Senin, 25 Agustus 2014

Skripsi Syariah:PERAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ALQUR'AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KANDANGAN-KEDIRI


BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Pendidikan  adalah  hal  penting  dalam  kehidupan  manusia  guna  mengembangkan sumber daya manusia. Pendidikan merupakan persoalan yang  pelik  dan  merupakan  tugas  Negara  yang  amat  penting. Pendidikan  itu  merupakan kunci dan tanpa kunci itu usaha akan gagal.
 Salah satu bagian dari  pendidikan  adalah  proses  belajar  mengajar  di  sekolah.  Belajar  mengajar  akan  lebih baik jika proses belajar tertata dengan baik,pelajaran disampaikan dengan  terstruktur guna mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Bahan ajar sangat  diperlukan dalam  menyampaikan dan  mendeskripsikan  materi pelajaran  guna  membantu guru dalam menyampaikan informasi penting dalam pendidikan.
Guru  memiliki  peran  penting  dalam  pengembangan  pengetahuan,  seorang guru haruslah profesional dalam melaksanakan tugasnya untuk menjadi  profesional  guru  harus  menempuh  pendidikan  guru  untuk  memberi  layanan  profesional.  Tujuan  pendidikan  guru  adalah  membentuk  kemampuan  anak.
Adapun tujuan pendidikan prajabatan guru adalah; (1) penguasaan bahan ajar,  (2)  penguasaan  teori  dan  keterampilan  keguruan,  (3) pemilikan  kemampuan  memperagakan unjuk kerja, (4) pemilikan sikap, nilai, dan kepribadian, dan (5)   C. Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran(Jakarta: Rineka Cipta, 2005), hlm.1.

2  pemilikan  kemampuan  melaksanakan  tugas  profesional  lain  dan  tugas  administrasi rutin.
 Bahan  ajar  memiliki  posisi  yang  sangat  penting  dalam  pembelajaran.
Posisinya  adalah  sebagai  representasi  (wakil)  dari  penjelasan  guru  di  depan  kelas. Keterangan-keterangan guru, uraian-uraian yang harus disampaikan guru,  dan informasi yang harus disajikan guru dihimpun didalam bahan ajar. Dengan  demikian, guru akan dapat mengurangi kegiatannya menjelaskan pelajaran. Di  kelas,  guru  akan  memiliki  banyak  waktu  untuk  membimbing  siswa  dalam  belajar atau membelajarkan siswa.
 Dalam kegiatan belajar mengajar guru tidak  hanya  disibukkan  dalam  penyampaian  materi  pelajaran saja  tetapi  juga  harus  memperhatikan  perkembangan  siswa  baik  pengetahuan  maupun  keterampilannya.
Dalam  pengembangan  bahan  ajar  seorang  guru  harus  memiliki  kemampuan  dan  keterampilan  dalam  menyampaikan  materi  pelajaran  melalui  bahan  ajar,  guru  harus  mampu  mengembangkan  bahan  ajar  semaksimal  mungkin agar lebih menarik supaya dapat dipahami siswa dengan mudah.
Tiap  bahan   pelajaran  dapat  diajarkan  pada  anak  secara  efektif  bila  sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Ada tiga masalah penting berkenaan  dengan penyesuain bahan ajar dengan perkembangan anak.
 Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm. 222.
 Zulkarnaini, Pengembangan Bahan Ajar(http://zulkarnainidiran.wordpress.com, diakses 21  Desember 2009).   3  1.  Perkembangan intelek  Tiap tingkat perkembangan mempunyai karakteristik tertentu tentang cara  anak  melihat  lingkungan  dan  cara  memberi  arti  bagi  dirinya  sendiri.
Mengajar  suatu  bahan  ajar  adalah  mempresentasikan  struktur  bahan  pelajaran  sesuai  dengan  cara  anak  memandang  atau  mengartikan  bahan  pelajaran tersebut.
2.  Kegiatan belajar  Belajar  suatu  bidang  pelajaran,  minimal  meliputi  tiga  proses.  Pertama proses  mendapatkan  atau  memperoleh  informasi  baru  untuk  melengkapi  atau  menggantikan  informasi  yang  telah  dimiliki  atau  menyempurnakan  pengetahuan  yang  telah  ada.  Kedua,  transformasi  yaitu  proses  memanipulasi  pengetahuan  agar  sesuai  dengan  tugas  yang  baru.
Transformasi  meliputi  cara-cara  mengelola  informasi untuk  sampai  pada  kesimpulan  yang  lebih  tinggi.  Ketiga, proses  evaluasi  untuk  mengecek  apakah  manipulasi  sudah  memadai  untuk  dapat  menjalankan  tugas  mencapai  sasaran  dan  apakah  kesimpulan  yang  sudah  dilakukan  dengan  seksama, dapat dioperasikan dengan baik.
3.  Spiral kurikulum  Kurikulum  bukan  sesuatu  yang  statis  tertutup,  tetapi  merupakan  spiral  tebuka.  Kurikulum  memiliki  struktur  bahan  ajar,  yang  disusun  atau  dibentuk di sekitar prinsip-prinsip, masalah-masalah dan nilai-nilai dalam  4  masyarakat.  Kurikulum  selalu  membutuhkan  baik  anak  didik  maupun  masyarakat sekitarnya.
 Pada pelaksanaan proses belajar pembelajaran banyak guru-guru  yang  kurang  memperhatikan  pentingnya  bahan  ajar,  guru  menyampaikan  materi  pelajaran tanpa terstruktur dan kurang maksimal serta kurang memperhatikan  perkembangan peserta didik dalam penyusunannya, begitu pula dengan peserta  didik  kurang  memaksimalkan  penggunaan  bahan  ajar.  Sehingga  penggunaan  bahan ajar belum dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dengan baik. Pada  akhirnya siswa kurang memperhatikan pelajaran Al-Qur’an Hadits yang sangat  penting sebagai sumber keagamaan mereka.
Salah  satu  pendekatan  deskriptif  yang  peneliti  gunakan  yaitu  Profesionalitas Guru PAI dalam Pengembangan Bahan  Ajar Al-Qur’an Hadits  yang dirasa sangat membantu siswa untuk meningkatkan kualitas dan motivasi  belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad  melalui malaikat Jibril bagi yang membacanya termasuk ibadah. Kalamullah ini  adalah  termasuk  sumber  pendidikan  Islam  dan  sebagai sumber  syari’at  Islam.
Hadits  adalah  segala  sesuatu  yang  mengenai  Nabi  Muhammad  baik  ucapan,  perbuatan atau ketetapan beliau Hadits atau Sunnah  merupakan sumber agama  yang  kedua  setelah  Al-Qur’an.  Dalam  Penelitian  ini  Al-Qur’an  Hadits  adalah   Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek(Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya Offset, 2008), hlm. 142.
5  mata  pelajaran  wajib  yang  diajarkan  di  MAN  Kandangan  Kediri  untuk  mempelajari dasar-dasar ajaran Islam.
Alasan penting pengembangan bahan ajar yaitu untuk lebih menyiapkan  siswa  mempelajari  materi  pelajaran  dan  meningkatkan kualitas  belajar  siswa.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi