Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS METODE PENENTUAN ARAH KIBLAT DENGAN MENGGUNAKAN EQUATORIAL SUNDIAL


BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah Allah  Swt  telah  menciptakan  benda-benda  langit  sebagai  petunjuk  bagi  umat  manusia.  Contohnya  seorang  nelayan  bisa  mengetahui  arah  mata  angin  dengan melihat rasi bintang, sehingga ia tidak pernah tersesat walaupun berada di  tengah  lautan,  dan  umat  Islam  menggunakan  hilal  atau  Bulan  muda  sebagai  patokan untuk memulai awal bulan ( hijriah ).
 Manusia menggunakan Matahari sebagai ukuran waktu pada waktu siang  hari.  Ketika  bayang-bayang  benda  yang  terkena  sinar  Matahari  bergerak  memendek, orang-orang jaman dahulu mulai keluar rumah untuk bekerja baik itu  berburu  maupun  bercocok  tanam,  dan  ketika  bayangan  bergerak  memanjang,  orang-orang  mulai  kembali  ke  rumah  mereka  karena  hal  tersebut  merupakan  pertanda bagi mereka bahwa Matahari akan segera tenggelam.
 Kebutuhan manusia untuk mengetahui ukuran  waktu  yang tepat semakin  lama  semakin  berkembang.  Manusia  mulai  menciptakan  berbagai  alat  untuk  mengukur waktu, seperti jam pasir, jam air dan  sundial  (jam matahari). Alat alat  tersebut  diciptakan  agar  manusia  bisa  mengetahui  ukuran  waktu  yang  tepat  sehingga mereka bisa mengatur kegiatan mereka dengan lebih teratur.

  Sundial  (jam  matahari)  merupakan  alat  pengukur  waktu  yang  menggunakan bayangan Matahari sebagai acuannya. Alat ini biasanya berbentuk  sebuah lempengan (terkadang alat ini juga berbentuk cekungan ) yang di atasnya  terdapat gambar garis-garis waktu dan di tengahnya di tancapkan sebuah gnomon  untuk memunculkan bayangan Matahari. Dengan melihat bayangan gnomon  yang  jatuh  di  bidang  dial  (lempengan)  seseorang  bisa  mengetahui  ukuran  waktu.
 Dikarenakan sundial menggunakan Matahari sebagai acuannya, alat ini hanya bisa  di gunakan pada waktu siang hari.
 Sundial  memiliki  bentuk  yang  bermacam-macam,  namun  secara  umum  sundial  bisa dikategorikan ke dalam tiga jenis yaitu equatorial sundial,  horizontal  sundial,  dan  vertikal  sundial.  Equatorial  sundial  merupakan  jenis  sundial  yang  paling sederhana dan yang paling mudah untuk dibuat.  Sundial  jenis ini memiliki  gnomon  yang  tegak  lurus  terhadap  bidang  dialnya  sehingga  bidang  dialnya  di  posisikan  miring  dan  sejajar  dengan  ekuator  supaya  gnomonnya  bisa  sejajar  dengan poros Bumi  .
 Horizontal  sundial  merupakan  jenis  sundial  yang  sering  digunakan  sebagai  ornamen  hiasan  di  taman.  Bentuk  horizontal  sundial  yang  artistik  dan  elegan  dapat  menambah  keindahan  taman.  Karena  bentuknya  yang  berupa  plat  datar  yang  diatasnya  terdapat  gnomon  yang  miring  sejajar  dengan  poros  Bumi,   Gnomon adalah suatu peralatan yang digunakan untuk mengetahui tinggi matahari. Alat  ini terbuat dari sepotong kayu yang tegak lurus pada bidang horizontal. Panjang kayu ini sudah  diketahui sehingga sudut tinggi matahari dapat diketahui. Lihat Muhyiddin Khazin , kamus Ilmu  Falak, Jogjakarta: Buana Pustaka, 2005, hlm. 27..
  Rene R. J. Rohr, Sundial” History Theory And Practice”, New York: Dover  publication, hlm. 46   sehingga mudah untuk ditempatkan.  Sundial  ini sering diletakkan di atas sebuah  meja yang biasanya terbuat dari batu yang diletakkan di tengah taman.
  Sundial  yang  berjenis  vertikal  sundial  jarang  ditemukan  hal  ini  dikarenakan pembuatan  sundial  jenis ini cukup rumit. Berbeda dengan  horizontal dan  equatorial Sundial  yang hanya bisa ditempatkan sejajar dengan  equator  dan  sejajar dengan  horizon,  vertikal  sundial  bisa di tempatkan menghadap ke semua  arah.  Yang  membedakan  hanyalah  dalam  segi  pembuatan  hour  line  atau  garis  waktu.
  Sebuah  sundial  akan bisa bekerja dengan benar ketika  gnomonnya sejajar  dengan poros Bumi, dengan kata lain  gnomon  tersebut harus menghadap ke arah  Utara atau Selatan sejati.  Gnomon sundial  yang sejajar dengan poros bumi akan  menghasilkan  sudut  bayangan  yang  tetap  sehingga  bayangan  tersebut  juga  akan  menunjukkan waktu yang tetap pada setiap harinya.
  Umat Islam melaksanakan kewajiban ibadah salat lima waktu berdasarkan  kedudukan Matahari, contohnya salat  dzuhur  yang dimulai ketika Matahari telah  tergelincir dari kedudukan puncaknya atau ketika panjang bayangan suatu benda  sama  dengan  tinggi  benda  tersebut.  Salat  ashar  yang  dimulai  ketika  bayangan  suatu benda memiliki panjang dua kali dari tinggi benda yang sebenarnya. Oleh  karena  itu,  sundial  sebagai  alat  pengukur  waktu  yang  berpatokan  kepada   Ibid. hlm.
  Ibid, hlm 53   Laurence E Jones, Sundial And Geometri, Glastonbury: North American Sundial  Society, 2005 hlm. 6   kedudukan Matahari sering digunakan oleh umat Islam untuk menentukan waktu  salat  .
 Seiring  dengan  berkembangnya  zaman  para  ilmuwan  telah  menemukan  alat  baru  untuk  mengukur  waktu  yang  saat  ini   dikenal  dengan  istilah  jam  mekanik,  akan  tetapi  penemuan  tersebut  tidak  serta  merta  menggantikan  posisi  sundial.  Dengan  ditemukannya  jam  mekanik  fungsi  sundial  justru  menjadi  bertambah,  pada  mulanya  sundial  hanya  bisa  digunakan  sebagai  alat  pengukur  waktu namun sekarang  sundial  pun bisa digunakan untuk menentukan arah mata  angin, dengan kata lain, dengan bantuan jam mekanik dan Matahari,  sundial  bisa  diubah menjadi kompas.
 Jika  sebuah  sundial  bisa  digunakan  untuk  menentukan  arah  mata  angin,  maka sundial  juga bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat yang merupakan  salah satu hal yang penting bagi umat Islam, akan tetapi dalam buku-buku yang  membahas  tentang  penentuan  arah  kiblat  penulis  belum  pernah  menemukan  metode  penentuan  arah  kiblat  dengan  menggunakan  sundial  sebagai  alat  bantunya,  padahal  dalam  pandangan  penulis  penggunaan  sundial  sebagai  alat  untuk  menentukan  arah  kiblat  jauh  lebih  efisien  dibandingkan  dengan  alat-alat  yang selama ini sering di gunakan .
  Sulaiman Rasjid, Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004, Cet XXXVII, hlm.61   Metode penentuan arah kiblat yang sering digunakan pada saat ini ada dua  macam  ,  pertama  metode  yang  menggunakan  arah  utara  geografis  dan  yang  ke  dua ialah metode dengan menggunakan bayangan-bayang kiblat atau sering juga  disebut  dengan  metode  rosdul  kiblat.  Adapun  langkah-langkah  penggunaan  ke  dua metode tersebut ialah sebagai berikut:  1.  Langkah-langkah yang menggunakan utara geografis a.  Menghitung arah kiblat suatu tempat b.  Menentukan  arah  utara  geografis  dengan  bantuan  kompas  atau  tongkat  istiwa atau teodolit.
 c.  Menarik  arah  kiblat  berdasarkan  arah  geografis  pada  poin  b  dengan  menggunakan rubu’ atau busur derajat atau segitiga atau teodholit.
 2.  Langkah-langkah yang menggunakan bayang-bayang kiblat a.  Menghitung arah kiblat suatu tempat.
 b.  Menghitung saat Matahari membentuk bayangan setiap benda tegak tepat  mengarah ke ka’bah.
 c.  Mengamati bayangan benda tepat pada saat yang di maksud pada poin b  d.  Mengabadikan bayang-bayang tersebut sebagai arah kiblat.
 Penentuan  arah  kiblat  dengan  menggunakan  bayang-bayang  kiblat  hanya  dapat dilakukan satu kali dalam sehari, hal ini dikarenakan pergerakan Matahari  yang  hanya  akan  melewati  garis  kiblat  satu  kali  dalam  sehari  yaitu  pada  waktu  yang  telah  di  hitung  tersebut.  Sama  dengan  penggunaan  bayang  bayang  kiblat,   Maskufa, Ilmu Falaq, Jakarta: GP Press, 2009, hlm. 135.
  Ibid.     penggunaan tongkat istiwa untuk menentukan arah utara geografis juga hanya bisa  dilakukan  satu  kali  dalam  sehari  sehingga  penentuan  arah  kiblatnya  pun  hanya  bisa  dilakukan  satu  kali  dalam  sehari.  kompas  dapat  menentukan  arah  utara  berkali-kali  dalam  sehari,  akan  tetapi  arah  yang  ditunjukkan  oleh  kompas  bukanlah  arah  utara  geografis  melainkan  arah  utara  magnetik,  sehingga  keakuratan  kompas  dalam  menunjukkan  arah  utara  masih  perlu  dikoreksi.  Alat lain yang dapat digunakan untuk menunjukkan arah utara secara lebih tepat dan  dapat  digunakan  berkali-kali  salah  satunya  ialah  teodholit,  akan  tetapi  dalam  penggunaan  teodolit  tidak  sesederhana  alat-alat  yang  sebelumnya,  selain  itu  ukuran teodolit yang cukup besar menyebabkan alat tersebut tidak mudah untuk  dibawa  kemana-mana.  Berdasarkan  alasan-alasan  di  atas,  penulis  berpendapat  bahwa penggunaan alat-alat di atas sebagai media untuk menentukan arah kiblat  walaupun sudah cukup efektif namun masih belum cukup efisien Berdasarkan keterangan-keterangan di atas, penulis bermaksud melakukan  studi  tentang  ”Metode  Penentuan  Arah  Kiblat  dengan  menggunakan  equatorial  sundial” guna meneliti cara menggunakan  sundial  sebagai alat untuk menentukan  arah  kiblat  serta  untuk  mengetahui  bagaimana  akurasi  metode  penentuan  arah  kiblat  dengan  menggunakan  metode  tersebut.  Dalam  penelitian  ini  penulis  menggunakan equatorial sundial  karena  sundial  jenis ini merupakan jenis dasar  yang paling mudah untuk di buat dan di gunakan.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi