Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ANALISIS METODE HISAB ARAH KIBLAT KH. AHMAD GHOZALI DALAM KITAB IRSYÂD AL-MURÎD


 BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah Tidaklah  ada  perbedaan  paham  antara  kaum  muslim,  bahwa  menghadap  kiblat  itu  wajib  untuk  sahnya  shalat  ,  maka  shalat  itu  harus  terarah  dan  waktunya  tertentu.  Seluruh  kaum  muslim  shalat  menghadap  Mekah, kota kuno yang menjadi tempat bangunan suci umat  Islam, yakni  Ka'bah.  Hampir  di  seluruh  masjid  di  dunia  terdapat  mihrab,  atau  ruang  shalat, yang menjadi petunjuk arah bagi semua jamaah untuk menghadap  ke Ka'bah atau Kiblat. Orientasi ini terlihat dalam pembangunan struktur  masjid  .
Banyak  orang  berselisih  paham  tentang  arah  kiblat  masjid-masjid  di  Indonesia.  Ada  yang  mengatakan  bahwa  sebagian  besar  masjid  di  Indonesia  telah  melenceng  kiblatnya  dari  Ka'bah,  karena  itu,  melaksanakan shalat di masjid tersebut tidak sah. Banyak kalangan  yang  resah terutama pejabat  Kementrian Agama, tokoh masyarakat, para takmir  masjid  dan  mushola  ,  bahkan  ada  yang  mengusulkan  untuk   Sulaiman Rasyid,  Fiqh Islam  (Hukum Fiqh Lengkap),  cet ke-37, Bandung: Sinar Baru  Algensindo, 2004, hal. 71   Howard R. Turner, Sains in Mediaeval Islam, An Illustrated Introduction  (University of  Texas  Press, Austin, 1997) , diterjemahkan oleh Zulfahmi Andri dengan judul  Sains Islam yang  Mengagumkan: Sebuah catatan terhadap abad pertengahan, , Bandung: Nuansa, hal.

 Ahmad Izzuddin,  "Makalah  Menyoal  Fatwa MUI Tentang  Arah Kiblat",  disampaikan  pada Seminar Nasional  Menggugat Fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2010, pada tanggal 27 Mei M  yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Falak Fakultas Syari'ah IAIN Walisongo Semarang. Hal. 1    menghancurkan masjid-masjid tersebut dan selanjutnya dibangun kembali  dengan kondisi baru menghadap ke bangunan Ka'bah secara tepat  .
Untuk  mendapatkan  keyakinan  dan  kemantapan  amal  ibadah,  terutama dalam ibadah shalat,  dengan  ainul yaqin  atau paling tidak  yang  mendekatinya atau bahkan sampai pada  haqqul yaqin, perlu  adanya  usaha agar arah kiblat  yang kita pergunakan mendekati persis ke  Baitullah. Jika  arah  tersebut  telah  kita  temukan  berdasarkan  hasil  ilmu  pengetahuan  misalnya,  maka  wajib  menggunakan  arah  tersebut  selama  belum  memperoleh  hasil  yang  lebih  teliti  lagi  .  Hal  ini  relevan  dengan  firman Allah surat az-Zumar ayat  17-18 "dan  orang-orang  yang  menjauhi  Thaghut  (yaitu)  tidak  menyembah-  nya  dan  kembali  kepada  Allah,  bagi  mereka  berita  gembira; sebab itu sampaikanlah berita itu kepada hamba-  hambaKu(17),  yang  mendengarkan  Perkataan  lalu  mengikuti  apa  yang  paling  baik  di  antaranya  .  mereka  Itulah  orang-orang  yang  telah  diberi  Allah  petunjuk  dan  mereka  Itulah  orang-orang  yang  mempunyai akal(18)  .
 Ali Mustafa Yaqub, Kiblat Antara Bangunan dan Arah Ka'bah, Jakarta: Pustaka Darus  Sunnah, 2010, hal.
 Ahmad Izzuddin,  Menentukan Arah Kiblat Praktis, Semarang: walisongo Press, 2010,  hal. 80   Thaghut ialah syaitan dan apa saja yang disembah selain Allah s.w.t.
 Maksudnya ialah mereka yang mendengarkan ajaran-ajaran Al Quran dan ajaran-ajaran  yang lain, tetapi yang diikutinya ialah ajaran-ajaran Al Quran karena ia adalah yang paling baik.
 Yayasan Penyelengggara Penerjemah/Penafsir Al-Qur'an Departemen Agama Republik  Indonesia,  Al-Qur'an  dan  Terjemahnya,  Bandung:  PT  Sygma  Examedia  Arkanleema,  2009,  hal.460   Persoalan  arah  kiblat  erat  kaitannya  dengan  letak  geografis  suatu  tempat,  yakni  berapa  jarak  suatu  tempat  dari  khatulistiwa  yang  lebih  dikenal  dengan  istilah  lintang  dan  berapa  derajat  letak  suatu  tempat  dari  garis bujur kota Mekah  .
Oleh karena itu, dalam penentuan hisab arah kiblat, salah satu teori  yang  bisa  digunakan  adalah  dengan  menggunakan  ilmu  ukur  segitiga  (Spherical  Trigonometri)  .  Demi  ketelitian  hasil  perhitungan  yang  dilakukan,  maka  sebaiknya  perhitungan  yang  dilakukan  dibantu  dengan  mesin hitung atau kalkulator  .
Adapun rumus dalam mencari Azimuth Kiblat tersebut adalah  : Tan Q = tan LM x cos LT x cosec C - sin LT x cotan C Ket :   Q = Azimuth Kiblat LM = Lintang Mekah  o 25'21,17" LT = Lintang Tempat  `  C = Selisih antara bujur Mekah dan bujur tempat Disamping  itu,  suatu  saat  posisi  Matahari  berada  di  atas  Ka'bah,  dan  itu  terjadi  pada  deklinasi  Matahari  sebesar  lintang  tempat  Ka'bah  ( o 25'25"LU)  serta  ketika  Matahari  berada  pada  titik  kulminasi  atas  dilihat  dari  Ka'bah  ( o 40'39"BT).  Hal  demikian  terjadi  pada  setiap  tanggal 28 mei  (jam11:57:16 LMT atau 09:17:56 GMT) dan pada tanggal  16 juli jam 16:26:43 WIB, semua bayangan benda  yang berdiri tegak lurus   A.  Jamil,  Ilmu  Falak  (Teori  dan  Aplikasi  Arah  Kiblat,  Awal  Waktu  Sholat  dan  Awal  Tahun Hisab Kontemporer), Jakarta: Amzah, 2009. hal.
 Ahmad Izzuddin,  op. cit, hal. 23   Muhyiddin Khazin, Ilmu Falak Dalam Teori dan Praktek,  Yogyakarta: Buana Pustaka.
hal. 52   Ahmad  Izzuddin,   Ilmu  Falak  Praktis  (Metode  Hisab-Rukyah  Praktis  dan  Solusi  Permasalahannya), Semarang: Komala Grafika, 2006, Hal.37     di  permukaan  bumi  menunjukkan  arah  kiblat,karena  ia  berimpit  dengan  jalur menuju  Ka'bah, sehingga pada waktu itu baik sekali untuk  mengecek  atau  menentukan  arah  kiblat.  Sedangkan  Matahari  yang  berada  di  jalur  Ka'bah setiap hari bisa diperhitungkan kapan akan terjadinya  .
Rumus dalam mencari rashdul kiblat yaitu  : Rumus I : Cot A = sin LT x cot Q Rumus II : cos B = tan Deklinasi x cot LT X cos A = + A Ket : B = jam rashdul Kiblat Irsyâd  al-Murîd  Ilâ  Ma'rifati  'Ilmi  al-Falak  'Alâ  AL-Rashdi  alJadîd  (Panduan  Bagi  Murid  Tentang  Ilmu  Falak  Dalam  Tinjauan  Baru),  kitab  karangan  KH.  Ahmad  Ghozali  ini  merupakan  kitab  yang  dikategorikan  ke  dalam  hisab  kontemporer.  Sebuah  sistem  atau  metode  hisab  dapat  dikategorikan  kedalam  hisab  kontemporer  jika  memenuhi  beberapa indikasi sebagai berikut  : (1)  Perhitungan  dilakukan  dengan  sangat  cermat  dan  banyak  proses  yang harus dilalui.
(2)  Rumus-rumus  yang  digunakan  lebih  banyak  menggunakan  rumus  segitiga bola.
(3)  menggunakan media komputerisasi dan peralatan canggih.
(4)  Sistem koreksi lebih teliti dan kompleks.
 Ibid. hal. 72   Ibid,  hal.
 http://paramujaddida.wordpress.com/2010/04/17/ensiklopedia-ilmu-falak-rumus-rumushisab-falak/  diakses pada tanggal 25 Juni 2012 pukul 7:43 WIB   Dalam perkembangan ilmu falak di  Indonesia,  sistem hisab dapat  digolongkan menjadi beberapa generasi:  1.  Hisab  Hakiki  Takribi.  Termasuk  dalam  generasi  ini  kitab  Sullam  alNayyirain  karya Mansur bin Abdul Hamid bin Muhammad Damiri elBetawi dan Kitab Fathu al-Rauf al-Mannan karya Abu Hamdan Abdul  Jalil.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi