Rabu, 22 Oktober 2014

Skripsi EKonomi: Perkembangan Dan Strategi Pemasaran Pembiayaan Talangan Haji Btn Ib Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

   BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi EKonomi: Perkembangan Dan Strategi Pemasaran Pembiayaan Talangan Haji Btn Ib Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
Perkembangan  aktivitas  ekonomi  masyarakat  cenderung  meningkat  terkait  dengan  keberadaan  perbankan,  hal  ini  dapat  dibuktikan  dari  jumlah  perbankan  di  Indonesia dan aktivitas intermediasi yang dilakukan. Salah satu aktivitas intermediasi  yang dilakukan adalah produk pembiayaan talangan haji.

Di  Indonesia  produk  pembiayaan  talangan  haji  terutama  pada  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah  Solo  dilakukan  dengan  menggunakan akad  Qardh. Hal ini didasarkan pada  Fatwa  Dewan Syariah Nasional  MUI  Nomor  29/DSN-MUI/VI/2002  tentang  pembiayaan  pengurusan  haji  oleh  Lembaga Keuangan Syariah.
Perkembangan  transaksi  produk  pembiayaan  talangan  haji  BTN  iB  pada  PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo mulai pada  akhir tahun 2011 tepatnya November 2011. Pada kasus ini, pembiayaan talangan haji  BTN iB bertendensi dengan jumlah nasabah pembiayaan talangan haji BTN iB pada  tahun 2011 sebanyak 13 nasabah, tahun 2012 sebanyak 226 nasabah dan pada tahun  2013  mengalami  penurunan  manjadi  82  nasabah.  Hal  tersebut  dikarenakan  adanya  peraturan  baru  yaitu  Keputusan  Direktur  Jendral  Penyelenggaraan  Haji  dan  Umrah  Nomor  D/303  tahun  2013  tentang  Petunjuk  Teknis  Pelaksanaan  Ketentuan  Bank  Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Bab I Pasal 1 Ayat 6 dengan  ketentuan jangka waktu  pengembalian pembiayaan  talangan haji maksimal hanya   i tahun dengan tujuan untuk membatasi kuota porsi haji agar calon jama’ah haji tidak  perlu menunggu antrian terlalu lama.
Perkembangan  jumlah  nasabah  pembiayaan  talangan  haji  BTN  iB  pada  PT.
Bank Tabungan  Negara  (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo didukung oleh  strategi  pemasaran  yang  diterapkan.  Strategi  tersebut  adalah  sosialisasi  kepada  masyarakat tentang manfaat dan keuntungan menggunakan pembiayaan talangan haji  BTN  iB  dengan  cara  penyebaran  brosur  dan  spanduk  talangan  haji  BTN  iB,  serta  menjalin  kerjasama  dengan  Lembaga  Keuangan  Syariah  perbankan  maupun  non  perbankan untuk memasarkan produk Pembiayaan Talangan Haji BTN iB.
Pemasaran  memiliki  peran  penting  dalam  pertumbuhan  dan  pembangunan  ekonomi  seperti  halnya  yang  dikemukakan  oleh  Philip  Kotler  &  Gary  Armstong  (2008,7), pemasaran adalah sebagai proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi  pelanggan  dan  membangun  hubungan  yang  kuat  dengan  pelanggan  dengan  tujuan  untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.
Pertambahan penduduk umat islam di Indonesia dari tahun ke tahun semakin  meningkat dan sebagai  umat muslim ada rukun  islam  yang wajib dijalankan. Salah  satunya  adalah menunaikan ibadah haji  yang  hukumnya wajib dijalankan bagi setiap  muslim  yang  mampu.  Hal  tersebut  yang  mendorong  seluruh  umat  islam  untuk  menunaikan  ibadah  haji.  Namun  keinginan  tersebut  tidak  mudah  dilakukan  karena  adanya kendala keterbatasan  kuota haji. PT. Bank Tabungan Negara (Persero)  Tbk.
Kantor  Cabang  Syariah  meluncurkan  produk  pembiayaan  “Talangan  haji  BTN  iB”,  dalam rangka untuk memberikan kepastian keberangkatan haji. Pembiayaan talangan    xix haji  merupakan  pembiayaan  dana  talangan  dari  bank  kepada  nasabah  untuk  memenuhi  biaya  setoran  awal  BPIH  yang  ditentukan  oleh  Departemen  Agama  (DEPAG) guna  memperoleh seat  haji, yang didaftarkan secara  online  melalui Sistem  Komputerisasi  Terpadu  (SISKOHAT).  Pembiayaan  ini  berdasarkan  prinsip  akad  Qardh.
Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  maka  judul    penelitian  tugas  akhir  ini  adalah:  “PERKEMBANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN  PEMBIAYAAN  TALANGAN  HAJI  BTN  iB  PADA  PT.  BANK  TABUNGAN  NEGARA  (PERSERO) Tbk. KANTOR CABANG SYARIAH SOLO”.
B. Rumusan Masalah.
Berdasarkan uraian  latar belakang masalah,  dapat dirumuskan penulis sebagai  berikut:.
1.  Bagaimana  Dasar  Hukum  Pembiayaan  Talangan  Haji  BTN  iB  pada  PT.  Bank  Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo?.
2.  Bagaimana  Perkembangan  Pembiayaan  Talangan  Haji  BTN  iB  pada  akhir  tahun  2011−2013  pada  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah Solo? .
3.  Bagaimana  Strategi  Pemasaran  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah  Solo  untuk  Menarik  Minat  Masyarakat  terhadap  Pembiayaan  Talangan Haji BTN iB?.
  xx C.  Tujuan Penelitian.
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah:.
1.  Untuk mengetahui dasar hukum pembiayaan talangan haji  BTN iB pada PT. Bank  Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo.
2.  Untuk menganalisis perkembangan pembiayaan talangan haji BTN iB pada akhir  tahun 2011-2013 pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang  Syariah Solo.
3.  Untuk  menganalisis  strategi  pemasaran  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.
Kantor  Cabang  Syariah  Solo  untuk  menarik  minat  masyarakat  terhadap  pembiayaan talangan haji BTN iB.
D.  Manfaat Penelitian.
1.  Bagi Penulis.
  Sebagai  wahana/  prasarana  penerapan  ilmu  ekonomi  yang  diperoleh  pada  perbankan syariah.
  Menambah  wawasan  tentang  dunia  perbankan  terkait  tentang  pembiayaan  talangan haji.
2.  Bagi Pembaca.
  Sebagai sarana informasi tentang produk pembiayaan talangan haji.
  Sebagai bahan informasi tentang kebijakan pembayaran pembiayaan talangan  haji BTN iB.
  xxi 3.  Bagi Perusahaan.
  Sebagai dokumen evaluasi produk pembiayaan talangan haji.
  Sebagai  sarana  kebijakan  pengembangan  pemasaran  produk  pembiayaan  talangan haji BTN iB.
E.  Metode Penelitian.
1.  Lokasi Penelitian.
Lokasi  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah  Solo  yang  beralamat  di  Jalan  Brigjend  Slamet Riyadi No. 322 Solo.
2.  Jenis Penelitian.
Penelitian  ini  menggunakan jenis penelitian kualitatif,  yaitu penelitian berdasarkan  keterangan atau data kualitatif yang diberikan oleh perusahaan.
3.  Obyek Penelitian.
Objek  penelitian  adalah  sebuah  Badan  Usaha  Milik  Negara,  yaitu  PT.  Bank  Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo.
4.  Jenis Data yang digunakan.
a.  Data Primer.
Data Primer yaitu data yang sumbernya langsung diperoleh dari obyek penelitian  (PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Solo).  Data    xxii tersebut  meliputi:  gambaran  umum  instansi,  data  yang  berhubungan  dengan  pembiayaan  pada  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah Solo, dan wawancara pada pihak bank.
b.  Data Sekunder.
Data  Sekunder  diperoleh  dari  dokumen  PT.  Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah  Solo.  Data  tersebut  meliputi,  dasar  hukum  dan  perkembangan produk pembiayaan talangan haji BTN iB.
5.  Metode Pengumpulan Data.
a.  Wawancara.
Wawancara  dilakukan  untuk  memperoleh  informasi  terkait  dengan  strategi  pemasaran produk pembiayaan talangan haji BTN iB pada PT. Bank Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah  Solo.  Wawancara  dilakukan  dengan  karyawan  BTN  Syariah  Solo  bagian  Customer  Service  Financing PT.Bank  Tabungan  Negara  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Surakarta  yaitu  Bapak Aris Kun Cahyono. Outlined wawancara terlampir.
b.  Observasi.
Observasi  dilakukan  untuk  mengetahui  bagaimana  pelaksanaan  produk  pembiayaan talangan haji BTN iB pada PT.  Bank Tabungan Negara (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Syariah  Solo.  Observasi  ini  dilakukan  selama  penulis  melakukan kegiatan magang.
 xxiii 6.  Metode Analisis.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis  deskriptif.  Analisis  deskriptif  yaitu  penelitian  yang  dilakukan  dengan  cara  membandingkan  data-data  yang  ada  kemudian  melakukan  uraian  dan  penafsiran  untuk menarik suatu kesimpulan.

 Skripsi EKonomi: Perkembangan Dan Strategi Pemasaran Pembiayaan Talangan Haji Btn Ib Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Download lengkap Versi PDF

1 komentar:

pesan skripsi