Rabu, 22 Oktober 2014

Skripsi EKonomi: Analisis Pembebanan Bunga Kredit Pada Usp Swamitra Kowapi Surakarta Periode 2013

  BAB  I.
PENDAHULUAN.
A.   Latar  Belakang.
Skripsi EKonomi: Analisis Pembebanan Bunga Kredit Pada Usp Swamitra Kowapi Surakarta Periode 2013
Menurut  Surat  Keputusan  Menteri  Keuangan  Republik  Indonesia  No.792 Tahun 1990 tentang    l embaga  Keuangan.    “Lembaga keuangan  diberi batasan  sebagai   semua  badan  yang  kegiatannya  di  bidang  keuangan, melakukan  penghimpunan  dan  penyaluran  dana  kepada  masyarakat  terutama guna  membiayai  investasi   perusahaan”.  Menurut  Totok  Budi  dan  Sigit  (2006:5) sebagai fungsi intermediasi, lembaga  keuangan  menghubungkan  unit surplus dengan unit defisit.

Berdasarkan Undang-undang No.10  Tahun 1998 tentang “Perubahan atas  Undang-Undang  No.7/1992  tentang  Perbankan,  lembaga  keuangan  bank terdiri   atas  bank  umum  dan  perkreditan  rakyat  dapat  memilih  untuk melaksanakan kegiatan usahanya atas dasar prinsip konvensional  atau  bank berdasarkan prinsip syariah.  Bank  juga  penghimpun dana dimana dilakukan  secara  langsung  maupun  tidak  langsung.  Secara  langsung  yaitu melalui  simpanan  dana masyarakat (giro,  tabungan, dan deposito). Secara  tidak  langsung  yaitu  melalui  kertas  berharga,  kredit  dari  lembaga  lain.  Selain  itu  bank  juga  menyalurkan  dana  untuk tujuan  investasi,  konsumsi  dan  modal  kerja.  Lembaga  keuangan  bukan  bank  adalah  lembaga  dimana  menghimpun  tidak secara langsung dari masyarakat. (Totok  Budi  dan  Sigit  S,2006:5-6).
Salah  satu  lembaga  bukan  bank  adalah  Koperasi.  Koperasi  adalah suatu  perkumpulan  atau  organisasi  ekonomi  yang  beranggotakan  orang   orang  atau  badan-badan,  yang  memberikan  kebebasan  masuk  dan  keluar sebagai   anggota  menurut  peraturan  yang  ada;  dengan  bekerja  sama secara  kekeluargaan  menjalankan  suatu  usaha,  dengan  tujuan  mempertinggi kesejahteraan  jasmaniah para  anggotanya.(Sutantya  Rahardja,2001:1-2).
Koperasi  juga  memiliki  sistem  yang  mirip  dengan  bank, selain  menghimpun  dan  menyalurkan  dana  koperasi  juga menentukan  jenis  perhitungan/pembebanan  bunga  kredit.  Tingkat bunga  kredit  sngat  dipengaruhi  oleh  kondisi  perekonomian Negara, semakin  baik kondisi  perekonomian  Negara  maka  semakin  stabil pula  tingkat  suku  bunga,  begitu  pula  sebaliknya.  Perhitungan  bunga  kredit menentukan  besar  kecilnya  angsuran  debitur  kepada  koperasi.  Hal  ini yang sering diabaikan para debitur dalam  mengambil  permohonan  kredit.
USP Swamitra adalah bentuk kerjasama yang didirikan oleh Kopera si  dan  Bank  Bukopin  dengan  keunggulan  jaringan  online  di  seluruh  unit USP  Swamitra sangat memudahkan nasabah untuk bertransaksi.  Kegiatan USP  Swamitra  berpedoman  pada  Undang-Undang  No.  25 Tahun  199tentang  Perkoperasian  dan  Peraturan  Pemerintah  No.9  Tahun  199tentang  usaha  Simpan  Pinjam.  Sekarang  USP  Swamitra  berjumlah  41  unit yang  tersebar  di  Surakarta,  didirikan  sejak  tahun  1998.  Dengan  keunggulan dan  kemudahannya  USP  Swamitra  mampu  bersaing  dengan  koperasikoperasi  di  Indonesia.  Selain  itu  metode  pembebanan  bunga  yang meringankan  nasabah  tetapi   juga  menguntungkan  perusahaan  juga merupakan  kunci  untuk  maju,  dalam  hal  ini   bunga  flat  dan  bunga  efektif    menurun  (anuitas).  Hal  ini   ditunjukkan  pada  tabel  Pinjaman  Yang  Disalurkan (PYD) tahun  2013  yang cenderung  meningkat.
Table  1.  Data  Perkembangan  Pinjaman Yang  Disalurkan  (PYD)  Periode  201BULAN  PYD (RP)  Pertumbuhan (%) Januari  Rp 1,456,671,341.91  Februari  Rp 1,524,433,984.90  Maret  Rp 1,586,339,999.69  April  Rp 1,615,770,583.81  Mei  Rp 1,667,676,758.55  Juni  Rp 1,568,122,014.27  -Juli  Rp 1,722,236,830.10  Agustus  Rp  1,802,230,616.80  September  Rp 1,852,708,729.03  Oktober  Rp 1,962,656,441.91  Nopember  Rp 2,013,439,669.47  Desember  Rp 2,046,868,421.08  Sumber : USP Swamitra  Kowapi Berdasarkan  tabel   diatas,  mengenai  PYD  periode  tahun  201menggunakan  pembebanan  bunga  anuitas/efektif  menurun  maupun flat  menunjukan  peningkatan  pada  bulan  januari   sampai   dengan  maret.  Dan terjadi   penurunan  PYD  pada  bulan  juni  dengan  jumlah  PYD sebesar  Rp.  1.5  Miliyar  rupiah,  akan  tetapi   pada  bulan  Juli-Desember PYD mengalami peningkatan  kembali  mencapai  2 Miliyar rupiah.
Berdasarkan  uraian  diata  ingin  mengetahui  perkembangan  PYD dengan  tingkat  suku  bunga  flat  dan  efektif  menurun  (anuitas)  maka    mengambil  judul   “Analisis  Pembebanan  Bunga  Kredit  Pada  USP Swamitra Kowapi Surakarta  Periode  2013”.
B.  Rumusan  Masalah.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, dapat dir umuskan sebagai   berikut :.
1. Bagaimana  perkembangan  PYD  pada  USP  Swamitra  Kowapi Surakarta?.
2. Bagaimana  analisis  mengenai  perbandingan  dengan  menggunakan tingkat  suku  bunga  flat  dan  bunga  efektif  menurun(anuitas)  pada  USP Swamitra  Kowapi  Surakarta?.
C.  Tujuan Penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk :.
1. Mengetahui perkembangan  PYD  pada  USP  Swamitra  Kowapi Surakarta.
2. Mengetahui analisis  mengenai  perbandingan  dengan  menggunakan tingkat  suku  bunga  flat  dan  bunga  efektif  menurun(anuitas)  pada  USP Swamitra  Kowapi  Surakarta.
D.  Manfaat  Penelitian.
1. Bagi  instansi/perusahaan.
Penelitian  ini  diharapkan  dapat  menjadi  masukan  dan  pertimbangan yang  positif  bagi  perusahaan  dimasa  yang  akan  datang  serta  menjalin kerjasama pendidikan.
  2. Bagi  Penulis.
Memberikan  dan  memahami  teori   selama  perkuliahaan  dengan praktik  langsung  dalam  instansi/perusahaan   di  lapangan.  Memberikan pengetahuan  dan  pengalaman  yang  belum  di  ajarkan  selama dibangku perkuliahaan berlangsung.
3. Bagi Akademis.
Penelitian  ini   diharapkan  dapat  menjadi  referensi   pada  penelitian  lain yang  sejenis  di  waktu  yang  akan  datang,  sehingga  dapat memperbaiki  dan  menyempurnakan  keterbatasan  dan  kelemahan  yang ada dalam penelitian  ini E.    Metodologi  Penelitian.
1. Lingkup  Penelitian.
Penelitian  ini  dilakukan  di  USP  Swamitra  Kowapi  Surakarta yang beralamat  di  Jl.  Yos  Sudarso  279  (Ruko Tjiptorini  No.4) 2. Jenis  dan  Sumber  Data.
a. Data Primer.
Data  primer  yaitu  sumber  data  yang  diperoleh  langsung  dari sumber  asli  (tidak  melalui  media  perantara).  Data  primer  dapat berupa  opini  subyek  (orang)  secara  individual  atau  kelompok,  hasil observasi pada  suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan,  dan hasil pengujian. Data primer  di  dapat  pada  saat  melakukan  kegiatan  magang.
b. Data  Sekunder.
Data ini adalah sumber data penelitian yang diperoleh secara tidakl angsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data documenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan. Data sekunder yang digunakan  penulis  berupa  laporan-laporan  dari  tempat  magang kerja.
3.  Teknik  pengumpulan  data  yang digunakan dalam  penelitian  ini  adalah:.
a.   Observasi.
Yaitu  pengumpulan  data  dengan  cara  melihat  atau  mengamati obyek  yang  diteliti  serta  melakukan  pencatatan  terhadap  gejalagejala yang  timbul  secara  sistematis,  sehingga  dapat  memberikan suatu  gambaran  yang  lengkap  mengenai  obyek  penelitian.
Observasi  dilakukan  dengan  melakukan  kegiatan  magang  kerja pada USP Swamitra Kowapi Surakarta.
b. Studi  Pustaka.
Yaitu  teknik  pengumpulan  data  dengan  jalan  membaca,  mengkaji serta  mempelajari  buku-buku  kepustakaan  yang  ada  hubungannya dengan  materi  penulisan.
4.  Teknik  Pembahasan.

Penilitian  ini  menggunakan  teknik  pembahasan  diskriptif  yaitu  teknik  menggambarkan  dan  menjelaskan  keadaan  yang  disertai  data-data sebenarnya  tentang  obyek  yang  berhubungan  dengan  masalah  yang diteliti.   
Skripsi EKonomi: Analisis Pembebanan Bunga Kredit Pada Usp Swamitra Kowapi Surakarta Periode 2013

Download lengkap Versi PDF

1 komentar:

  1. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus

pesan skripsi