Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:STUDI ARAH KIBLAT MASJID-MASJID KUNO (Analisis terhadap Akurasi Arah Kiblat Masjid Tiban At-Taqwa Ketapang dan Masjid Karomah Hasan Munadi di Kabupaten Semarang)


 BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah Ulama telah sepakat bahwa meghadap kiblat merupakan salah satu syarat  sahnya shalat, seperti dalam dalil-dail syara kesalahan dalam menghadap kiblat  tentu  saja  akan  berimbas  pada  sah  atau  tidaknya  shalat.
 Hal  tersebut mengindikasikan  bahwa  jika  seseorang  salah  menghadap  arah  kiblat  akan  mengakibatkan  tidak  sahnya  shalat,  sebagai  mana  kaidah  ushul  fiqih  yang  berbunyi :“Suatu  kewajiban  yang  tidak  sah  kecuali  dengan  adanya  suatu  syarat tertentu, maka syarat itu menjadi wajib pula”.
 Bagi umat Islam yang berada di sekitar Makkah tentu saja masalah kiblat  tidak  menjadi  persoalan.  Persoalan  akan  berbeda  dengan  umat  Islam  yang  berada  selain  atau  yang  jauh  dari  Makkah,  ini  akan  memunculkan  masalah  tersendiri  karena  jauhnya  jarak  dari  Makkah  mereka  akan  sulit  membangun  keyakinan  apakah  mereka  sudah  benar-benar  menghadap  ke  kiblat  ataukah  belum,  karena perbedaan satu derajat untuk daerah-  daerah di Indonesia sendiri   Ahmad Izzudin, Menentukan Arah Kiblat Praktis,  Semarang: Walisongo Press, 2010, hlm.

4    Jalaludin Abdurrahman bin Abu Bakr As Suyuthi, Al-Asybah wa An-Nadhair. Jakarta : Dar  Ihya al-Kutub al-Arabiyyah. hlm. 101.    sudah memberikan kemelencengan kurang lebih 111,111 1/9 km.
 Apalagi jika  kemelencenganya hingga puluhan derajat, maka kiblatnya akan berada jauh di  luar Masjidil Haram, tidak hanya luar jauh Baitullah (Kabah).
 Kabah  merupakan  tempat  ibadah  yang  pertama  kali  dibangun  dimuka  bumi.
 Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam surat Ali Imran ayat 96 :“Sesungguhnya  rumah  yang  mula-mula  dibangun  untuk  (tempat  beribadat)  manusia,  ialah  Baitullah  yang  di  Bakkah  (Makkah)  yang  diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia”.
 Kabah  tempat  peribadatan  paling  terkenal  dalam  Islam,  sering  disebut  Baitullah. Bangunan Kabah merupakan bangunan yang dibuat dari batu-batu  Makkah  yang   kemudian  dibangun  menjadi  bangunan  yang  berbentuk  kubus  atau mukaab dengan tinggi kurang lebih 16 meter, panjang 13 meter, dan lebar  11 meter.
 Ketika Rasulullah masih di Makkah sebelum pindah ke Madinah, ketika  salat beliau menghadap ke Baitul Maqdis, Nabi menghadap ke Baitul Maqdis  adalah menurut ijtihad beliau sendiri sebelum ada ketentuan dari Allah. Hal ini   Muhammad Mashum bin Ali, Durusul Falakiyyah, Jombang: Maktabah Saad bin Nashir  Nabhan wa Awladuhu, 1992, hlm. 62.
 Ahmad Izzudin, op. cit. hlm.
 Slamet  Hambali,  lmu  Falak  1:Penentuan  Awal  Waktu  Salat  dan  Arah  Kiblat  Seluruh  Dunia.Semarang : prog. Pasca sarjana IAIN Walisongo Semarang, 2011. hlm.
 Departemen Agama Replubik Indonesia,    Al-Quran da Terjemahnya, Bandung  :  Jumanatul  Ali Art, 2005. hlm.
 Ahmad  Izzudin,  Ilmu  Falak  Praktis(  Meode  Hisab-Rukyah  dan  Solusi  Permasalahanya).
Semarang: Kamala Grafika, 2006, hlm. 24    dilakukan  karena  pada   saat   itu  kedudukan  Baitul  Maqdis  masih  istimewa  sedangkan Kabah masih dipenuhi oleh berhala- berhala.
Setelah  pindah  ke  Madinah  beliau  langsung  menghadap  ke   Baitul  Maqdis,  itu  terjadi  selama  16  atau  17  bulan,  namun  beliau  rindu  berkiblat  ke  Masjid al-  Haram di Makkah. Kerinduan beliau ini sudah dapat dimaklumi dari  wahyu-wahyu yang turun terlebih dahulu yang mengatakan bahwa rumah  yang  di Makkah itu diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim as. untuk membuat dan  mendirikanya.
 Pada hakikatnya kiblat adalah suatu arah yang menyatukan arah segenap  umat  Islam  dalam  melaksanakan  shalat,  tetapi  titik  arah  itu  sendiri  bukanlah  obyek yang disembah oleh seorang muslim dalam melaksanakan shalat. Objek  dalam  melaksanakan  shalat  itu  tidak  lain  hanyalah  Allah  swt.
 Firman  Allah  swt. “Sungguh  Kami  (sering)  melihat  mukamu  menengadah  ke  langit,  maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu  sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana  saja  kamu  berada,  palingkanlah  mukamu  ke  arahnya.  Dan  sesungguhnya  orang-orang  (Yahudi  dan  Nasrani)  yang  di  beri  al- Slamet Hambali, op. cit. hlm.
 Ibid. hlm.170-173   Kitab  (Taurat  dan  Injil)  memang  mengetahui,  bahwa  berpaling  ke  Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali  tidak  lengah  dari  apa  yang  mereka  kerjakan”  (QS.  Al-Baqarah  :  144).
 Firman Allah dalm Surat al-Baqarah ayat 150.
 “Dan dari mana saja kamu (keluar), Maka palingkanlah wajahmu ke  arah Masjidil Haram. dan dimana saja kamu (sekalian) berada, Maka  palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia  atas  kamu,  kecuali  orang-orang  yang  zalim  diantara  mereka.  Maka  janganlah  kamu  takut  kepada  mereka  dan  takutlah  kepada-Ku  (saja).
dan  agar  Ku-sempurnakan  nikmat-Ku  atasmu,  dan  supaya  kamu  mendapat petunjuk” (Al-Baqarah : 150).
 Pada  dasarnya  agama  Islam  bukanlah  agama  yang  memberatkan.  Oleh  sebab  itu  pada  ayat-ayat  perintah  kiblat  itu  disebut  syathr  yang  diartikan  pihak.
 Adapun ketentuan arah Kiblat yang dijelaskan oleh Rasulullah adalah  Baitullah ( Kabah)  bagi orang yang shalat di Masjid al-Haram dan ke Masjid  al-Haram  bagi  orang  yang  shalatnya  di  tanah  haram  Makkah  dan  kiblat  ke  tanah haram Makkah  bagi orang yang shalatnya di luar  tanah haram Makkah baik dari masyrik ataupun magrib.
 Ini berdasarkan hadist berikut:  Departemen  Agama  Republik  Indonesia,  Al-Quran  dan  Terjemahnya,  Semarang  :  Kumudasmoro Grafindo, 1994, hlm. 37.
 Ibid., hlm. 23.
 Slamet Hambali, op. cit. hlm.170-  Ibid., hlm. 170.
 “Dari Abu Hurairah r.a berkata : Rasulullah Saw. Bersabda : Baitullah  adalah  kiblatnya  orang  yang  berada  di  Masjidil  Haram,  sedang  Masjidil  Haram  adalah  kiblat  bagi  penduduk  Makkah,  dan  Makkah  adalah  kiblat  bagi  penduduk  dunia  dari  ummatku  di  barat  dan  di  timur.”( HR Baihaqi)  Umat Islam telah bersepakat bahwa sebelum melaksanakan shalat kita  harus yakin bahwa kita menghadap kiblat yang merupakan syarat sahnya shalat.


Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi