Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:PENGARUH PELAYANAN ISLAMI KARYAWAN TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DENGAN AKAD SYARI’AH

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah Keluarnya  Keputusan  Menteri  Negara  Koperasi  dan  Usaha  Kecil  dan  Menengah  Republik  Indonesia  Nomor  91/Kep/IV/KUKM/IX/2004  tentang  Petunjuk  Pelaksanaan  Kegiatan  Usaha  Koperasi  Jasa  Keuangan  Syariah  merupakan  realisasi  atas  keperdulian  pemerintah  untuk  berperan  memberikan  payung  hukum  atas  kenyataan  yang  tumbuh  subur  dalam  masyarakat  ekonomi  Indonesia  terutama  dalam  lingkungan  Koperasi  dan  Usaha  Kecil  dan  Menengah.  Kenyataan  itu  membuktikan  bahwa  sistem  ekonomi  syariah  dapat  diterima  dan  diterapkan  dalam  masyarakat  Indonesia bahkan mempunyai nilai positif dalam membangun masyarakat  Indonesia  dalam  kegiatan  ekonomi  sekaligus  membuktikan  kebenaran  hukum  ekonomi  syariah  mempunyai  nilai  lebih  dibandingkan  dengan  sistem ekonomi komunis maupun ekonomi kapitalis.

 Indonesia  yang  masyarakatnya  mayoritas  beragama  Islam  adalah  lahan subur bagi tumbuh berkembangnya ekonomi syariah. Semakin tinggi  kualitas  kemampuan  seseorang  dan  integritas  diniyahnya  akan  semakin  tertarik untuk menerapkan system ekonomi syariah dari pada yang lain.
Koperasi  yang  dikelola  secara  syariah  telah  tumbuh  dan  berkembang  di  masyarakat  serta  mengambil  bagian  penting  dalam   www.kjks.com, update pada hari Selasa, 05 April 2011, Jam. 08.26 Wib.
 memberdayakan  ekonomi  masyarakat.  Di  masyarakat  telah  bermunculan  BMT yang bernaung dalam kehidupan payung hukum koperasi. Hal inilah  yang  mendorong  Menteri  Negara  Koperasi  dan  Usaha  Kecil  dan  Menengah  untuk  menerbitkan  Surat  Keputusan  Nomor  91/Kep/MKUKM/IX/2004.
 Berdasarkan ketentuan yang disebut Koperasi  Jasa  Keuangan  Syariah  (KJKS)  adalah  koperasi  yang  kegiatan  usahanya  bergerak  dibidang  pembiayaan,  investasi  dan  simpanan  sesuai  pola  bagi  hasil (syariah). Dengan demikian semua BMT yang ada di Indonesia dapat  digolongkan dalam KJKS, mempunyai payung Hukum dan legal kegiatan  operasionalnya  asal  saja  memenuhi  ketentuan  perundang-undangan  yang  berlaku.
BMT merupakan kependekan dari baitul mal wa tamwil  atau dapat  juga  ditulis  dengan  baitul  mal  wa  baitul  tamwil.  secara  harfiah/lughowi baitul  maal  berarti  rumah  dana  dan  baitul  tamwil  berarti  rumah  usaha.
baitul  maal  dikembangkan  berdasarkan  sejarah  perkembangannya,  yakni  dari  masa  Nabi  sampai  abad  pertengahan  perkembangan  Islam.  Dimana  baitul  maal  berfungsi  untuk  mengumpulkan  sekaligus  mentasyarufkan  dana  sosial.  Sedangkan  baitul  tamwil  merupakan  lembaga  bisnis  yang  bermotif laba.
 Peran  BMT  secara  umum  dalam  masyarakat  adalah  melakukan  pembinaan  dan  pendanaan  yang  berdasarkan  sistem  syariah.  Peran  ini   Ibid.
 Muhammad Ridwan. Manajemen Baitul Mal Wa Tamwil (BMT), Yogyakarta: UII Pres,  2004, hlm.126.
 menegaskan  arti  penting  prinsip  –  prinsip  syariah  dalam  kehidupan  ekonomi  masyarakat.  Sebagai  lembaga  keuangan  syariah  yang  bersentuhan  langsung  dengan  kehidupan  masyarakat  kecil  maka  BMT  mempunyai tugas penting dalam mengemban misi keIslaman dalam segala  aspek  kehidupan  masyarakat.  Oleh  karena  itu,  BMT  diharapkan  mampu  berperan lebih aktif dalam memperbaiki kondisi ini.
 Kualitas layanan merupakan salah satu unsur penilaian konsumen  terhadap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa.
 Nasabah tentunya  memiliki  harapan   akan  layanan  yang  berkualitas.  Layanan  yang  berkualitas  adalah  layanan  yang  secara  ekonomis  menguntungkan  dan  secara  prosedural  mudah   serta  menyenangkan.  Berawal  dari  kebutuhan  itu,  kemudian  nasabah  memperoleh  layanan  atas  suatu  kebutuhannya.
Layanan yang diterima nasabah akan dipersepsikan sebagai baik, standar,  atau  buruk.  Persepsi  nasabah  ini  merupakan  bentuk  akhir  pembentukan  citra kualitas jasa. Persepsi nasabah terhadap kualitas layanan inilah yang  merupakan  penilaian  menyeluruh  atas  keunggulan  suatu  jasa.  Layanan  yang  berkualitas  dapat  diwujudkan  melalui  kinerja  aspek-aspek  reliability,  empathy,  assurance,  responsiveness,  dan  tangibles  untuk  membangun  kepuasan  konsumen.  Kelima  aspek  kualitas  ini  bila  diterapkan  secara  bersama  dapat  membangun  layanan  yang  berkualitas  prima dan memuaskan, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas  layanan   Ery Wildan, Makalah Baitul Maal Wattamwil (BMT), Jurusan Syari’ah Muamalah,  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus tahun   Utami, A, Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah, Study  Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta, Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2004, hlm. 55    mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam menentukan minat nasabah  untuk menggunakan jasa yang dalam hal ini adalah menabung.
 Salah  satunya  di  Kudus  yaitu  pada  BMT  Mitra  Muamalat  yang  berperan  memberikan  alternatif  bagi  masyarakat  Islam  khususnya  dan  masyarakat Kudus pada umumnya untuk melakukan kegiatan melalui cara  yang lebih sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam. Dalam melayani  nasabah  dan  calon  nasabah  BMT  Mitra  Muamalat  mempunyai  strategi  “mengutamakan  dukungan  pada  pengembangan  usaha  kecil  dan  menengah, memberikan pelayanan dengan persyaratan yang lebih mudah,  mendasarkan pada ketentuan ajaran agama Islam”.
 BMT  Mitra  Muamalat  juga  menggunakan  sistem  ”jemput  bola”  suatu  sistem  di  mana  pihak  perbankan  mendatangi  nasabah  yang  ingin  menjadi  nasabah  di  BMT  Mitra  Muamalat.  Sistem  ini  merupakan  salah  satu  cara  dalam  melayani  nasabah.  Secara  rinci  perkembangan  nasabah  BMT  Mitra  Muamalat  per  september  selama  tiga  tahun  sebagai  berikut,  pada  tahun  2008  naik  sebesar  10%  pada  tahun  2009  naik  sebesar  15% pada tahun 2010 naik sebesar 22%.

 Faktor  yang  dijadikan  penulis  memilih  obyek  penelitian  di  BMT  Mitra  Muamalat  adalah  dari  data  yang  diperoleh  penulis  tentang  perkembangan  BMT  Mitra  Muamalat  per  september  setiap  tahunnya   Ibid, hlm.

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi