Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:AKURASI ARAH KIBLAT MASJID-MASJID DI DESA SRUNI, KEC. JENGGAWAH, KAB. JEMBER JAWA TIMUR

BAB II FIQH MENGHADAP ARAH KIBLAT
 A.  Pengertian Kiblat Kata  kiblat  berasal  dari  bahasa  arab  al-qiblah     yang  secara  harfiah  berarti  arah  (Al-Jihah),  dan  merupakan  bentuk  fi‟lah  dari  kata  almuqolabah    sehingga berarti keadaan menghadap.
  Menurut  ulama  fiqh  dalam  kitab  fiqih‟ala  Madzahib  Al-Araba‟ah  karangan Abdur Rahman Al-Jaziri  hal 194, mengatakan bahwa arah kiblat adalah  arah  ka‟bah  atau  wujud  ka‟bah.  Maka  barang  siapa  yang  berada  didekat  ka‟bah  tidak  sah  salatnya  kecuali  menghadap  wujud  ka‟bah  dan  orang  yang  jauh  dari  ka‟bah  (tidak melihat)  maka baginya berijtihad untuk menghadap kiblat (kearah  kiblat).
 Sedangkan  secara  terminologi,  maka  telah  diketahui  bersama  bahwa  akan  berbicara  tentang  arah  ke  Ka‟bah.
  Para  ulama  dan  tokoh  memberikan  definisi yang bervariasi tentang arah kiblat, meskipun pada dasarnya hal tersebut  berpangkal pada satu obyek kajian yang sama, yakni Ka‟bah.
 Abdul  Aziz  Dahlan  mendefinisikan  kiblat  sebagai  bangunan  Ka‟bah  atau  arah  yang  dituju  kaum  muslimin  dalam  melaksanakan  sebagian  ibadah.
   Majlis  Tarjih  Dan  Tajdid  Pimpinan  Pusat  Muhammadiyyah,  Pedoman  Hisab  Muhammadiyyah, (Yogyakarta : Majlis Tarjih Dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyyah), Cet.
 II, 2009. Hlm.

  Al-qur‟an menyebut ka‟bah dengan berbagai nama, diantaranya “ Al-Bait (rumah),  Baitullah (rumah allah), Al-Bait Al-Haram (rumah suci), Al-Bait Al-Atiq(rumah pusaka), Dan  Qiblat” .
  Abdul Aziz Dahlan, atau Muhammad Darwis yang merupakan sebutan atau nama beliau  ketika masih kecil (ada literatur yang menulis Darwisy), Beliau dilahirkan di Kampung Kauman  Yogyakarta pada tahun 1868 Masehi bertepatan dengan tahun 1285 Hijriyah dan meninggal dunia   Slamet  Hambali  memberikan  definisi  arah  kiblat  yaitu  arah  terdekat  menuju  ka‟bah  melalui  lingkaran  besar  (great  circle)  bola  bumi.  Lingkaran  bola  bumi  yang  dilalui  arah  kiblat  dinamakan  lingkaran  arah  kiblat.  Lingkaran  arah  kiblat  dapat  didefinisikan  sebagai  lingkarann  besar  bola  bumi  yang  melalui  sumbu  kiblat.  Sedangkan  sumbu  kiblat  adalah  sumbu  bola  bumi  yang  melalui  atau  menghubungkan titik pusat ka‟bah dengan titik dari kebalikan Ka‟bah.
  Sedangkan  menurut  Ahmad  Izzuddin,  arah  kiblat  yaitu  Ka‟bah  atau  paling  tidak  Masjidil  Haram  dengan  mempertimbangkan  posisi  lintang  bujur  Ka‟bah,  sedang  yang  dimaksud  menghadap  kiblat  menurut  Mukhyiddin  Khazin adalah  arah  atau  jarak  terdekat  sepanjang  lingkaran  besar  yang  melewati  ke  ka‟bah.  Sehingga  dengan  demikian  pendefinisian  menghadap  ke  Kiblat  adalah  menghadap  kearah  Ka‟bah  atau  paling  tidak  Masjidil  Haram  dengan  mempertimbangkan posisi arah dan  posisi terdekat dihitung dari daerah yang kita  kehendaki.
  B.  Dasar Hukum Menghadap Arah Kiblat Kiblat  sebagai  pusat  tumpuan  umat  Islam  dalam  mengerjakan  ibadah.
 Dalam  nash  baik  Al  Qur‟an  ataupun  Hadits  terdapat  beberapa  ayat  dan  hadits  yang menegaskan tentang perintah menghadap ke arah kiblat, diantaranya:  pada  tanggal  23  Februari  1923  M/  7  Rajab  1342  H,  jenazahnya  dimakamkan  di  Karangkajen  Yogyakarta. Dalam bidang ilmu Falak beliau   merupakan salah satu pembaharu, yang meluruskan  Arah Kiblat Masjid Agung Yogyakarta pada tahun 1897 M/1315 H.
  Slamet,  Hambali,   Arah  Kiblat  Dalam  Perspektif   NU  dalam  seminar  nasional  Menggugat Fatwa MUI No 03 Th. 2010 tentang Arah Kiblat. Semarang, 27 Mei 2010, hlm. 02   Ahmad Izzuddin, Menentukan Arah Kiblat Praktis, (yogyakarta : logung pustaka, 2010),  hlm. 4   1.  Dasar hukum dalam Al Quran tentang menghadap kiblat a.  QS. Al BaqarahArtinya:  “Sungguh  Kami  (sering)  melihat  mukamu  menengadah  ke  langit,  maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu  sukai.  Palingkanlah  mukamu  ke  arah  Masjidil  Haram.  Dan  di  mana  saja  kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.  Dan  sesungguhnya  orang-orang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  diberi  Al  Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke  Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekalikali  tidak  lengah  dari  apa  yang  mereka  kerjakan.”   (QS.  Al  Baqarah: 144)  b.  QS. Al BaqarahArtinya: “Dan dari mana saja kamu ke luar, maka palingkanlah wajahmu  ke arah Masjidil Haram; sesungguhnya ketentuan itu benar-benar  sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah  dari apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 149)  c.  QS. Al Baqarah:  Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al Quran, op.cit, hlm.
  Ibid, hlm. 23   Artinya:  Dan  dari  mana  saja  kamu  keluar,  maka  palingkanlah  wajahmu  ke  arah  Masjidil  Haram.  Dan  di  mana  saja  kamu  (sekalian)  berada,  maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi  manusia  atas  kamu,  kecuali  orang-orang  yang  lalim  di  antara  mereka.  Maka  janganlah  kamu  takut  kepada  mereka  dan  takutlah  kepada-Ku. Dan agar Kusempurnakan nikmat-Ku atasmu, dan supaya  kamu mendapat petunjuk. (QS. Al Baqarah: 150)  2.  Dasar hukum dalam Hadits tentang menghadap arah kiblat Selain  didalam  al-qur‟an,  perintah  menghadap  arah  kiblat  dalam  melakasanakan  ibadah  juga  di  pertegas  didalam  hadits.  Sebagaimana  yang  terdapat dalam hadits-hadits Nabi Muhammad saw yang membicarakan kiblat  antara lain :  a.  Dari Tirmidzi wa Ibnu Maajah  Artinya  :" Dari  Abu Hurairah ra katanya : Sabda Rasulullah saw. Di antara  Timur dan Barat terletaknya kiblat ( ka'bah ) ".
  b.  Hadits Riwayat Artinya :Dari Annas Ibn Malik r.a "Bahwasanya Rasullullah s.a.w (pada suatu  hari) sedang mendirikan solat  dengan  menghadap ke Baitul Maqdis.
 Kemudian  turunlah  ayat  Al-Quran:  "Sesungguhnya  kami  selalu melihat mukamu menengadah ke langit (berdoa  mengadap  kelangit).
 Maka  turunlah  wahyu  memerintahkan  Baginda  mengadap  ke  Baitullah  (Ka'bah).  Sesungguhnya  kamu  palingkanlah  mukamu  ke  kiblat  yang  kamu  sukai.  Palingkanlah  mukamu  ke  arah  Masjidil   Ibid   Mu‟ammal Hamidy, Imron AM, Umar fanany BA, Nailul Author Jilid 2, (surabaya :  PT. Bina Ilmu, th. 1991), hal. 479    Haram. Kemudian seorang lelaki Bani Salamah lalu, ketika itu orang  ramai sedang ruku' pada rakaat kedua shalat fajar.  Beliau menyeru, sesungguhnya  kiblat telah berubah. Lalu mereka berpaling ke arah kiblat". ( Diriwayatkan Oleh Muslim ).
  Berdasarkan  ayat  Al  Qur'an  dan  hadits    diatas,    jelaslah  bahwa  menghadap  arah  kiblat  itu  merupakan  satu  kewajiban  yang  telah  ditetapkan  dalam  hukum  atau  syariat.  Maka  tiada  kiblat  yang  lain  bagi  umat  Islam  melainkan Ka'bah (Baitullah) di Masjidil Haram.
 C.  Sejarah Kiblat Ka‟bah sebagai kiblat umat Islam seluruh dunia memiliki sejarah panjang.
 Dalam  The  Encyclopedia  Of  Religion  dijelaskan  bahwa  bangunan  Ka‟bah  ini  merupakan bangunan yang dibuat dari batu-batu (granit) Mekah yang kemudian  dibangun menjadi bangunan berbentuk kubus (cube-like building) dengan tinggi  kurang  lebih  16  meter,  panjang  13  meter  dan  lebar  11  meter.
  Batu-batu  yang  dijadikan  bangunan  Ka‟bah  saat  itu  diambil  dari  lima  gunung,  yakni:  Hira‟,  Tsabir, Lebanan, Thur, dan Khair.
  Ka‟bah menjadi kiblat salat sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.
 Ketika  nabi  Muhammad  hijrah  ke  Madinah,  beliau  hanya  menghadap  ke  Baitul  Maqdis  ketikamelaksanakan  salat. Hal ini karena keadaannya berbeda dengan di  Makkah,  Beliau  merasa  sangat  sulit  menentukan  arah  yang  tepat  dan  lurus   Maktabah Syamilah versi 2.11, Muslim Bin Hajjaj Abu Hasan Qusyairi An Naisabury,  Shahih Muslim, Mesir : Mauqi‟u Wazaratul Auqaf, t.t juz 3 hlm.
  Mircea  Eliade  (ed),  The  Encyclopedia  Of  Religion,  Vol.  7,  New  York:  Macmillan  Publishing Company, t.t, hlm. 225.
  Tsabir  berada  di  sebelah  kiri  jalan  dari  Mekah  ke  Mina,  dari  hadapan  gunung  Hira‟  sampai  dengan  ujung  Mina.  Sedangkan  Lebanan  adalah  dua  gunung  di  dekat  Mekah  dan  Thur  Sinai berada di Mesir. Lihat, Muhammad Ilyas Abdul Ghani, op.cit, hlm. 52   diantara  dua  kiblat  tersebut.  Nabi  Muhammad  saw,  senantiasa  menghadap  ke  Baitul Maqdis selama kurang lebih 16 (enam belas) bulan.
 Dalam salatnya, Nabi salalu berdoa kepada Allah agar menjadikan Ka‟bah  sebagai kiblatnya. Sebab, Ka‟bah adalah kiblat nenek moyang Nabi saw, Ibrahim.
 Setelah  beliau hijrah ke Madinah, beliau memindahkan kiblat shalat dari Ka‟bah  ke Baitul Maqdis  yang  digunakan orang Yahudi sesuai dengan izin Allah untuk  kiblat salat mereka.
 Perintah  memindahkan  kiblat  salat  dari  Baitul  Maqdis  yang  berada  di  Palestina ke Ka‟bah  yang berada di Masjidil Haram, Mekah terjadi pada tahun ke  delapan  Hijriyah  yang  bertepatan  pada  malam  tanggal  15  Sya‟ban  (Nisfu  Sya‟ban).  Peristiwa  ini  adalah  peristiwa  penting  dalam  sejarah  perjuangan  umat  Islam  yang  tidak  boleh  dilupakan  sepanjang  masa.
  Perpindahan  tersebut  dimaksudkan  untuk  menjinakkan  hati  orang-orang  Yahudi  dan  untuk  menarik  mereka kepada syariat Al Qur‟an dan agama yang baru yaitu agama tauhid.
  D.  Pendapat  Ulama Tentang Kiblat  Berkenaan  dengan  menghadap  kiblat  ketika  salat,  para  ulama  berbeda  pendapat mengenai orang  yang jauh dengan ka‟bah dan tidak dapat melihatnya.
 Menurut  pendapat  Ulama  Hanafiyah  dan  Malikiyah,  mereka  mengatakan  yang  wajib  adalah  (cukup)  jihhatul  Ka‟bah,  jadi  bagi  orang  yang  dapat  menyaksikan  Ka‟bah secara langsung maka harus menghadap pada ainul Ka‟bah. Jika ia berada  jauh  dari  Mekah  maka  cukup  dengan  menghadap  ke  arahnya  saja  (tidak  mesti   http://falak.blogsome.com/, diakses tanggal 24 September 2010 pukul 10.23 WIB  Salim Bahreisy dan Said Bahreisy,  Tafsir Ibnu Katsier, terj. Tafsir Ibnu Kasir, cet. 4,  Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1992, hlm. 260-261   persis), jadi cukup menurut persangkaannya (dzan)  saja bahwa di sanalah kiblat,  maka dia menghadap ke arah tersebut (tidak mesti persis).
 Para ulama telah bersepakat bahwa siapa saja  yang mengerjakan salat di  sekitar  Masjidil  Haram  dan  baginya  mampu  melihat  Ka‟bah  secara  langsung,  maka  wajib  baginya  menghadap  persis  ke  arah  Ka‟bah  (ainul  Ka‟bah).  Namun  ketika orang tersebut berada di tempat  yang jauh dari Masjidil Haram atau jauh  dari Mekah, maka para ulama berbeda pendapat mengenainya. Berikut adalah dua  pendapat besar dari para ulama madzhab mengenai hal tersebut, yaitu: 1.  Pendapat Ulama Syafi’iyah dan Hanabilah Menurut  keduanya,  yang  wajib  adalah  menghadap  ke  ainul  Ka‟bah.
 Dalam  artian  bagi  orang  yang  dapat  menyaksikan  Ka‟bah  secara  langsung  maka  baginya  wajib  menghadap  Ka‟bah.  Jika  tidak  dapat  melihat  secara  langsung,  baik  karena  faktor  jarak  yang  jauh  atau  faktor  geografis  yang  menjadikannya  tidak  dapat  melihat  Ka‟bah  langsung,  maka  ia  harus  menyengaja  menghadap  ke  arah  di  mana  Ka‟bah  berada  walaupun  pada  hakikatnya  ia  hanya  menghadap  jihat-nya  saja  (jurusan  Ka‟bah).  Sehingga  yang menjadi kewajiban adalah menghadap ke arah  Ka‟bah persis dan tidak  cukup menghadap ke arahnya saja.
  Hal ini  didasarkan pada firman Allah SWT ,  maksud dari kata  syatral Masjidil Haram  dalam potongan ayat di atas adalah   Seseorang  yang  berada  jauh  dari  Ka‟bah  yaitu  berada  diluar  Masjidil  Haram  atau  di  sekitar  tanah  suci  Mekkah  sehingga  tidak  dapat  melihat  bangunan  Ka‟bah,  mereka  wajib  menghadap ke arah Masjidil Haram sebagai maksud menghadap ke arah Kiblat secara dzan atau  kiraan atau disebut sebagai “Jihadul Ka‟bah”.

  Abdurrahman  bin  Muhammad  Awwad  Al  Jaziry,  Kitabul  Fiqh  „Ala  Madzahibil  Arba‟ah, Beirut: Dar Ihya‟ At Turats Al Araby, 1699, hlm. 177    arah dimana orang yang salat menghadapnya dengan posisi tubuh menghadap  ke arah tersebut, yaitu arah Ka‟bah. Maka seseorang yang akan melaksanakan  salat harus menghadap tepat ke arah Ka‟bah.

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi