Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS METODE PENENTUAN ARAH KIBLAT MASJID MENARA KUDUS JAWA TENGAH

BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang  Menghadap  kiblat  adalah  salah  satu  syarat  dalam  melaksanakan  shalat.
Kiblat adalah arah atau jarak terdekat sepanjang lingkaran besar yang melewati  ke Ka’bah (Makkah) dengan tempat kota yang bersangkutan  . Sebelum kiblat  berpindah  ke  Masjidil  Haram,  Rasulullah  Saw.  ketika  berada  di  Madinah,  beliau shalat menghadap ke Baitul Maqdis selama kurang lebih 17 bulan.
 Dalam  sebuah  riwayat  dijelaskan  bahwasannya  Rasulullah  Saw.  selalu  menghadap  ke  langit  seraya  memanjatkan  do'a  agar  kiblat  berpindah  dari  Baitul  Maqdis ke  Baitul  Haram,  kemudian  turunlah  wahyu  Allah  Swt.  yang  memerintahkan  Rasulullah  Saw.  untuk  menghadap  kiblat  yakni  Ka'bah  yang  ada di Saudi  Arabia sebagai respon atas do’a dan keinginan Rasulullah Saw.
untuk menghadap ke Ka’bah.
 Hal ini sebagaimana Allah SWT. berfirman :.(   Muhyiddin  Khazin,  Ilmu  Falak  (Dalam  Teori  dan  Praktik),  Yogyakarta  :  Buana  Pustaka, cet. I, 2004. hlm. hlm. 50.
 Muslim, Sahih Muslim, Juz. I, Beirut : Darul Kutubil ‘Ilmiyyah, t.t., hlm. 214.
 Muhammad Ali as-Shabuni, Rawa'i al-Bayan fi Tafsiri Ayat al-Ahkam, Dar al-Kutub alIlmiyyah Bairut, 1999. hlm.32.

 Artinya  :  “Sungguh  Kami  (sering)  melihat  mukamu  menengadah  ke  langit,  maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu  sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana  saja  kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.  Dan  sesungguhnya  orang-orang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  di  beri  alKitab (Taurat dan Injil)  memang  mengetahui,  bahwa  berpaling ke  Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekalikali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan” (QS. Al -Baqarah :  144).
 Dari  pemaparan  di  atas  para  ulama dan  para  fuqaha sepakat  bahwasannya ka'bah merupakan kiblat di  mana ketika shalat umat Islam harus  menghadapnya sebagai salah satu syarat syahnya shalat sesuai dengan kaidah  ushul fiqih sebagai berikut Artinya : “Suatu kewajiban yang tidak sah kecuali dengan adanya suatu syarat  tertentu, maka syarat itu adalah menjadi wajib pula.
Apabila  dalam  keadaan  tertentu  misalnya  ketakutan  karena  diserang  musuh ketika dalam peperangan, dalam keadaan  darurat  diperbolehkan tidak  menghadap kiblat, sesuai dengan kaidah ushul fiqih yang menyatakan Artinya : “(Dalam keadaan) darurat diperbolehkan segala hal yang dilarang.
  Departemen  Agama  Republik  Indonesia,  Al-Qur’an  dan  Terjemahnya,  Semarang  :  Kumudasmoro Grafindo, 1994, hlm. 37.
  Jalaluddin  Abdurrahman  bin  bin  Abu  Bakr  as-Suyuthi.  al-Asybah  wa  an-Nadhair.
Jakarta : Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyyah. hlm. 101.
 Abdullahbin Sa’id al-Hadrami. Idlahu Qawa’id al-Fiqhiyyah, Jakarta : Haramain, t.t.
hlm. 42.
 Ketika  dalam  keadaan  sakit  berat   dan  ketika  melaksanakan  shalat  sunnah  di  atas  kendaraan  maka  juga  diperbolehkan  untuk  tidak  menghadap  kiblat  .  Hal  ini  sebagaimana  hadis  yang  diriwayatkan  oleh  Imam  Bukhari  sebagai berikut (  Artinya  :  “Muslim  berkata  kepada  kami,  bercerita  Hisyam,  bercerita  Yahya  bin  Abi  Katsir  dari  Muhammad  bin  Abdurrahman   dari  Jabir  berkata  :  Ketika  Rasulullah  SAW  shalat  di  atas  kendaraan  (tunggangannya)  beliau  menghadap  ke  arah  sekehendak  tunggangannya,  dan  ketika  beliau  hendak  melakukan  shalat  fardlu beliau turun kemudian menghadap kiblat.”(HR. Bukhari).
Berdasarkan al-Quran dan al-Hadis di atas menghadap kiblat merupakan  syarat  sah  shalat,  ketika  melaksanakan  shalat  seseorang  harus  yakin  bahwa  sudah menghadap kiblat dengan benar . Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam  hadits Rasulullah Saw., sebagai berikut : Artinya  :  Dari  Abi  Hurairah  r.a  berkata  :  Rasulullah  SAW.  bersabda  :“menghadaplah kiblat lalu takbirlah” (HR.Bukhari).
 Lihat QS. Al-Baqarah ayat 239.
 Lihat QS. Al-Baqarah ayat 115.
 Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Juz. I, Beirut : Dar  al-Kutubil ‘Ilmiyyah, t.t, hlm. 130-131.
 Ibid. hlm. 130.
 Dalam kitabTafsir Ayat al-Ahkam  terdapat uraian tentang apakah wajib  menghadap  ke  Ain  al-Ka'bah   atau  arahnya  saja?,  Ali  as-Shabuni  menjelaskan  bahwa  golongan  Syafi’iyah  dan  Hanabilah  berpendapat  bahwasanya  menghadap  kiblat  harus  dilakukan  dengan  cara  menghadap  ke  benda  Ka'bah  itu  sendiri,  bukan  sekedar  arah  Ka'bah  saja.  Mereka  sepakat  bahwa  seseorang  harus  benar-benar  menghadap  ke  benda  Ka'bah  sebagai  syarat syahnya shalat.
 Hal  ini  berbeda  dengan  golongan  Hanafiyah  dan  Malikiyah  yang  menyatakan bahwa bagi penduduk Makkah yang dapat menyaksikan Ka’bah,  maka  wajib  menghadap  kepada  benda Ka'bah,  tetapi  bagi  yang  tidak  dapat  melihat  Ka’bah  cukup  dengan  menghadap  ke  arahya  saja  sebagaimana  penduduk  yang  berada  sangat  jauh  dari  wilayah  Mekkah  misalnya  negaranegara  Asia,  Afrika,  Australia,  Amerika  dan  sebagainya  sebagaimana  hadis  dari Abu Hurairah.
 (  Artinya : ”Dari Abi Hurairah r.a berkata : Rasulullah Saw. Bersabda Baitullah  adalah  kiblat  bagi  orang-orang  di  Masjid  al-Haram,  Masjid  alHaram  adalah  kiblat  bagi  orang-orang  penduduk  tanah  haram   Ain al-ka'bahadalah ka'bah yang terbuat dari batuan-batuan yang disusun berbentuk  kubus. Lihat C. E. Bostworth, et. al (ed), The Encyclopedia of Islam, Vol. IV, Leiden : E. J. Brill,  1978, hlm. 317.
 Muhammad Ali as-Shobuni, op.cit, hlm. 34.
 Ibid, hlm. 35.
 Imam al-Baihaqi,  Sunan al-Baihaqi,  Juz I,Beirut:  Libanon, t.t, hlm. 143. Lihat juga  Imam al-Qurtubi, Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Juz I,  Beirut:  Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t,hlm.
562   (Mekkah),  dan  tanah  haram  adalah  kiblat  bagi  semua  umatku  di  bumi, baik di barat maupun di timur (HR. Baihaqi.) Mereka juga merujuk pada hadits Rasululah SAW. yang berbunyi  Artinya  :  ”Bercerita  Hasan  bin  Bakar  al-Maruzy  bercerita  al-Ma’ally  bin  Manshur  bercerita  Abdullah  bin  Ja’far  al-Mahzumy  dari  Utsman  bin Muhammad al-Akhnas dari Sa’id al-Maqbury dari Abi Hurairah  r.a berkata : Rasulullah SAW. bersabda :“Arah yang ada di antara  timur  dan  barat  adalah  Kiblat”  (HR.  Tirmidzi  dan  dikuatkan  oleh  Bukhari).
Berdasarkan  hadis tersebut di atas dapat disimpulkan  bahwasanya  bagi  yang  tidak  mampu  untuk  melihat  atau  menyaksikan  Ka'bah  cukup  dengan  arahnya  saja  sesuai  dengan  posisi  tempat  di  mana  hendak  didirikan  shalat  dengan  mempertimbangkan  koordinat  lintang  dan  bujur  kota  atau  tempat  tersebut dari kota Mekkah.
Banyak  anggapan  dari  masyarakat  negeri  ini  yang  cenderung  meremehkan  bagaimana  menghadap  kiblat  ketika  shalat.  Mereka  barpandangan  bahwa  arah  kiblat  banyak  disalahpahami  sebagai  arah  barat.
Arah kiblat di Indonesia berkisar antara  o sampai  o dari barat ke utara.
  Lihat  Muhammad   ibnu  Ismail  ash-Shan’ani,  Subulus  Salam,  juz.  I,  Beirut  :  Darul  Kutubil ‘Ilmiyyah, t.t. hlm. 250.    Disamping  itu  banyak  ditemukan  arah  kiblat  masjid-masjid  besar  dan  bersejarah  yang  kurang  tepat  ke  arah  ka'bah.  Hal ini  berdasarkan  hasil  penelitian yang dilakukan oleh Totok Roesmanto yang menyatakan bahwa : “Keberadaan  bangunan  masjid  di  sebelah  barat  alun-alun  menyebabkan  sumbu  bangunannya  sering  dikaitkan  dengan  arah  timur-barat.  Bangunan  masjid  kuno  di  anggap  menghadap  ke  timur.  Lajur-lajur  shalat  telah  disesuaikan  dengan  arah  kiblat  sehingga  tidak  lagi  tegak  lurus  pada  sumbu  bangunan.  Sebenarnya,  sumbu  bangunan  masjid  juga  tidak  mengarah  timurbarat.  Ada baiknya data beberapa masjid kuno di bawah ini di simak, Masjid  Menara  atau  Masjidil  Aqsa,  Kudus,  yang  di  bangun  tahun  1549  memiliki  sumbu  bangunan  bergeser  25º ke  arah  utara  dari  sumbu  bumi  timur-barat.
Masjid Kotagede yang menempati lahan bekas Dalem Ki Ageng Pemanahan,  1550,  bergeser  19º.  Masjid  Mantingan  di  seb elah  timur  bangunan  cungkup  makam  Ratu  Kalinyamat,  1559,  bergeser  hampir  40  º.  Masjid  Agung  Jepara  yang  atap  aslinya  bersusun  lima  di  bangun  tahun  1700  bergeser  15º,  Masjid  Tembayat,  Klaten,  1700,  bergeser  26º,  dan  Masjid  Agung  Surakarta,  1757,  bergeser 10º”.

 Begitu  juga  dengan  tulisan  Ahmad  Izzuddin  dalam  Suara  Merdeka  tentang  "Perlunya  meluruskan  arah  kiblat" yang  menjadi  pendorong  bagi  penulis untuk penelitian ini yang menyatakan bahwa : Realita  di  masyarakat  sampai  sekarang,  banyak  ditemukan  masjidmasjid  dan  mushalla-mushalla  yang  arah  kiblatnya  berbeda-beda.  Padahal  menghadap  ke  kiblat  hukumnya  wajib  bagi  yang  melakukan  shalat.  Masjid  Besar  Kauman  Semarang  (masih  dalam  proses  pembangunan  di  lahan  tanah  banda  wakaf  Masjid  Kauman),  seorang  kontraktor  bangunan  menyatakan,  ia  pernah mengukur arah kiblat di Semarang hanya 14 derajat dari titik barat ke  utara. Padahal menurut perhitungan astronomi yang akurat, arah kiblat untuk  Semarang 24,5 derajat.  Melihat  fenomena  itu, kiranya kita perlu  meluruskan  kiblat masjid, agar dapat memberikan keyakinan  dalam  beribadah secara  ain  al-yaqin atau  mendekati  bahkan  sampai  haqqu  al-yaqin,  bahwa  kita  benarbenar  menghadap  kiblat  (Kakbah).  Karena  perbedaan  per  derajat  saja  sudah  memberikan  perbedaan  kemelencengan  arah  seratusan  kilometer.  Bagaimana  kalau  perbedaan  puluhan  derajat,  bisa-bisa  arah  kiblat  melenceng  jauh  dari  Masjidil Haram, atau jauh dari Baitullah (Kakbah).

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi