Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS ARAH KIBLAT MASJID SUNAN KALIJAGA KADILANGU DEMAK


 BAB I PENDAHULUAN
 A.  Latar Belakang Masalah Kiblat  berarti  arah,  menurut  fuqaha  kiblat  adalah  suatu  arah  tertentu  kaum  muslimin  mengarahkan  wajahnya  dalam  ibadah  shalat.
Menghadap  kiblat  di  waktu  shalat  merupakan  salah  satu  sahnya  shalat,  kecuali  ada  alasan-alasan  tertentu.  Selama  Nabi  Muhammad  SAW  di  Makkah,  beliau  bersama  pengikutnya  mengerjakan  shalat  dengan  berkiblat  ke  Baitul  Maqdis.  Setelah  beliau  berada  di  Madinah  beliau  diperintahkan oleh Allah SWT agar menghadap ke kabah.
 Allah SWT berfirman “Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit,  maka  sungguh  Kami  akan  memalingkan  kamu  ke  kiblat  yang  kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan  dimana  saja  kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.
Dan  sesungguhnya  orang-orang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  di  beri  al-Kitab  (Taurat  dan  Injil)  memang  mengetahui,  bahwa  berpaling  ke  Masjidil  Haram  itu  adalah  benar  dari  Tuhannya;  dan  Allah  sekali-kali  tidak  lengah  dari  apa  yang  mereka  kerjakan” (QS. Al-Baqarah : 144).

  Departemen Agama Republik Indonesia, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal  Pimpinan Kelembagaan Agama Islam Proyek Peningkatan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama / IAIN Jakarta, 1992/1993, hlm. 629.  Lihat pula Muhammad Ali al Shabuni,  Tafsir ayat  Al-Ahkam, Juz I; Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah, Jilid I; Al-Hafizh „Imanuddin Abi al Fida Ismail Ibn  Katsir, Tafsir Alqur’an al ‘Azhim (Tafsir Ibnu Katsir) jus I.
 Departemen  Agama  Republik  Indonesia,  Al-Qur’an  dan  Terjemahannya,  Semarang  :  Kumudasmoro Grafindo, 1994, hlm. 37.
 Perubahan  itu  sejalan  dengan  keinginan  Nabi  Muhammad  Saw yang  terjadi  pada  tahun  kedua  Hijriyah.  Adapun  tujuan  utama  dari  perpindahan  arah  kiblat  adalah  untuk  memberikan  pengertian  dan  kejelasan bagi kaum musyrikin, orang-orang Yahudi dan Nasrani bahwa  menurut Islam, dalam mengerjakan ibadah shalat itu bukanlah arah Baitul  Maqdis  atau  Kabah  yang  menjadi  tujuan,  melainkan  semata-mata  menghadapkan diri kepada Allah SWT.
Sangat panjang sejarah didirikannya kabah hingga menjadi kiblat  umat  Islam di seluruh penjuru dunia, hikmah Allah SWT menganjurkan  manusia  untuk  menghadap  wajah  ke  kiblat  adalah  mengikat  kaum  muslimin  agar  mereka  mempunyai  satu  tujuan  dan  satu  cita-cita  dalam  perjuangannya. Pada lahirnya memang jasmani yang dihadapkan ke arah  yang satu, namun pada hakikatnya hati yang dihadapkan kehadirat Allah  SWT.
 Kata  al-qiblah  yang  terulang  sebanyak  4  kali  dalam  al-Quran  menunjukkan  bahwa  masalah  kiblat  harus  benar-benar  diperhatikan.
Masalah  kiblat  tiada  lain  adalah  masalah  arah,  yakni  arah  kabah  di  Makkah.
 Arah  kiblat  akhir-akhir  ini  telah  mendapat  perhatian  serius  dari  berbagai  kalangan,  mulai  dari  tamir  masjid,  media  cetak,  media   DEPAG,  Ensiklopedi Islam di Indonesia, loc. cit, hlm.629.
 Susiknan Azhari, Ilmu Falak Teori dan Praktek, Yogyakarta: Lazuardi, 2001, hlm. 49.
 Muhyiddin Khazin, Ilmu Falak  Dalam Teori dan Praktik,  Yogyakarta: Buana Pustaka,  cet. Ke-I, 2004. hlm. 49.
 elektronik,  Kementerian  Agama,  DPR  dan  Majlis  Ulama  Indonesia  (MUI).
Banyak  pihak  yang  mencoba  mengecek  ulang  arah  kiblat  masjidmasjid, dengan alat-alat yang dimilikinya sesuai dengan kemampuannya.
Ada  yang  menggunakan  alat  bantu  theodolit  dilengkapi  dengan  GPS  (Global  Positioning  System),  menggunakan  kompas,  rasyd  al-qiblah  global,  rasyd al-qiblah lokal, dan tongkat istiwa.
Hasil  dari  berbagai  pengecekan  diperoleh  kesimpulan  bahwa  banyak  masjid  yang  arah  kiblatnya  melenceng  (tidak  tepat)  dari  yang  sebenarnya. Dan yang menarik lagi diberitakan bahwa kemelencengan itu  disebabkan  karena  akibat  gerak  lempeng  bumi  atau  gempa.  Disisi  lain,  Indonesia  sering  dilanda  gempa  yang  silih  berganti  yang  hampir  tiada  henti.  Hal  inilah  yang  nampaknya  ditangkap  oleh  Majlis  Ulama  Indonesia (MUI), gempa  bumi di Indonesia selalu ada, berarti arah kiblat  selalu  berubah.  MUI  khawatir,  masyarakat  muslim  Indonesia  menjadi  resah,  bingung,  jangan-jangan  harus  membongkar  masjid  atau  musholla  hanya  untuk  menyesuaikan  arah  kiblat  yang  salah,  hingga  akhirnya  lahirlah fatwa MUI nomor 03 tahun 2010.
 Perkembangan  penentuan  arah  kiblat  ini  dialami  oleh  kaum  muslimin  secara  antagonistik,  artinya  suatu  kelompok  telah  mengalami   Rashd al-qiblah adalah ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar  matahari menunjuk ke arah kiblat. Lihat Buku Ahmad Izzuddin, Menentukan Arah Kiblat Praktis.
Yogyakarta: Logung Pustaka, 2010. hlm. 38.
 Slamet  Hambali.  Arah  Kiblat  Perspektif  Nahdlatul  Ulama’.  Makalah  disampaikan  dalam  seminar  nasional  merespons  fatwa  MUI  nomor  03  tahun  2010  tentang  arah  Kiblat  di  Indonesia, hari Kamis, 27 Mei 2010, di IAIN Walisongo Semarang.    kemajuan  jauh  ke  depan,  sementara  yang  lainnya  masih  ketinggalan  zaman.
 Misalnya  dengan  media  kompas,  yang  jarumnya  sangat  mudah  bergeser  jika  disekelilingnya  ada  medan  magnet  (besi,  HP,  dan  sebagainya). Selain itu adalah kondisi sosial masyarakat, serta kepercayaan  mereka  yang  terlalu  mempercayai  pada  wali,  tokoh  agama,  serta  orang  yang di hormati dalam menentukan arah kiblat.
Kepercayaan  masyarakat  yang  diserahkan  sepenuhnya  kepada  tokoh  agama  setempat  yang  tidak  begitu  menguasai  ilmu  falak  menjadi  alasan penolakan pelurusan arah kiblat. Kasus penolakan pelurusan kiblat  juga  terjadi  ketika  penentuan  arah  kiblat  yang  dilakukan  oleh  KFPI  (Komunitas  Falak  Perempuan  Indonesia)  di  masjid  Nurul  Iman  merupakan  suatu  permasalahan  yang  ironis.  Penolakan  tersebut  dikarenakan  tanah  masjid  tersebut  merupakan  waqaf  yang  tidak  boleh  diganggu gugat.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi