BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah Pembangunan dibidang
pendidikan merupakan upaya
untuk mencerdaskan kehidupan
bangsa dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan masyarakat
maju, adil, dan makmur hal ini tercantum dalam tujuan pendidikan nasional
sebagai berikut: Pembangunan dibidang
pendidikan merupakan upaya
untuk mencerdaskan kehidupan
bangsa dalam meningkatkan
kualitas kehidupan manusia
Indonesia dalam rangka
menciptakan manusia yang
berpotensi dan berakhlak mulia. Karena pendidikan mempunyai
peran yang sangat urgen untuk menjamin
perkembangan dan kelangsungan
kehidupan suatu bangsa,
dan menjadi cermin
kepribadian masyarakat. Sebagaimana
dalam undang-undang Indonesia No 20 tahun 2003, tentang sistem
pendidikan nasional BAB II pasal 3, dikatakan:
“Pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalamrangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab”.
Allah
SWT telah memerintahkan
umat manusia untuk
berupaya Undang- undang RI No 20
tahun 2003 tentang SISDIKNAS, hlm. 5 semaksimal mungkin
guna mencari kebahagiaan
terhadap dunia dan
akhirat melalui firman Allah
dalam Al Quran surat Al Qashash ayat 77 berbunyi “Dan carilah
pada apa yang
Telah dianugerahkan Allah
kepadamu (kebahagiaan) negeri
akhirat, dan janganlah
kamu melupakan bahagianmu
dari (kenikmatan) duniawi
dan berbuat baiklah
(kepada orang lain)
sebagaimana Allah Telah
berbuat baik, kepadamu,
dan janganlah kamu berbuat
kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak
menyukai orang-orang yang
berbuat kerusakan”.(QS Al-qashas: 77) Dan untuk
mencapai kesehatan jasmani
dan rohani serta
kebahagiaan dunia akhirat
itu maka perlu
adanya pendidikan agama
khususnya pendidikan agama
Islam sebagaimana pendidikan
agama Islam diartikan
sebagai: Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam
meyakini, memahami, menghayati dan
mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan atau latihan
dengan memperhatikan tuntutan
untuk menghormati agama
lain dalam hubungan
kerukunan antara umat
beragama dalam masyarakat
untuk mewujudkan persatuan
nasional.
Pendidikan
agama Islam adalah
sistem pendidikan yang
dapat memberikan kemampuan
seorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita
Islam, karena nilai-nilai
Islam telah menjiwai
dan mewarnai corak Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Trejemahanya,
(Jakarta:PT Intermasa), hlm. 623 Muhaimin,
Abd. Ghafir dan Nur Ali, Strategi Belajar Mengajar(Surabaya: Karya Anak Bangsa,
1996), hlm. 6 kepribadian. Pengertian pendidikan Islam
dengan sendirinya adalah suatu sistem pendidikan yang
mencakup seluruh aspek
kehidupan yang dibutuhkan
oleh hamba Allah, maka pendidikan
berarti menumbuhkan.
Dengan semakin
berkembangnya ilmu pengetahuan
dan teknologi, pendidikan islam dewasa ini telah memasuki
dunia inovasi dan pengembangan.
Maka dari itu beberapa inovasi
pengembangan pendidikan khususnya pendidikan Islam mulai banyak dilaksanakan oleh para
pakar pendidikan dan juga oleh setiap lembaga
pendidikan Islam guna meningkatkan mutu danprestasi belajar siswa.
Tidak ketinggalan
pula sebuah lembaga
pendidikan Islam yang
menerapkan sistem boarding
school didalamnya. Sistem boarding
school adalah sistem sekolah
dengan pesantren atau
asrama dimana seluruh siswa
yang belajar di lembaga tersebut
harus bertempat tinggal
didalam asrama sekolah
yang menyerupai pesantren yang
berada dilingkungan sekolah. Tidak ketinggalan guru maupun
pengelola juga berada
di asrama tersebut.
Dan mereka boleh
pulang kerumah sesuai peraturan
yang telah ditetapkan olehlembaga. Jadi tidak ada satu pun
siswa yang belajar
dilembaga tersebut yang
tidak tinggal didalam
asrama sekolah. Keberadaan
lembaga pendidikan dengan
sistem boarding school ini memang
tidak terlalu banyak
disetiap daerah. Salah
satu contohnya adalah Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama’ (MAM
NU) kota Blitar. MAM NU kota Blitar
yang berada di
jalan Ciliwung 52
kota Blitar tersebut
adalah satu- satunya lembaga pendidikan Islam yang
menerapkan sistem boarding schooldi kota Blitar. Dan akhir- akhir ini lembaga
pendidikan seperti inilah yang banyak dilirik oleh
para orang tua
untuk menyekolahkan anaknya.
Karena mereka berfikir
bahwa lembaga pendidikan
seperti itu jelas mempunyai keunggulan dalam
hal ilmu keagamaanya
dibanding lembaga pendidikan
lainya. Karena disana
para peserta didik
mendapatkan pelajara agama
dan pelajaran PAI
jauh lebih banyak
daripada dilembaga pendidikan
lain dengan sistem
konvensional.
Hal seperti
itu membuat lembaga
pendidikan Islam bersistem
boarding school seperti diberi
amanat dan kepercayaan
yang cukup besar
oleh masyarakat.
Dengan begitu seperti yang
diungkapkan dalam undang-undang Indonesia No 20 tahun
2003 tentang fungsi
pendidikan nasional bahwa salah
satu fungsi pendidikan adalah “bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan
menjadi warga negara
yang demokratis serta bertanggung jawab”
lembaga pendidikan dengan sistem boarding
school dianggap mampu
dalam mencapai tujuan
pendidikan nasional tersebut.
Karena Selain hal tersebut
Madrasah Aliyah Ma’arif NU sebagai lembaga pendidikan
bersistem boarding school yang
berada didaerah perkotaan, senantiasa
berusaha mengembangkan lembaga
dan pembelajarannya agar
siap dan mampu
bersaing dengan lembaga
pendidikan lainnya. Dalam
hal pengembangan pembelajaran
khususnya pembelajaran atau
pendidikan agama Islam
di MAM NU
kota Blitar terbilang
cukup sukses. Mereka
melakukan Op.cit,hlm.5.
berbagai strategi yang inovatif dalam bidang pendidikan
khususnya pendidikan agama Islam
didalamnya. Itu semua
dilakukan untuk meningkatkan
kualitas pendidikan, meningkatkan
motivasi belajar siswa,
menciptakan suatu iklim belajar mengajar
yang tepat sebagaimana
layaknya pendidikan modern, mempermudah
siswa dalam menyerap
pengetahuan dari mata
pelajaran PAI sehingga mereka mampu menjadi siswa yang
unggul.
Karena hal
itulah ide dari
penelitian ini muncul,
disebabkan karena semakin majunya Madrasah Aliyah Ma’arif NU
kota Blitar yang dapat peneliti lihat
dari berbagai aspek,
mulai dari dari
pembukaan Madrasah Tsanawiyah sekitar
empat tahun yang
lalu, pembangunan asrama
putra maupun putri, kelengkapan sarana
dan prasarana, jumlah
siswa yang terus meningkat
setiap tahun, prestasi
sekolah, program-program keunggulan dan yang
paling pokok adalah
manajemen pendidikan dan
inovasinya baik pendidikan
umum muapun agama
sehingga lembaga pendidikan
boarding school mampu
meningkatkan pestasi belajar
siswanya dan dapat bersaing di daerah perkotaan dengan lembaga pendidikan lain dalam hal akademik maupun non
akademik.
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi