Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS HISAB RUKYAT LAJNAH FALAKIYAH AL HUSINIYAH CAKUNG JAKARTA TIMUR DALAM PENETAPAN AWAL BULAN QOMARIYAH (Studi Kasus Penetapan Awal Syawal 1427 H / 2006 M)


 BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah Suatu  kenyataan  yang  masih  berlaku  hingga  saat  ini  ialah  perbedaan  cara yang ditempuh kaum muslimin dalam penetapan awal bulan  qomariyah.
Perbedaan  cara  itu  mengakibatkan  perbedaan  dalam  memulai  peribadatanperibadatan  tertentu,  yang  paling  menonjol  ialah  perbedaan  dalam  memulai  puasa  Ramadan, Idul  Fitri  dan Idul Adha. Tidak diragukan lagi perbedaan itu  berpengaruh  pula  dalam  menentukan  hari-hari  besar  lainnya  seperti;  tahun  baru Hijriah, Maulid Nabi saw, Isra Mi„râj dan Nuzulul Quran.
 Pada  dasarnya  sejarah  pemikiran  Islam  sejak  awal  pertumbuhannya  adalah sejarah aliran, mazhab atau  golongan. Sejarah hisab rukyat juga tidak  bisa  dilepaskan  dari  persoalan  aliran  pemikiran  tersebut.
 Dalam  perkembangannya  aliran-aliran  pemikiran  ini  kemudian  melembaga  dan membentuk  kelompok  tersendiri.  Dengan  basis  massa  yang  kuat  muncul  ormas-ormas  keagamaan  yang  memegang  peran  penting  dalam  penetapan waktu  ibadah  baik  yang  berkaitan  dengan  waktu  salat,  arah  kiblat  atau  penetapan  awal  bulan  qomariyah.  Di  antara  ormas  yang  terkenal  adalah  NU  dan  Muhammadiyah.  Dalam  konteks  Indonesia,  Muhammadiyah  dan  NU  seringkali  dihadapkan  secara  berseberangan.  Muhammadiyah  disimbolkan  dengan  ormas  modern  sedangkan  NU  identik  dengan  ormas  tradisional.
 Badan  Hisab  dan  Rukyat  DEPAG  RI,  Almanak  Hisab  Rukyat,  Jakarta:  Proyek  Pembinaan Badan Peradilan Agama, 1983, h. 34.

 Ahmad  Izzuddin,  Fiqih  Hisab  Rukyat  Menyatukan  NU  &  Muhammadiyah  Dalam  Penetapan Awal Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha, Jakarta: Erlangga, 2007, h. 1.    Mulanya tipologi ini cukup beralasan karena masing-masing ormas memiliki  kultur yang berbeda. Muhammadiyah berbasis masyarakat kota dan pedagang  sementara  itu  NU  berbasis  masyarakat  desa  dan  petani,  namun  tipologi  ini  perlu ditelaah ulang.
 Seiring  berjalannya  waktu  beragam  ormas  yang  memiliki  pendukung  fanatik  meski  dengan  basis  massa  yang  sedikit mulai  bermunculan.  Masingmasing  ormas  mengembangkan  metode  hisab  rukyat  seperti  NU  dengan  rukyatnya,  Muhammadiyah  dengan  hisabnya,  Hizbut  Tahrir  dengan  mathla globalnya dan lain-lain.
Jakarta  sebuah  kota  metropolitan  yang  menjadi  ibukota  Indonesia  menyimpan  sejumlah  organisasi  massa  yang  juga  memiliki  peran  penting  dalam  penetapan  awal bulan  qomariyah. Batavia atau betawi menurut dialek  setempat  secara  garis  besar  memiiki  dua  wilayah  rukyat.  Pertama  wilayah  barat.  Bertempat  di  menara  masjid  Al  Manshur  dan  masjid  Al  Musyari„in,  Basmol,  Jakarta  Barat.  Di  Masjid  Al  Manshur  pelaksanaan  rukyatulhilal  dipimpin  langsung  oleh  Guru  Manshur  (sebutan  hormat  KH.  Muhammad  Manshûr  bin  „Abdul  Hamîd  bin  Muhammad  ad-Dumairî  al-Batâwî  penulis  kitab  Sullam  an-Nayyirain),  sedangkan  di  menara  masjid  Al  Musyari„in rukyatulhilal dipimpin langsung  oleh  Habib Utsman bin Yahya, mufti Betawi  saat  itu.  Adapun  di  wilayah  timur  pelaksanaan  rukyatulhilal  bertempat  di  Gedung lantai tiga Lajnah Falakiyah Al Husiniyah, Cakung  Barat dan menara  masjid  Al  Makmur,  Klender,  Jakarta  Timur.  Hasil  rukyat  empat  tempat   Susiknan  Azhari,  Hisab  dan  Rukyat  Wacana  untuk  Membangun  Kebersamaan  di  Tengah Perbedaan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. ke-1, 2007, h. 69.    tersebut  kerap  dijadikan  acuan  masyarakat  dan  pemerintah  dalam  penetapan awal bulan qomariyah.
 Salah  satu  tempat  rujukan  utama  dalam  penetapan  awal  bulan  qomariyah  adalah  Cakung. Pelaksanaan rukyat di  Cakung  dimulai sejak tahun  1936 yang dipimpin oleh  Alm.  KH.  Muhammad Muhajirin Amsar dan sejak  tahun 1947 diteruskan oleh murid-murid beliau yaitu Alm. KH. Abdul Hamid,  Alm.  KH.  Abdul  Halim  N.H.,  Alm.  KH.  Abdullah  azhari,  Alm.  KH.  Abdus  Salam  N.H.  dan  lainnya.  Mereka  menggantikan  Alm.  KH.  Muhammad  Muhajirin  Amsar yang pergi menuntut ilmu  di Darul  „Ulum, Mekah  di  bawah  bimbingan ulama terkenal keturunan Indonesia kelahiran Mekah Syaikh Yâsin  bin Muhammad „Isa al-Fadâni.
 Kelompok  ini  masih  menggunakan  hisab  klasik  Sullam  an-Nayyirain dalam  perhitungan  mereka  sekaligus  mengkomparasikannya  dengan  hisabhisab lainnya seperti  Irsyâd  al-Murîd,  New Comb,  Fath  ar-Rauf  al-Mannân dan lain-lain.
Yang membuat topik ini menarik untuk dikaji adalah kepakaran ulama  Cakung  dalam  bidang  falak  terutama  dalam  bidang  rukyat.  Pengalaman  selama bertahun-tahun merukyat membuat kelompok ini tak kesulitan dalam  melakukan  rukyat.  Alm.  KH.  Abdul  Hamid  dan  Alm.  KH.  Abdullah  Azhari  adalah dua diantaranya.  Dari lacakan penulis dalam salinan keputusan menteri  agama  tercatat  2  kali  mereka  dimintai  pendapat  dan  laporan  rukyatulhilal  yakni 1962 M atau 1381 H yang dituangkan dalam keputusan menteri agama   Lihat  di  http://www.islamic-center.or.id,  dalam  sebuah  artikel  yang  ditulis  oleh  Rakhmad Zailani Kiki salah satu staf seksi pengkajian Jakarta Islamic Center (JIC) berjudul Hilal  di Langit Betawi. Diakses pada hari minggu tanggal 24 april 2010.
 Ma„ruf Amin, “Rukyat Untuk Penentuan Awal dan Akhir Ramadan Menurut Pandangan  Syariah”,  dalam  M.  Solihat  dan  Subhan  (eds.),  Rukyat  dengan  Teknologi  Upaya  Mencari  Kesamaan  Pandangan  Tentang  Penetapan  Awal  Ramadan  dan  Syawal,  Jakarta:  Gema  Insani  Press, Cet. ke-2, 1995, h. 76.
 RI no. 6 tahun 1962 tentang  permulaan tanggal  bulan  Ramadan  dan  Syawal 1381  H  dan  tahun  1983  M  atau  1403  H  yang  dituangkan  dalam  keputusan  menteri  agama  RI  no.  41  tahun  1983  tentang  penetapan  tanggal  1  Ramadan 1403 H.
 Ada pula  beberapa  kejadian  menarik yang juga menjadi alasan kenapa  Cakung  menarik  untuk dikaji,  diantaranya  kasus  penetapan  awal  bulan  yang  sempat menggegerkan masyarakat, salah satunya adalah kasus penetapan awal  Syawal 1427 H / 2006 M. Berdasarkan laporan saat itu Cakung dan Bangkalan berhasil  melihat  hilal  padahal  dalam  sidang  Itsbat  mayoritas  hisab  menunjukan bahwa hilal berada pada ketinggian  -  0º 30 0” sampai 1º 0 0”  dan  sangat  sulit  untuk  dilihat.  Termasuk  kelompok  hisab  itu  antara  lain:  Almanak  PBNU,  Nûr  al-Anwâr  karya  KH.  Noor  Ahmad  SS  (penasihat  PP  LFNU) dan  Mawaqit garapan Dr. Ing. Khafid (anggota BHR  /  biro litbang PP  LFNU).  Laporan  sidang  itsbât  (penetapan)  menyatakan  bahwa  penyelenggaraan rukyat di seluruh Indonesia tidak berhasil.
 Mereka  juga  memiliki  alat  yang  unik  dalam  rukyat  yakni  bilah  kayu  yang  dipatok  tegak  lurus  seperti  huruf  T  menghadap  ke  barat  sebagai  acuan  untuk  merukyat  hilal.  

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi