Selasa, 26 Agustus 2014

Skripsi Syariah:PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Toko DANNIS Collection Pati)

 BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian Muhammad  adalah  Rasulullah,  Nabi  terakhir  yang  diturunkan  untuk  menyempurnakan  ajaran-  ajaran  Tuhan  yang  diturunkan  sebelumnya.  Rasulullah  adalah  suri  tauladan  umat -Nya.
 Seperti  dalam  ayat Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan  yang  baik  bagimu  (yaitu)  bagi  orang  yang  mengharap  (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak  menyebut Allah.(QS Al Ahzab: 33)  Aa  Gym,  dalam  satu  tulisannya,  mengatakan  bahwa  nabi  Muhammad  SAW.  Selain  sebagai  pedagang  yang  sukses  juga  pemimpin  agama sekaligus kepala Negara yang sukses. Jarang ada Nabi seperti ini.
Ada yang hanya sukse memimpin Negara, tetapi tidak memimpin Negara.
Maka,  sebenarnya  kita  sudah  menemukan  figure  yang  layak  dijadikan  idola, dan dijadikan contoh dalam mengarungi dunia bisnis.
 Persaingan  yang  semakin  ketat  dimana  semakin  banyak  produsen  yang  terlibat  dalam  pemenuhan  kebutuhan  dan  keinginan  konsumen,  menyebabkan  setiap  perusahaan  harus  menempatkan  orientasi  pada   Hermawan Kartajaya, Muhammad Syakir Sula, Syari’ah Marketing, Bandung: Mizan Media  Utama, 2006, h.

 Departemen Agama RI, Al- Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2005, h.
 Ibid, h. 44   kepuasan  konsumen  sebagai  tujuan  utam.  Dengan  semakin  banyaknya  produsen  yang  menawarkan  produk  dan  jasa,  maka  konsumen  memiliki  pilihan yang semakin banyak untuk menentukan jadi tidaknya pembelian.
Dalam  perjalanannya  butik  atau  toko  busana  muslim  semakin  meningkat baik dalam jumlah maupun pelayanan yang diberikan. Keadaan  tersebut  menyebabkan  adanya  persaingan  dengan  toko  atau  butik  busana  muslim lainnya. Akibatnya, mau tidak mau para pengusaha bisnis busana  muslim  tidak  mempunyai  pilihan  lain  kecuali  memenangkan  persaingan.
Berkaitan  dengan  konsep  pemasaran  yang  berorientasi  pada  konsumen  maka  manajemen  dapat  memberikan  kepuasan  pada  konsumen  dengan  cara memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diinginkan oleh konsumen  tersebut.
 Dalam  hubungan  dengan  perekonomian  dan  perkembangan  busana  muslim,  DANNIS  Collection  merupakan  salah  satu  dari  perdagangan produk busana muslim di kota Pati.
DANNIS Collection adalah sebuah toko yang menyediakan busana  muslim  dan  perlengkapan  muslim  yang  berlokasi  di Jl. Tayu-Pati  no.  89  Pati.  DANNIS  Collction  mempunyai  banyak  pelanggan  karena  secara  umum  pola  pemasaran  DANNIS  Collection  lebih  menekankan  kepada  kalangan menengah keatas. Sehingga melihat pelanggan dari karakteristik  itu  baik  dari  asal  domisilinya,  tingkat  pendapatannya,  golongan  usianya,  dan  jenis  kelaminnya,  diharapkan  dapat  memberikan  gambaran  tentang   ibid   pendapat m engenai kepuasan pelanggan terhadap produk busana muslim  yang DANNIS Collection tawarkan.
 Gambar  Omset Penjualan  Tahun  Pelanggan/bulan  Volum Penjualan/bulan 2008  100  2.150.000/ bulan 2009  120  2.345.000/ bulan 2010  110  2.250.000/ bulan 2011  150  2.580.000/ bulan Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting kaitannya  dengan pengembangan usaha. Pelanggan yang mempunyai loyalitas yang  tinggi  akan  senantiasa  menggunakan  produk  atau  jasa  yang  disediakan  perusahaan, dan tidak akan terpengaruh jasa  yang ditawarkan pihak lain.
Kepuasan  pelanggan  juga  dipengaruhi  oleh  kualitas  pelayanan.  Kualitas  pelayanan sangat penting kaitannya dengan eksistensi dan perkembangan  keberhasilan perusahaan jasa. Kualitas pelayanan akan berpengaruh pada  kepuasan  pelanggan  yang  pada  akhirnya  akan  berdampak  pada  loyalitas  pelanggan pada penyedia jasa tersebut.
 Kembali  kemasalah  kepuasan  pelanggan  yang  cukup  unik  untuk  dapat diperkirakan, maka kita akan membahasnya melalui sudut pandang  manajemen  pemasaran  dalam  membentuk  suatu  perusahaan  dengan  pendekatam  atribut  pemasaran  yaitu  pada  model  bauran  pemasaran   Wawancara dengan manager toko DANNIS Collection  Fandy Tjipto, Pemasaran Strategi,Yogyakarta: Andi, edisi 3, 2008   (marketing  mix)  yang  dikembangkan  oleh  Kotler  Philip,  terdiri  dari  product, promotion, price, dan place. Hal ini untuk melihat yang dirasakan  pelanggan  tentang  kualitas  produk  atau  jasa  layanan  perusahaan  produk  busana  muslim  dan  kualitas  produk  atau  jasa  layanan  seperti  apa  yang  diinginkan oleh pelanggan.
 Untuk  mengidentifikasi  pemenuhan  tingkat  kualitas  harapan  para  konsumen tidak mudah, karena sekali konsumen dapat merasakan kualitas  produk  atau  jasa  layanan  yang  tinggi  baik  dari  perusahaan  maupun  dari  pesaingnya,  maka  mereka  akan  mengharapkan  pengalaman  yang  sama  akan  berulang.  Apabila  suatu  perusahaan  dapat  mengidentifikasi  kualitas  produk  atau  jasa  layanan  sesuai  harapan  konsumennya,  dengan  kata  lain  penawaran  kualitas  produk  atau  layanan  jasa  yang  baik  dapat  mempengaruhi pemakaian ulang produk maupun jasa perusahaan.
Kualitas  produk  atau  jasa  layanan  yang  baik  dalam  menciptakan  kepuasan  konsumen  memberikan  berbagai  manfaat,  diantaranya  memberikan   dasar  yang  kuat  sehingga  terciptanya  kesetiaan  konsumen  yang  pada  akhirnya  disebut  sebagai  loyalitas  pelanggan.kepuasan  pada  suatu perusahaan akan menghalangi pelanggan agar tidak terpengaruh dari  perusahaan lain (retention). Disamping itu, memiliki kepuasan yang tingi  juga  menjadi  pendorong  untuk  melakukan  pem belian  ulang  (repurchase)  serta mengajak orang lain untuk menggunakan jasa tersebut ( referral).
 Philp Kotler, A.B. Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat, 2001,  h. 541   Hal  menarik  lainnya  tentang  produk  busana  muslim  ini  adalah  mengenai  hal  apa  yang  membuat  orang  mau  melakukan  kunjungan  atau  bahkan pembelian produk. Apakah karena faktor produk yang ditawarkan  memiliki  variasai  produk  yang  banyak?  Atau  karena  harga  produk  yang  ditawarkan  relative  terjangkau?  Atau  tempat  penjualan  dimana  terdapat  korelasi antara kenyamanan dengan berbelanja? Atau hanya sebuah trend  untuk  mengunjungi  dan  melakukan  pembelian  produk  busana  muslim?.
Melalui  survei  awal  yang  peneliti  lakukan  di  salah  satu  toko  busana  muslim ada yang belum menggunakan bauran pemasaran (marketing mix).

Diantaranya ada yang lokasinya kurang strategis, harga terlalu tinggi dan  tidak bisa dijangkau kalangan menengah kebawah, padahal apabila harga  dan tempat kurang strategis dapat mempengaruhi loyalitas pembeli untuk  melakukan pembelian, dan ada juga yang tidak melakukan promosi tetapi  tempat tersebut banyak pelanggannya.

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi