Senin, 10 November 2014

Skripsi Ekonomi: Diversifikasi pasar tujuan ekspor di indonesia, malaysia, filipina, thailand dan viet nam (1987-1991;2007-2011)

  BAB 1.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Diversifikasi pasar tujuan ekspor di indonesia, malaysia, filipina, thailand dan viet nam (1987-1991;2007-2011)
Diversifikasi  pasar  tujuan  ekspor  digunakan  sebagai  strategi  untuk  mengalihkan  nilai  konsentrasi  ekpor,  mengurangi  ketergantungan  ekspor  terhadap  negara  pasar  tujuan  ekspor  utama  dan  meningkatkan  pertumbuhan  ekspor.

Diversifikasi  pasar  tujuan  ekspor  berhubungan  dengan  kecemasan  akan  efek  domino  dari  globalisasi  yang  menciptakan  jaring  keterkaitan  internasional  antar  negara  dimana  krisis  yang  terjadi  di  suatu  negara  dapat  mempengaruhi  negara  lain.   Negara  yang  sedang  berkembang  sebagai  negara  yang  masih  bergantung  pada  negara  –  negara  maju  rentan  terjerat  dalam  dampak  krisis  ekonomi  global  karena  negara  –  negara  berkembang  memiliki  konsentrasi  ekspor  yang  tinggi  terhadap  negara  maju.  Hubungan  yang  riskan  tersebut  membuat   strategi  diversifikasi pasar tujuan ekspor lebih banyak digunakan oleh negara yang sedang  berkembang  sebagai cara untuk mempertahankan pertumbuhan ekspor negaranya  dan  mengurangi  ketergantungan  ekspor  pada  negara  utama  jika  negara  utama  mengalami krisis ekonomi (Pacheco dan Martha.2008).
  Sumber : World Trade Organization Grafik 1.1 Tujuan Ekspor Dunia Dari Grafik  1.1 dapat dilihat bahwa ekspor dunia paling banyak ditujukan kepada  negara  –  negara  maju  yang  berarti  dunia  masih  tergantung  sebesar  58%  kepada negara  –  negara maju untuk mengirim komoditi ekspor sedangkan negara  yang  sedang  berkembang  memiliki  pangsa  pasar  sebesar  37%  dan  negara  terbelakang sebesar 1%.
Tercapainya  diversifikasi  pasar  tujuan  ekspor  ditunjukkan  dengan  peralihan nilai konsentrasi ekspor dari pasar tradisional ke pasar non-tradisional.
Pasar  tradisional  adalah  negara  tujuan  ekspor  yang  sudah  sering  menjadi  tujuan  ekspor sedangkan pasar non-tradisional  adalah negara tujuan ekspor yang belum  pernah  di  masuki  sebagai  partner  dagang  sebelumnya.  Memasuki  pasar  baru  tidaklah mudah karena dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dari negara  eksportir  maupun  importir  sehingga  diperlukan  berbagai  kebijakan  untuk  membuka pasar baru (Siregar, Daryanto. 2008) 58% 37% Tujuan Ekspor Dunia Negara Maju Negara ysd Berkembang Negara Terbelakang   Pacheco  dan  Martha  (2008)  menunjukkan  dalam  melakukan  strategi  diversifikasi pasar tujuan ekspor, ikut dalam perjanjian perdagangan bebas untuk  mengurangi  biaya  dagang  memberikan  dampak  positif  terhadap  diversifikasi  ekspor.  Shepherd  (2008)  memberikan  hasil  bahwa  biaya  ekspor,  biaya  transport  internasional dan kebijakan tarif ekspor mempengaruhi diversifikasi pasar tujuan  ekspor  negara  yang  sedang  berkembang.  10%  penurunan  biaya  ekspor,  biaya  transport internasional dan kebijakan tarif  ekspor meningkatkan 5%  –  6% pasar  tujuan  ekspor.  Model  Gravitasi  perdagangan  menjelaskan  bahwa  jarak  antara  negara  eksportir  dan  importir  memiliki  pengaruh  yang  besar  terhadap  pola  perdagangan  seperti  yang  terjadi  di  Canada  dimana  nilai  ekspor  terbesarnya  dikirim ke Amerika Serikat yang secara geografis dekat (Goldfarb 2003).
Tabel 1.1  Negara Eksportir Paling Besar di Dunia tahun 201Country  Value, mil $ Share   Annual Percentage Change 2005  2011  2005-2011  2010  201China  1.898.381  7  11  16  31  2United States  1.480.432  9  8  9  21  1Japan  822.564  6  5  6  33  Korea, Republic of  555.214  3  3  12  28  1Russian  Federation  522.013  2  3  14  32  3Hong Kong, China  455.650  -  -  8  22  1Canada  452.440  4  3  4  23  1Singapore  409.503  2  2  10  30  1Sumber : World Trade Organization Dari  Tabel  1.1  dapat  dilihat  bahwa  eksportir  paling  besar  dikuasai  oleh  negara maju yaitu China, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Russia, Kanada  dan  Singapura.  Share  ekspor  antara  2%  –  7  %  merupakan  prestasi  besar    mengingat  8 (delapan)  negara  –  negara tersebut bersaing dengan 249 negara lain  di dunia dan nilai share normal 0.38%.
Sumber : World Trade Organization Grafik 1.2 Eksportir Asia Terbesar Tahun 201Dari  Grafik  1.2 dapat dilihat untuk kawasan Asia, negara eksportir paling  besar  adalah  Cina,  diikuti  oleh  Jepang,  Korea,  Hongkong  (China),  Singapura,  Taipei, India, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Filipina. Dapat dilihat juga  bahwa  di  antara  12  Negara  Eksportir  terbesar  di  Asia  tahun  2011  terdapat  lima  negara anggota ASEAN yang berturut-turun menjadi peringkat delapan, sembilan,  sepuluh, sebelas dan dua belas yaitu Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam dan  Asia Eksportir Terbesar Asia 201China 1.898.381 Japan 823.183 Korea Utara 555.21Hong Kong 455.573 Singapore 409.503 Taipei 308.25India 302.905 Malaysia 228.086 Thailand 222.57Indonesia 200.787 Viet Nam 96.905 Philippines 48.30  Filipina. Kelima negara tersebut tertinggal jauh dari negara anggota ASEAN lain  di  antara  12  negara  eksportir  terbesar  Asia  yaitu  Singapura  yang  menempati  peringkat ke lima.
Lima  negara  anggota  ASEAN  tersebut  :  Malaysia,  Thailand,  Indonesia,  Vietnam dan Filipina  memiliki kedekatan nilai ekspor, peringkat negara eksportir  terbesar di Asia.  Kedekatan geografis  juga  membuat keunikan tersendiri diantara  lima negara tersebut dibanding dengan negara anggota ASEAN lainnya.
Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  penulis  tertarik  untuk  meneliti  bagaimana  diversifikasi  pasar  tujuan  ekspor  lima  negara  anggota  ASEAN  yaitu Indonesia,  Malaysia,   Filipina,  Thailand  dan  Vietnam.  Oleh  karena  itu  penulis  mengambil  judul  :  Diversifikasi  Pasar  Tujuan  Ekspor  di  Indonesia,  Malaysia,  Filipina, Thailand, dan Vietnam (1987-1991;2007-2011).
B.  Rumusan Masalah.
Dari  latar  belakang  masalah  di  atas  maka  dapat  dikemukakan  beberapa  perumusan masalah sebagai berikut:.
1.  Seberapa besar nilai diversifikasi  pasar tujuan ekspor  Indonesia, Malaysia,  Thailand, Filipina, dan Vietnam?.
2.  Negara  manakah  yang  menjadi  tujuan  utama  ekspor  negara  Indonesia,  Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam? .
  3.  Negara  manakah  yang  berpotensi  sebagai  pasar  tujuan  ekspor  bagi  Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam?.
4.  Apakah   jarak dari negara eksportir ke negara importir memiliki pengaruh  terhadap besarnya ekspor ke negara importir?.
C.  Tujuan Penelitian.
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka tujuan  yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut:.
1.  Untuk  mengetahui  nilai  diversifikasi  pasar  tujuan  ekspor  Indonesia,  Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
2.  Untuk  mengetahui  negara  utama  tujuan  ekspor  negara  Indonesia,  Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
3.  Untuk mengetahui negara potensial sebagai pasar tujuan ekspor  Indonesia,  Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
4.  Untuk  mengetahui  apakah  jarak  dari  negara  eksportir  ke  negara  importir  memiliki pengaruh terhadap besarnya ekspor ke negara importir.
D.  Manfaat Penelitian.
Dari hasil penelitian  yang dilakukan, diharapkan dapat memberi manfaat  baik  secara  langsung  maupun  tidak  langsung.  Adapun  manfaat  yang  diberikan  yaitu :.
1.  Menambah  wawasan  serta  pengetahuan,  khususnya  dalam  bidang  ilmu  ekonomi tentang diversifikasi pasar tujuan ekspor.
 2.  Hasil  penelitian  diharapkan  dapat  dipergunakan  ol eh Pemerintah sebagai  masukan  dan  bahan  pertimbangan  pengambilan  kebijakan  dalam  rangka  pengembangan ekspor.
3.  Sebagai sumber informasi untuk para peneliti lain terutama  yang tertarik  dalam  bidang  ekonomi  internasional  dengan  ruang  lingkup  dan  kajian  yang berbeda.

 Skripsi Ekonomi: Diversifikasi pasar tujuan ekspor di indonesia, malaysia, filipina, thailand dan viet nam (1987-1991;2007-2011)

Download lengkap Versi PDF

1 komentar:

  1. mass/mbaa, boleh saya dapet file ini? jika diperkenankan mohon kirim ke email siraayupertiwi@gmail.com
    thankyou

    BalasHapus

pesan skripsi