Senin, 03 November 2014

Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Bahan Bakar Minyak (Bbm) Non Subsidi (Pertamax) Tahun 2013

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Bahan Bakar Minyak (Bbm) Non Subsidi (Pertamax) Tahun 2013
Perekonomian  dunia  yang  bergejolak  sekarang  ini  mulai  dirasakan  di  dalam  negeri.  Adanya  krisis global  yang  terjadi  mampu  menimbulkan ancaman  dampak  langsung  maupun  tidak  langsung  yang  mengkhawatirkan  bagi  perekonomian negara maupun bangsa-bangsa dunia.

Sumber: www.esdm.go.id(2013) Gambar 1.1Harga Minyak Dunia September 2008  September 2013  Data  dalam Gambar 1.1menunjukkan  pergerakan  harga  minyak  dunia  dari tahun ke tahun secara keseluruhan mengalami kenaikan secara terus menerus.
Harga minyak mentah dunia yang mencapai US$100 per barel terasa cukup mahal  terutama  bagi negara  berkembang,  sehingga  mendorong negara  untuk  berpikir  lebih cerdas  agar  dapat  memenuhi  kebutuhan  minyak negara  sesuai  dengan  anggaran yang dimiliki. Minyak mentah  inilah sumber kehidupan perekonomian  negara. Minyak mentah yang telah diolah menjadi bahan yang sangat dibutuhkan  dalam transportasi.
Transportasi  merupakan  suatu  alat  yang  dapat  membantu  meringankan  segala  aktivitas  dan  pekerjaan  manusia.  Dalam  penggunaannya  membutuhkan  bahan  bakar  agar  dapat  dimanfaatkan  sesuai  dengan  yang  kita  inginkan.
Transportasi memiliki berbagai macam bentuk, transportasi dengan menggunakan  bahan  bakar  dan  tanpa  bahan  bakar.  Angkutan  umum,  becak  bermotor,sepeda  motor, mobil, bus, dll merupakan contoh dari sekian transportasi yang sering kita  gunakan.  Inilah  alat  yang  mampu  menggerakkan  kegiatan  ekonomi  dan  pembangunan dalam masyarakat.
Harga  minyak  dunia  yang  terus  meroket  memaksa  pemerintah  untuk  menaikkan pula harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri. Bahan Bakar  Minyak (BBM) inilah yang menjadi sumber energi transportasi yang banyak kita  manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
 Sumber: Syam Jr dari berbagai sumber(2013) Gambar 1.2 Harga BBM15 Mei 1998  22 Juni 2013 Bahan  bakar  minyak  (BBM)  terutama  bensin  mayoritas  dimanfaatkan  oleh masyarakat dengan intensitas permintaan yang cukup tinggi. BBM  menjadi  tidak asing lagi dan sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang. Adanya  kenaikanBBM sekarang ini, menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat dengan  penghasilan  yang  cukup  rendah,  terutama  bagi  mereka  yang  sangat  bergantung  pada BBM.
Kenaikan  akan  BBM  merupakan  suatu  bentuk  kebijakan  dalam  mengatasi  semakin  tingginya  beban  subsidi  yang  harus  diberikan  kepada  masyarakat dari APBN yang dimiliki. Penggunaan BBM Pertamax di lingkungan  masyarakat  menjadi  salah  satu  solusi  dalam  mengurangi  beban  yang  harus   ditanggung  negara.  Selain  itu,  banyak  manfaat  yang  diperoleh  dengan  mengkonsumsi  BBM  Pertamax  salah  satunya  yaitu  ramah  lingkungan  karena  memiliki  sisa  gas  buang  yang  sangat  rendah  (tingkat  polusi  rendah),  dimana  polusi  menjadi  permasalahan  yang  sangat  klasik.  Namun,  tingkat  permintaan  BBM  Pertamax  di  Suarakarta  masih  tergolong  cukup  rendahdibandingkan  dengan BBM bersubsidi.
Berdasarkan uraian diatas,  peneliti  mencoba  menganalisis faktor-faktor  yang  mempengaruhi  kemauan  atau  kesediaan  seseorang  membayar  BBM  Pertamax yang  sesuai  dengan  kapasitas  atau  kemampuan  masyarakat  untuk  memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dalam menunjang kegiatan perekonomian.
Adapun  judul  yang  diambil  dalam  penelitian  ini  adalah  Faktor-Faktor  yang  Mempengaruhi  Permintaan  Konsumen Terhadap  Bahan  Bakar  Minyak  (BBM) Non Subsidi (Pertamax) Tahun 2013 diKota Surakarta.
B.Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  diatas  maka  dapat  dirumuskan  beberapa  permasalahan yaitu:.
1. Bagaimana  kondisi  permintaan  konsumen  terhadap  Bahan  Bakar  Minyak  (BBM) Pertamax di Surakarta?.
2. Apa  faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi kesediaan seseorang  dalam membayar (willingness to pay) BBMPertamax?.
 3. Seberapa  besar rata-rata nilai willingness  to  pay(WTP)  masyarakat dalam  membayar BBMPertamax ?.
C.Batasan Masalah.
Pembatasan masalah  dalam ruang  lingkup  penelitian  sangat  penting  untuk  ditetapkan.  Sehingga  tujuan-tujuan  penelitian  yang hendakdicapai  dapat  terpenuhi sesuai dengan apa yang diharapkan.  Batasan masalah yang ditentukan  dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:.
1. Analisis  data berkaitan dengan  permasalahan  yang  berhubungan  dengan  variable yang akan diteliti. Hal  ini dimaksudkan agar dalam menganalis data  dan menginterpretasikannya diperoleh informasi yang jelas dan sesuai dengan  tujuan penelitian yang ingin dicapai.
2. Obyek dalam penelitian  ini  adalah  warga  di  wilayah  Surakarta  yang  menggunakan  Bahan Bakar Minyak (BBM) Non Subsidi (Pertamax). Obyek  penelitian  ditentukan  berdasarkan  pertimbangan  keseragaman  (homogenitas)  obyek yang akan diteliti. Hal ini dimaksudkan agar model yang diuji mampu  menjelaskan fenomena yang terjadi dengan baik.
3. Karakteristik konsumen yang diteliti antara  lain terdapat sebanyak 5kriteria,  yaitu:  umur,  jenis  kelamin,  pendidikan, status  pernikahan, dan  pendapatan  atau uang saku per bulan.
4. Penelitian  ini  ditujukan  kepada  konsumen  BBM Non  Subsidi  (Pertamax) di  KotaSurakarta.
 D.Tujuan Penelitian.
Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  mengumpulkan,  mengolah, dan  menganalisis  data  serta  menginterpretasikannya.
Hasil  dari  penelitian  ini  akan  digunakan  sebagai  bahan  penyusunan tugas  akhir  yaitu skripsi yang akan diajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh ujian  sarjana  Jurusan  Studi  Pembangunan  Fakultas  Ekonomi  Universitas  Sebelas  Maret.
Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui:.
1. Kondisi  permintaan konsumen  terhadap  Bahan  Bakar  Minyak  (BBM)  Pertamax di Surakarta.
2. Faktor-faktor  yang  secara  signifikan  mempengaruhi  kesediaan  seseorang  dalam membayar (willingness to pay) BBMPertamax.
3. Besar rata-rata nilai WTP (willingness to  pay) masyarakat dalam  membayar  BBM Pertamax.
E.Manfaat Penelitian.
Dalam  suatu  penelitian  mempunyai  nilai  yang  berguna  jika  penelitian  tersebut  memberikan  manfaat  kepada  berbagai  pihak.  Beberapa manfaat  penelitian yangdiharapkan dalam penelitian ini antara lainsebagai berikut:  1. Bagi Pemerintah.
Sebagai bahan informasi mengenai tingkat ekonomi dan kemampuan  masyarakat dalam membayar BBM.
 2. Bagi Peneliti .
Sangat  berguna  dalam  penerapan  teori  yang  telah  diterima  dalam  bangku  kuliah  untuk  praktek  penelitian  dan  pemecahan  permasalahan  di  lapangan  serta  sebagai  tugas  akhir  dalam  menempuh  jenjang  strata satu di  Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
3. Bagi Peneliti Selanjutnya.
Penelitian  ini  diharapkan  mampu  menjadi  bahan  referensi  dan  informasi  bagi  penelitian-penelitian  selanjutnya  dan  diharapkan  penelitian  selanjutnya  mampu  memperbaiki  dan  menyempurnakan  kelemahankelemahan yang ada dalam penelitian ini.

 Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Bahan Bakar Minyak (Bbm) Non Subsidi (Pertamax) Tahun 2013

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi