Selasa, 21 Oktober 2014

Skripsi Ekonomi: Prosedur Pembiayaan Hunian Syariah Pada Pt. Bank Muamalat Tbk. Kantor Cabang Surakarta

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  LATAR BELAKANG.
Skripsi Ekonomi: Prosedur Pembiayaan Hunian Syariah Pada Pt. Bank Muamalat Tbk. Kantor Cabang Surakarta
Perkembangan  perbankan  syariah  pada  saat  ini  mengalami  peningkatan  yang  cukup  besar,  karena  banyak  perbankan  yang  semula  hanya  berdiri  dengan  sistem  konvensional  sekarang  merambah  dengan  sistem  syariah,  hal  ini  membuktikan  bahwa  perbankan  syariah  sudah  menjadi  alternatife  masyarakat  umum  dalam  mengalokasikan  dananya  dan  menjadi  partner  dalam  pembiayaan  tanpa ada unsur bunga. 
Pada tahun 2012 perbankan syariah mempunyai jaringan  sebanyak 11 Bank Umum Syariah (BUS), 24 Unit Usaha Syariah (UUS), dan 155  BPRS  dengan  total  jaringan  kantor  sebanyak  2.380  yang  tersebar  diseluruh  nusantara  (BI,statistika  perbankan  syariah),mengingat  85%  dari  penduduk  Indonesia beragama islamyang  juga mempengaruhi perkembangan bank syariah di  Indonesia. Selain hal-hal tersebut upaya pengembangan bank syariah tidak cukup  berlandaskan  kepada  aspek-aspek  legal  dan  peraturan  perundang-undagan  tetapi  juga  harus  berorientasi  kepada  pasar  atau  masyarakat  sebagai  pengguna  jasa  (konsumen)  lembaga  perbankan  (Rivai  dkk,  2010:2),  dimana  perbankan  adalah  lembaga  intermediary  yang  tugas  utamanya  adalah  menghimpun  dana  dan  menyalurkan  kembali  kepada  masyarakat  dalam  bentuk  kredit  maka  perbankan  harus  bisa  melaksanakan  tugas  tersebut  dengan  baik  dan  berupaya  memberikan  kemudahan pelayanan kepada masyarakat umum.
  Bank Muamalat adalah bank yang berdiri pertama kali di Indonesia dengan  sistem syariah (murni syariah), dimana pada saat itu menjadi tolak ukur bagi bankbank  lain  dalam  memberikan  pembiayaan  sesuai  dengan  prinsip  syariah  (Karim,  2004:24).Bank  Muamalat  mejalankan  tugasnya  sebagai  bank  syariah  dengan  memberikan  produk-produk  yang  dibutuhkan  masyarakat  tanpa  ada  unsur  bunga  (interest)  yang  pada  akhirnya  tidak  membebankan  masyarakat  terutama  pada  nasabah  yang  tergolong  berpenghasilan  rendah  (low  income).Tujuan  utama  perbankan Islam ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi umat serta  membina  semangat  ukhuwah  islamiyah  melalui  kegiatan  ekonomi  (Susana  dan  Prasetyanti, 2011:2).
Perbankan konvensional maupun syariah  pada saat ini  saling berkompetisi  untuk menghadirkan produk-produk pembiayaan bagi masyarkat salah satu produk  pembiayaan  yang saat ini banyak diminati adalah produk KPR , dimana produk  ini  memberikan  pembiayaan  untuk  renovasi,  pembelian  bahan  material  dan  pembelian rumah. Karena banyaknya minat masyarakat pada produk KPR,  banyak  perbankan  yang  memberikan  pembiayaan  tersebut  dalam  produknya  tetapi,  pada  bank  konvensional  pemberian  KPR  ini  diterapakan  denganmenetapkan    bunga  (interest  )  yang  tinggi  sehingga  membebankan  masyarakat  itu  sendiri.  Bank  Muamalat  saat  ini  juga  telah  memberikan  produk  pembiayaan  KPR  ib   dengan  nama  Hunian  Syariah  dimana  dalam  pembiayaan  yang  dilakukan  berdasarkan  prinsip syariah yaitu dengan pilihan akad murobahah dan musyarakah.
  Produk  Hunian  Syariah  ini  banyak  diminati  masyarakat  umum  karena  memberikan berbagai kemudahan pembiayaan tidak hanya untuk renovasi rumah  tetapi  juga  untuk  pembelian  atau  renovasi  gedung  perkantoran  sesuai  dengan  prinsip-prinsip syariah dan peraturan yang  berlaku.  Produk hunian syariah di bank  Muamalat cabang Surakarta saat ini per tahun mengalami peningkatan, pada tahun  2012 jumlah nasabah Hunian Syariah sebanyak 440 nasabah, dan pada tahun 2013  meningkat  menjadi  500  nasabah.  Pada  KPR  ib  dimuamalat  ini  masyarakat  bisa  hanya DP sebesar 10  % dan sisanya  oleh pihak bank, sehingga masyarakat yang  ingin  merenovasi  atau  membeli  rumah  tetapi  tidak  memiliki  dana  yang  cukup  dapat mengajukan  permohonan  pembiayaan melalui produk tersebut. Berdasarkan  latar  belakang  diatas  maka  peneliti  memberikan  judul  “PROSEDUR PEMBIAYAAN  HUNIAN SYARIAH PADA PT. BANK MUAMALAT Tbk.
KANTOR CABANG SURAKARTA.”.
B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan masalah-masalah  sebagai berikut :.
1.  Bagaimana  prosedur  pembiayaan  Hunian  Syariah  di  Bank  Muamalat  Kantor  Cabang Surakarta ?.
2.  Apa  saja  kelebihan  dan  kekurangan  pada  pembiayaan  Hunian  Syariah  Bank  Muamalat Kantor Cabang Surakarta ?.
  C. TUJUAN PENELITIAN .
Berdasarkan  masalah-masalah  diatas  diharapkan  dapat  memberikan  jawaban  atas permasalahan tersebut :.
1.  Untuk  mengetahui  prosedur  pembiayaan  Hunian  Syariah  di  Bank  Muamalat  Kantor Cabang Surakarta.
2.  Untuk mengetahuikelebihan dan kekuranganpada pembiayaan Hunian  Syariah  Bank Muamalat Kantor Cabang Surakarta.
D. MANFAAT PENELITIAN.
Sesuai dengan tujuan penelitian diatas maka penulis berharap penelitian ini  dapat  memberikan  manfaat  dan  masukan  bagi  para  pihak-pihak  yang  berkepentingan yaitu :.
1.  Bagi Instansi.
Perbankan  syariah dapat mengevaluasi dan memperbaiki jalanya pembiayaan  Hunian  Syariah  pada  bank  muamalat  kantor  cabang  Surakarta,  sehingga  nantinya akan lebih dapat meningkatkan pembiayaan tersebut.
2.  Bagi Mahasiswa.
Untuk  dapat  menambah  wawasan  dan  mengetahui  bagaimana  prosedur  pemberian Hunian Syariah yang telah diterapkan oleh perbankan syariah.
3.  Bagi Pembaca .
  Melalui  penulisan  ini  diharapkan  menjadi  salah  satu  informasi  dan  dapat  dijadikan sumber referensi untuk penelitian lebih lanjut untuk masa yang akan  datang.
4.  Bagi Masyarakat Umum.
Dapat  memberikan  informasi  mengenai  Hunian  Syariah  sehingga  masyarakat  bisa  mengetahui  apa  saja  hal-hal  yang  dilakukan  untuk  dapat  melakukan pengajuan pembiayaan Hunian Syariah tersebut.
E.  METODE PENELITIAN.
Dalam  penulisan  ini  peneliti  menggunakan  metode  pengumpulan  data  sebagai berikut:.
1. Objek Penelitian .
Penelitian  dilakukan  dengan  proses  magang  kerja  mahasiswa  pada  Bank  Muamalat Kantor CabangSurakarta.
2. Jenis dan Sumber Data.
a. Data Primer.
Data  Primer  merupakan  data   yang  diperoleh  secara  langsung  pada  sumbernya yaitu di Bank Muamalat Kantor Cabang Surakarta, dimana datadata  yang  diperoleh  berhubungan  dengan  pembiayaan  yang  sesuai  dengan  objek penelitian.
b. Data Sekunder.
  Data Sekunder merupakan data yang diperoleh dari  sumber lain yang  berkaitan dengan penelitian yaitu melalui studi kepustakaan, dan dokumendokumen yang mendukung dalam penelitian.
3. Teknik Pengumpulan Data.
a. Studi Lapangan .
Teknik  pengumpulan  data  yang  dilakukan  peneliti  untuk  memperoleh  data primer yang dilakukan secara langsung pada objek yang diteliti sehingga  mendapatkan  informasi  dan  data-data  yang  akurat.  Untuk  mendapatkan  informasi dan data-data tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan  data sebagai berikut:.
1). Observasi .
Metode  observasi  merupakan  metode  pengumpulan  data  yang  dilakukan dengan cara mengamati langsung pada objek yang akan diteliti  melalui  kegiatan  magang  kerja  pada  Bank  Muamalat  Kantor  Cabang  Surakarta.
2). Wawancara.
Metode wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan  proses mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada karyawan perusahaan  bank sesuai dengan bidang yang diteliti.
b. Studi Kepustakaan.
Teknik  pengumpulan  data  yang  diperoleh  peneliti  melalui  studi  kepustakaan  ini  bertujuan  untuk  memperoleh  data  sekunder  dengan  cara  mengumpulkan data yang berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan  penelitian.
4. Teknik Analisis Data.
Teknik penganalisaan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif  yaitu  penelitian  yang  dilakukan  dengan  membandingkan  data-data  yang  ada  kemudian  melakukan  uraian  dan  penafsiran  untuk  menarik  suatu  kesimpulan.
Penelitian  deskriptif  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  apa-apa  yang  saat  ini  berlaku.Didalamnya  terdapat  upaya  mendeskripsikan,  mencatat,  analisis  dan  menginterprestasikan  kondisi-kondisi  yang  sekarang  ini  terjadi  atau  ada  (Mardalis, 2007).

 Skripsi Ekonomi: Prosedur Pembiayaan Hunian Syariah Pada Pt. Bank Muamalat Tbk. Kantor Cabang Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi