Selasa, 28 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan Bauran Promosi Pada Pt. Kusumahadi Santosa

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
 Skripsi Ekonomi: Penerapan Bauran Promosi Pada Pt. Kusumahadi Santosa
Faktor  pentingyang  turut  mempengaruhi  kemajuan  suatu  perusahaan  adalah  kegiatannya  di  bidang pemasaran, disamping  kegiatan produksi, pembelanjaan,  dan  sumber  daya  manusia.  Hal  ini  tidak  terlepas  kaitannya  dengan  semakin  ketatnya  persaingan antar perusahaan.

Setiap   manajer  pemasaran  dalam  menghadapi  situasi  seperti  ini  dituntut  untuk  dapat   menyusun   strategi   pemasaran   yang   efektif.   Salah  satu  unsur  terpenting dari strategi pemasaran adalah marketing mix (bauran pemasaran) yang  terdiri dari 4P : produk, harga, distribusi, dan promosi. Kegiatan pemasaran tersebut  akan  berhasil  dan  berkembang  bersamaan  dalam  suatu  kegiataan  pemasaran  yang  telah  direncanakan.  Bauran  pemasaran  memegang  peranan  penting  demi  kelangsungan  hidup  perusahaan,  selain  itu  produk  yang  berkualitas,  harga  yang  bersaing, saluran distribusi yang mudah  dijangkau,  promosi juga merupakan unsure  keberhasilan pemasaran.
Keberhasilan  suatu  kegiatan  promosi  yang  dilakukan  perusahaan  sangat  dipengaruhi  oleh  variabel -variabel  bauran  promosi  yang  tepat,  efisien,  dan  efektif  merupakan   kunci   pokok   kegiatan   promosi  suatu  perusahaan.  Promotional  mix  terdiri  dari   periklanan,  personal  selling,  promosi  penjualan,  dan  publisitas.
Mengingat  besarnya  biaya  yang  dikeluarkan  perusahaan  untuk  kegiatan  promosi  dalam   usaha   memperkenalkan  produknya  dan  meningkatkan  volume  penjualan.
Maka  mutlak  diperlukan  perencanaan,  pengendalian,  dan  pengawasan  terhadap  kegiatan  promosi  penjualan  yang  dilakukan  perusahaan.Agar  kegiatan  promosi  perusahaan  dapat  mencapai  sasaran,  harus  dibuat  perencanaan  terlebih   dahulu.Perencanaan  dibuat  dengan  mempertimbangkan  faktor-faktor  yang  terkait  dengan  kegiatan  ini,  sehingga  promosi  perusahaan  dapat  mencapai  sasaran  yang  diinginkan.
Masalah  mengenai  macam  media  promosi  apa  yang  harus  dipilih  oleh  perusahaan juga merupakan bagian terpenting dalam proses pemasaran produk pada  suatu  perusahaan.  Jenis  media  promosi  yang  dipandang  paling  baik  oleh  manajer  pemasaran  tidak  akan  selalu  efektif  apabila  ternyata  media  promosi  tersebut  tidak  menunjang peningkatan volume penjualan seperti yang diingkan perusahaan. Hal ini  dapat ditunjukan dengan ada-tidaknya hubungan timbal balik atas pengeluaran yang  dikeluarkan  perusahaan  dalam  mempromosikan  produknya  dengan  peningkatan  penjualan  yang  terjadi.  Jadi  dengan  sejumlah  dana  yang  ada,  perusahaan  mampu  menentukan  media  promosi  apa  yang  akan  digunakan  oleh  perusahaan,  sehingga  mampu mengingkatkan volume penjualan perusahaan.
PT.  Kusumahadi  Santosa  yang  bergerak  dibidang  industri  textile  bukan  perusahaan yang tidak memiliki pesaing, bahkan perusahaan yangbergerak dibidang  textile  lainnya  banyak  yang  bersaing  secara  ketat  dengan  produk-produk  yang  beraneka ragam.Untuk itu didalam menghadapi situasi persaingan yang semakin ketat  ini  perusahaan  memerlukan  usaha  yang  ekstra  keras  agar  situasi  ini  tidak  menimbulkan  tersisihnya  perusahaan  dari  situasi  persaingan  yang  terjadi  yang  diciptakan  oleh  para  pesaingnya.Strategi  bauran  promosi  seperti  apakah  yang  seharusnya  dilakukan  PT.  Kusumahadi  Santosa  didalam  memasarkan  produknya  sehingga  produk  tersebut  dapat  dikenal  orang  dan  mampu  meningkatkan  volume  penjualan perusahaan.
Dari  sinilah  penulis  tertarik  untuk  membahas  strategi  bauran  promosi  apa  yang paling tepat digunakanpada PT. Kusumahadi Santosa untuk mempromosikan  produknya.  Untuk  itu  penulis  mengangkat  judul.
 B. RumusanMasalah.
Berdasarkan  latarbelakang  yang  telah  diuraikan,  maka  pokok  permasalahan  yang akan dibahas di dalam penelitian ini adalah :.
1. Variabel  bauran  promosi  apa   saja  yang  diterapkan  oleh  PT.  Kusumahadi  Santosa ?.
C. TujuanPenelitian.
1. Untuk  mengetahui  penerapan  strategi  bauran  promosi  yang  dilakukan  oleh  PT.
Kusumahadi Santosa .
D. ManfaatPenelitian.
Dari hasil penelitian ini dapat diambil manfaatnya untuk berbagai pihak yaitu:.
1. Bagi penulis.
Memperkaya  ilmu  pengetahuan  bagi  penulis  mengenai  dunia  kerja  yang  sesungguhnya  dan  mempersiapkan  penulis  sebelum  memasuki  dunia kerja.
2. Bagi Perusahaan.
Sebagai  bahan  masukan dan  pertimbangan  bagi  PT.  Kusumahadi  Santosa  akan  pentingnya  mempertimbangkan  berbagai  macam  aspek  dalam  bauran  promosi  sebagai  upaya  untuk  mempromosikan  dan  meningkatkan penjualan produknya.
3. Bagi pihak lain.
a) Dapat  digunakan  sebagai  bahan  pembanding  dan  menambah  pengetahuan mengenai strategi promosi yang baik.
 E. Metode Penelitian.
Metode penelitian yang digunakan antara lain :.
1. Desain Penelitian .
Menggunakan  desain  penelitian  studi  kasus  yakni  mengambil  dan  memfokuskan  satu  objek  untuk  dianalisis   secaramendalam  serta  menemukan  jawaban  atas  permasalahan  yang  diteliti  yaitu strategi  harga  sebagai  salah  satu  variabel  bauran  pemasaran  yang  diterapkan  PT Kusumahadi Santosa.
2. Objek penelitian.
Penelitian  ini  dilakukan  di  PT  Kusumahadi  Santosa,  Jalan  SoloTawangmangu km 9,4 Jaten-Karanganyar.
3. Jenis dan Sumber Data.
Jenis  data  dalam  penelitian  ini  berupa  data  kualitatif  /  non  numerik,  yaitu  data  yang  berbentuk  kata, kalimat,  skema,  dan  gambar,  seperti  literatur-literatur  serta  teori-teori  yang  berkaitan  dengan  sejarah, sistem,  serta  strategi  harga  sebagai  salah  satu  variabel  bauran  pemasaran  yang  diterapkan  PT  Kusumahadi  Santosa.  Sedangkan  sumber data dalam penelitian ini berupa :.
a) Data Primer.
Data  primer  merupakan  data  yang  diperoleh  secara  langsung  dari  tempat  penelitian  (lokasi  penelitian)  dan  merupakan  data  yang  diperoleh  dari  sumber  pertama yaitu  hasil  wawancara  dan  observasi  yang  berupa  keterangan-keterangan  dari  pihak-pihak  yang  terkait  seperti Kepala Divisi Pemasaran IIdan staff PT Kusumahadi Santosa b) Data Sekunder.
Data  sekunder  merupakan  data  yang  diperoleh  dari  pihak  lain  atau  sumber lain yang bersifat saling melengkapi data primer, dapat berupa  dokumen-dokumen  dan  literature  yang  terkait  dengan  permasalahan  yang akan diteliti. Dan dalam data sekunder ini peneliti menggunakan  literature  berupa  buku-buku  yang  membahas  mengenai  strategi  pemasaran dan bauran pemasaran.
4. Teknik Pengumpulan Data.
a) Observasi.
Merupakan  teknik  pengumpulan  datayang  diperoleh  secara  langsung,  sehingga  dapat  diketahui  kondisi  perusahaan  terutama  yang  berkaitan  dengan  strategi  pemasaran  produk  pada  PT.
Kusumahadi Santosa b) Wawancara.
Metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab  (wawancara)  langsung dengan pihak PT. Kusumahadi Santosa c) Dokumentasi.
Dengan cara melihat dan mempelajari dokumen  dokumen yang  berkaitan dengan strategi pemasaran produk.
d) Studi Pustaka.
Metode pengumpulan data  dengan  cara membaca buku-buku dari  perpustakaan dan sumber lainnya 5. Teknik Pembahasan.
Penelitian  ini  menggunakan  studi  deskriptif,  yaitu  dengan  mengimplementasikan,  menggambarkan,  menjabarkan  keadaan  atau  kondisi  sebenarnya  sesuai  dengan  data-data  dari  perusahaan,  lalu  melakukan  pengumpulan  penafsiran kemudian menarik kesimpulan.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan Bauran Promosi Pada Pt. Kusumahadi Santosa

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi