Senin, 03 November 2014

Skripsi Ekonomi: Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi

 BAB I.
PENDAHULUAN.
1.1. LATAR BELAKANG.
Skripsi Ekonomi: Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi
Perkembangan  teknologi  komunikasi  yang  sangat  pesat  memberikan  pengaruh  yang  sangat  besar  bagi  perusahaan  jasa  telekomunikasi  Indonesia. Salah  satu  perkembangan  teknologi  telekomunikasi  adalah  perkembangan  telekomunikasi seluler. Semakin banyaknya jumlah operator seluler diIndonesia  mengindikasikan   persaingan  antar  operator  menjadi  semakin  ketat.  Berbagai  macam  strategi  dilakukan  operator  seluler  untuk  menarik  konsumen  supaya  tertarik menggunakan produk mereka. Fenomena persaingan yang terlihat dalam  pasar  seluler  Indonesia adalah  perang tarif  antar  operator  seluler  atau  disebut  sebagai  era  perang tarif  dimana  operator  seluler  berlomba  menawarkan  tarif  murah  bagi  pelanggan.  Era  perang  tarif  seluler  mendorong  pelanggan  terus  mencoba  layanan baru, khususnya yang lebih murah. Masyarakat akan pindah  ketika  merasa  ada  biaya  dan  skema  tarif  yang  lebih  menguntungkan  (www.bisnis.com,2013).

Tidak semua operator tertarik untuk memberikan tarif yang murah. Pada  industri  telekomunikasi  dan  seluler  ada  lima  parameter  dasar  yang  menjadi  rujukan,  yakni coverage,  kualitas  jaringan,  kualitas  layanan,  value  added  services,  dan  tarif  (www.republika.co.id).  Dengan  merujuk  pada  kelima  parameter  tersebut,  tarif  bukanlah  merupakan  hal  yang  mendasar.  Telkomsel   termasuk  operator  yang  tidak  melakukan banting  harga.  Telkomsel  lebih  mengedepankan  kenyamanan  berkomunikasi  dan  manfaat  (benefit)  yang  bisa  dinikmati  oleh  para  pelanggannya.  Dengan  mengimplementasikan  teknologi  terkini  yang  handal  memungkinkan  layanan  Telkomsel  menghadirkan  keunggulan  kompetitif  melalui  berbagai inovasi  fitur  nilai  tambah (Value  Added  Services), seperti: Mobile Wallet T-Cash, Telkomsel Flash, Remittance(Transfer  Uang  di  Luar  Negeri), Mobile  Broadband,  Push  Email,  Blackberry,  Video  Surveillance, Mobile Banking, danm-Music(www.telkomsel.com,2013).
Dalam penelitian ini kartu GSM merk Simpati dari Telkomsel merupakan  obyek  penelitian  yang  dipilih.  Telekomunikasi  Selular  (Telkomsel),  anak  usahaPT.  Telekomunikasi  Indonesia  Tbk(TLKM),  menargetkan  jumlah  pelanggan datasebesar 70 juta terhadap total pelanggan pada tahun 2012 atau  naik  48,9%  dibandingkan  jumlah  pelanggan  data  tahun  2011  sebesar  47  juta  pelanggan.  Per  Agustus  tahun  2012  jumlah  pelanggan  Telkomsel  sudah  lebih  dari  120  juta  pelanggan.  Sekitar  50%  pelanggan  atau  60  juta pelanggan  merupakan pengguna kartu Simpati,  sebesar 2,2 juta pelanggan menggunakan  kartu Halo, dan 57,5 juta menggunakan kartu As (www.britama.com,2013).
Sebagai market  leader dengan  pangsa  pasar  terbesar,  penting  bagi  Telkomsel  untuk  mempertahankan  loyalitas  pelanggannya  agar  tidak  berpaling  ke  operator  lain.
telekomunikasi kehilangan 2-4 % pelanggan mereka per bulan, pelanggan yang  tidak  setia  akan  mengurangi  jutaan  pendapatan  dan  keuntungan  yang  Oleh karena itu alternatif yang lebih baik adalah melakukan berbagai   upaya  untuk  mempertahankan  pasar  yang  sudah  ada,  salah  satunya  adalah  melalui usaha meningkatkan kesetiaan pelanggan.
Mempertahankan  pelanggan  membantu  perusahaan  memprediksi  profitabilitasnya  dan  merupakan  alat  manajemen  yang  baik  untuk  mengukur  kesuksesan  kualitas  dan  program  layanan  jasa  perusahaan.  Dalam  konteks  bisnis,  loyalitas  dijelaskan  sebagai  keinginan  konsumen  untuk  berlangganan pada  perusahaan  untuk  jangka  waktu  yang  lama,  membeli  dan  menggunakan  produk  dan  jasa  perusahaan  berulang  kali,  dan  merekomendasikan  produk  perusahaan kepada orang lain (Lovelock dan Wirtz, 2004).
Seiring  dengan  berjalannya  waktu  dan  semakin  meningkatnya persaingan, kartu  perdana  selular  pun  menjadi  semakin  murah  sehingga  meningkatkankemungkinan  pelanggan  untuk  berganti-ganti  kartu  atau  disebut  churn (kartu hangus).  Dengan  adanya  kemungkinan  pelanggan churn,  maka  semakin jelas  bahwa  perusahaan  memerlukan usaha  yang  lebih  baik  dalam  memikatpelanggan.Berdasarkan  hal  tersebut  maka  loyalitas  pelanggan  kartu  GSM merk Simpati menarik untuk diteliti.
Model  yang  dikonstruksi  bertumpu  pada  empat  variabel  yaitu  persepsi  kualitas  layanan  (perceived  service  quality),  kepercayaan  (trust),  kepuasan  pelanggan (customer satisfaction), loyalitas  pelanggan (customer loyalty). Pada  dasarnya,  definisi persepsi  kualitas  layananberfokus  pada  upaya  pemenuhan  kebutuhan  dan  keinginan  pelanggan  serta  ketepatan  penyampaian  untuk  mengimbangi  harapan  pelanggan,  oleh  Parasuraman et.al, (1985)  dalam  Angelove dan Zekiri (2011). Implikasi baik buruknya kualitas layanan tergantung   pada kemampuan perusahaan.  Maka kualitas jasa  penting untuk  diteliti  karena  hasilnya  dapat  digunakan  pemasar untuk  meningkatkan  loyalitas  pelanggan  sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan.
Kepercayaan  memiliki  peran  yang  penting  dalam  pemasaran  industri.
Dinamika  lingkungan  bisnis  yang  cepat  memaksa  pemasaran  perusahaan  untukmencari cara yang lebih kreatif dan fleksibel untuk beradaptasi. Untuk tetap  bertahan  dalam  situasi  tersebut,  perusahaan  akan  mencari  cara  yang  kreatif  dan Lee, (1999) dalam Tjahyadi (2006).
Kepuasan  pelanggan  (atau ketidakpuasan)  telah  dijelaskan  sebagai  perasaan  senang  seseorang  (atau  kekecewaan)  sebagai  hasil  dari  membandingkan  kinerja  produk  yang  dirasakan  sebelum  dan  sesudah  kinerja  produk  tersebut. (Harris dan  Harrington, 2000) menyatakan  bahwa,  pelanggan itu lebih mungkin untuk dicapai jika penyedia memahami kebutuhan  pelanggan dan membuat setiap usaha untu Dari  pemaparan  di  atas,  maka  peneliti  tertarik  untuk  melakukan  penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada  salah  satu  dari  produk  Telkomsel  yaitu  Simpati.  Oleh  karena  itu  penelitian  ini  berjudul: , kepercayaan  dan  kepuasanpelangganterhadap  loyalitas  pelanggan (Studi pada  pengguna  kartu GSM Telkomsel Simpati di Solo).
 1.2. PERUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan  di atas, maka rumusan  masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :.
1. Apakah  persepsi  kualitas  layanan  berpengaruh  positif  terhadap  loyalitas  pelanggan pada penggunaan kartu SIMPATI ?.
2. Apakah persepsi kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan  pada penggunaan kartu SIMPATI ?.
3. Apakah  persepsi  kualitas  layanan  berpengaruh  positif  terhadap  kepuasan  pelanggan pada penggunaan kartu SIMPATI ?.
4. Apakah kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada  penggunaan kartu SIMPATI ?.
5. Apakah  kepuasan  pelanggan  berpengaruh  positif  terhadap  loyalitas  pelanggan pada penggunaan kartu SIMPATI ?.
1.3. TUJUAN PENELITIAN.
Searah dengan rumusan permasalahan, maka tujuan  penelitian adalah  untuk menganalisis :.
1. Untuk  menganalisis  pengaruh  persepsi  kualitas  layanan  terhadap  loyalitas  pelanggan pada penggunaan kartu SIMPATI.
2. Untuk  menganalisis  pengaruh  persepsi  kualitas  layanan  terhadap  kepercayaan pada penggunaan kartu SIMPATI.
3. Untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas layanan berpengaruh positif  terhadap kepuasan pelangganpada penggunaan kartu SIMPATI.
4. Untuk  menganalisis  pengaruh  kepercayaan  terhadap  loyalitas  pelanggan  pada penggunaan kartu SIMPATI.
5. Untuk  menganalisis  pengaruh  kepuasan  pelanggan  berpengaruh  positif  terhadap loyalitas pelanggan pada penggunaan kartu SIMPATI.
1.4. MANFAAT PENELITIAN.
Hasil  dan  temuan  dari  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberi  manfaat sebagai berikut :.
1.4.1. Manfaat Teoritis Penelitian.
Penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  pemahaman  teoritikal  terhadap  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  loyalitas  pelanggan  dalam  penggunaan  kartu  GSM  prabayar  simpati yaitu:  persepsi  kualitas  layanan,kepercayaandan kepuasan  pelanggan. Hubungan  antar-variabel  yang terbentuk diharapkandapat digunakan sebagai bahan kajian dalam ilmu  pemasaran.
1.4.2. Manfaat Praktis Penelitian.
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  memberi  informasi  kepada  penyedia  layanan  GSM  untuk  membuat  kebijakan  yang  tepat  guna  memberikan  pelayanan  yang  terbaik  bagi  pelangganya  untuk  mempertahankan loyalitas pelanggan.

 Skripsi Ekonomi: Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi