BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Efektifitas Sosialisasi Penggunaan E-Karip Di Mesin Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Pada Pt BTPN
Manusia selalu
berkutat dengan kebutuhan
dan pekerjaan, padahal dalam
mencukupi bebutuhan yang tidak berujung manusia memiliki batasan usia dalam
bekerja yang akan
membuat mereka mengalami
penurunan kemampuan secara fisik,
kemudian mereka akan
mengalami pensiun untuk mencukupi kebutuhan
yang diperlukan. Menurut
Kasmir (2011: 325) pengertian “pensiun
adalah hak seseorang
untuk memperoleh penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan
sudah memasuki usia pensiun atau ada sebabsebab lain sesuai dengan perjanjian
yang telah ditetapi”.
Pelaksanaan pensiun
akan dilakukan oleh
perusahaan dana pensiun. Menurut Kasmir
(2011: 324) “pengertian
perusahaan dana pensiun
secara umum dapat dikatakan
merupakan perusahaan yang
memungut dana dari karyawan
suatu perusahaan dan
memberikan pendapatan kepada
peserta pensiun sesuai perjanjian”. PT. TASPEN adalah perusahaan dana
pensiun yang mengelola dan melakukan
pembayaran dana pensiun.
PT. TASPEN bekerjasama dengan
beberapa perusahaan untuk
melakukan pembayaran pensiun. Salah
satu bank yang
menjadi mitra PT.
TASPEN adalah Bank Pensiunan Nasional Tbk (BTPN).
Bank Tabungan
Pensiunan Nasional Tbk
(BTPN) terus melakukan pengembangan untuk
memberikan pelayanan terbaik
kepada nasabahnya.
Pembayaran pensiun yang
dilakukan PT. BTPN
Purna Bakti Tbk menggunakan produk KARIP untuk membayar
pensiun. KARIP adalah kartu identitas
pensiun yang digunakan
sebagai media identitas
pensiun dalam mengambil gaji
secara langsung di BTPN Purna Bakti Tbk. Kemudian dalam rangka memberikan
produk layanan yang
terbaik untuk nasabah,
BTPN memberikan fasilitas pembayaran
pensiun melalui kartu
elektronik yang dikenal dengan
nama e-KARIP. E-KARIP adalah fasilitas bagi nasabah BTPN Purna Bakti berupa
kartu elektronik yang mempunyai fungsi
sebagai media identitas data nasabah agar manfaat pensiun dapat dibayarkan pada
orang yang tepat dengan proses lebih cepat, serta memberikan kesempatan kepada
nasabah pensiun untuk melakukan penarikan manfaat pensiun melalui jariangan ATM
Bank BTPN, jaringan
ATM bersama dan
ATM PRIMA dengan
syarat dan ketentuan berlaku.
PT. Bank
Tabungan Pensiunan Nasional
Purna Bakti Tbk
Kantor Cabang Pembantu Karanganyar adalah salah satu penyedia layanan
e-KARIP yang terus berusaha menyalurkan manfaat e-KARIP melalui mesin Anjungan Tunai
Mandiri (ATM). Tetapi berdasarkan kuesioner yang telah diolah penulis, dari 100
orang responden, pengguna
e-KARIP di mesin
ATM hanya 36%.
Fenomena pembayaran
pensiun yang semula
menggunakan KARIP dan sekarang menggunakan e-KARIP menimbulkan
keingintahuan penulis untuk mengetahui, bagaimana mekanisme pengambilan pensiun
melalui e-KARIP, bagaimana profil pegguna
e-KARIP jika dilihat
dari umur, jenis
kelamin, pensiunan dan
pendidikan nasabah, selain
itu juga mengetahui
efektifitas sosialisai penggunaan e-KARIP di mesin ATM.
Berdasarkan latar belakang
masalah, penulis mencoba membahas dan menganalisa pembayaran
pensiun melalui e-KARIP
pada PT. BTPN
Purna Bakti Tbk KCP
Karanganyar dengan mengangkat
judul “EFEKTIFITAS SOSIALISASI PENGGUNAAN
E-KARIP DI MESIN
ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) PADA PT BTPN KCP KARANGANYAR”.
B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar
belakang masalah yang
telah diuraikan di
atas, adapun pokok permasalahan
yang akan dirumuskan
dalam penulisan tugas akhir ini, antara lain:.
1) Bagaimana mekanisme
pengambilan dana pensiun
melalui e-KARIP di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)?.
2) Bagaimana profil
pegguna e-KARIP di
mesin ATM pada
PT. Bank Tabungan Pensiunan
Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar jika
dilihat dari umur, jenis kelamin, pensiunan dan pendidikan nasabah?.
3) Bagaimana efektifitas
sosialisasi e-KARIP pada
PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna
Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar?.
C. Tujuan.
Mengacu pada
perumusan masalah di
atas, secara spesifik
tujuan penulisan tugas akhir dapat dijelaskan sebagai berikut:.
1) Mengetahui mekanisme pengambilan pensiun melalui e-KARIP di mesin Anjungan
Tunai Mandiri (ATM).
2) Mengetahui profil
pengguna e-KARIP di
mesin ATM pada
PT. Bank Tabungan Pensiunan
Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar jika
dilihat dari umur, jenis kelamin, pensiunan dan pendidikan nasabah.
3) Mengetahui efektifitas
sosialisasi e-KARIP pada
PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna
Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
D. Manfaat.
Penulisan tugas akhir ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak berikut:.
1) Bagi penulis.
Untuk menambah
pengetahuan bagi peneliti
dalam mengkaji pembayaran pensiun
melalui e-KARIP pada
PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna
Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
2) Bagi Peneliti Selanjutnya.
Untuk mengembangkan
penelitian selanjutnya yang
berkaitan dengan pembayaran pensiun melalui e-KARIP pada PT. Bank
Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
3) Bagi PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk.
Kantor Cabang Pembantu
Karanganyar.
Untuk memberikan masukan, sebagai
penggembangan pembayaran pensiun melalui e-KARIP pada PT. Bank Tabungan
Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
4) Bagi Instansi Pendidikan.
Sebagai penambah wawasan dan
pengetahuan tentang pembayaran pensiun melalui e-KARIP pada PT. Bank Tabungan
Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
E. Metode Penelitian.
1) Objek Penelitian.
Objek penelitian merupakan objek
yang menjadi sasaran penelitian.
Penelitian dilakukan
langsung pada PT.
Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk
Kantor Cabang Pembantu Karanganyar, untuk memperoleh data sesuai dengan materi
yang diteliti. Alasan penulis memilih objek tersebut adalah dengan pertimbangan
bahwa penulis telah melakukan
magang kerja di
PT. Bank Tabungan
Pensiunan Nasional (BTPN) Purna
Bakti Tbk Kantor
Cabang Pembantu Karanganyar
dan domisili penulis tidak jauh dari PT. Bank Tabungan Pensiunan
Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar sehingga mempermudah
dalam perolehan data serta waktu, tenaga dan biaya dapat digunakan seefisien
mungkin.
2) Sumber Data Dan Jenis Data.
a) Sumber Data.
Data yang dikumpulkan dalam
penulisan tugas akhir ini bersumber dari data primer dan data sekunder, yaitu
sebagai berikut: 1. Data Primer.
Data primer
diperoleh melalui wawancara
dengan panduan kuesioner kepada
responden. Jenis pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner adalah closed
ended questions, yaitu bentuk
pertanyaan dengan beberapa alternatif jawaban bagi responden. wawancara
juga dilakukan pada pihak-pihak
yang bersangkutan dalam
organisasi perusahaan yang menjadi objek penelitian.
2. Data Sekunder.
Data sekunder
diperoleh dari pencatatan dokumen-dokumen perusahaan dan
dari instansi yang
terkait yang ada
hubungannya dengan pembahasan penulisan. Data sekunder berupa dokumen
yang dibutuhkan dalam pembayaran
pensiun menggunakan e-KARIP
dan profil perusahaan yang diperoleh dari bagian operasional di PT. Bank
Tabungan Pensiunan Nasional
(BTPN) Purna Bakti
Tbk. Kantor Cabang Pembantu
Karanganyar.
b) Jenis data.
Adapun jenis data yang digunakan
dalam uraian ini adalah sebagai berikut:.
1. Data kuantitatif.
Adalah data yang berasal dari perusahaan yang mejadi objek penelitian yang dapat
dibuktikan dengan angka-angka yang akan diolah dan dianalisis
sesuai dengan metode
analisis sehingga dapat membuahkan hasil.
2. Data kualitatif.
Data yang
diperoleh dari hasil
wawancara dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan dan
hubungan dalam penelitian ini. Data dapat berupa uraian lisan dengan penjelasan
mengenai pembahasan.
Skripsi Ekonomi: Efektifitas Sosialisasi Penggunaan E-Karip Di Mesin Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Pada Pt BTPN
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi