Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:PENGARUH KUALITAS JASA (PELAYANAN) TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN MUZAKKIDI LEMBAGA PENGEMBANGAN DANA UMAT SULTAN AGUNG (LPDU-sa) SEMARANG


BAB I  PENDAHULUAN  
1.1  Latar belakang masalah  Berdasarkan  laporan  di  Lembaga  Amil  Zakat  (LAZ)  bahwa  dana  zakat di Indonesia sangat besar. Berdasarkan data  yang ada sekarang tahun  2010  mencapai  1,025  triliun  rupiah.  Faktanya  baru  terkumpul  Rp  250  milyar pertahun  itu  artinya  hanya  2,7  %  dari  angka  tersebut,  salah  satu  faktornya  adalah kepercayaan muzakkiterhadap organisasi pengelola zakat yang ada.
  Di sisi lain angka kemiskinan dari hari ke hari grafiknya semakin naik,  padahal potensi zakat sudah sangat besar. Menurut data yang ada tahun 2010  jumlahnya  saat  ini  sudah  mencapai  31,02  juta  orang  atau  13,33  %,  penyebabnya  adalah  kurangnya  lapangan  kerja,  kepadatan  penduduk  dan  kurangnya kesadaran para muzakkiterhadap mustahiq.
  Zakat, Infak dan Shodaqoh merupakan ibadah yang mengandung dua  dimensi yaitu dimensi  hablum minallahdan  hablum minan-nas. Ibadah zakat  apabila  ditunaikan  dengan  baik,  akan  meningkatkan  kualitas  keimanan,  membersihkan  dan  menyucikan  jiwa,  menyumbangkan  dan memberkahkan  harta  yang  dimiliki.  Jika  dikelola  dengan  baik  dan  amanah,  zakat  mampu  meningkatkan etos kerja umat, serta sebagai institusi pemerataan ekonomi.
  http://ekonomikeadilan.wordpress.com/2011/05/06/meningkatkan-taraf-hidup-umatdengan-investasi-zakat/ diakses tanggal 13 mei 2011.

 Berita Resmi Statistik NO.45/07/Th.XIII. 1juli 2010. Badan Pusat Statistik, diakses pada  tanggal 13 Mei 2011.
 M. Solehudin, Lembaga Ekonomi dan Keuangan Islam, Surakarta: mup-mus, 2006, h. 239.
 Menurut  Umar  Bin  Khattab  dalam  bukunya  Fikih  Konsektual,  bahwa  zakat disyari’atkan untuk merubah mereka yang semula  mustahiq  (penerima)  menjadi  muzakki (pemberi  atau  pembayar  zakat),  itu  dapat  diwujudkan  jika  zakat tidak didistribusikan sebagai pemberian dalambentuk konsumtif, untuk  memenuhi kebutuhan jangka pendek. Akan tetapi perludilakukan inovasi dan  pembaharuan dimana pendistribusiannya diberikan dalam bentuk dana untuk  kegiatan produktif. Dengan demikian mustahiq dapat mengolah dana tersebut,  sehingga  dapat  menjamin  kebutuhan  sehari-hari  dan  mengembangkannya  untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam jangka panjang.
 Lembaga  Pengembangan  Dana  Umat  Sultan  Agung  (LPDU-sa)  adalah  lembaga  yang  ada  di  naungan  Lembaga  Rumah  Zakat,  LPDU-sa  adalah  lembaga  yang  professional  yang  telah  memperoleh  Surat  Keputusan  (SK)  Gubernur  Jateng  sebagai  Lembaga  Amil  Zakat  (LAZ).  SK  tersebut  dengan  nomor  451.1/  23/2005  tanggal  13  Mei  2005.  Dengan  munculnya  SK  yang  menjadikan  LPDU_sa  sebagai  LAZ  Provinsi,  LPDU_sa  dapat  melaksanakan  UU  No  38  Tahun  1999.  Undang-undang  tersebut  mengatur  tentang  zakat  pemotong  pajak  untuk  semua  badan  usaha  baik  perorangan  maupun  perusahaan.
 Lahirnya  LPDU-sa  tersebut,   membuktikan  kepedulian  Yayasan  Badan  Wakaf Sultan Agung (YBWSA) terhadap umat muslim yang kurang mampu.
Pihaknya  merasa  bertanggung  jawab  dan  akan  membantu para  umat  yang   H. Ahmad Rofiq, Fiqih Konsektual, Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offiset: 2004, h. 259     Wawancara  dengan  Aris  Nugroho,  bidang  pelayanan  umum  Lembaga  Pengembangan  Dana Umat Sultan Agung Senin,23 Agustus 2010.
 terkena  musibah  kemiskinan  baik  secara  materiil  maupun  spiritual.  Pada  prinsipnya  lembaga  tersebut  ingin  memberdayakan  dana  umat  lewat  LPDU_sa.  Dalam  pelaksanaannya,  LPDU_sa  mempunyai  empat  program  utama, yaitu bidang dakwah, pendidikan, sosial kesehatan dan ekonomi.
LPDU_sa merupakan salah satu lembaga yang mengeloladana sosial atau  dana  umat  yang  berkaitan  dengan  ajaran  keagamaan  yaitu  mengelola  dana  zakat, infak dan shodaqoh. LPDU_sa terletak di lingkungan kampus, di mana  akan lebih mudah untuk mendapatkan kerja samanya dengan cara menggalang  dana  zakat   yaitu  dengan  cara  pemotongan  gaji  para  karyawan.  Pentingnya  LPDU_sa untuk masyarakat sendiri yaitu untuk membantu yang tidak mampu,  atau merubah  mustahiqmenjadi muzakki, sedangkan bagi kampus nya sendiri  yaitu memberikan bantuan pada mahasiswa yang tidak mampu.
Sebelumnya  LPDU_sa  mengalami  kenaikan  jumlah  dana  dari  muzakki.
Akan  tetapi,  dalam  5  tahun  terakhir  pada  lembaga  tersebut  terdapat  kecenderungan naik turun pada jumlah penerimaan dana dari para  muzakki.
Bukti-bukti penurunan tersebut bisa dilihat dari tabel betikut.
 Tabel. 1.1. Jumlah Penerimaan Dana muzakki  No  Tahun  Jumlah Penerimaan dana dari muzakki  1.  2004  Rp 182.523.700  2.  2005  Rp 687.222.204  3.  2006  Rp 72.651.500  4.  2007  Rp 70.631.961  5.  2008  Rp 71.739.400  6.  2009  Rp 63.363.662  7.  2010  Rp 13.624.000   Dokumentasi dari LPDU_sa Semarang diberikan pada tanggal 27 November 2010   Dari  tabel  tersebut  menunjukkan  bahwa  telah  terjadi jumlah  penurunan  dana  dari  para  muzakki.  Berdasarkan  latar  belakang  di  atas  penulis  tertarik  menulis  Skripsi  yang  berjudul  “PENGARUH  KUALITAS  JASA  TERHADAP  KEPUASAN  DAN  KEPERCAYAAN  MUZAKKI DI  LEMBAGA  PENGEMBANGAN  DANA  UMAT  SULTAN  AGUNG  SEMARANG”  1.2  Rumusan Masalah  1.  Adakah  pengaruh  kualitas  jasa  terhadap  kepuasan  muzakki  di  LPDU-sa  Semarang?  2.  Adakah pengaruh kualitas jasa terhadap kepercayaan  Muzakkidi LPDUsa Semarang?  3.  Adakah  pengaruh  kepuasan  dan  kepercayaan   muzakki di  LPDU-sa  Semarang?  1.3  Tujuan penelitian  1.  Untuk  mengetahui  kualitas  jasa  terhadap  kepuasan  muzakki di  LPDU-sa  Semarang.
2.  Untuk mengetahui kualitas jasa terhadap kepercayaan  Muzakkidi LPDUsa Semarang.
3.  Untuk  mengetahui  kepuasan  terhadap  kepercayaan  muzakki  di  LPDU-sa  Semarang.
 1.4  Manfaat penelitian  1. Untuk menambah wawasan bagi peneliti tentang teori dan praktek tentang  kualitas jasa terhadap kepuasan dan kepercayaan muzakkidi LPDU_sa.
2. Memberikan masukan dan sumbangan pemikiran bagi lembaga LPDU-sa.
3. Hasil penelitian ini di harapkan dapat dijadikansebagai sumber referensi  dalam kajian customer satisfaction  1.5. Sistematik penulisan  BAB I :  Pendahuluan  Bab  ini  berisi  tentang  latar  belakang  masalah,  perumusan  masalah,  tujuan  dan  manfaat  hasil  penelitian,  tinjauan  pustaka, dan sistematika penulisan.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi