Senin, 25 Agustus 2014

Skripsi Syariah:PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII A MTs DARUL HIKMAH SIDOARJO


 BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Belajar  adalah  kegiatan  yang  berproses  dan  merupakan  unsur  yang  sangat  fundamental  dalam  setiap  penyelenggaraan  jenis  dan  jenjang  pendidikan.  Ini  berarti  bahwa  berhasil  atau  gagalnya  pencapaian  tujuan  pendidikan itu amat tergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa.
 Proses belajar mengajar yang diselenggarakan secaraformal di sekolahsekolah,  pada  hakikatnya  dimaksudkan  untuk  mengarahkan  perubahan  pada  diri  siswa  secara  terencana  baik  dalam  aspek  pengetahuan  (kognitif),  keterampilan  (psikomotorik),  maupun  sikap  (afektif).  Interaksi  yang  terjadi  selama  proses  belajar  tersebut  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor,  antara  lain  terdiri  atas  murid,  guru,  petugas  perpustakaan,  kepala  sekolah,  bahan  atau  materi pelajaran (buku, modul, selebaran, majalah,  rekaman video atau audio,  dan sejenisnya), dan berbagai sumber belajar dan fasilitas (perekam vita video  dan audio, radio, televisi, komputer, perpustakaan,laboratorium, pusat sumber  belajar dan lainnya).

 Perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  semakin mendorong  upaya-upaya  pembaharuan  dalam  pemanfaatan  hasil-hasil  teknologi  dalam  proses belajar mengajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat  tersebut  sesuai  dengan  perkembangan  dan  tuntutan  zaman.  Guru  sekurang-  Muhibbin  Syah,  M.  ed,  Psikologi  Pendidikan  Dengan  Pendekatan  Baru,  (Bandung;  Rosda, 2004), hlm.
 Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafido Persada, 2007), hal 2     kurangnya  dapat  menggunakan  alat  yang  murah  dan  efisien  yang  meskipun  sederhana  dan  bersahaja  tetapi  merupakan  keharusan  dalam  upaya  mencapai  tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu  menggunakan alat-alat  yang  tersedia,  guru  juga  dituntut  untuk  dapat  mengembangkan  keterampilan  membuat media pembelajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut  belum  tersedia.  Untuk  itu  guru  harus  memiliki  pengetahuan  dan  pemahaman  yang cukup tentang media pembelajaran, yang meliputi:  a.  Media sebagai  alat komunikasi guna lebih  mengefektifkan proses belajar  mengajar.
b.  Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan  c.  Seluk beluk proses belajar  d.  Hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan  e.  Nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran  f.  Pemilihan dan penggunaan media pendidikan  g.  Berbagai jenis alat dan teknis media pendidikan  h.  Media pendidikan dalam setiap mata pelajaran  i.  Usaha inovasi dalam media pendidikan.
 Terkait  dengan  upaya  peningkatan  kualitas  pembelajaran,  salah  satu  tawaran  yang  harus  dikembangkan  oleh  guru  adalah  bagaimana  guru  bisa  menggunakan media sebagai bahan integral dalam proses pembelajaran dengan  sebaik-baiknya;  pada  intinya  adalah  bahwa  penggunaan  media  tersebut  jika   Ibid., hlm.2   dilaksanakan dengan sebaik-baiknya akan membawa dampak tercapainya hasil  belajar yang optimal.
 Pendekatan  pembelajaran  yang  masih  berorientasi  pada  guru  (teacher  oriented) dimana  guru  dalam  melakukan  pengajaran  yang  masih  cenderung  variablisme harus di ubah menjadi pendekatan pembelajaran yang berorientasi  pada siswa (student oriented).
Dengan ungkapan tersebut diatas, tugas guru dalam hal ini adalah harus  mampu  menggunakan  pendekatan  mengajar  yang  memungkinkan  para  siswa  menggunakan  strategi  belajar  yang  berorientasi  pada pemahaman  yang  mendalam  terhadap  isi  materi  pembelajaran.  Guru  seyogyanya  memberikan  contoh-contoh  dan  media  sepanjang  memungkinkan  agar mereka  memahami  signifikasi  materi  dan  hubungannya  dengan  sumber-sumber  lain  sehingga  siswa lebih memusatkan perhatiannya untuk benar-benar memahami dan juga  memikirkan cara menerapkannya.
Berangkat  dari  pentingnya  perubahan  pendekatan  pembelajaran,  maka  penelitian  tentang  pembelajaran  pengguanaan  media  Grafis  dalam  meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaranFikih pada siswa kelas  VIII  A  MTs  Darul  Hikmah  untuk  segera  dilaksanakan.  Oleh  karennya,  Pembelajaran Fikih adalah mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah  yang  membahas  ajaran  agama  Islam  dalam  segi  ’ubudiyah  dan  mu’amalah.
Mata  pelajaran  Fikih  juga  merupakan  bagian  dari  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  yang  memberikan  bimbingan  kepada  siswa  agar  memahami,   Ibid., hlm.3   menghayati, meyakini kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkannya  dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu pelajaran Fikih juga dipandang perlu  memanfaatakan  media  grafis  dalam  proses  balajar  mengajar  agar  pengajaran  itu bisa menyenangkan siswa.
Fenomena  di  lembaga  pendidikan  Darul  Hikmah,  menunjukan  bahwa  pelajaran  Fikih  dilakukan  dengan  metode  yang  klasik dan  sederhana.  Hal  tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dikatakan baik  apabila seseorang berhasil menguasai materi yang diajarkan, baik dalam proses  pengajaran  maupun  setelah  pengajaran  (evaluasi).  Hasil  belajar  siswa  dinyatakan  meningkat  apabila  nilai  siswa  dari  hari  kehari  semakin  baik  dari  pada nilai evaluasi sebelumnya.
Sebagaimana  pengamatan  peneliti  di  MTs  Darul  Hikmah Sidoarjo,  dalam  proses  pembelajaran  ditemukan  mengalami  masalah  pada  hasil  belajar  siswa,  khususnya  pada  pelajaran  Fikih  siswa  kelas  VIII  Darul  Hikmah  Sidoarjo.  Oleh  karena  itu,  peneliti  berupaya  meneliti  fenomen  ini  dan  menawarkan  alternatif  solusi  untuk  mengatasi  masalah  hasil  belajar  siswa.
Guru  Bidang  Studi  Fikih  menyatakan  bahwa  mengalami  kesulitan  ketika  menyajikan  media  pembelajaran  yang  diyakini  bisa  mudah  dimengerti   dan  mudah dipahami oleh siswa. Begitu pula ditemukan terdapat siswa yang tidak  bersemangat  pada  pelajaran  Fikih  ini  sehingga  diyakini  menyebabkan  menurunnya prestasi siswa.
Dengan  adanya  fenomena  di  atas,  maka  peneliti  memandang  penting  dalam  memecahkan  permasalahan  yang  terjadi  dan  dapat  dilakukan  sesuai   waktu  yang  tersedia,  hemat  biaya  dan  daya  dukung  lain  yang  dapat  memperlancar dalam penelitian ini. Maka peneliti akan mengadakan penelitian  tindakan kelas guna mengatasi masalah-masalah pada pembelajaran Fikih yaitu  dengan  memanfaatkan  media  pembelajaran  grafis  pada  mata  pelajaran  Fikih.
Dalam penelitian skripsi ini, peneliti akan menfokuskan materi pada bab Haji  dan  Umroh  dengan  metode  demonstrasi  guna  mempermudah  dalam  mempraktekkan  serta  menjelaskan  kepada  siswa-siswi   kelas  VIII  A  MTs  Darul- Hikmah.
Seperti  penjabaran  di  atas,  bahwa  hasil  belajar  siswa  akan  efektif  apabila  dalam  proses  belajar  mengajar  melibatkan  semua  siswa.  Melalui  penerapan  media  grafis  ini  diharapkan  hasil  belajar siswa  kelas  VIII  A  MTs  Darul  Hikmah  Sidoarjo  khususnya  dalam  mata  pelajaran  Fikih  menjadi  meningkat.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi