Selasa, 11 November 2014

Skripsi Ekonomi: Evaluasi sistem akuntansi pembelian bahan baku pada pt. batik danar hadi Surakarta

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi:  Evaluasi sistem akuntansi pembelian bahan baku pada pt. batik danar hadi Surakarta
Setiap  perusahaan  pasti  memiliki  kegiatan  transaksi  untuk  menghasilkan  barang  atau  jasa.  Untuk  menghasilkan  barang  atau  jasa,  perusahaan manufaktur membutuhkan bahan baku.  Pembelian bahan baku  merupakan  faktor  penunjang  utama  dalam  perusahaan  manufaktur,  agar  proses produksi dapat terus berjalan.

Penyediaan  bahan  baku  merupakan  tanggung  jawab  bagian  pembelian. Bagian pembelian harus mampu menjamin tersedianya  bahan  baku yang dibutuhkan dalam proses produksi, meliputi: harga, jumlah, dan  kualitas  yang  layak  serta  tepat  waktu.  Pembelian  bahan  baku  yang  berkualitas diharapkan akan menghasilkan produk yang berkualitas pula.
PT.  Batik  Danar  Hadi  merupakan  salah  satu  perusahaan  manufaktur  yang  membutuhkan  bahan  baku  berupa  kain  putihan  dalam  memproduksi  kain  batik.  PT.  Batik  Danar  Hadi  memiliki  bagian  pembelian  yang  bertugas  menangani  penyediaan  bahan  baku.  Dalam  menjalankan  tugasnya,  bagian  pembelian  selalu  berhubungan  dengan  fungsi penerimaan, fungsi gudang dan fungsi akuntansi untuk memperoleh  bahan baku yang berkualitas serta catatan akuntansi yang handal.
  Tansaksi  pembelian  bahan  baku  merupakan  bagian  dari  sistem  akuntansi pembelian, yang dilaksanakan menurut prosedur-prosedur yang  telah  ditetapkan.  Sistem  pembelian  harus  selalu  diawasi  agar  risiko  penyimpangan  berupa  pencatatan  pembelian  fiktif  maupun  pembelian  bahan  baku  yang  tidak  dibutuhkan  dapat  dihindari.  Sistem  akuntansi  pembelian yang baik  akan memudahkan manajemen dalam mengelola dan  melindungi  harta  kekayaan  perusahaan,  baik  berupa  persediaan  maupun  utang perusahaan.
Berdasarkan  uraian  tentang  pentingnya  penyediaan  bahan  baku  bagi perusahaan manufaktur di atas, maka dalam Tugas Akhir ini penulis  tertarik  mengambil  judul  “Evaluasi  Sistem  Pembelian  Bahan  Baku  Pada PT. Batik Danar Hadi”.
B.  Perumusan Masalah.
Perumusan masalah ini difokuskan untuk mengetahui kemampuan  pengelolaan  sistem  transaksi  pembelian  pada  PT.  Batik  Danar  Hadi.
Masalah yang akan dibahas penulis dalam Tugas Akhir ini antara lain:.
1.  Bagaimanakah sistem  pembelian bahan baku yang diterapkan oleh  PT. Batik Danar Hadi?.
2.  Apakah  kelebihan  dan  kelemahan  sistem  pembelian  bahan  baku  pada PT. Batik Danar Hadi?.
  C.  Tujuan Penelitian.
Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini diantaranya:.
1.  Mengetahui  pengelolaan  sistem  pembelian  bahan  baku   yang  diterapkan oleh PT. Batik Danar Hadi.
2.  Mengetahui  kelebihan  dan  kelemahan  sistem  pembelian  bahan  baku pada PT. Batik Danar Hadi.
D.  Manfaat Penelitian.
Manfaat  penelitian  dalam  penyusunan  Tugas  Akhir  ini  adalah  sebagai berikut:.
1.  Bagi Perusahaan Hasil penulisan Tugas Akhir ini dapat dijadikan pertimbangan dalam  mengambil keputusan dan masukan dalam mengambil kebijakan yang  berkaitan dengan sistem akuntansi pembelian bahan baku.

2.  Bagi Pembaca Hasil  penulisan  Tugas  Akhir  ini  dapat  digunakan  untuk  menambah  pengetahuan  dan  dapat  dijadikan  bahan  referensi  untuk  penelitian  mengenai sistem pembelian bahan baku di waktu yang akan datang.   
Skripsi Ekonomi:  Evaluasi sistem akuntansi pembelian bahan baku pada pt. batik danar hadi Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi