Kamis, 28 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS HISAB ARAH KIBLAT DALAM KITAB SYAWAARIQUL ANWAAR


BAB I
A.  Latar Belakang  Di  antara  tanda-tanda  kekuasaan  Allah  SWT  adalah  Dia  menjalankan  matahari  pada  lintasan  yang  teratur  (orbit)  yang  biasanya  berbentuk  ellips.
 Keteraturan  lintasan  dan  pergerakan  matahari  dapat  dipelajari  oleh  manusia  sehingga  dapat  dimanfaatkan  untuk  keperluan  hidup  manusia  sehari-hari.
Demikian  pula,  keteraturan  ini  menjadi  suatu  patokan  yang  jelas  dalam  menentukan  waktu  ibadah  setiap  hari  dengan  melihat  bayang-bayang  matahari  yang biasa disebut dengan Rasdul Kiblat.
 Di  dalam  agama  Islam,  shalat  menempati  bagian  yang  sangat  penting  dalam kehidupan seorang muslim, sebagai perjalanan spiritual menuju Allah SWT  yang  dilakukan  pada  waktu-waktu  tertentu  dalam  setiap  harinya.  Perjalanan  spiritual seperti itu  bertujuan  untuk  melepaskan diri mereka dari berbagai beban  kehidupan yang memberatkan  hatinya, dan sekaligus  sebagai pembuka cakrawala  harapan yang cerah bagi kelanjutan hidupnya.
Seorang muslin yang sudah baligh dan berakal (tidak gila) dan bagi wanita  yang  tidak terhalang oleh haid atau nifas  berkewajiban untuk  mengerjakan  shalat   Bentuk  lingkaran  yang  tidak  bundar,  melainkan  bulat  seperti  telur.  Lihat  Muhyiddin  Khazin, Kamus Ilmu Falak, cet. I (Yogyakarta: Buana Pustaka, 2005) hlm.

 Ketentuan  waktu  dimana  bayangan  benda  yang  terkena  sinar   matahari  menunjuk  ke  arah kiblat. Lihat Susiknan Azhari, Ensiklopedi Hisab Rukyah, cet II (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,  2008) hlm. 179   fardhu  lima  kali  dalam  sehari  semalam,  yaitu  shalat  Shubuh,  Dzuhur,  Ashar,  Maghrib dan Isya.
Dalam  wacana  fiqh,  shalatnya  seorang  muslim  dikatakan  sah  apabila  memenuhi  syarat  dan  rukunnya.  Ijma  ulama  sepakat  bahwa  menghadap  kiblat merupakan salah satu  syarat sahnya shalat yang tidak dapat ditawar-tawar kecuali  dalam  beberapa  hal.  Pertama,  bagi  mereka  yang  dalam  keadaan  ketakutan,  keadaan terpaksa,  dan dalam  keadaan sakit berat diperbolehkan tidak menghadap  kiblat pada waktu melaksanakan shalat. Kedua,  mereka yang shalat sunnah di atas  kendaraan.
 Sebagaimana  firman  Allah  yang  tertuang  dalam  al-quran  QS.  alBaqarah ayat 115 dan 239.
Dan  kepunyaan  Allah-lah  timur  dan  barat,  maka  ke  mana  pun  kamu  menghadap  di  situlah  wajah  Allah.  Sesungguhnya  Allah  Maha  Luas  (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui. (2:115) Jika kamu dalam keadaan  takut  (bahaya),  maka  salatlah  sambil  berjalan  atau  berkendaraan.
Kemudian  apabila  kamu  telah  aman,  maka  sebutlah  Allah  (salatlah),  sebagaimana  Allah  telah  mengajarkan  kepada  kamu  apa  yang  belum  kamu ketahui. (2:239).
Masalah  kiblat  tiada  lain  adalah  masalah  arah,  yakni  arah  Kabah  di  Makkah.  Arah  Kabah  ini  dapat  ditentukan  dari  setiap  titik  atau  tempat  di  permukaan bumi dengan melakukan perhitungan dan pengukuran.  Oleh sebab itu,   Muhammad  Bagir  al-Habsyi,  Fiqh  Praktis  I  Menurut  al-Quran,  as-Sunnah,  dan  Pendapat Para Ulama, cet. I (Bandung: Mizan Pustaka, 1999) hlm.
 Depag RI, Al-Quran dan Terjemahanny al-Jumanatul „Ali Seuntai Mutiara yang Maha  Luhur, (Bandung: CV Penerbit J-ART, 2005) hlm. 18-39   perhitungan arah kiblat pada dasarnnya adalah perhitungan untuk mengetahui  dan  guna menetapkan ke arah mana  Kabah di Makkah itu dilihat dari suatu tempat di  permukaan bumi ini, sehingga semua  gerakan orang  yang sedang melaksanakan  shalat, baik ketika  berdiri, ruku, maupun sujud  selalu berimpit dengan arah yang  menuju ke Kabah.
 Dalam  sejarah  dikatakan  bahwa  Sebelum  Rasulullah  SAW.  hijrah  ke  Madinah, belum ada ketentuan dari Allah SWT. tentang kewajiban menghadap ke  arah  kiblat  bagi  orang  yang  melakukan  shalat.  Rasulullah  sendiri  menurut  ijtihadnya,  dalam  melakukan  shalat  selalu  menghadap  ke  Baitul  Maqdis  atau  Masjidil Aqsha sebagaimana dilakukan oleh nabi-nabi sebelumnya.
 Namun  demikian  dalam  sebuah  riwayat  lain  dijelaskan  bahwa  meskipun  Rasulullah SAW. dalam menjalankan shalat selalu menghadap ke Baitul Maqdis,  beliau pun selalu menghadap ke  Baitullah  atau  Masjidil Haram  ketika berada di  Makkah  dengan  jalan  menghimpun  kedua  kiblat  tersebut  ketika  mengerjakan shalat,  dan  dalam  hatinya  selalu  memiliki  kecenderungan  untuk  menghadap  ke  Kabah.
 Dengan demikian,  dapat dikatakan bahwa  ketika Rasulullah  SAW berada  di Makkah, beliau pada waktu  melaksanakan shalat selalu mengambil tempat di   Muhyiddin  Khazin,  Ilmu  Falak  Dalam  Teori  dan  Praktek,  cet.  I  (Yogyakarta:  Buana  Pustaka, 2004) hlm.
 Lihat Abdur  rachim,  Penentuan Awal Waktu Shalat dan Arah Kiblat menurut Syariat  Islam, dalam materi Workshop Nasional “Mengkaji Ulang Metode Penentuan Awal Waktu Shalat  dan  Arah  Kiblat  Dalam  Perspektif  Ilmu  Syariah  dan  Astronomi”,  Universitas  Islam  Indonesia,  Sabtu. Tanggal 07 April 2001, hlm. 1.
 Muhammad  Rasyid  Ridlo,  Tafsirul  Quranil  Karim  (asy-Syahir  bi  Tafsiril  Manaar),  Juz. II, Beirut : Darul Marifat, t.t., hlm. 2.
 sebelah  selatan  Kabah,  sehingga  beliau  dapat  menghadap  ke  Kabah  sekaligus  menghadap ke Masjidil Aqsha.
Setelah  kurang  lebih  16  atau  17  bulan  Rasulullah  SAW.  selalu  shalat  menghadap  Baitul  Maqdis,  kemudian  turunlah  wahyu  Allah  SWT  yang  memerintahkan Rasulullah SAW dan umatnya untuk shalat menghadap ke kabah,  sebagaimana yang tertuang dalam QS. Al-Baqarah ayat 144.
Sungguh  Kami  (sering)  melihat  mukamu  menengadah  ke  langit,  maka  sungguh  Kami  akan  memalingkan  kamu  ke  kiblat  yang  kamu  sukai.
Palingkanlah mukamu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.  Dan  sesungguhnya  orangorang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  diberi  Al  Kitab  (Taurat  dan  Injil)  memang  mengetahui,  bahwa  berpaling  ke  Masjidilharam  itu  adalah  benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang  mereka kerjakan (2:144) Arah  kiblat  yang  berkaitan  dengan  masalah  arah  tidak  lain  adalah  arah  terdekat  menuju  Kabah.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi