Rabu, 27 Agustus 2014

Skripsi Syariah:TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN WAKAF SENDANG MILIK MASJID AL-AQSHO DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG


BAB I  PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Wakaf  adalah  perbuatan  hukum  seseorang  atau  kelompok  orang  atau badan  hukum  yang  memisahkan  sebagian  dari  benda  miliknya  dan melembagakannya  untuk  selama-lamanya  guna  kepentingan  ibadat  atau  keperluan umum  lainnya  sesuai  dengan  ajaran  Islam.
 Wakaf  pada  mulanya  hanyalah keinginan  seseorang  yang  ingin  berbuat  baik  dengan  kekayaan  yang  dimilikinya dan  dikelola  secara  individu  tanpa  ada  aturan  yang  pasti.  Namun  Setelah masyarakat  Islam  merasakan    manfaatnnya  lembaga  wakaf,  maka  timbullah keinginan  untuk  mengatur  wakaf  untuk  perwakafan  dengan  baik.  Kemudian dibentuk  lembaga  yang  mengatur  wakaf  untuk  mengelola,  memelihara,  dan menggukan  harta  wakaf,  baik  secara  umum  seperti  masjid  atau  secara  individu atau  keluarga.
 Dan  wakaf  merupakan  salah  satu  lembaga  ekonomi  Islam  yang memainkan  peran  penting  dalam  pembangunan  masyarakat  selain  zakat,  infaq  dan shodaqoh.  Wakaf  sangat  berpengaruh  dalam  membangun  sebuah  kebersamaan, memelihara, indentitas serta pempersatu umat.
Wakaf  yang  disyariatkan  oleh  Allah  SWT.  melalui  Rasulullah  SAW.

ditujukan  kepada  umat  Islam.  Umarlah  yang  pertama  kali  mewakafkan  tanah  di Khaibar,  yang  kemudian  tercatat  sebagai  tindakan  wakaf  pertama  dalam  sejarah  Kompilasi Hukum Islam, Pasal   Derektorat  Pemberdayaan  Wakaf  Derektorat  Jenderal  Bimbingan  Masyarakat  Islam Depatemen Agama RI, Fiqih Islam,  Jakarta , 2006, cet 4, hlm 6   Islam.  Pada  dasarnya  wakaf  merupakan  tindakan  sukarela  (tabarru’)  untuk mendermakan  sebagai  kekayaan,  maka  derma  wakaf  ini  bernilai  jariah  (kontinyu), artinya  pahala  akan  senantiasa  diterima    secara  berkesinambungan  selama  harta wakaf tersebut di manfaatkan untuk kepentingan umum.
 Para  ulama  telah  mengemukakan  berbagai  gagasan  inovatif  tentang wakaf,  agar  sesuai  dengan  perkembangan  zaman.  Dalam  sejarah  Islam,  ajaran wakaf  yang  diajarkan  oleh  Nabi  didasarkan  pada  salah  satu  riwayat  yang memperintahkan  Umar  bin  Khattab  agar  tanah  di  Khaibar  yang  dimilikinya  untuk disedekahkan.  Perintah  Nabi  itu  menekankan  bahwa  subtansi  (keberadaan)  kebun  tersebut  tidak  boleh  dijual  belikan,  dihibahkan,  ataupun  untuk  diwariskan,  dan dapat dimanfaatkan serta disedekahkan untuk kepentingan umat.
Wakaf  yang  dilakukan  oleh  Umar  bin  Khattab  tersebut  diikuti  oleh  Abu Thalhah  yang  mewakafkan  kebun.  Kemudian  disusul  oleh  sahabat  Nabi  SAW lainnya,  seperti    Abu  Bakar  yang  mewakafkan  sebidang  tanahnya  di Mekkah  yang diperuntukan  kepada  anak  keturunannya  yang  datang  ke  Mekkah.  Utsman menyedekahkan  hartanya  di  Khaibar  dan  mewakafkan  sumur  Raumah  di  Madinah untuk  keperluan  umat  muslim.  Ali  bin  Thalib  mewakafkan  tanahnya  yang  subur.
Mu’adz  bin  Jabal  mewakafkan  rumahnya  yang  populer  engan  sebutan  Dar  al  Ahmad  Rofiq,  Hukum  Islam  di  Indonesia,  Jakarta  :  PT.  Raja  Grafindo  Persada,  1998,  cet.3, hlm .483   Anshar.  Bani  Najjar  yang  memberikan  sebagian  kebunnya  untuk  pembangunan masjid di Madinah.
 Pelaksanaan  wakaf  yang  dianjurkan  oleh  Nabi  yang  dicontohkan  oleh Umar  bin  Khattab  dan  diikuti  oleh  beberapa  sahabat  Nabi  yang  lain  sangat menekankan  pentingnya  menahan  eksistensi  benda  wakaf,  dan  diperintahkan untuk  menyedekahkan  hasil  dari  pengelolaan  benda  tersebut.  Pemahaman  yang paling  mudah  untuk  dipahami  dari  maksud  Nabi  adalah  bahwa  substansi  ajaran wakaf  itu  tidak  semata-mata  terletak  pada  pemeliharaan  bendanya  (wakaf).  Tetapi yang    lebih  penting  adalah  bagaimana  mengelola  dan  dapat  memberikan  nilai manfaat dari benda tersebut  untuk membantu  kepentingan  umum.
 Dalam  rangka  mendukung  perwakafan  maka  diterbitkan  pembaruan sistem  Hukum  Agraria  dengan  Undang-undang  Agraria  No.  5  Tahun  1960  didalam pasal 49 terdapat masalah  tentang wakaf yang mendapat perhatian khusus “hak  milik  atas  tanah-tanah  badan  keagamaan  dan  sosial  sepanjang  dipergunakan untuk  usaha  dalam  bidang  keagamaan  dan  sosial  diakui  dan  dilindungi,  badanbadan  tersebut  dijamin  pula  akan  memperoleh  tanah  yang  cukup  untuk  bangunan dan  usahanya  dalam  bidang  keagamaan  dan  sosial.”  Kemudian  ditindaklanjuti dengan  PP  No.  28  Tahun  1977  tentang  perwakafan  tanak  milik.  Peraturan  Menteri Agama  No.  1  Tahun  1978  tentang  pelaksanaan  PP  No.  28  tahun  1977.  Instruksi  Derektorat  Pemberdayaan  Wakaf,  Derektorat  Jenderal  Bimbingan  Masyarakat  Islam, Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf,  Jakarta : Departemen Agama RI, 2006, hlm. 11-  Abdul  Halim,    Hukum  Perwakafan  di  Indonesia,    Ciputat    :    Ciputat  Press,    2005,  cet.1, hlm. 99   Presiden  RI  No.  1  Tahun  1991  tentang  Kompilasi  Hukum  Islam  (KHI).    Dan  dikeluarkan  Undang-undang  No.  41  Tahun  2004  tentang  Wakaf  serta  mengatur  secara  khusus  membahas  tentang  Badan  Wakaf  Indonesia  (BWI)  dalam  rangka memajukan dan mengembangkan perwakafan Nasional.
Dengan  adanya  Undang-undang  No.  41  tahun  2004  tentang  wakaf  akan membuat  wakaf  semakin  berkembang  dan  mempunyai  dasar  hukum  yang  kuat.
Karena aturan-aturan sebelumnya mengatur permasalahan wakaf hanya pada ruang lingkup  tanah  ataupun  benda  yang  tidak  bergerak  lainnya,  yang  menjadikan  wakaf kurang  optimal  dalam  perkembangannya.  Maka  dengan  aturan  didalam  Undangundang No. 41 tahun 2004 menjadi wacana baru dalam perkembangan wakaf.
Pada  dasarnya  ketentuan  mengenai  perwakafan  berdasarkan  syari’ah  dan peraturan  perundang-undangan  yang  dicantumkan  kembali  di  Undang-undang  No.
41  tahun  2004  tentang  wakaf.  Namun  terdapat  pula  berbagai  pokok  aturan  yang baru.  Diantaranya  tentang  sistem  administrasi  wakaf  yang  harus  wajib  didaftarkan dan  diumumkan  pelaksanaannya  sesuai  dengan  tata  cara  yang  diatur  oleh perundang-undangan,  yang  berfungsi  untuk  melindungi  keberadaan  benda    wakaf.
Kemudian ruang lingkup wakaf  yang selama ini dipahami secara umum cenderung terbatas  pada  benda  wakaf  yang  tidak  bergerak  dan  Undang-undang  No.41  tahun 2004  telah  mengatur  ruang  lingkup  benda  wakaf  diperluas  yakni  seluruh  kekayaan baik  yang  bergerak  maupun  yang  tidak  bergerak,  yang  berwujud  dan  tidak berwujud,  juga  sudah  dikenal  dengan  wakaf  uang,  logam  mulia,  surat  berharga, kendaraan  transportasi,    hak  kekayaan  intelektual,  hak  sewa,  hak  pakai,  dan   sejenisnya  yang  sifatnya  produktif  serta  dapat  memberikan  manfaat  untuk kepentingan umum.
 Sehingga  potensi  wakaf  produktif  sebagai  sarana  untuk  memajukan kesejahteraan  umat  dapat  mengasilkan  hal  yang  positif,  apabila    dikelolanya  serta diperdayagunakan  secara  maksimal  oleh  masyarakat.  Jika  harta  wakaf  bisa dikelola  secara  baik  dan  profesional,  maka  hasilnya  bisa  dihimpun  sebagai  faktor produksi  untuk  investasi  dari  hasil  asset  wakaf  untuk  dijadikan  modal  finansial  bagi kesejahteran umat.   

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi