Selasa, 14 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan Promosi Pada Pt. Bpr Antar Rumeksa Arta Dalam Mencapai Target

   BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  LATAR BELAKANG.
Skripsi Ekonomi: Penerapan Promosi Pada Pt. Bpr Antar Rumeksa Arta Dalam Mencapai Target
Tingkat  persaingan  dunia  usaha  di  Indonesia  sangat  ketat,  karena  setiap  perusahaan  berusaha  untuk  dapat  meningkatkan  pangsa  pasar  dan  meraih  konsumen baru. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat  agar  usahanya  dapat  bertahan  dan  menang  didalam  persaingan,  sehingga  tujuan dan harapan dari perusahaan tersebut dapat tercapai dengan baik.

Perkembangan  ekonomi  nasional  dewasa  ini  menunjukkan  arah  yang  semakin  menyatu  dengan  ekonomi  regional  dan  internasional   yang  dapat  menunjang sekaligus dapat pula berdampak tidak menguntungkan. Sementara itu,  perkembangan ekonomi nasional senantiasa bergerak cepat dengan tantangan yang  semakin kompleks. Oleh karena itu, diperlukan berbagai penyesuaian kebijakan di  bidang  ekonomi  termasuk  sektor  perbankan.  sehinga  diharapkan  akan  dapat  memperbaiki dan memperkuat perekonomian nasional.
Keberadaan  bank  dalam  perekonomian  modern  telah  menjadi  kebutuhan  sehari-hari yang sulit dihindari, karena bank sudah menjadi kebutuhan setiap  orang  dan seluruh lapisan masyarakat. Jika dahulu masyarakat masih dapat menyimpan  uang di dalam rumah, saat ini masyarakat dapat lebih senang menyimpan uang di  bank.  Karena  adanya  jaminan  keamanan  dan  mendapat  bunga  tentunya.  Selain     daripada  itu  masyarakat  yang  membutuhkan  dana  akan  lebih  mudah  datang  ke  bank untuk mengajukan pinjaman kepada bank.
Bank yang ada di Indonesia baik milik pemerintah maupun milik swasta saat  ini sedang berlomba-lomba untuk menyerap dana dari masyarakat. Demikian pula  yang  dilakukan  oleh  BPR  (Bank  Perkreditan  Rakyat)  dalam  merebut  hati  masyarakat,  BPR  sendiri  berorientasi  pada  masyarakat  yang  mempunyai  status  sosial  menengah ke bawah.  Pengertian  BPR dalam  Undang-undang  No 10  tahun  1998  adalah  Bank  yang  dalam  kegiatan  usahanya  secara  konvensional  atau  berdasarkan prinsip syariah dalam kegiatan usahanya tidak memberikan jasa dalam  lalu lintas pembayarannya.
BPR  memiliki  posisi  sebagai  lembaga  intermediasi  dan  penunjang  sistem  perbankan  merupakan  faktor  yang  sangat  menentukan  dalam  proses  penyesuaian  kepada  masyarakat  menengah  ke  bawah.  Pada  umumnya  BPR  memiliki  produk  unggulan  yaitu  Tabungan,  Deposito,  dan  Kredit.  Sehubungan  dengan  hal  ini,  diperlukan penyempuranaan terhadap sistem pemasaran yang telah diterapkan oleh  BPR.  Keberhasilan  perusahaan  perbankan  untuk  meningkatkan  volu me  dan  pencapaian  target  penjualan  diperlukan  juga  adanya  strategi  pemasaran  yang  kompetitif.  Pada  umumnya  masyarakat  kalangan  menengah  ke  bawah  sangat  membutuhkan  produk  pinjaman  kredit  dari  BPR  demi  keperluan  tersendiri.  Oleh     karena  itu,  seiring  ketatnya  persaingan  dalam  dunia  perbankan  maka  BPR  harus  mempunyai strategi pemasaran yang jitu, Salah satunya yaitu kegiatan promosi.
Menurut Lamb, Hair, McDaniel (2001:494) promosi adalah  komunikasi dari  para  pemasar  yang  menginformasikan,  membujuk,  dan  mengingatkan  para  calon  pembeli  suatu  produk  dalam  rangka  mempengaruhi  pendapat  mereka  atau  memperoleh  suatu  respons.  Seiring  dengan  adanya  peningkatan  permintaan  masyarakat dalam hal pinjaman kredit kepada BPR, kegiatan yang paling tepat dan  efektif    harus  dilakukan oleh BPR.  Berdasarkan penelitian sebelumnya dari Satria (2011)  meningkatnya  jumlah  nasabah  mempunyai  hubungan  positif  dengan  variabel bauran promosi.
Kegiatan bauran promosi cukup membantu dalam sebuah perusahaan untuk  lebih  mendekatkan  perusahaan  kepada  konsumen  ataupun  calon  kosumen  d alam  melakukan penjualan. Begitu pula pada PT BPR Antar Rumeksa Arta yang telah  melakukan  kegiatan  tersebut  dengan  adanya  karyawan  marketing  yang  terbagi  menjadi  dua  bagian  yaitu  funding  marketing  yang  bekerja  sebagai  penghimpun  dana  dari  masyarakat  atau  nasabah  dan  juga  lending  marketing  yang  bekerja  mencari  nasabah  untuk  menyalurkan  atau  meminjamkan  uang.  Dari  kegiatan  promosi  yang  dilakukan  oleh  PT.  BPR  Antar  Rumeksa  Arta  diharapkan  dapat  meningkatkan  mutu  dan  kualitas  dari  aktivitas  promosi  yang  telah  dilakukannya  demi mencapai target yang diharapkan perusahaan.      Untuk  mengevaluasi  betapa  pentingnya  kegiatan  promosi  pada  perusahaan  Perbankan khususnya BPR. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang  jasa,  dalam  upaya  untuk  mencapai  target  perusahaan  yang  nantinya  akan  berpengaruh  pada  kelangsungan  hidup  perusahaan  pula.  Maka  penulis  tertarik  melakukan penelitian mengenai  promosi  yang dilakukan PT.  BPR Antar Rumeksa  Arta  dengan  judul  “PENERAPAN  PROMOSI  PADA  PT.  BPR  ANTAR  RUMEKSA ARTA DALAM MENCAPAI TARGET”.
B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan  latar  belakang  masalah  yang  sudah  di  uraikan  diatas,  maka  untuk  mempermudah  dalam    pembahasan,  dapat  dirumuskan  masalah  sebagai  berikut:.
“Jenis  bauran  promosi  apa  saja  yang  diterapkan  oleh  PT    BPR  ANTAR  RUMEKSA  ARTA  dalam  mencapai  target  dan  bagaimana  keefektifan  dari  penerapan bauran promosi tersebut? ”.
C. TUJUAN PENELITAN.
Dari rumusan masalah diatas , maka tujuan dari penelitian ini adalah :.
1.  Untuk  mengetahui  jenis  bauran  promosi  apa  saja  yang  diterapkan  pada  PT.
BPR ANTAR RUMEKSA ARTA.
   2.  Untuk mengetahui dari variabel  apa saja dalam kegiatan bauran promosi yang  memberikan  kontribusi  paling  dominan  dan  efektif  dalam  mencapai  target  perusahaan.
D. MANFAAT PENELITIAN.
1. Bagi Akademisi.
Sebagai  bahan  perbandingan  bagi  penulis  lain  yang  akan  melakukan  penelitian  yang  sejenis  dan  dapat  dijadikan  sebagai  media  latihan  untuk  mengaplikasikan  kembali  teori-teori  yang  pernah  dipelajari  khususnya  mengenai promosi.
2. Bagi Praktisi.
Sebagai  bahan  pertimbangan  bagi  PT.  BPR  ANTAR  RUMEKSA  ARTA untuk  meningkatkan  kegiatan  bauran  promosi  yang  lebih  baik  kepada  konsumen dalam upaya untuk meningkatkan kembali teori-teori yang pernah  dipelajari khususnya mengenai promosi.
E. METODE PENELITIAN.
1.  Desain Penelitian.
Desain  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  studi  kasus,  dimana  pertanyaan  apa,  siapa,  kapan,  dimana,  dan  bagaimana  menjadi     permasalahan  utama  untuk  menjawab  pertanyaan  dalam  bentuk  jawaban  deskriptif.
2.  Obyek Penelitian.
Penelitian  ini  dilakukan  pada  perusahaan  perbankan  PT  BPR  Antar  Rumeksa  Arta  yang  berlokasi  di  Jl.Solo-Tawangmangu  KM  12  Papahan,  Tasikmadu,  Karanganyar.
3.  Jenis dan Sumber Data.
1.  Jenis data .
Jenis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data  kua litatif  dan  kuantitatif,  dimana  data  kualitatif  adalah  data  yang  memuat  gambar  atau  kondisi  perusahaan.  Sedangkan  data  kuantitatif  adalah  data  yang  berupa  perhitungan  atau  angka-angka  misal  persentase,  rata-rata,  dan  perhitungan  statistik lainnya.
2.  Sumber Data.
a)  Data  primer,  merupakan  data  yang  diperoleh  langsung  dari  subjek  penelitian atau perusahaan melaui observasi dan wawancara langsung dari  objek peneitian yang menyangkut topik penelitian.
b)   Data sekunder, merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung dari  perusahaan  yang  berupa  sejarah  perusahaan,  struktur  organisasi,  dan  informasi-informasi lain yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
   Selain  itu  dapat  pula  diperoleh  dari  studi  pustaka  atau  sumber-sumber  yang relevan dengan penelitian.
F. TEKNIK PENGUMPULAN DATA.
1)   Observasi .
Metode  Pengumpulan  data  dengan  melakukan  pengamatan  dan  pencatatan  data secara langsung pada aktivitas pelaksanaan bauran promosi pada PT.
BPR Antar Rumeksa Arta Karanganyar.
2)   Wawancara.
Teknik  dimana  peneliti  mengajukan  pertayaan  kepada  pimpinan  dan  karyawan  pada  perusahaan  tersebut  untuk  mengumpulkan  data  dan  menambah informasi dalam melakukan penelitian.
3)  Studi Pustaka.
Yaitu  dengan  mempelajari  teori-teori  dan  membaca  buku-buku  yang  berhubungan  dengan  penelitian  dan  yg  dapat  mendukung  penelitian  tersebut.
 G. TEKNIK ANALISIS DATA.
Penelitian  ini  menggunakan  analisis  deskriptif,  yaitu  metode  yang  dipergunakan  dalam  memecahkan  masalah  yang  lebih  akurat  yakni  dengan  cara  mengumpulkan data, mengklarifikasi data yang ada untuk dijadikan pertimbangan,  menganalisis, dan menginterpretasikan, dengan menggunakan tabel biaya promosi,  Tabel rencana target  penjualan, tabel  realisasi target  penjualan dari PT. BPR Antar  Rumeksa Arta.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan Promosi Pada Pt. Bpr Antar Rumeksa Arta Dalam Mencapai Target

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi