009   Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan  bahwa terdapat perbedaan  antara  temuan  penelitian  dengan  hasil  penelitian  dilapangan sehingga  penulis  tertarik  untuk  mengetahui  seberapa  besar  pengaruh  iklan  di  media  cetak  dan  elektronik  mempengaruhi  perilaku  konsumen  untuk  membeli  produk  tersebut  serta  mengetahui  respon  nasabah  terhadap  iklan  BRI  syariah.  Oleh  karena  itu,  penulis  tertarik  melakukan  penelitian  ini  dengan  judul  “PENGARUH  IKLAN  ISLAMI  TERHADAP  KEPUTUSAN NASABAH  MENABUNG  DI  BANK  RAKYAT INDONESIA SYARIAH”.
1.2.  Perumusan Masalah.

Berdasarkan  uraian  pada  latar  belakang  masalah  maka  dapat  dirumuskan  permasalahan  yang  hendak  di  teliti  yaitu  seberapa  besar  pengaruh  iklan  Islami  terhadap keputusan nasabah menabung diBRI syariah cabang Semarang?   

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi