Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS KONSEP MENGHADAP KIBLAT MENURUT KH. AHMAD RIFA’I DALAM KITAB ABSYAR


 BAB  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Permasalahan  tentang  arah  kiblat  nampaknya  menjadi  masalah  yang  krusial  dalam  masyarakat.  Pada  akhir  tahun  2009  dan  awal  tahun  2010,  masyarakat  diresahkan  dengan  pemberitaan  di  koran-koran  bahwa  80% masjid-masjid di Indonesia kiblatnya salah.
 Hal ini yang mendasari  MUI mengeluarkan sebuah fatwa tentang arah kiblat  yang bertujuan untuk  memberikan  kemudahan  dan  mengatasi  keresahan  masyarakat  dalam  penentuan arah kiblat.
Fatwa  MUI  Nomor  03  Tahun  2010  yang  dikeluarkan  pada  22  Maret 2010 tentang kiblat menyebutkan bahwa kiblat bagi orang salat dan  dapat melihat Ka’bah adalah menghadap ke bangunan Ka’bah. Sementara  itu,  kiblat  bagi  orang  yang  salat  dan  tidak  dapat  melihat  Ka’bah  adalah  arah  Ka’bah.  Disebutkan  pula  letak  geografis  Indonesia  di  bagian  timur  Makkah.  Dengan  demikian,  kiblat  umat  Islam  Indonesia  adalah   Arah  dari  suatu  tempat  ke  tempat  lain  di  permukaan  Bumi  ditunjukkan  oleh  busur  lingkaran  terpendek  yang  melalui  atau  menghubungkan  kedua  tempat  tersebut.  Busur  lingkaran  yang dapat menghubungkan dua tempat di permukaan bola, termasuk di permukaan Bumi, ada dua  macam, lingkaran besar dan lingkaran kecil. Busur dengan jarak yang terpendek adalah busur yang  melalui lingkaran besar. Jadi arah kiblat adalah arah yang ditunjukkan oleh busur lingkaran besar  pada permukaan Bumi yang menghubungkan tempat salat dengan Ka’bah. Slamet Hambali, ”Arah  Kiblat  dalam  Perspektif  Nahdlatul  Ulama”  makalah  disampaikan  dalam  Seminar  Nasional  Menggugat Fatwa MUI Tentang Arah Kiblat, tanggal 27 Mei 2010, hlm. 2.

 Ali  Mustafa  Ya’kub,  Kiblat  Antara  Bangunan  dan  Arah  Ka’bah,    Jakarta:  Pustaka  Darus Sunnah, 2010, hlm. 9.
 menghadap ke arah barat. Fatwa ini kemudian direvisi dengan fatwa MUI  No.5 Tahun 2010 sebab letak Indonesia tidak persis di arah timur Ka’bah.
 Perbedaan  dalam  penentuan  arah  kiblat  dapat  terjadi  karena  pada  zaman dahulu orang menandai arah kiblat hanya dengan arah mata angin  atau  menentukan  kiblat  dengan  perkiraan.
 Sedangkan  pada  zaman  sekarang,  timbul  karena  anggapan  remeh  masyarakat  yang  menyerahkan  masalah penentuan arah kiblat kepada tokoh-tokoh yang mereka percayai  yang belum tentu menguasai hal tersebut.
Perhatian  masyarakat  akan  arah  kiblat  yang  tepat  masih  sangat  lemah,  ini  dibuktikan  ketika  mendirikan  masjid  atau  musholla  tidak  dilakukan  pengukuran  terlebih  dahulu.  Bahkan  ketika  telah  dilakukan  pengecekan  arah  kiblat  oleh  orang  yang  ahli  dalam  bidang  ini,  ada  sebagian  masyarakat  yang  menolak.  Mereka  tetap  berpegang  kuat  pada arah  kiblat  yang  ditetapkan  oleh  sesepuh  mereka  yang  dahulu  masih  menggunakan alat-alat sederhana tidak seakurat  alat-alat modern sekarang  ini.
Selain penolakan, ada juga sebagian masyarakat  yang beranggapan  bahwa  salat  harus  selalu  serong,  meskipun  masjid  atau  musholla  tempat  salatnya  telah  diberi  shaf  yang  benar.  Sekarang  jika  masjidnya  sudah  melenceng ke kanan   misalnya, kemudian ditambah serong lagi ke kanan   Isi Fatwa MUI No.5 Tahun 2010, adalah  (1) kiblat bagi orang salatd.an dapart melihat  Ka’bah adalah menghadap ke bangunan Ka’bah (‘ain al-ka’bah) (2) kiblat bagi orang yang salat  dan  tidak  dapat  melihat  Ka’bah  adalah  arah  Ka’bah  (jihat  al-ka’bah)  (3)  kiblat  umat  Islam  Indonesia adalah menghadap ke barat laut dengan posisi bervariasi sesuai dengan letak kawasan  masing-masing.
 Ahmad  Izzuddin,  Ilmu  Falak  Praktis  (Metode  Hisab  –  Rukyat  Praktis  dan  Solusi  Permasalahannya), Semarang: Komala Grafika, 2006, hlm. 21.
   berarti arah kiblatnya melenceng   dari kiblat sebenarnya. Padahal  jarak    jika  ditarik  garis  ke  Makkah  akan  bergeser  sejauh  kurang  lebih  111 km.
 Tentunya,  arah kiblat sudah melenceng sangat jauh tidak lagi ke  Ka’bah.
Dalam  makalah  ”Pengukuran  Arah  Kiblat  dan  Bayangan  Kiblat  Secara  Sederhana”  yang disampaikan oleh  Sofwan Jannah.  Dituliskan di  bulan Juli 2007, ada satu masjid  di daerah  Yogyakarta  yang diukur arah  kiblatnya  ternyata  mengarah  ke  azimuth  262º  UTSB.  Dengan  demikian,  arah  kiblatnya  kurang  ke  kanan  sebanyak   32°  41'  43,54".
 Jadi  dapat  dibayangkan  seberapa  jauh  (dalam  satuan  Km)  kemelencengan  masjid  tersebut jika ditarik garis ke Makkah.
Arah kiblat cukup menghadap ke barat adalah pemahaman umum  yang  sudah  mengakar  dalam  masyarakat  yang  perlu  diluruskan.  Karena  bagaimana  mungkin  barat  yang  berada  di  titik    dari  titik  utara  sebenarnya  (true  north)  bisa  dikatakan  searah  Ka’bah  yang  dilihat  dari posisi  Indonesia  berada  disekitar  titik  295-an.  Indonesia  terletak  di  tenggara  Makkah  sehingga arah kiblat Indonesia seharusnya mengarah ke  arah barat serong ke utara bukan menjustifikasi barat sebagai arah kiblat.
  Didasarkan pada perhitungan keliling Bumi 40.075,02 km (khatulistiwa), 40.007.86 km  (meridian). Dengan rata-rata 40.041,47 km :   . Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Bumi.html diakses pada hari Jum’at tanggal 23 September 2011.
 Sofwan  Jannah,  ”Pengukuran  Arah  Kiblat  dan  Bayangan  Kiblat  Secara  Sederhana”  makalah disampaikan dalam Pelatihan Hisab dan Rukyat  Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama PW  NU DIYdi Wisma Puas Kaliurang, Yogyakarta 22 - 23 Juli 2007, hlm. 3.
 Ali  Mustafa  Ya’qub  dalam  bukunya  ”Kiblat  Antara  Bangunan  dan  Arah  Ka’bah” mengatakan  bahwa  untuk  Indonesia  adalah  daerah  yang  berada  di  sebelah  timur  Ka’bah  maka  kiblat untuk Indonesia adalah barat, mana saja. Ia mendasarkan pendapatnya pada hadis riwayat  Tirmidzi  yang  artinya:  ”arah antara timur dan barat adalah kiblat”.  Maksudnya, bagi siapa saja  yang tidak  melihat Ka’bah secara langsung maka dia cukup menghadap ke arahnya saja dan kalau   Tepatnya  menghadap  kiblat  menjadi  sangat  penting,  karena  menghadap kiblat merupakan syarat sahnya salat.
 Sebagaimana perintah  yang tercantum pada firman Allah swt diantaranya dalam surat al-Baqarah  ayat 144:”Sungguh  kami  (sering)  melihat  mukamu  menengadah  ke  langit  Maka  sungguh  kami  akan  memalingkan  kamu  ke  kiblat  yang  kamu sukai. Palingkanlah  mukamu ke arah Masjidil Haram,  dan  dimana saja kamu berada,  palingkanlah mukamu ke arahnya,  dan  sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi  alKitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke  Masjidil Haram  itu adalah benar dari Tuhannya,  dan Allah sekalikali  tidak  lengah  dari  apa  yang  mereka  kerjakan”  (QS.  alBaqarah: 144).


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi