Rabu, 29 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Efektifitas Sosialisasi Penggunaan E-Karip Di Mesin Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Pada Pt BTPN

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Efektifitas Sosialisasi Penggunaan E-Karip Di Mesin Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Pada Pt BTPN
Manusia  selalu  berkutat  dengan  kebutuhan  dan pekerjaan,  padahal dalam mencukupi bebutuhan yang tidak berujung manusia memiliki batasan usia  dalam  bekerja  yang  akan  membuat  mereka  mengalami  penurunan kemampuan  secara  fisik,  kemudian  mereka  akan  mengalami  pensiun  untuk mencukupi  kebutuhan  yang  diperlukan.  Menurut  Kasmir  (2011:  325) pengertian  “pensiun  adalah  hak  seseorang  untuk  memperoleh  penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan sudah memasuki usia pensiun atau ada sebabsebab lain sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapi”.

Pelaksanaan  pensiun  akan  dilakukan  oleh  perusahaan  dana  pensiun. Menurut  Kasmir  (2011:  324)  “pengertian  perusahaan  dana  pensiun  secara umum  dapat  dikatakan  merupakan  perusahaan  yang  memungut  dana  dari karyawan  suatu  perusahaan  dan  memberikan  pendapatan  kepada  peserta pensiun sesuai perjanjian”. PT. TASPEN adalah perusahaan dana pensiun yang mengelola  dan  melakukan  pembayaran  dana  pensiun.  PT.  TASPEN bekerjasama  dengan  beberapa  perusahaan  untuk  melakukan  pembayaran pensiun.  Salah  satu  bank  yang  menjadi  mitra  PT.  TASPEN  adalah  Bank Pensiunan Nasional Tbk (BTPN).
Bank  Tabungan  Pensiunan  Nasional  Tbk  (BTPN)  terus  melakukan pengembangan  untuk  memberikan  pelayanan  terbaik  kepada  nasabahnya.
  Pembayaran  pensiun  yang  dilakukan  PT.  BTPN  Purna  Bakti  Tbk menggunakan produk KARIP untuk membayar pensiun. KARIP adalah kartu identitas  pensiun  yang  digunakan  sebagai  media  identitas  pensiun  dalam mengambil gaji secara langsung di BTPN Purna Bakti Tbk. Kemudian dalam rangka  memberikan  produk  layanan  yang  terbaik  untuk  nasabah,  BTPN memberikan  fasilitas  pembayaran  pensiun  melalui  kartu  elektronik  yang dikenal dengan nama e-KARIP. E-KARIP adalah fasilitas bagi nasabah BTPN Purna Bakti berupa kartu elektronik  yang mempunyai fungsi sebagai media identitas data nasabah agar manfaat pensiun dapat dibayarkan pada orang yang tepat dengan proses lebih cepat, serta memberikan kesempatan kepada nasabah pensiun untuk melakukan penarikan manfaat pensiun melalui jariangan ATM Bank  BTPN,  jaringan  ATM  bersama  dan  ATM  PRIMA  dengan  syarat  dan ketentuan berlaku.
PT.  Bank  Tabungan  Pensiunan  Nasional  Purna  Bakti  Tbk  Kantor Cabang Pembantu Karanganyar adalah salah satu penyedia layanan e-KARIP yang terus berusaha menyalurkan manfaat e-KARIP melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tetapi berdasarkan kuesioner yang telah diolah penulis, dari  100  orang  responden,  pengguna  e-KARIP  di  mesin  ATM  hanya  36%.
Fenomena  pembayaran  pensiun  yang  semula  menggunakan  KARIP  dan sekarang menggunakan e-KARIP menimbulkan keingintahuan penulis untuk mengetahui, bagaimana mekanisme pengambilan pensiun melalui e-KARIP, bagaimana  profil  pegguna  e-KARIP  jika  dilihat  dari  umur,  jenis  kelamin,   pensiunan  dan  pendidikan  nasabah,  selain  itu  juga  mengetahui  efektifitas sosialisai penggunaan e-KARIP di mesin ATM.
Berdasarkan latar belakang masalah, penulis mencoba membahas dan menganalisa  pembayaran  pensiun  melalui  e-KARIP  pada  PT.  BTPN  Purna Bakti  Tbk  KCP  Karanganyar  dengan  mengangkat  judul  “EFEKTIFITAS SOSIALISASI  PENGGUNAAN  E-KARIP  DI  MESIN  ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) PADA PT BTPN KCP KARANGANYAR”.
B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  masalah  yang  telah  diuraikan  di  atas, adapun  pokok  permasalahan  yang  akan  dirumuskan  dalam  penulisan  tugas akhir ini, antara lain:.
1) Bagaimana  mekanisme  pengambilan  dana  pensiun  melalui  e-KARIP  di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM)?.
2) Bagaimana  profil  pegguna  e-KARIP  di  mesin  ATM  pada  PT.  Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar jika dilihat dari umur, jenis kelamin, pensiunan dan pendidikan nasabah?.
3) Bagaimana  efektifitas  sosialisasi  e-KARIP  pada  PT.  Bank  Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar?.
C. Tujuan.
Mengacu  pada  perumusan  masalah  di  atas,  secara  spesifik  tujuan penulisan tugas akhir dapat dijelaskan sebagai berikut:.
  1) Mengetahui mekanisme pengambilan pensiun melalui e-KARIP di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
2) Mengetahui  profil  pengguna  e-KARIP  di  mesin  ATM  pada  PT.  Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar jika dilihat dari umur, jenis kelamin, pensiunan dan pendidikan nasabah.
3) Mengetahui  efektifitas  sosialisasi  e-KARIP  pada  PT.  Bank  Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk. Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
D. Manfaat.
Penulisan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak berikut:.
1) Bagi penulis.
Untuk  menambah  pengetahuan  bagi  peneliti  dalam  mengkaji pembayaran  pensiun  melalui  e-KARIP  pada  PT.  Bank  Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
2) Bagi Peneliti Selanjutnya.
Untuk  mengembangkan  penelitian  selanjutnya  yang  berkaitan dengan pembayaran pensiun melalui e-KARIP pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
  3) Bagi PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk.
Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
Untuk memberikan masukan, sebagai penggembangan pembayaran pensiun melalui e-KARIP pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
4) Bagi Instansi Pendidikan.
Sebagai penambah wawasan dan pengetahuan tentang pembayaran pensiun melalui e-KARIP pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
E. Metode Penelitian.
1) Objek Penelitian.
Objek penelitian merupakan objek yang menjadi sasaran penelitian.
Penelitian  dilakukan  langsung  pada  PT.  Bank  Tabungan  Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar, untuk memperoleh data sesuai dengan materi yang diteliti. Alasan penulis memilih objek tersebut adalah dengan pertimbangan bahwa penulis telah melakukan  magang  kerja  di  PT.  Bank  Tabungan  Pensiunan  Nasional (BTPN)  Purna  Bakti  Tbk  Kantor  Cabang  Pembantu  Karanganyar  dan domisili penulis tidak jauh dari PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Purna Bakti Tbk Kantor Cabang Pembantu Karanganyar sehingga mempermudah dalam perolehan data serta waktu, tenaga dan biaya dapat digunakan seefisien mungkin.
  2) Sumber Data Dan Jenis Data.
a) Sumber Data.
Data yang dikumpulkan dalam penulisan tugas akhir ini bersumber dari data primer dan data sekunder, yaitu sebagai berikut: 1. Data Primer.
Data  primer  diperoleh  melalui  wawancara  dengan  panduan kuesioner kepada responden. Jenis pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner  adalah closed  ended  questions, yaitu  bentuk  pertanyaan dengan beberapa alternatif jawaban bagi responden. wawancara juga dilakukan  pada  pihak-pihak  yang  bersangkutan  dalam  organisasi perusahaan yang menjadi objek penelitian.
2. Data Sekunder.
Data  sekunder  diperoleh  dari  pencatatan dokumen-dokumen perusahaan  dan  dari  instansi  yang  terkait  yang  ada  hubungannya dengan pembahasan penulisan. Data sekunder berupa dokumen yang dibutuhkan  dalam  pembayaran  pensiun  menggunakan  e-KARIP  dan profil perusahaan yang diperoleh dari bagian operasional di PT. Bank Tabungan  Pensiunan  Nasional  (BTPN)  Purna  Bakti  Tbk.  Kantor Cabang Pembantu Karanganyar.
b) Jenis data.
Adapun jenis data yang digunakan dalam uraian ini adalah sebagai berikut:.
1. Data kuantitatif.
Adalah data  yang berasal dari perusahaan  yang mejadi objek penelitian yang dapat dibuktikan dengan angka-angka yang akan diolah dan  dianalisis  sesuai  dengan  metode  analisis  sehingga  dapat membuahkan hasil.
2. Data kualitatif.
Data  yang  diperoleh  dari  hasil  wawancara  dengan  pihak-pihak yang memiliki kepentingan dan hubungan dalam penelitian ini. Data dapat berupa uraian lisan dengan penjelasan mengenai pembahasan.

Skripsi Ekonomi: Efektifitas Sosialisasi Penggunaan E-Karip Di Mesin Anjungan Tunai Mandiri (Atm) Pada Pt BTPN 

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi