Rabu, 22 Oktober 2014

Skripsi EKonomi: Penyelesaian Aktivitas Jasa Pengiriman Uang Luar Negeri (Remittance) Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Skripsi EKonomi: Penyelesaian Aktivitas Jasa Pengiriman Uang Luar Negeri (Remittance) Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang. Negara ini  sedang  dalam  tahap  melaksanakan  pembangunan  di  segala  sektor.  Dalam  usaha  mengembangkan  cita-citanya  mencapai  tujuan  yaitu  mewujudkan  masyarakat  yang  adil  dan  makmur,  maka  pemerintah  Indonesia  saat  ini  sangat  aktif  dalam  melakukan  pembangunan  khusunya  di  sektor  perekonomian.  Langkah  awal  pembangunan  ini  adalah  pengembangan  usaha-usaha untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat Indonesia.

Seiring  dengan  pesatnya  pembangunan  di  negara  Indonesia,  dunia  usaha  dan  persaingan  di  negara  berkembang  ini  sangatlah  pesat.  Untuk  memenuhi  kebutuhan  masyarakat  perusahaan  memanfaatkan  pasar  sebagai  sarana interaksi antara perusahaan dengan pelaku usaha. Dalam hal ini para  pelaku  usaha  merasa  terbantu  dengan  adanya  peran  perusahaan  dalam  pengembangan usahanya.
Saat ini salah satu perusahaan yang memberikan layanan jasa adalah  lembaga  keuangan.  Fungsi  lembaga  keuangan  sudah  berkembang  pesat  seiring  dengan  kebutuhan  masyarakat  untuk  memenuhi  keamanan  dan  kenyamanan.  Pada  lembaga  keuangan  awalnya  nasabah  hanya  dapat  menabung  dananya  atau  meminjam  dana  di  bank,  produk  yang  biasa  digunakan masyarakat adalah tabungan, deposito dan giro. Namun dengan    semakin pesatnya persaingan pasar perusahaan dituntut untuk memberikan  pelayanan yang lebih baik kepada para nasabah.
Perkembangan  layanan  perbankan  dan  teknologi  di  Indonesia  selalu  mengalami peningkatan sesuai permintaan pasar, agar masyarakat tetap setia  kepada  perusahaan.  Persaingan  semakin  kuat  apabila  ada  bank  asing  yang  memasuki pasar domestik, karena dengan keadaan ini mereka dapat menjadi  pesaing  bank-bank  nasional  yang  sudah  berdiri  sebelumnya.  Sehingga  perbankan  di  Indonesia  dituntut  untuk  melakukan  inovasi-inovasi  dalam  memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat.
Saat  ini  salah  satu  bank  nasional  yaitu  PT  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  yang  telah  mengepakkan  sayapnya  di  kancah  Internasional  meluncurkan suatu pelayanan jasa terbaru  yaitu remitansi atau pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance).  Berdasarkan  catatan  Indonesian  Dispora  Network (IDN), saat ini terdapat sekitar 8 juta orang Indonesia yang berada  di luar negeri, baik sebagai TKI, pelajar, peneliti, ilmuwan, ataupun sudah  menjadi  penduduk  permanen.  Potensi  nyata  dari  masyarakat  Diaspora  Indonesia  ini  adalah  pengiriman  uang  dari  luar  negeri  ke  Indonesia,  yang  tentunya sebagai sumber devisa negara.
Berkembangnya  pelayanan  kiriman  uang  tunai  (Remittance)  ke  arah  yang  positif  membuat  PT  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  semakin  mengoptimalkan  pelayanan  kepada  nasabahnya.  Adanya  kebutuhan  para  nasabah dan calon nasabah BNI  yang ingin melakukan pembayaran dalam  mata  uang  lokal,  dengan  rate  yang  diberikan  sepanjang  hari.  Walaupun  terjadi fluktuasi nilai di forex market. Hal ini tentunya menjadi keuntungan    lain bagi para pengirim. Sehingga BNI bisa memberikan layanan prima dan  solusi  yang  bernilai  tambah  serta  menjadi  pilihan  utama  bagi  nasabah,  khususnya  kepada  masyarakat  Diaspora  Indonesia  yang  tersebar  diseluruh  dunia maupun masyarakat Surakarta.
Sistem aplikasi yang digunakan PT. Bank Negara Indonesia (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta  itu  adalah   menggunakan  Telex,  SWIFT,  mail,  untuk  saat  ini  BNI  juga  menggunakan  GEIS  (General  Electric  Information  System)  dan  Remittance  Plus.  Selain  itu  BNI  juga  mempunyai  produk  unggulan  dalam  pengiriman  uang  ke  luar  negeri  (Outgoing  Transfer)  yaitu  BNI  Multi  Currencies    yang  dapat  mengcover  pengiriman uang untuk 125 mata uang dengan proses, ketentuan yang tidak  jauh  berbeda  dengan  transaksi  Outgoing  Transfer  biasa,  namun  kelebihan  dalam biayanya adalah lebih murah daripada jasa pengiriman uang lainnya,  karena  BNI  sudah  mempunyai  sistem  sendiri  yang  tidak  melibatkan  jasa  pengiriman uang seperti bank pada umumnya.
Dari  uraian  diatas,  penulis  tertarik  untuk  mengadakan  penelitian  mengenai  layanan  jasa  pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance)  yang  sedang  dikembangkan  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta.  Sehingga  dari  hasil  penelitian  tersebut  penulis  mengambil  judul  “PENYELESAIAN  AKTIVITAS  JASA  PENGIRIMAN  UANG  LUAR  NEGERI  (Remittance)  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  SURAKARTA”.
  B.  Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  maka  rumusan  masalah  dalam  penelitian ini adalah sebagai berikut :.
1.  Apa  saja  persyaratan  dan  prosedur  penentuan  biaya  transaksi  jasa  pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance)  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta?.
2.  Bagaimana  perbandingan  prosedur  transaksi  jasa  pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance)  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta  dengan  jasa  transfer  Western  Union PT Pos Indonesia (Persero)?.
3.  Apa  saja  masalah  yang  dihadapi  dalam  mekanisme  transaksi  pengiriman uang luar negeri (Remittance) dan cara mengatasinya pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta?.
C.  Tujuan Penelitian.
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan  Penelitian ini adalah :.
1.  Untuk mengetahui persyaratan dan prosedur penentuan biaya transaksi  jasa pengiriman uang luar negeri (Remittance) pada PT. Bank Negara  Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta.
2.  Untuk  mengetahui  perbandingan  prosedur  transaksi  jasa  pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance)  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia    (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta  dengan  jasa  transfer  Western Union PT Pos Indonesia (Persero).
3.  Untuk mengetahui masalah yang dihadapi dalam mekanisme transaksi  pengiriman uang luar negeri (Remittance) dan cara mengatasinya pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta.
D.  Manfaat Penelitian.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi  pihak-pihak  sebagai berikut :.
1.  Bagi PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama  Surakarta.
Penelitian  ini  diharapkan  dapat  dijadikan  bahan  pertimbangan  dan  masukan evaluasi pelaksanaan transaksi pengiriman uang luar negeri  untuk meningkatkan kualitas layanan jasa pengiriman uang luar negeri  (Remittance)  yang  lebih  baik  lagi  di  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta.
2.  Bagi penulis.
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan mengenai  pelaksanaan  transaksi  pengiriman  uang  luar  negeri  serta  dapat  digunakan  sebagai  salah  satu  kelengkapan  persyaratan  untuk  dapat  meraih gelar Ahli madya pada Program DIII Keuangan dan Perbankan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  3.  Bagi akademisi dan praktisi.
Penelitian  ini  diharapkan  dapat  dijadikan  sebagai  bahan  referensi  untuk  penyusunan  penelitian  dengan  topik-topik  yang  berkaitan  dengan  masalah  diatas,  atau  sebagai  sumber  informasi  yang  bermanfaat bagi pihak lain sebagai pembaca.
E.  METODE PENELITIAN.
1.  Desain Penelitian.
Penelitian dilakukan langsung pada  PT. Bank Negara Indonesia Tbk.
(Persero)  Cabang  Surakarta  untuk  memperoleh  data  sesuai  dengan  materi yang diteliti.
2.  Obyek Penelitian.
Dalam  penulisan  laporan  Tugas  Akhir  ini  obyek  penelitian  di  PT.
Bank  Negara  Indonesia,  Tbk  (Persero)  Cabang  Surakarta.  Yang  berlokasi di Jalan Arifin No. 2 Surakarta, Jawa Tengah.
3.  Jenis dan Sumber Data.
a.  Jenis Data.
Data  yang  dikumpulkan  yaitu  data  yang  berkaitan  dengan  transaksi  jasa  pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance)  yang  baru  dikembangkan  PT.  Bank  Negara  Indonesia,  Tbk  Cabang  Surakarta.
Jalan Arifin No. 2 Surakarta, Jawa Tengah.
b.  Sumber Data.
1)  Data Primer .
  Data  primer  merupakan  data  yang  diperoleh  dari  para  narasumber langsung diamati dan dicatat untuk pertama kalinya.
Dalam  pengumpulan  data  ini  penulis  mengadakan  pengamatan  dan  peninjauan  langsung  di  PT.  Bank  Negara  Indonesia,  Tbk Cabang  Surakarta,  di  unit  pelayanan  nasabah  bagian  customer  service  yang  melayani  jasa  transaksi  luar  negeri.  Data  yang  diperoleh  berupa  data  mengenai  prosedur  transaksi  jasa  pengiriman  luar  negeri  (Remittance)  yang  baru  dikembangkan  PT. Bank Negara Indonesia, Tbk Cabang Surakarta.
2)  Data Sekunder.
Data sekunder adalah data yang diperoleh dari pustaka literatur dan dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.
4.  Teknik Pengumpulan Data.
Teknik  pengumpulan  data  dalam  penyusunan  Tugas  Akhir  ini  menggunakan 2 macam teknik, yaitu diantaranya :.
a.  Observasi.
Pengumpulan  data  secara  langsung  tentang  data-data  yang  sesuai  dengan penelitian.  Dalam observasi ini penulis melakukan penelitian  kegiatan di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang  Utama  Surakarta  pada  unit  pelayanan  nasabah  khususnya  dibagian  Transaksi  Jasa  Luar  Negeri  untuk  mengamati  prosedur  Transaksi  pengiriman  uang  luar  negeri  (Remittance).  Untuk  proses  pengirimannya penulis melakukan pengamatan di unit pelayanan uang  tunai, karena transaksi tersebut melibatkan Teller untuk mengirim dan    menerima  kiriman  uang.  Sehingga  dengan  melakukan  observasi  tersebut penulis dapat mengetahui bagaimana prosedur transaksi jasa  pengiriman uang luar negeri tersebut.
b.  Wawancara.
Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  cara  tanya  jawab  kepada  pihak  perusahaan  untuk  mendapat  data-data  tentang  perusahaan  khususnya  mengenai  jasa  pengiriman  uang  luar  negeri.  Dengan  teknik  wawancara  ini  untuk  mendapatkan  informasi  dimana  pewawancara  melontarkan  pertanyaan-pertanyaan  untuk  dijawab  oleh  orang  yang  diwawancarai.  Wawancara  tersebut  dilakukan  selama  penelitian  berlangsung  dengan  Penyelia  dan  staf  di  unit  pelayanan  nasabah  bagian customer service yang melayani jasa transaksi luar negeri pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta.
c.  Studi Pustaka.
Pengumpulan data dari berbagai literature, buku-buku dan teori yang  berhubungan dengan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini.
Hal  tersebut  dimaksudkan  sebagai  sumber  acuan  untuk  membahas  teori  yang  mendasari  pembahasan  masalah  dan  analisi  data  dalam  penelitian ini, serta menelaah penelitian ini.
5.  Teknik Pembahasan.
Teknik  pembahasan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis  deskriptif  yaitu  analisis  yang  dilakukan  dengan  cara  membandingkan data-data yang ada kemudian melakukan uraian dan  penafsiran untuk menarik suatu kesimpulan.

 Skripsi EKonomi: Penyelesaian Aktivitas Jasa Pengiriman Uang Luar Negeri (Remittance) Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi