Kamis, 14 Agustus 2014

Skripsi Syariah:ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP MEKANISME JUAL BELI IKAN LAUT DALAM TENDAK DI DESA BLIMBING KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN


BAB I PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang Masalah Jual  beli  dalam  istilah  fiqh  disebut  dengan  bay‘  yang  berarti  menjual,  mengganti  dan  menukar  sesuatu  dengan  sesuatu  yang  lain.
 Sedangkan  dalam  bahasa  Arab  jual  beli  disebut  al-bay‘  yang  berarti  menukar  (pertukaran).  Kata  jual  (al-bay‘)  dalam  bahasa  Arab  terkadang  digunakan  untuk  pengertian  lawannya  yaitu  beli  (asy-syira>)  dengan  demikian  al-bay‘  berarti  menjual  dan  sekaligus beli.
 Ulama Hanafiyah mendefinisikannya dengan: ‚Saling menukar harta dengan harta melalui cara tertentu.
‚Tukar menukar sesuatu yang diingini dengan yang sepadan  melalui cara  tertentu yang bermanfaat.
Menurut Imam Maliki jual beli adalah: ‚pertukaran harta dengan harta untuk kepemilikan.
 Nasrun Haroen, Fiqh Mu’amalah (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000), 2.

 Sayyid Syabiq,  Penerjemah Muhammad Thalib,  Fiqh Sunnah 12  (Bandung: PT. Al-Ma`arif,  1999), 47.
 Dari  pengertian  di  atas,  yang  menjadi  objek  perbincangan  bay‘  adalah  mekanisme,  sebab  hal  itulah  yang  dapat  menentukan  status  sah  tidaknya  jual  beli.  Selama  mekanisme  yang  terjadi  masih  sesuai  dengan  syara’  atau  hukum  yang  berlaku,  maka  jual  beli  menjadi  legal  menurut  kaca  mata  hukum.  Tetapi  bila mekanisme  jual beli yang terjadi tidak lagi sesuai dengan syara’ atau hukum  yang  berlaku,  maka  status  bisa  berubah  dari  legal  menjadi  ilegal  atau  hal  lain, menurut  pemahaman  Al-Qur’an  dalam  surah  Al-Baqarah  ayat  275  yang  berbunyi: ‚Orang-orang  yang  makan  (mengambil)  riba  tidak  dapat  berdiri  melainkan  seperti  berdirinya  orang  yang  kemasukan  syaitan  lantaran  (tekanan)  penyakit  gila.  Keadaan  mereka  yang  demikian  itu,  adalah  disebabkan  mereka  berkata  (berpendapat),  sesungguhnya  jual  beli  itu  sama  dengan  riba,  padahal  Allah  telah  menghalalkan  jual  beli  dan  mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan  dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya  apa  yang  telah  diambilnya  dahulu  (sebelum  datang  larangan);  dan  urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil  riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di  dalamnya.
 Dan Allah juga berfirman dalam surah An-Nisa>’ 29 yang berbunyi:  Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah (surabaya: Al-Hidayah, 1996), 47.
 ‚Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling  memakan harta  sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang  berlaku  dengan  suka  sama-suka  di  antara  kamu.  Dan  janganlah  kamu  membunuh  dirimu;  sesungguhnya  Allah  adalah  Maha  Penyayang  kepadamu.
 Begitu  pula dijelaskan dalam hadis Nabi yang  diriwayatkan dari  Hakim  bin Hizam ra. yang berbunyi: ‚Diriwayatkan dari  pada Hakim bin Hizam ra. katanya: Nabi  bersabda:  Penjual  dan  pembeli  diberi  kesempatan  berfikir  selagi  mereka  belum  berpisah.  Sekiranya  mereka  jujur  serta  membuat  penjelasan  mengenai  barang yang dijual belikan, mereka akan mendapat berkah dalam jual beli  mereka.  Sekiranya  mereka  menipu  dan  merahsiakan  mengenai  apa-apa  yang harus diterangkan tentang barang yang dijual belikan akan terhapus  keberkahannya. (HR. Ahmad)  ketiga  dalil di atas menjelaskan bahwa  mekanisme jual beli  begitu ditekankan untuk  menyesuaikan  dengan  syara’  atau  hukum  yang  berlaku  sehingga  mempengaruhi keabsahan  jual beli itu sendiri. Hal tersebut secara  eksplisit dan  tegas  dinyatakan  dalam  hadis  di  atas.  Meskipun  demikian,  ada  beberapa  pendapat ulama yang berkembang dalam kaitan dengan masalah ini.
 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah (Surabaya: Al-Hidayah, 1996), 84.
 Imam Ahmad bin Hambal,  Musnad Imam Ahmad bin Hambal asy-Syamiyin, Jil.  4  (Beirut, Libanon: Dar- Al-Kutub Al-Ilmiah, t.t.), 284.
 Menurut  ulama  Hanafiyah,  mekanisme  jual  beli  boleh  melalui  i<ja>b (ungkapan membeli dari pembeli) dan  qabu>l  (pernyataan menjual dari penjual),  atau  juga  boleh  melalui saling  memberikan  barang  dan  harga  dari  penjual  dan  pembeli  begitu  juga  dengan  barang  yang  diperjualbelikan  harus  mengandung  asas manfaat.
Sedangkan  menurut  ulama’  Syafi’iyah  berpendapat  bahwa  jual  beli  menurut  syara’  adalah  pertukaran  harta  dengan  harta  dengan  cara  tertentu.
Dengan kata lain jual beli adalah akad pertukaran harta dengan harta. Dalam hal  ini mereka melakukan penekanan kepada kata ‚milik dan pemilikan, karena ada  juga  tukar  menukar  harta  yang  sifatnya  tidak  harus  dimiliki,  seperti  sewa  menyewa (ija>rah).
 Adapun menurut  jumhur ulama’ membagi jual beli menjadi  dua  macam,  yaitu  jual  beli  yang  dikategorikan  sah  (s}ahih)  yaitu  jual  beli  yang  memenuhi  ketentuan  syara’  (baik rukun maupun syaratnya), dan jual beli tidak sah adalah  jual  beli  yang  tidak  memenuhi  salah  satu  syarat  dan  rukun  sehingga  jual  beli  menjadi rusak (fa>sid) atau batal.
Ulama’  Hanafiyah  membagi  jual  beli  menjadi  tiga  yaitu  jual  beli  sah, jual beli batal dan jual beli rusak (fa>sid).
  Muhammad As-syarbani, Mugni al-Muhtaj, Juz 2, 111-112.
 Rahmad Syafi’i, Fiqh Mu’amalah (Bandung: Pustaka Setia, 2001), 91-92.
 a.  Jual beli sah Jual  beli  dikatakan  sebagai  jual  beli  yang  s{ah  apabila  jual  beli  itu  disyari’atkan  memenuhi  rukun  dan  syarat  yang  ditentukan,  bukan  milik  orang  lain,  tidak  mengandung  hak  khiya>r.  Jual  beli  seperti  ini  dikatakan  sebagai jual beli s{ahih. Misalnya seseorang membeli sebuah kendaraan roda  empat. Seluruh rukun dan syarat jual beli telah terpenuhi, kendaraan itu telah  diperiksa oleh pembeli dan tidak cacat, tidak ada yang rusak dan tidak ada  manipulasi  harga  dan  kendaraan  tersebut  telah  diserahkan,  serta  tidak  ada  lagi  khiya>r  dalam jual beli tersebut. Jual  beli ini hukumnya s{ah  dan mengikat  kedua belah pihak.
b.  Jual beli yang batal Jual  beli  dikatakan  sebagai  jual  beli  yang  batal  apabila  salah  satu  atau  seluruh  rukunnya  tidak  terpenuhi  atau  jual  beli  tersebut  pada  dasar  dan  sifatnya  tidak  disyari’atkan.  Seperti  jual  beli  yang   dilakukan    anak-anak,  orang gila atau barang-barang yang dijual itu merupakan barang-barang  yang diharamkan oleh syara’, seperti bangkai, darah, babi dan khamr.
c.  Jual beli fa>sid Merupakan  jual  beli  yang  tidak  memenuhi  syarat,  barang  yang  diperjualbelikan  pada  dasarnya  disyari’atkan,  apabila  syarat  yang  tidak  terpenuhi tersebut dipenuhi, maka jual beli itu menjadi sah.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi