Jumat, 22 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAHSISWA DI SMPN I SOKO KABUPATEN TUBAN


 BAB I  PENDAHULUAN  
A.  Latar Belakang Masalah  Usia  siswa  SMP  adalah  antara  13-16  tahun,  pada  fase ini  seseorang  mulai  mengerti  nilai-nilai  dan  mulai  memakainya  dengan  cara-caranya  sendiri.
  Pada  usia  ini  anak  banyak  menentang  orang  tua,  mereka  ingin  menunjukkan jati diri mereka sendiri. Sesungguhnya  pertumbuhan kesadaran  moral  pada  anak,  menyebabkan  agama,  dan  kitab  suci  baginya  tidak  lagi  merupakan  kumpulan  undang-undang  yang  adil,  yang  dengan  itu  Allah  menghukum dan mengatur dunia guna menunjuki kita kepada perbaikan.
 Begitu penting peningkatan akhlak pada siswa, karena salah satu faktor  penyebab  kegagalan  pendidikan  Islam  selama  ini  karena  anak  banyak  yang  kurang  atau  masih  rendah  akhlaknya.  Hal  ini  karena  kegagalan  dalam  menanamkan  dan  membina  akhlak.  Tidak  dapat  dipungkiri,  bahwa  munculnya  tawuran,  konflik  dan  kekerasan  lainnya  merupakan  cermin  ketidakberdayaan  sistem  pendidikan  di  negeri  ini,  khususnya  akhlak.
Ketidakberdayaan  sistem  pendidikan  agama  di  Indonesia  karena  pendidikan  agama Islam selama ini hanya menekankan kepada proses pentransferan ilmu  kepada siswa saja, belum pada proses transformasi nilai-nilai luhur keagamaan    Muhaimin,  Paradigma  pendidikan  islam(upaya  mengefektifkan  pendidikan  agama  Islam  di  sekolah)Bandung:  PT  Remaja  Rosdakarya,  2002,  hal.170.

  (Zakiyah  Daradjat,  ilmu  jiwa  agama )Jakarta:Bulan  Bintang,  1996,  hal.50.
kepada  siswa,  untuk  membimbingnya  agar  menjadi  manusia  yang  berkepribadian kuat dan berakhlak mulia.
 Dari  semua  fakta  diatas,  sangatlah  perlu  dipertanyakan  bagaimana  sejatinya  potret  akhlak  para  peserta  didik  tersebut,  dan  sebagaimana  telah  disebutkan diatas tentang guru agama (terutama Agama Islam) tentu saja hal  ini  tidak  dapat  dilepas  dari  strategi  guru  pendidikan  Agama  Islam  dalam  mendidik mereka.
Ketidakpahaman  siswa  terhadap  pendidikan  agama  dikarenakan  guru  dalam  menyampaikan  materi  pelajaran  tidak  memakai  teknik  atau  metode  tertentu  sehingga  proses  pengajaran  tidak  berjalan  dengan  meksimal,  lain  halnya apabila dalam pengajaran guru memakai teknikatau metode yang tepat  dalam menyampaian materi bisa dipastikan siswa akanlebih bisa mengerti dan  memahami serta mampu mengamalkan.
Secara  keseluruhan  pendidikan  di  sekolah,  kegiatan  belajar  merupakan  kegiatan  yang  paling  kokoh.  Ini  berarti  bahwa  berhasil  atau  tidaknya  pencapaian  tujuan  pendidikan  banyak  bergantung  kepada  bagaimana  proses  yang dialami oleh siswa sebagai anak didik.
 Perbaikan akhlak merupakan suatu misi  yang  paling  utama  yang  harus  dilakukan  oleh  guru  pendidikan  agama  islam  kepada  anak  didik,  strategi  merupakan  komponen  yang  sangat  berpengaruh  dalam  dunia  pendidikan,  terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimahsiswa. Strategi    Toto  Suharto.  dkk,  Rekontruksi  dan  Modernisasi  Lembaga  Pendidikan  Islam, (Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2005), hlm. 169   Slameto,  Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,  (Jakarta:  Rineka Cipta, 2003), hlm. 1  guru pendidikan agama islam dalam pembinaan  akhlakul karimahsiswa pada  dasarnya  nantinya  juga  sangat  mempengaruhi  tingkat  pemahaman  dan  pengamalan  nilai-nilai akhlak  itu sendiri, terlebih apabila  pengaruh terhadap  tingkat kesadaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai luhur, baik yang ada  dalam  lembaga  atau  diluar  lembaga,  baik  yang  bersifat  formal  atau  non  formal.
Pada  setiap  lembaga  pendidikan  baik  yang  bersifat  formal  atau  nonformal,  pastilah  mempunyai  komitmen  yang  kuat  terhadap  usaha  untuk  pembinaan akhlakul  karimah  siswa,  hal  ini  tidak bisa dipungkiri  lagi  karena  pembinaan   setiap  lembaga  pendidikan  yang  berkomitman  untuk  membina  akhlakul  karimah pada  siswanya,  tentunya  memiliki  strategi  atau  cara  tersendiri dalam proses pembinaannya. Hal ini disebabkan perbedaan karakter  dari  masing-masing  peserta  didik  pada  suatu  lembaga pendidikan  tertentu  pula.  Keberagamaan  strategi  guru  agama  islam  dalam  proses  pembinaan  akhlakul karimahbertujuan untuk menarik minat belajar para siswa, dan untuk  membentuk  suasana  belajar  yang  tidak  menjenuhkan  dan  monoton  sehingga  kelancaran dan keberhasilan dalam pembinaan  akhlakul karimahsiswa dapat  semaksimal mungkin berhasil dengan baik.
Tanpa  adanya  strategi  guru  Agama  Islam  sudah  barang tentu  proses  pembinaan  akhlakul  karimah  siswa  tidak  dapat  berjalan  dengan  maksimal,  gaya  mengajar  dan  menyampaikan  materi  pelajaran  agamapun  harus  bervariasi dan disesuaikan dengan keadaan kelas, sehingga siswa tidak merasa  jenuh dan mampu memahami serta mengamalkannya dalamkehidupan seharihari.
Selain  itu  tugas  dan  tanggung  jawab  guru  adalah  untuk  memberikan  sejumlah norma kepada anak didik agar tahu mana perbuatan yang susila dan  asusila,  mana  perbuatan  yang  bermoral  dan  amoral.  Semua  norma  itu  mesti  harus guru berikan ketika di kelas, di luar kelaspun sebaiknya guru contohkan  melalui sikap, tingkah laku dan perbuatan. Pendidikan dilakukan tidak sematamata dengan perkataan, tetapi sikap, tingkah laku dan perbuatan.
 Tugas seorang guru memang berat dan banyak. Akan tetapi semua tugas  guru  itu  akan  dikatakan  berasil  apabila  ada  perubahan  tingkah  laku  dan  perbuatan pada anak didik ke arah yang lebih baik.  Maka tentunya hal yang  paling  mendasar  ditanamkan  adalah  akhlak. Karena  jika  pendidikan  akhlak yang  baik  dan  berhasil  ajarannya  berdampak  pada  kerendahan  hati  dan  perilaku  yang  baik,  baik  terhadap  sesama  manusia,  lingkungan  dan  yang  paling pokok adalah akhlak kepada Allah Swt. jika ini semua kita perhatikan  maka tidak akan terjadi kerusakan alam dan tatanan  kehidupan, sebagaimana  firman Allah Swt  “  Telah  nampak  kerusakan  di  darat  dan  di  laut  disebabkan  Karena  perbuatan  tangan  manusia,  supaya  Allah  merasakan  kepada  mereka  sebahagian  dari  (akibat)  perbuatan  mereka,  agar  mereka  kembali  (ke  jalan  yang benar). (QS. Ar-Rum: 41).
 Dengan  demikian  tugas  guru  pendidikan  Agama  Islam  disekolah  adalah  membina  dan  mendidik  siswanya  melalui  pendidikan  agama  islam  yang dapat membina akhlak para siswa dan mempraktekkan dalam kehidupan  sehari-hari.  Tugas  tersebut  terasa  berat  karena  ada unsur  tanggung  jawab  mutlak  guru,  akan  tetapi  juga  keluarga  dan  masyarakat  mendukung  dan  bertanggung  jawab  serta  bekerja  sama  dengan  mendidik  anak,  maka  pembinaan akhlakul karimah akan dicapai dengan baik.
Untuk mewujudkan hal tersebut maka seorang guru pendidikan Agama  Islam  mampu  berupaya  dan  menggunakan  beberapa  strategi  dalam  upaya  pembinaan  akhlak  siswa,baik  itu  strategi  dalam  penyampaian  materi  Agama  Islam  dengan  menggunakan  metode  atau  strategi  tentang  kegiatan  apa  saja  yang  harus  dilaksanakan  dalam  membina  akhlak siswa,  karena  dengan  menggunakan  strategi  dapat  mengghasilkan  tujuan  yang  diinginkan  dalam  pendidikan.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi