Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS ARAH KIBLAT MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA CIREBON


 BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah  Permasalahan  kiblat  erat  kaitannya  dengan  letak  geografis  suatu  tempat,  yakni  berapa  derajat  suatu  tempat  dari  khatulistiwa  yang  lebih  di  kenal dengan istilah lintang dan berapa derajat letak suatu tempat dari  garis  bujur kota  Mekkah  namun pada faktanya selalu saja terjadi perbedaan antara  penerapan dan juga pemahaman masyarakat terhadap pentingnya  arah kiblat  tersebut  padahal  dalam  beberapa  dalil  syar’i  baik  berupa  Al-Quran  ataupun  hadits  telah di sebutkan dengan jelas pentingnya arah kiblat yang benar ketika  kita menjalankan ibadah shalat.
Umat  Islam  sendiri  telah  bersepakat  bahwa  menghadap  kiblat  dalam  shalat  merupakan  syarat  sahnya  shalat  ,  sebagaimana  dalil-dalil  syar’i  yang  ada.  Bagi  orang-orang  di  kota  Mekkah  dan  sekitarnya  suruhan  demikian  ini  tidak  menjadi  persoalan  karena  dengan  mudah  mereka  dapat  melaksanakan  suruhan itu, namun bagi orang-orang yang jauh dari  Mekkah  tentunya timbul  permasalahan tersendiri, terlepas dari perbedaan pendapat  para ulama tentang  cukup  menghadap arahnya saja sekalipun kenyataannya salah, ataukah harus  menghadap  ke  arah  yang  sedekat  mungkin  dengan  posisi  Ka’bah  yang   A.  Jamil,  Ilmu Falak Teori dan Aplikasi Arah Qiblat, Awal Waktu, dan Awal Tahun (Hisab  Kontemporer). Jakarta : Amzah. 2009, h.109.

 Ibn  Rusyd,  Bidayah  al-Mujtahid  Wa  Nihayah  al-Muqtashid,  Juz  I,  Beirut  :  Dar  Ibnu,  Ashsahah, 2005, hlm. 92.
1   sebenarnya.
 Dalam  perkembangan  pemikiran  Islam  khususnya  dalam  ilmu  fiqh yang  notabene  merupakan ilmu  yang dapat  mengetahui tentang hukumhukum  Islam,  para  ulama  ahli  fiqh  ini  berbeda  pendapat  antara  kewajiban  melihat langsung ainul Kabah dengan hanya melihat atau menghadap kepada  arah dari Ka’bah tersebut.
Ada beberapa perbedaan ulama tentang kewajiban menghadap ke arah  Ka’bah  bagi  orang  yang  tidak  melihatnya,  para  ulama  telah  sepakat  bahwa  orang  yang  shalat  dengan  melihat  Ka’bah,  ia  wajib  menghadap  ke  fisik  Ka’bah  ('Ain  al-Kabah).  Permasalahannya  bagaimana  dengan  orang  yang  yang berada jauh dari  Ka’bah  dan tidak  melihatnya, maka dalam hal ini, para  ulama berbeda pendapat.
Imam  Hanafi,  Imam  Hambali,  Imam  Maliki  dan  sebagian  kelompok  dari  Imamiyah  :  kiblatnya  orang  yang  jauh  adalah  arah  dimana  letaknya  Ka’bah  berada,  bukan  Ka’bah  itu  sendiri.  Imam  Syafi’i  dan  sebagian  kelompok dari  Imamiyah :  Wajib menghadap  Ka’bah  itu sendiri , baik  bagi  orang yang dekat maupun bagi orang yang jauh. Kalau dapat mengetahui arah  Ka’bah  itu sendiri secara pasti (tepat), maka ia harus menghadapinya kearah  tersebut.  Tapi  bila  tidak,  cukup  dengan  perkiraan  saja.  Yang  jelas  bahwa  orang  yang  jauh  pasti  tidak  dapat  membuktikan  kebenaran  pendapat  ini  dengan  tepat,  karena  ia  merupakan  perintah  yang  mustahil  untuk   Muhyidin Khazin,  Ilmu Falak Dalam Teori dan Praktik,  Yogyakarta: Buana Pustaka, 2004,  Cet. III, h. 47.     dilakukannya selama bentuk bumi ini bulat. Maka dari itu, kiblat bagi orang  yang jauh harus menghadap ke arahnya, bukan kepada Ka’bah itu sendiri.
 Dari pendapat para ulama ahli fiqh, dapat penulis implementasikan apa  yang  telah  di  wajibkan  tersebut  yakni  menghadap  kiblat  ketika  shalat,  tentu  dalam  setiap  pengetahuan  baik  itu  pengetahuan  umum  ataupun  pengetahuan  agama  ketika  mencari  sesuatu,  dalam  hal  ini  mencari  arah  kiblat  pada  saat hendak menjalankan ibadah shalat, tentu  memerlukan alat analisis yang siap  memenuhi kebutuhan tersebut, jika dalam hal ini khususnya bagi mereka  yang  berada jauh dari  Ka’bah  maka akan kesulitan dalam menentukan  arah kiblat  menuju  Ka’bah,  tapi  dengan  adanya  kesulitan  tersebut  jangan  sampai  membuat  putus  asa  dan  menyerah  untuk  terus  mencari  ilmu  agar  dapat  menyelesaikan atau paling tidak meminimalisir kesulitan itu. Maka perlu ilmu  yang dapat membantu khususnya dalam menentukan arah kiblat tempat shalat  baik di masjid ataupun musala,  yakni dengan pendekatan ilmu falak, karena  melalui ilmu falak ini akan dapat lebih  yakin dalam menentukan arah kiblat  yang lebih  akurat, dalam ilmu falak ini selain  dapat menentukan arah  kiblat  dengan lebih yakin dan akurat  juga dapat mengetahui awal waktu shalat yang  tepat,  menentukan  awal  bulan  qamariyah  dan  juga  dapat  menghitung  terjadinya gerhana baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.
 Muhammad  Jawad  Mughniyah,  Fiqh  Lima  Mazhab  :  Jafari,  Hanafi,  Maliki,  SyafiI,  penerjemah,  Masykur  A.B.,  Muhammad  Idrus  Al-Kaff,  dari  al-Fiqh  „ala-Madzahib  al-Khamsah,  Jakarta : Penerbit Lentera, 2007, cet VI., hal 77.
 Salah  satu  dari  kebutuhan  inilah  penulis  ingin  menerapkan  pada  masjid yang sangat bersejarah di Indonesia khususnya di kota Cirebon yakni  Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon,  karena masjid ini merupakan pusat  dari kereligiusan kota Cirebon sehingga wajib Masjid Agung Sang Cipta Rasa  Cirebon ini dapat benar-benar menghadap kiblat.
Sejarah  masjid ini sendiri berawal dari masa  ketika Cirebon di pimpin  oleh syeh Syarif Hidayatullah atau yang biasa  di sebut dengan Sunan Gunung  Jati,  di  mana  Sunan  Gunung  Jati  ini  merupakan  cucu  dari  raja  besar  yang pernah  berkuasa  di  tanah  pajajaran  yakni  pangeran  prabu  Siliwangi,  Sunan  Gunung  Jati  merupakan  anak  dari  Syarifah  Mudzaim  dan  merupakan  keturunan raja dari Mesir  .
Dalam  menjalankan  roda  pemerintahan  kerajaan  Cirebon  Sunan  Gunung  Jati  senantiasa  berdasar  pada  apa  yang  telah  ia  dalami  dari  ilmu  agama  Islam  karena selain sebagai raja  ia  merupakan salah satu dari anggota  Walisongo  yang  notabene  mengemban  tugas  untuk  mendakwahkan  agama  Islam  di  pulau  jawa  pada  khususnya,  sehingga  dalam  perjalanannya  yang  sangat  berliku  dalam  menjalani  pemerintahan  Cirebon  Sunan  Gunung  Jati  tetap berpegang teguh pada al-Quran dan al-Hadits, hal ini dapat kita lihat dari  track  record  yang  di  berikan  oleh  sang  Sunan  khususnya  bagi  masyarakat  Cirebon.  Dalam  mengemban  amanat  rakyat  Sunan  Gunung  Jati  selalu   Ahmad Hamam Rochani, Babad Cirebon, Cirebon : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,  2008, cet I, h. 90.    memihak  terhadap  kepentingan  rakyat  dan  agamanya,  bahkan  di  awal  pemerintahannya  ia  memiliki  tiga  visi  yang  mulia  dalam  mengembangkan  kerajaan Cirebon yakni : 1.  Memasukan  nilai-nilai  Islam  melalui  budaya  yang  telah  ada  dan  berkembang di masyarakat Cirebon.
2.  Membuat wadah atau tempat bagi masyarakat yang berbentuk kerajaan  dan bernafaskan dengan nilai-nilai Islami.
3.  Membuat  tempat  yang  menjadi  pusat  kegiatan  bagi  masyarakat  khususnya  kegiatan  keagamaan  yakni  dengan  mendirikan  Masjid  Agung Sang Cipta Rasa Cirebon  .
Setelah  ketiga  visi  itu  terselesaikan  barulah  sang  Sunan  Gunung  Jati merasa lega dan meninggalkan semuanya yang di titipkan bagi para penerus  raja  Cirebon  dan  bagi  masyarakatnya.  Dalam  salah  satu  pesannya  Sunan  Gunung Jati sangat menitikberatkan pada fakir miskin dan masjid yakni :“isun  nitip tajug lan fakir miskin”  yang artinya : “  saya  titipkan masjid dan fakir  miskin”.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi