Selasa, 26 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STRATEGI PEMASARAN PRODUK FUNDING PADA PT. BPRS BEN SALAMAH ABADI PURWODADI

BAB I PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG Perusahaan masa kini harus memikirkan kembali misi bisnis dan strategi  pemasaran  mereka  secara  kritis.  Perusahan  masa  kini  tidak  bergerak  dalam  pasar  dengan  saingan  yang  sudah  diketahui  dan  sudah  pasti,  atau  pilihan  pelanggan  yang  stabil,  melainkan  dalam  perang  antara  saingan  yang  terus  berubah,  kemajuan  teknologi,  hukum  baru,  kebijaksanaan  perdagangan  yang  terkelola  dan  turunnya  kesetiaan  pelanggan.  Perusahaan  bersaing  dalam  perlombaan  yang  aturan  dan  rambu-rambunya  terus  berubah,  garis  akhirnya  tidak  ada  dan  tidak  ada  “kemenangan”  permanen.  Mereka  harus  terus  berlomba,  dan  berharap  bahwa  mereka  bergerak  searah  dengan  keinginan  masyarakat.
Karena  itu  tidak  heran  bahwa  perusahaan  yang  unggul  masa  kini  adalah  yang  paling  berhasil  memuaskan,  bahkan  menyenangkan  pelanggan  sasaran  mereka.  Perusahaan-perusahaan  ini  melihat  pemasaran  sebagai  filosofi  seluruh  perusahaan,  bukan  bagian  tersendiri.  Mereka  ingin  bagian  pemasaran  mereka  membantu  menemukan  kelompok  dan  kebutuhan  pelanggan manakah yang dapat mereka penuhi dengan menguntungkan, serta  bagaimana cara melayani mereka secara lebih efektif dari pada saingannya.

1   Pemasaran  terbaik  lebih  dari  sekedar  memenuhi  kebutuhan  pelanggan  yang  sudah  ada.  Akio  morita,  pendiri  Sony,  mengatakan  dengan  tepat: “ saya menciptakan pasar”. Perusahaan yang baik memenuhi kebutuhan,  perusahaan yang hebat menciptakan pasar. Keunggulan di pasar diraih dengan  menciptakan produk, jasa, gaya hidup dan cara menaikkan standar hidup yang  baru.  Besar  perbedaan  antara  perusahaan  yang  menawarkan  produk  ikutikutan  dengan  perusahaan  yang  menawarkan  nilai  produk  dan  jasa  baru  sebelumnya  tidak  terbayangkan  oleh  pasar.  Akhirnya,  pemasaran  terbaik  adalah penciptaan nilai dan perbaikan standar hidup.
 Strategi  pemasaran  merupakan  hal  yang  sangat  penting  bagi  perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan  dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swasta “Strategi  adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah  perusahaan  harus  beroperasi  untuk  mencapai  tujuannya”.  Sehingga  dalam  menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui  strategi  pemasarannya.  Karena  pada  saat  kondisi  kritis  justru  usaha  kecillah  yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.
  Philip Kotler dan A.B. Susanto, Manajemen pemasaran di Indonesia,  Jakarta : Salemba  Empat, 1999 , hlm xvii-xix  WWW.Strategi Pemasaran. Diakses 26 february 2012. 12:37:24 PM.
 B.  RUMUSAN MASALAH Demi  menghindari  pembahasan  yang  kurang  mengena  dengan  judul,  dalam hal ini guna menghasilkan pembahasan yang objektif dan terarah, maka  pokok permasalahan sebagai berikut: 1.  Bagaimana  gambaran  umum  produk  funding  pada  PT.  BPRS  Ben  Salamah Abadi Purwodadi? 2.  Bagaimana  strategi  pemasaran  produk  funding  pada   PT.  BPRS  Ben  Salamah Abadi Purwodadi? C.  TUJUAN 1.Untuk mengetahui stratregi pemasaran produk funding pada PT. BPRS Ben  Salamah Abadi.
2.Untuk mengetahui secara langsung strategi pemasaran produk funding yang  digunakan dilapangan.
D.  MANFAAT 1.  Mahasiswa  dapat  mengetahui  strategi  yang  digunakan  dalam  memasarkan  produk funding.
2.  Mahasiswa  dapat  mengetahui  secara  langsung  strategi  yang  digunakan  di lapangan.
3.  Mahasiswa  dapat  mengetahui  strategi  mana  yang  paling  tepat  atau  efektif  digunakan dilapangan.
 E.  METODE PENELITIAN  1.Jenis Penelitian  Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yaitu  prosedur penelitian yang  menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis  atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
2.Metode Pengumpulan  Untuk mendapatkan data yang relevan dengan topik penelitian tersebut  maka digunakan beberapa metode yaitu: a.  Observasi  Metode  ini  dilakukan  dengan  cara  mengamati  secara  langsung  terhadap  objek  tertentu  yang  menjadi  fokus  penelitian  dan  mengetahui  suasana kerja di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi serta mencatat segala  sesuatu yang berhubungan dengan stretegi pemasaran produk funding.
b.Wawancara Wawancara adalah teknik pengumpulan data dengan  cara melakukan  tanya jawab kepada bagian-bagian yang terkait dengan tema yang diangkat di  BPRS  Ben  Salamah  Abadi  Purwodadi,  hal  ini  dilakukan  agar  tidak  menyimpang atau salah pengertian mengenai permasalahan yang diangkat.
c.  Dokumentasi Pengumpulan  data  yang  relevan  melalui  arsip-arsip,  catatan-catatan,  pendapat-pendapat dan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
 3.Sumber Data  a.  Data Primer Data primer merupakan data yang langsung memberikan data kepada  pengumpul data.
b.Data Sekunder Data  sekunder  merupakan  sumber  yag  tidak  langsung  memberikan  data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau dokumen.
 4. Analisis Data Dari  data-data  yang  terkumpul,  penulis  berusaha  menganalisis  data  tersebut.  Dalam  menganalisis  data,  penulis  menggunakan  tehnik  analisis  deskriptif,  yaitu  data-data  yang  diperoleh  kemudian  dituangkan  dalam  bentuk  kata-kata,  kemudian  di  deskripsikan  sehingga  dapat  memberikan  kejelasan  kenyataan yang realistis.
F.  SISTEMATIKA PENULIS Untuk memberi kemudahan dalam memahami Tugas Akhir, maka penulis  menguraikan susunan penulisan secara sistematis, adalah sebagai berikut: Bab 1 : Pendahuluan Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian dan sistematika  penulisan TA.
 Prof. Dr. Sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,2008 , hlm.
137.
 Bab 2 : Gambaran umum PT. BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi Pada bab ini diuraikan tentang profil BPRS, struktur organisasi dan  produk- produk.
Bab 3 : Landasan Teori dan Pembahasan Pada bab ini menjelaskan tentang strategi pemasaran produk funding  pada BPRS Ben Salamah Abadi Bab 4 : Penutup Berisi tentang kesimpulan, saran, dan penutup.
o-spac� : e c� � pan>dan  penyusunan  tugas  akhir  penulis  menggunakan  metode  penelitian  untuk  mendapatkan  informasi  dan  datadata, diantaranya: 1.  Jenis penelitian Dalam  penelitian  ini  penulis  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif  deskriptif.  Penelitian  ini  diadakan  di  Bank  Mandiri  Syariah  KCP  Karangayu  Semarang  untuk  memperoleh  informasi  dan data-data yang dibutuhkan.

2.  Sumber Data Dalam  penelitian  ini  penulis  menggunaka  dua  sumber  data  yaitu data primer dan data sekunder.
a.  Data Primer Data  primer  adalah  sumber  data  yang  langsung  memberikan data kepada pengumpul data.
 Dalam penelitian  ini  yang   menjadi  sumber  data  primer  adalah  data  yang  diperoleh  dari  wawancara  langsung  dari  kepala  cabang,  karyawan marketing dan customer service.

b.  Data Sekunder Data  sekunder  adalah  sumber  data  yang  tidak  langsung  memberikan  data  kepada  pengumpul  data,  yaitu  melalui   Sugiyono,  Metode  Penelitian  Pendidikan:  Pendekatan  Kuantitatif,  Kualitatatif  dan  R&D, Bandung: Alfabeta, cet. ke-10, 2010, hlm. 193   orang lain atau dokumen.

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi