Jumat, 31 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Manajemen Aset Tetap Pada Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.LATAR BELAKANG..
Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Manajemen Aset Tetap Pada Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta
Rumah Sakit adalah suatu alat organisasi  yang terdiri dari tenaga  medis  profesional  yang  terorganisir  serta  sarana  kedokteran  yang  menyelenggarakan pelayanan kedokteranserta pengobatan penyakit yang  diderita oleh pasien.

Rumah  Sakit  sebagai  penyedia  jasa  kesehatan  sangat  perlu  untuk  melakukan inovasi-inovasi baru guna meningkatkan pelayanannya, bukan  hanya  pelayanan  yang  dilakukan  oleh  dokter,  perawat  dan  karyawankaryawan  yang lain  saja  yang harus  maksimal,  namun  ketersediaan  alatalat  baik  medis  maupun  non  medis  itu  juga  sangat  mempengaruhi  kemajuan  sebuah  rumah  sakit,  dimana  dalam  memberikan  pelayanannya  harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, agar bisa bersaing dengan  rumah sakit yang lain sebagai kompetitornya. Rumah sakit yang memiliki  fasilitas yang memadai akan semakin banyak dipilih oleh masyarakat.
Kemajuan  perusahaan  tidak  terlepas  dari  arti  penting  aset  yang  dimiliki  dan  pengelolaannya,  yang  juga  turut  mempengaruhi  perkembangan  perusahaan  tersebut.  Aset  ini menjadi  penting  karena  nilainya yang material, sehingga mekanisme yang baik dalam manajemen   sangat  diperlukan.  Rumah  Sakit  Panti  Waluyo  Surakarta  memiliki  aset  tetap  yang  sangat  besar  nilainya,  untuk  aset  tetap  yang  dimiliki  nilainya  sekitar  25  milyar  rupiah,  sedangkan  total  aset  keseluruhan  mencapai  39  milyar  rupiah, jadi kepemilikan atas aset tetap sendiri  yakni sekitar 64%  dari total aset yang dimiliki, dimana sebagian besar aset yang dimiliki oleh  Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta merupakan peralatan kesehatan yang  digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasien-pasiennya.
Oleh  karena  itulah  aset  menjadi sangat  penting  bagi  rumah  sakit,  karena  dalam  operasionalnya  tidak  terlepas  dari  penggunaan  alat-alat  medis tersebut,  yang setiap hari digunakan dalam pelayanan rumah sakit  dan merupakan fasilitas utama dalam kegiatan rumah sakit. Sehingga perlu  pengelolaan dan sistem yang baik oleh manajemen, jikalau tidak dikelola  dengan baik, maka akan berakibat pada terhambatnya proses operasional  rumah sakit.
Ketersediaan aset tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat  ekonomis  di  masa  depan  untuk  rumah  sakit  sebagai  sebuah  entitas.
Adanya peralatan sebagai aset tetap mempengaruhi performa rumah sakit  dalam  menjalankan  kegiatannya  untuk  melayani  setiap  pasien. Sebagai  sumber  daya  utama  perusahaan  untuk  melakukan  aktivitas-aktivitasnya,  maka pengelolaan dan sistem yang berlaku terhadap aset tetap yang ada,  harus  diperhatikan.  Pengelolaan  atas  aset  tetap  diatur  dalam  Penyataan  Standar Akuntansi Keuangan Nomor 16. Tahapan pengelolaan aset tetap,  seperti yang ada dalam PSAK Nomor 16 meliputi pengakuan, pengukuran   awal,  pengukuran  setelah  pengukuran  awal,  dan  penghentian pengakuan.
Hal-hal  yang  telah  dikemukakan  di  atas  melatarbelakangi  pembuatan  Tugas Akhir yang berjudul “EVALUASI SISTEM MANAJEMEN ASET  TETAP PADA RUMAH SAKIT PANTI WALUYO SURAKARTA”.
B.PERUMUSAN MASALAH.
1. Bagaimana  penerapan  PSAK  No.  16  terhadap  pengelolaan  aset  tetap  mulai dari pengakuan, pengakuan awal, pengukuran setelah pengakuan  awal, dan penghentian pengakuan pada Rumah Sakit Panti Waluyo?.
2. Bagaimana sistem pengelolaan aset tetap terkait peralatan pada Rumah  Sakit Panti Waluyo?.
3. Apa saja kelebihan dan kelemahan pengelolaan aset tetap pada Rumah  Sakit Panti Waluyo?.
C.TUJUAN PENELITIAN.
1. Mengetahui bagaimana penerapan PSAK No. 16 terhadap pengelolaan  aset tetap mulai dari pengakuan, pengakuan awal, pengukuran setelah  pengakuan awal, dan penghentian pengakuan pada Rumah Sakit Panti  Waluyo,.
2. Mengetahui  sistem  pengelolaan  aset  tetap  terkait  peralatan  pada  Rumah Sakit Panti Waluyo,.
3. Mengetahui  kelebihan  dan  kelemahan  pengelolaan  aset  tetap  pada  Rumah Sakit Panti Waluyo.
D.MANFAAT PENELITIAN.
Penulis  berharap  dengan  ditulisnya  Tugas  Akhir  ini  dapat  memberikan  manfaat:.
1. Bagi Penulis.
Memberikan  pengalaman  untuk  menerapkanilmu  dan  teori  selama  mengikuti  pendidikan  Diploma  III  jurusan  Akuntansi  Keuangan  di  dalam dunia pekerjaan.
2. Bagi Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta.
Dapat memberikan saran lewat penelitian yang dilakukan oleh penulis,  agar  bisa  dijadikan  pertimbangan  dalam meningkatkan  pengelolaan  aset tetap pada Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta.
3. Bagi Pembaca.
Penulis berharap Tugas  Akhir ini dapat menjadi bahan referensi bagi  para pembaca, serta menambah pengetahuan tentang pengelolaan aset  tetap.

Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Manajemen Aset Tetap Pada Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi