Senin, 25 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SRENGAT


 BAB  PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah Guru  adalah  salah  satu  faktor  penting  dalam  penyelenggaran  pendidikan  di  sekolah.  Oleh  karena  itu  meningkatkan  mutu  pendidikan,  berarti meningkatkan mutu guru. Meningkatkan mutu guru bukan hanya dari  segi kesejahteraannya, tetapi juga profesionalitasnya.
Sejalan dengan hal itu UU RI no. 14 tahun 2005 Bab ll Pasal 2 ayat  (1)  menyatakan  guru  mempunyai  kedudukan  sebagai  tenaga  professional  pada  jenjang  pendidikan  dasar,  pendidikan  menengah,  dan  pendidikan  anak  usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan  perundang-undangan.  Professional,  dan  professional  berarti  melakukan  sesuatu  sebagai  pekerjaan  pokok  sebagai  profesi  dan  bukan  sebagai  pengisi  waktu luang atau sebagai hobi belaka.
 Profesi  berarti  menyatakan  secara  publik  dan  dalam  bahasa  latin  di  sebut  “profesion”  yang  digunakan  untuk  menunjukkan  pernyatataan  publik  yang dibuat oleh seseorang yang di maksud menduduki suatu jabatan publik.
Guru  yang  terjamin  kualitasnya  di  yakini  mampu  melaksanakan  tugas  dan  fungsinya  dengan  baik.  Penjaminan  mutu  guru  perlu  dilakukan  dari  waktu  kewaktu demi terselenggaranya layanan pembelajaran yang berkualitas. Guru  yang  bermutu  niscaya  mampu  melaksanakan  pendidikan,  pengajaran  dan   Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung:  Alfabeta, 2009), hlm. 39.

 Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profisional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).
hlm. 20  pelatihan  yang  baik  dan  efisien.  Guru  memiliki  peran  yang  sangat  penting  dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran  yang dilaksanakannya.
Oleh  sebab  itu,  guru  harus  memikirkan  dan  membuat  perencanaan  secara  saksama  dalam  meningkatkan  kesempatan  belajar  bagi  siswanya  dan  memperbaiki kualitas mengajarnya.
 Guru  wajib  memiliki  kualifikasi  akademik,  kompetensi,  sertifikat  pendidik,  sehat  jasmani  dan  rohani,  serta  memiliki  kemampuan  untuk  mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional.  Kompetensi  guru  meliputi  kompetensi  pedagogik,  kompetensi  kepribadian,  kompetensi  sosial  dan  kompetensi professional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.
 Kompetensi professional guru merupakan salah satu dari kompetensi  yang harus dimilki oleh setiap guru dalam jenjang pendidikan apa pun ,yang  di  maksud  guru  disini  adalah  guru  pendidikan  agama  Islam.  kompetensi  professional yang harus dmiliki guru meliputi: 1.  Mengetahui  hal-hal  yang  perlu  diajarkan,  sehingga  ia  harus  belajar  dan  mencari informasi tentang materi yang diajarkan, sehingga ia harus belajar  dan mencari informasi tentang materi-materi yang diajarkan.
2.  Menguasai keseluruhan bahan materi yang akan disampaikan pada peserta  didiknya 3.  Mempunyai  kemampuan  menganalisis  materi  yang  diajarkan  dan  menghubungkannya  dengan  konteks  komponen-komponen  lain  secara  keseluruhan  melalui  pola  yang  di  berikan  islam  tentang  bagaimana  cara   Ibid, hlm. 21.
 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang GURU dan  DOSEN (Bandung: Citra Umbara, 2006), hlm, 8-9.   berfikir  (way  of  thinking)  dan  cara  hidup  (way  of  life)  yang  perlu  dikembangkan melalui proses edukasi 4.  Mengamalkan  terlebih  dahulu  informasi  yang  telah  didapat  sebelum  disajikan pada peserta didiknya 5.  Mengevaluasi  proses  dan  hasil  pendidikan  yang  sedang  dan  sudah  dilaksanakan  Di  zaman  globalisasi  ini  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  terus  berkembang,  begitu  juga  dengan  Pendidikan  Agama  Islam.  Dalam  hal  ini  guru Pendidikan Agama Islam sebagai tenaga pendidik yang terjun langsung  dalam  proses  belajar  mengajar  juga  harus  bisa  menguasai  teknologi  pendidikan.  Sehubungan  dengan  hal  tersebut  pengembangan  kompetensi  professional guru sangat diperlukan. Pengembangan kompetensi professional  guru tidak lepas dari peran kepala sekolah.
Keberhasilan  suatu  lembaga  pendidikan  sangat  tergantung  pada  kepemimpinan  kepala  sekolah.
 Kepala  sekolah  merupakan  pemimpin  pendidikan  mempunyai  peranan  penting  dalam  mengembangkan  kualitas  pendidikan.  Kepala  sekolah  sebagai  administrator  harus  mampu  mendayagunakan  sumber  yang  tersedia  secara  optimal.  Sebagai  manajer,  kepala sekolah harus mampu bekerjasama dengan orang lain dalam organisasi  sekolah.  Sebagai  pemimpin  pendidikan,  kepala  sekolah  harus  mampu  mengkoordinasi  dan  menggerakkan  potensi  manusia  untuk  mewujudkan   Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2006),  Hlm. 96-  Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam  (Bandung: Refika Aditama, 2008), hlm. 33.
tujuan  pendidikan.  Sebagai  supervisior,  kepala  sekolah  harus  mampu  membantu  guru  meningkatkan  kapasitasnya   untuk  membelajarkan  murid  secara optimal. Dengan demikian maka, kepala sekolah di harapkan dengan  sendirinya dapat mengelola lembaga pendidikan kearah perkembangan yang  lebih baik dan dapat menjanjikan masa depan.
SMP  Negeri  1  Srengat  merupakan  salah  satu  sekolah  unggulan  dan  merupakan   Rintisan  Sekolah  Bertaraf  Internasional  (RSBI)  di  kabupaten  Blitar yang berada di kecamatan Srengat. SMP Negeri 1 Srengat terletak di Jl.
Terate no 1, dekat dengan pegunungan pegat,  stadion, pasar serta mudah di  jangkau oleh kendaraan umum.
Masyarakat  sekitar  merasa  bangga  apabila  anaknya  bersekolah  di  SMP  Negeri  1  Srengat,  karena  yang  di  terima  untuk  bersekolah  di  SMP  Negeri 1 Srengat tidak sembarangan siswa, tetapi harus siswa yang  nilainya  bagus, dan pemilihannya juga sangat selektif. Oleh karena itu, SMP Negeri 1  Srengat  sudah  mendapat  kepercayaan  dari  masyarakat  sekitar  bahwa  sekolahan  tersebut  sangat  bagus  dan  mampu  menghasilkan  lulusan  yang  berkualitas Di  SMP  Negeri  1  Srengat  walaupun  para  guru  Pendidikan  Agama  Islam sudah sarjana tetapi dalam menjalankan tugasnya masih membutuhkan  pengarahan  dan  pembinaan  dari  kepala  sekolah.  Sebagai  pemimpin  pada  lembaga pendidikan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Srengat di tuntut dapat  mengembangkan  kompetensi  profesional   guru  Pendidikan  Agama  Islam  seiring dengan perkembangan zaman.   Permasalahan yang ingin di ungkap dalam skripsi ini yaitu bagaimana  strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru  Pendidikan Agama Islam  sedangkan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Srengat  merupakan  seorang  yang  sibuk  sehingga  waktu  beliau  di  sekolah  sangat  terbatas.  Bagaimana  sebenarnya  strategi  yang  beliau  lakukan  selama  ini  seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga meskipun  dengan waktu yang terbatas beliau selalu memantau perkembangan para guru  Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi