Selasa, 21 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Pertumbuhan Sektor Ekonomi Dalam Perluasan Kesempatan Kerja Sebagai Akselerasi Percepatan Pertumbuhan Perekonomian

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Analisis Pertumbuhan Sektor Ekonomi Dalam Perluasan Kesempatan Kerja Sebagai Akselerasi Percepatan Pertumbuhan Perekonomian
Kemajuan  dunia  bisnis  terus  berkembang  seiring  dengan  perkembangan ekonomi pada negara maju dan berkembang seperti Indonesia. Semua  negara  terus  berlomba  meningkatkan  perekonomianya  dengan  mengerahkan  sumber  daya  yang dimiliki  melalui  dunia  usaha.Indonesia  merupakan salah satu negara yang tidak ingin ketinggalan dalam dunia bisnis.

Salah  satu  cara  yang  ditempuh  dengan  memberikan  kemudahan  dalam  mendirikan usaha kepada sektor-sektor yang membutuhkan agar dunia bisnis  dinegara Indonesia dapat terus berkembang.
Salah  satu  sektor  swasta  yang  ikut  andil  besar  dalam  perekonomian  dunia adalah bank. Peranan perbankan dalam dunia bisnis sangatlah penting  sebab bank merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh hampir semua pelaku  bisnis, baik pengusaha besar ataupun kecil.
Bank  merupakan  suatu  badan  usaha  yang  kegiatannya  menghimpun  dana  dari  masyarakat  kemudian  menyalurkan  dana  yang  dihimpunnya  itu  kepada  masyarakat.  Dana  yang  dihimpun  dari  masyarakat  berbentuk  simpanan,  sedangkan  penyaluran  dana  kepada  masyarakat  berbentuk  kredit  atau bentuk lainnya yang tujuan dari penyaluran itu untuk meningkatkan taraf  hidup rakyat.
 Dalam  suatu  pemberian  kredit,  bank  atau  pihak  pemberi   selalu  berharap  agar  debitur  dapat  memenuhi  kewajibannya  untuk  melunasi  tepat  waktuterhadap  kredit  yang  sudah  diterima.  Dalam prakteknya,  tidak  semua  kredit yang sudah dikeluarkan oleh bank dapat berjalan dan berakhir dengan  lancar.
Kredit bermasalah selalu ada dalam setiap kegiatan perkreditan bank,  karena bank  tidak  mungkin  menghindari  adanya  kredit  bermasalah,  bank  hanya mampu menekan seminimal mungkin besarnya kredit bermasalah agar  tidak melebihi ketentuan Bank Indonesia sebagai pengawas bank.
Maka  untuk  meminimalisir  terjadinya  kredit  bermasalah  pihak  bank  menerapkan  beberapa  prinsip  penilaian  kredit  yang  sering  dilakukan  yaitu  dengan analisis 5 C, analisis 7 P dan studi kelayakan (Kasmir, 2002:117).
Bagi  Bank  Tabungan  Negara  (BTN)  yang  merupakan  pelopor  bank  dalam pemberian kredit perumahan atau lebih dikenal dengan KPR, pasti juga  mengalami  risiko kredit. Keberhasilan  bank dalam mengawasi dan membina  debiturnya  dalam  hal  pengembalian  kredit  tentu  saja  merupakan  tujuan  dari  bank BTN dalam rangka memberikan fasilitas kredit. Secara tidak langsung  berhasil atau tidaknya bank BTN dalam membina dan mengawasi debiturnya  dalam pengembalian kredit akan sangat berpengaruh terhadap proporsi besar  kecilnya kredit macet yang ada di BTN.
Untuk menghindari resiko terjadinya kredit  bermasalah BTN dituntut  untuk mampumelakukan penagihan pinjaman agar dana kredit yang diberikan   sebagai modal kerja tidak mengalami permasalah sehingga tingkat kesehatan  perusahaan  dapat  dipantau.  Banyaknya  jumlah  kredit  bermasalah  akan  berdampak  buruk  terhadap  besarnya  laba  perusahaan  untuk  periode  tertentu  karena debitur tidak  mampu membayar bunga, angsuran maupun pokok dari  kredit  yang  diberikan.  Oleh  karena  itu  perlu  diadakan  analisis  perusahaan  guna  mengetahui  kinerja  perusahaan  dan  perkembangan  perusahaan.  Data  yang diperlukan tersajidalam laporan keuangan perusahaan. Hasil analisis ini  kemudian  akan  digunakan  sebagai  pembuatan  keputusan  dan  penyusunan  kebijakan perusahaan di masa depan.
Untuk  melihat  besar  kecilnya  laba  yang  diperoleh  perusahan  bisa  menggunakan rasio profitabilitas.Rasio ini mengukur efektivitas manajemen  secara  keseluruhan  yang  ditunjukan  oleh  besar  dan  kecilnya  tingkat  keuntungan  yang  diperoleh  dalam  hubungannya  dengan  penjualan  maupun  investasi.  Semakin  baik  rasio  profitabilitas  maka  semakin  baik  menggambarkan  kemampuan  tingginya  perolehan  keuntungan  perusahaan  (Fahmi,  2011: 135).Berdasarkan  uraian di atas, maka  penulis tertarik  untuk  melakukan  penelitian  terhadap  kredit  bermasalah  pada  PT  Bank  Tabungan  ah   Terhadap   B. Rumusan Masalah.
Dengan mengacu pada latar belakang di atas, maka dapat disimpulkan  beberapa  pokok permasalahan  yang  akan  menjadi  obyek pembahasan dalam  Tugas  Akhir  ini.  Rumusan  masalah  dalam  pembahasan  Tugas  Akhir  ini  adalah sebagai berikut:.
1. Apa  saja  penyebab  terjadinya  kredit  bermasalah  pada  PT  Bank  Tabungan Negara(Persero) Tbk?.
2. Upaya  apa  yang  akan  ditempuh  oleh  PT  Bank  Tabungan  Negara (Persero) Tbk untuk menangani kredit bermasalah?.
3. Hambatan-hambatan  apa  yang  timbul  dalam  proses  penyelesaian  kredit bermasalah?.
4. Bagaimana  pengaruh  analisis  kredit  bermasalah  terhadap  rasio  profitabilitas?.
C. Tujuan Penelitian.
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas, maka  tujuan yang diharapkan antara lain:.
1. Mengetahui  apa  saja  penyebab  terjadinya  kredit  bermasalah pada PT  Bank Tabungan Negara(Persero) Tbk.
2. Mengetahui upaya apa  yang akan  ditempuh  oleh PT  Bank Tabungan  Negara(Persero) Tbk untuk menangani kredit bermasalah.
3. Mengetahui hambatan-hambatan  apa  yang  timbul  dalam  proses  penyelesaian kredit bermasalah.
4. Mengetahui  bagaimana  pengaruh  analisis  kredit  bermasalah  terhadap  rasio profitabilitas.
D.Manfaat Penelitian.
Manfaat yang diperoleh dari penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut: 1.Bagi Kantor atau Instansi.
Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan  masukan-masukan  yang  bermanfaat  sebagai  bahan  pertimbangan  untuk  mengembangkan  perusahaan  dalam  menjalankan  usaha  pada  periode selanjutnya.
2. Bagi Akademik.
Menambah  pengetahuan  terapan  khususnya  dalam  analisis  kredit  bermasalah  terhadap  rasio  profitabilitas  bagi  akademi  dan  rekan-rekan mahasiswa Akuntansi Universitas Sebelas Maret.

 Skripsi Ekonomi: Analisis Pertumbuhan Sektor Ekonomi Dalam Perluasan Kesempatan Kerja Sebagai Akselerasi Percepatan Pertumbuhan Perekonomian

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi