BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pemasaran
merupakan suatu kebutuhan utama dan sudah merupakan suatu keharusan yang
dijalankan. Tanpa kegiatan pemasaran jangan diharapkan kebutuhan dan keinginan
pelanggannya akan terpenuhi. Karena itu, bagi dunia usaha apalagi seperti usaha
perbankan perlu mengemas kegiatan pemasarannya secara terpadu dan terus menerus
melakukan riset pasar.
Pemasaran harus dikelola secara profesional
sehingga kebutuhan dan keinginan pelanggan akan segera terpenuhi dan terpuaskan.
Pengelolaan pemasaran bank yang profesional inilah yang disebut dengan
manejemen pemasaran bank. Kasmir (2004: 63) menyatakan bahwa pemasaran bank
adalah “suatu proses untuk menciptakan dan mempertukarkan produk atau jasa bank
yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cara memberikan
kepuasan.” Pemasaran syari’ah bukan
hanya sebuah teknik pemasaran yang ditambahkan syari’ah karena ada nilai-nilai
lebih pada marketing syari’ah saja, tetapi lebih jauhnya marketing berperan
dalam syari’ah dan syari’ah berperan dalam pemasaran. Pemasaran berperan dalam
syari’ah artinya perusahaan yang berbasis syari’ah diharapkan dapat bekerja dan
bersikap profesional dalam dunia Sentot
Imam Wahjono, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010, h. 15.
Ibid.
bisnis, karena dengan profesionalitas dapat
menumbuhkan kepercayaan konsumen. Syari’ah berperan dalam pemasaran artinya
suatu pemahaman akan pentingnya nilai-nilai etika dan moralitas pada pemasaran,
sehingga diharapkan perusahaan tidak akan serta-merta menjalankan bisnisnya
demi keuntungan pribadi saja ia juga harus berusaha untuk menciptakan dan
menawarkan bahkan dapat mengubah suatu value kepada para stakeholder sehingga
perusahaan tersebut dapat menjaga keseimbangan laju bisnisnya sehingga menjadi
bisnis yang stabil dan berkelanjutan.
Seorang pemasar muslim yang baik hendaklah
menggunakan prinsipprinsip keadilan, kejujuran, transparansi, etika dan
moralitas menjadi nafas dalam setiap bentuk transaksi bisnisnya.
Allah berfirman dalam surat Al-Nahl ayat yang berbunyi “Sesungguhnya Allah menyuruh
(kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan
Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi
pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.(Q.S. Al-Nahl: 90) Bagi
perusahan kegiatan pemasaran merupakan suatu hal yang pokok dalam mencapai
tujuan karena kegiatan pemasaran diarahkan untuk menciptakan M. Nur Rianto Al Arif, Dasar-Dasar Pemasaran
Bank Syari¶ah,Bandung: Alfa Beta, 2010, h. 21.
Hermawan Kartajaya dkk, Syari¶ah Marketing,
Bandung: Mizan, 2006, h. 7.
Diterjemahkan oleh Yayasan Penyelenggara
Penerjemah Al-qur’an, Al-Qur¶an dan Terjemahannya : Edisi Revisi, Semarang: CV
Alwaah, 1993, h. 415.
pertukaran yang memungkinkan perusahaan untuk
memperoleh laba. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut perusahaan harus dapat
menganalisa faktor permintaan yang mempengaruhi penjualan. Secara garis besar
faktor permintaan terdiri dari faktor yang tidak dapat dikendalikan dan faktor
yang dapat dikendalikan. Faktor yang tidak dapat dikendalikan yaitu faktor yang
tidak dapat dikuasai oleh perusahaan, misalnya faktor konsumen, pesaing,
teknologi, peraturan pemerintah. Kedua yaitu faktor yang dapat dikendalikan perusahaan
yaitu faktor-faktor yang dapat dikuasai oleh perusahaan misalnya, masalah produk,
harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses. Rangkaian faktorfaktor
yang dapat dikendalikan perusahaan pada saat tertentu sering dikenal sebagai
marketing mix atau bauran pemasaran.
Marketing mix adalah serangkaian dari variabel
pemasaran yang dapat dikuasi oleh perusahaan dan digunakan untuk mencapai
tujuan dalam pasar sasaran.
Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat
tetap hidup berkembang dan mampu bersaing. Maka setiap perusahaan selalu
menetapkan dan menerapkan strategi dan cara pelaksanaan kegiatan pemasarannya.
Kegiatan pemasaran yang dilakukan, diarahkan untuk dapat mencapai sasaran
perusahaan yang dapat berupa tingkat laba yang diperoleh perusahaan dalam
jangka panjang dan share pasar tertentu. Pengarahan kegiatan pemasaran tersebut
hanya mungkin dapat dilakukan M. Nur
Rianto, Op.Cit, h. 10-11.
Ibid, h. 14.
dengan menetapkan garis-garis besar pedoman
atau panduan umum perusahaan dalam bidang pemasaran, yang sering dikenal dengan
kebijakan pemasaran.
Salah satu unsur dalam strategi pemasaran
terpadu adalah Strategi Acuan atau Bauran Pemasaran, yang merupakan strategi
yang dijalankan perusahaan, yang berkaitan dengan penentuan bagaimana
perusahaan menyajikan penawaran produk pada segmen pasar tertentu yang
merupakan sasaran pasarnya.
Masyarakat sebagai konsumen atau pasar yang
dituju oleh perbankan memiliki berbagai pertimbangan dalam memilih usaha jasa
perbankan yang akan digunakannya. Hal tersebut dapat dilihat dari faktor
tingkat bagi hasil yang ditawarkan oleh perbankan kepada masyarakat, tingkat
kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat dalam hal penyimpanan uang di bank
tersebut.
Faktor-faktor tersebut yang
menjadi dasar pertimbangan masyarakat untuk memilih jasa perbankan, sehingga
dapat membentuk loyalitas pada diri masyarakat dan akan menjadikan bank sebagai
pilihan yang dipercayainya.
Loyalitas nasabah merupakan
kesetiaan nasabah terhadap perusahaan yang telah menyediakan barang atau jasa
kepadanya. Loyalitas pelanggan atau nasabah tidak terbentuk dalam waktu yang
singkat, tetapi melalui proses dan berdasarkan pengalaman nasabah dalam
perusahaan tersebut.
Ketika pelanggan merasa terpenuhi
harapannya dan merasa puas akan pelayanan yang didapatkan pada saat proses
transaksi dan juga puas akan barang Sofjan
Assauri, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007, h. 197.
Ibid, h.198.
atau jasa yang mereka dapatkan, besar kemungkinan
mereka akan kembali lagi dan juga akan merekomendasikan kepada teman dan
keluarganya tentang perbankan tersebut.
Persaingan
perbankan akhir-akhir ini sangat ketat dalam marketing mix, hal ini menuntut
perbankan untuk lebih kreatif dalam menarik perhatian calon nasabah dan
mempertahankan nasabah yang sudah ada, supaya tidak berpindah ke bank lain. Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi