Rabu, 12 November 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis anteseden perilaku niat membeli pelanggan KFC Solo Square

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.   Latar Belakang Masalah .
 Skripsi Ekonomi: Analisis anteseden perilaku niat membeli pelanggan KFC Solo Square
Peningkatan  konsisten  dalam  keragaman  budaya  dan  etnis  di  Amerika  Serikat  telah  mengakibatkan  berbagai  kemakmuran  restoran  etnis  di pasar jasa makanan AS (Liu dan Jang, 2009a). Hal tersebut juga terjadi di  Indonesia,  dimana  perilaku  konsumtif  masyarakat  seiring  dengan  pemenuhan  atas  harapan  mereka  atas  persepsi  dari  kualitas  layanan  yang  diberikan  oleh  pihak  penyedia  jasa.Ryu,  Lee,  and  Kim,(2012)  berpendapat  rasa  yang  baik,kesesuaian  nilai  yang  dirasakan  pelanggan  atas  harga,  dan  popularitas masakan cepat sajisemakin menjadi tolak ukur konsumen.

Saat ini, pelanggan tidak lagi bersedia mengorbankan layanan  yang  buruk atau lingkungan makan (atmosfer)  yang memiliki kesan kurang baik  dalam  usaha  untuk  mencari  pengalaman  eksotis  di  restoran  etnis.
Pengalaman  bersantap  yang  sangat  baik  secara  keseluruhan  melalui  makanan  yang  sangat  baik  dalam  hubungannya  dengan  suasana  yang  nyaman dan layanan berkualitas tinggi yang harus dicapai untuk memenuhi  kepuasan mereka. Secara empiris  telah di uji apabila  pelanggan di segmen  ini  (makanan  cepat  saji)  terutama  didorong  oleh  kualitas  makanan,  atmospherics/ lingkungan,  dan kualitas kerja karyawan (Ryu, Lee, and Kim,  2012).
  Kualitas  layanan  dan  kepuasan  pelanggan  telah  menjadi  prioritas  pemasaran  yang  paling  inti  karena  faktor  adalah  prasyarat  dari  loyalitas  konsumen,  seperti  pembelian  kembali  (repurchase)  dan  positif  word-ofmouth  (Han dan Ryu, 2009, Liu dan Jang, 2009b).  Pada pangsa  pasar yang  sangat  kompetitif  saat  ini,  secara  umum  diasumsikan  bahwa  kunci  untuk  mendapatkan  keuntungan  terletak  dalam  memberikan  layanan  berkualitas  tinggi yang akan, pada gilirannya, menyebabkan pelanggan yang puas (Han  dan  Ryu,  2007).  Secara  khusus,  dalam  industri  restoran,  pelanggan  umumnya  menggunakan  faktor  makanan,  lingkungan  fisik,  dan  layanan  karyawan  sebagai  komponen  kunci  dari  pengalaman  restoran  dalam  mengevaluasi  kualitas  layanan  restoran  (Chow,.  Lau,.  Lo.,  Sha,.  and  Yun,  2007; Namkung dan Jang, 2008, Ryu dan Han, 2010). Kombinasi yang tepat  dari atribut-atribut penting harus menghasilkan persepsi pelanggan layanan  restoran  berkualitas  tinggi,  yang  pada  gilirannya  harus  meningkatkan  kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan di industri restoran.
Berbagai  literatur  telah  membahas  dampak  dari  citra  organisasi  (penyedia  layanan)terhadap  perilaku  konsumen,  terutama  pada  loyalitas  konsumen di sektor jasa (Andreassen dan Lindestad, 1998). Beberapa studi  sebelumnya  telah  menemukan  bahwa  kualitas  yang  dirasakan  dari  lingkungan  fisik  (Baker,.  Grewal,.  and  Parasuraman,  1994;  Nguyen  dan  Leblanc, 2002) atau kualitas layanan (Lai,. Griffin,. and Babin,  2009) secara  signifikan  dapat  mempengaruhi  citra  toko/perusahaan.  Imageini  dapat  memiliki  pengaruh  pada  persepsi  nilai  yang  dirasakan  pelanggan  dan    kepuasan,  yang  pada  akhirnya  mempengaruhi  kesetiaan  mereka/konsumen (Lai  et  al,  2009;  Patterson  dan  Spreng,  1997;  Prendergast  dan  Man,  2002;  Ryu,. Lee,. and Kim, 2012).
Beberapa studi telah meneliti untuk mengidentifikasi anteseden dan  konsekuensi  dari  citra,  khususnya  citra  restoran  dalam  kaitannya  dengan  pengalaman  restoran.Meskipun  pentingnya  kualitas  jasa  makanan,  secara  akademis dan manajerial relatif hanya tahu sedikit tentang bagaimana efek  gabungan  dari  kualitas  layanan  restoran  (lingkungan  fisik,  makanan,  dan  pelayanan) dalam meningkatkan citra restoran, persepsi nilai yang dirasakan  pelanggan, dan kepuasan pelanggan, yang pada akhirnyaakan mempengaruhi  perilaku  konsumenatau  sikap  loyalitas  pelanggan(Ryu,  Lee,  and  Kim,  2012).Secara  khusus,  dari  pengetahuan  Ryu,  Lee,  and  Kimbelum  ada  penelitian  sebelumnya  yang  telah  meneliti  hubungan  antara  tiga  dimensi  kualitas pelayanan restoran (lingkungan fisik, makanan, dan pelayanan) dan  citra restoran (menurut Ryu, Lee, and Kim, 2012). Selain itu, efek gabungan  dari  tiga  anteseden  pada  nilai  yang  dirasakan  pelanggan  jarang  diteliti  meskipun nilai pelanggan  yang dirasakan adalah penentu fundamental dari  kepuasan  pelanggan.  Maka  dari  itu  penelitian  ini  merupakan  penelitian  lanjutan dari penelitian yang dilakukan Kisang Ryu, Hye-Rin Lee, Woo Gon  Kim mereplikasi model terpadu yang secara eksplisit menganalisa efek dari  tiga  komponen  dari  restoran  kualitas  layanan  (lingkungan  fisik,  makanan,  dan pelayanan) pada citra restoran, persepsi nilai yang dirasakan pelanggan,  kepuasan pelanggan, dan perilaku niat di segmen restoran KFC.     B.   Perumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  permasalah  tersebut,  maka  dapat  dirumuskan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:.
1.  Apakah  Kualitas  lingkungan  fisikberpengaruh  signifikan  positif  dalam  menciptakan Citra RestoranKFC Solo Square?;.
2.  Apakah  Kualitas  makananberpengaruh  signifikan  positif  dalam  menciptakan Citra RestoranKFC Solo Square?;.
3.  Apakah  Kualitas  makanan  berpengaruh  signifikan  positif  dalam  menciptakan Citra RestoranKFC Solo Square?;.
4.  Apakah  Kualitas  lingkungan  fisik  berpengaruh  signifikan  positif  dalam  membangun Persepsi NilaiKFC Solo Square?;.
5.  Apakah  Kualitas  makanan  berpengaruh  signifikan  positif  dalam  membangun Persepsi NilaiKFC Solo Square?;.
6.  Apakah  Kualitas  Pelayanan  berpengaruh  signifikan  positif  dalam  membangun Persepsi NilaiKFC Solo Square?;.
7.  Apakah Citra Restoranberpengaruh signifikan positif dalam membangun  Persepsi NilaiKFC Solo Square?;.
8.  Apakah Citra Restoranberpengaruh signifikan positif dalam membangun  Kepuasan Pelanggan KFC Solo Square?;.
9.  Apakah Persepsi Nilaiberpengaruh signifikan positif dalam membangun  Kepuasan Pelanggan KFC Solo Square?;.
10.  Apakah  Kepuasan  Pelangganberpengaruh  signifikan  positif  dalam  membangun Niat Perilaku KFC Solo Square?.
  C.   Tujuan Penelitian.
Berdsasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan tersebut maka  tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:.
1.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Kualitas  lingkungan  fisik  terhadap  Citra RestoranKFC Solo Square;.
2.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Kualitas  makanan  terhadap  Citra  Restoran KFC Solo Square;.
3.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Kualitas  pelayanan  terhadap  Citra  Restoran KFC Solo Square;.
4.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positifKualitas  lingkungan  fisikterhadap  Persepsi Nilai KFC Solo Square;.
5.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Kualitas  makanan  terhadap  Persepsi Nilai KFC Solo Square;.
6.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Kualitas  pelayanan  terhadap  Persepsi Nilai KFC Solo Square;.
7.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positifCitra  Restoranterhadap  Persepsi  Nilai KFC Solo Square;.
8.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Citra  Restoranterhadap  Kepuasan  Konsumen KFC Solo Square;.
9.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positif  Persepsi  Nilaiterhadap  Kepuasan  Konsumen KFC Solo Square;.
10.  Untuk  mengetahui  pengaruh  positifKepuasan  Konsumenterhadap  Niat  Perilaku KFC Solo Square.
D.   Manfaat Penelitian.
Studi  ini  penting  baik  secara  teori  maupun  praktis.  Penelitian  ini  mencoba  untuk  mengembangkan  model  konseptual  yang  secara  eksplisit  menganalisa  pengaruh  dari  tiga  faktor  kualitas  pelayanan  restoran  (yang  meliputi:  lingkungan  fisik,  makanan,  dan  layanan)  pada  citra  restoran  dan  persepsi  nilai  yang  dirasakan  pelanggan.  Praktis,  penelitian  ini  dapat  memberikan  wawasan  ke  dalam  berbagai  peran  penting  dari  tiga  dimensi  kualitas  layanan  restoran  pada  persepsi  pelanggan  terhadap  citra  restoran,  persepsi  nilai  yang  dirasakan  pelanggan,  kepuasan  pelanggan  dan  perilaku  loyalitas pelanggan bagi pemilik restoran (pengusaha).

 Skripsi Ekonomi: Analisis anteseden perilaku niat membeli pelanggan KFC Solo Square

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi