Selasa, 11 November 2014

Skripsi Ekonomi: Metode Perhitungan Suku Bunga Angsuran Pada Kredit Sepeda Motor Di Pt. Bpr Nguter Surakarta

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi:  Metode Perhitungan Suku Bunga Angsuran Pada Kredit Sepeda Motor Di Pt. Bpr Nguter Surakarta
Perbankan berfungsi sebagai lembaga  yang  menghimpun dana dari masyarakat. Setiap perusahaan  di  dalam menjalankan usahanya memerlukan  modal  kerja  yang  cukup  untuk  kelancaran  usahanya,  seperti  membeli bahanbaku, membayar gaji karyawan, biaya produksi dan biaya administrasi.

Dana  yang dikeluarkan  untuk  kegiatan  operasional  perusahaan diharapkan dapat kembali dalam waktu  yang  singkat dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dana pada perusahaan perbankan yang terbesar digunakan adalah untuk kredit yang diberikankepada nasabah.
Perusahaan  perbankan  membutuhkan  modal  kerja  yang  cukup sehingga  harus  memiliki  sumber  pendanaan  yang  baik.  Hal  tersebut mendorong perusahaan perbankan mengantisipasi kebutuhan modal kerja guna meningkatkan nilai atau kelancaran aktiva bank dalam kebutuhan modal kerja.
Di  dunia  modern,  peran  bank  sangat  besar  dalam  mendorong pertumbuhan  ekonomi  suatu  Negara.  Hampir  semua  sector  usaha  yang  meliputi sector industri, , pertanian, perkebunan, jasa, dan perumahan sangat membutuhkan  bank  sebagai  mitra  dalam  melakukan  transaksi  keuangan.
Semua  sector  usahamaupunindividusaatinidanmasa  yang  akan  dating tidak akan  lepas  dari  sector  perbankan  bahkan  menjadi  kebutuhan  dalam menjalankan aktivitas keuangan dalam mendukung Kelancaran usaha, Peran    bank  bagi  masyaraka  tindividu  maupun  masyarakat bisnis  sangat  penting bahkan bagi suatu Negara.
Menurut  Undang-Undang  Perbankan  Nomor  10  Tahun  1998  yang  dimaksud  Perbankan  adalah  Badan  Usaha  yang  menghimpun  dana  dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kemasyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk –bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Bank  berperan  dalam  menghimpun  dana  masyarakat,  karena merupakan  lembaga  yang  dipercaya  oleh  masyarakat  berbagai  macam kalangan dalam menempatkan dananya secara aman.
Di  sisi  lain  bank  berperan  dalam  menyalurkan  dana  kepada masyarakat.  Bank  merupakan  lembaga  yang  dapat  memberikan  pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan dana.
Bank akan memperoleh balas jasa berupa bunga (bank konvensional)  atau bagi hasil (syariah). Pendapatan bunga yang diperoleh bank dari nasabah  yang memperoleh kredit akan dibandingkan dengan bunga yang dibayar oleh  bank kepadanasabah yang menyimpan dananya di bank.
Bank  Perkreditan  Rakyat  Nguter  (BPR  NGUTER)  merupakan salah satu  bank  atau perusahaan  yang  menangani atau mengurusi masalah kredit kendaraan bermotor dengan jaminan BPKB. Para nasabah mengajukan Kredit  di  BPR  NGUTER  dengan  melalui  beberapa  tahapan  setelah  nasabah mendapatkan  pinjaman  lalu  nasabah  harus  membayarnya  dengan  cara diangsur.
  Disini penulis ingin membahas metode perhitungan suku bunga  yang  dilakukan oleh PT. BPR Nguter Surakarta.
Berdasarkan latarbelakangmasalahdiataspenulismengambiljudul “METODE PERHITUNGAN SUKU  BUNGA  ANGSURAN  PADA KREDIT  SEPEDA  MOTOR  DI  PT  BANK  PERKREDITAN  RAKYAT  NGUTER  SURAKARTA” .
B.  Perumusan Masalah.
Permasalahan yang akan dirumuskan dalam penelitian tugas akhir ini : Bagaimana metode perhitungan suku bunga angsuran yang dilakukan nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Nguter (BPR NGUTER) Surakarta?.
C. Tujuan Penulisan Tugas Akhir.
Tujuan penulisan ini adalah : Untuk mengetahui dan menganalisis metode perhitungan sukubunga angsuran  yang  dilakukan  nasabahpada  Bank  Perkreditan  Rakyat  (   BPR  NGUTER) Surakarta.
D. Manfaat Penulisan Tugas Akhir.
Manfaat penulisan ini adalah antara lain:.
1.  Manfaat Teoritis.
a.  Sebagai  Informasi  bagimaha  siswa  atau  mahasiswi  yang  ingin melakukan peulisan selanjutnya.
  b.  Sebagai  sumbangan  karya  ilmiah  dan  perkembangan  ilmu pengetahuan.
2.  Manfaat Praktis.
a.  Bagi Penulis Diharapkan penulisan ini dapat menambah pengetahuan penulis  sekaligus  sebagai  suatu  pelajaran  dalam  menerapakan  teori  –teori managemen perbankan yang telah dipelajari selama mengikuti aktiitas dalam perusahaan.
b.  Bagi Perusahaan Diharapkan  hasil  penulisan ini  menjadi  salah  satu  bahan pertimbangan dalam hal pengambilan keputusan.
E.  Metode Penulisan Tugas Akhir.
1.  Obyek Magang Magang dilakukanpada PT. BPR Nguter Surakarta yang terletak di  Jl.Honggowongso No. 69 Surakarta.
2.  Jenis dan sumber Data.
Data merupakan keterangan  yang menggambarkan suatu keadaan.
Data  yang  diperoleh harus diolah terlebih dahulu supaya dapat disajikan untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan untuk keperluan menganalisis data tersebut penulis juga memerlukan data pendukung yang  berasal dari dalam dan luar lapangan.
Berdasarkan jenis data yang diperoleh adalah: .
  a.  Data Primer Data  Primer  Adalah  data  yang  diperoleh  langsung  Dari  sumberaslinya, diamati dan dicatat langsung oleh penulis endiri. Data  primer  dapat  diperoleh  langsung  dari  perusahaan  atau  lembaga keuangan  yang  berkaitan langsung dengan angsuran pada  PT. BPR  Nguter Surakarta.
b.  Data Sekunder Data Sekunder adalah data yang tidak diambil dari sumbernya langsung, akan tetapi berasal dari sumber-sumber yang telah ada. Pada  data  sekunder  ini  data  dapat  diperoleh  dengan  cara  melakukan pencairan terhadap  data-data  yang  diperoleh dari buku dari dokumen atau  dari  sumber  lain  yang  telah  dilakukan  penulis  lain  yang  berhubungan dengan penulisan ini.
3.  Teknik Pengumpulan Data.
Teknik Pengumpulan Data yang dapat dilakukan penulis dengan cara :.
a.   Magang  Magang  yang  dilakukan  secara  langsung  oleh  penulis  untuk  memperoleh  data  dan  informasi  serta  pengetahuan  dari  BPR  Nguter  Surakarta.
b.  Metode Observasi Teknik  pengumpulan  data  dengan  cara  mengadakan pengamatan secara langsung pada obyek  yang  diteliti. Obsevasi ini dilakukan  secara  langsung  tentang  peristiwa  dan  kegiatan  yang   berhubungan dengan permasalahan yang dikaji melalui kuliah magang kerja yang dilakukanpenulis di PT. BPR Nguter Surakarta.
c.  Metode Analisis Pembahasan  Tugas  Akhir  ini  penulis  menggunakan  analisis deskriptif  kualitatif  yaitu  proses  mengumpulkan,  mengolah  dan menganalisa  kemudian  disajikan  dalam  bentuk  gambar  tanpa melakukan hipotesa dan perhitungan secara sistematis.
4.  Lokasi dan Waktu Magang Magang dilakukan pada PT. BPR Nguter Surakarta Yang berlokasi  di Jl. Honggowongso No.69 Tlp. (0271) 666068. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 2 Januari 2013 sampai dengan tanggal 31 Januari 2013.

 Skripsi Ekonomi:  Metode Perhitungan Suku Bunga Angsuran Pada Kredit Sepeda Motor Di Pt. Bpr Nguter Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi