BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah .
Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Penawaran Telepon Seluler Dengan Menggunakan Metode Hedonic Price
Telekomunikasi di
era globalisasi seperti
saat ini merupakan kebutuhan yang sangat penting. Telepon seluler
atau ponsel merupakan salah satu alat
telekomunikasi yang cukup
populer. Kepemilikan telepon
seluler atau ponsel di seluruh
dunia berdasarkan laporan dari International Telecom Union(ITU) tahun 2013
menyebutkan bahwa jumlah
pengguna ponsel di dunia
mencapai 6,18 milliar sedangkan jumlah manusia di dunia saat ini telah mencapai 7,1 milliar. International Telecom
Union (ITU) juga memprediksi bahwa jumlah
ponsel yang digunakan
tersebut pada awal
tahun 2014 akan mengalami
peningkatan yaitu mencapai 7 milliar lebih. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa sepertiga populasi global
kini sudah online.
Penjualan telepon
seluler diseluruh dunia pada
kuartal ketiga tahun 2013 mencapai 455.645 ribu
unit. Jumlah ini
mengalami kenaikan dari kuartal yang sama pada tahun 2012 yang sebesar
431.025 ribu unit. Vendor atau produsen
yang memiliki penjualan terbaik di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun 2013
adalah Samsung dengan penjualan sebanyak 117.054ribu unit dengan market
sharesebesar 25,7% kemudian
disusul dengan Nokia dengan penjualan
sebanyak 63.049ribu unit dengan
market share 13,8%, Apple
sebesar 30.330 ribu unit dengan
market sharesebesar 6,7%,
LG Electronics sebanyak
18.031ribuunit dengan market sharesebesar 4%, dan berikutnya
ponsel asal China
ZTE dan Huawei
dengan market shareyang sama yaitu sebesar 3% dan penjualan sebanyak
13.697dan 13.575ribu unit kemudian TCL
Communicationdengan penjualan sebanyak 12.346ribu unit dengan market
sharesebesar 2,7% dan
yang menduduki posisi
terakhir adalah Sony Mobile
Communicationsdan Yulong dengan
masing-masing market share sebesar
2,1% dan 1,9%
dan jumlah penjualan masingmasing sebanyak 9.758ribu unit dan
8.801ribu unit . Berikut
dapat dilihat data mengenai
penjualan telepon seluler di seluruh dunia ke pemakai terakhir pada kuartal ketiga tahun 2013 berdasarkan
perusahaan telepon seluler: Tabel 1.1 Penjualan Telepon Seluler di Seluruh
Dunia Untuk Pengguna Terakhir Berdasarkan
Perusahaan Pada 3Q13(Ribuan Unit) *3Q13: Kuartal ketiga tahun 2013 *3Q12 :
Kuartal kedua tahun 2012 Sumber: Gartner (November 2013) diolah Perusahaan
Penjualan Telepon Seluler pada (3Q13) 3Q13 Market Share
(%) Penjualan Telepon Seluler pada (3Q12) 3Q12 Market Share(%)
Unit Unit Samsung 117.054 25,7 97.957 22,7 Nokia 63.049 13,8 82.301 19,1 Apple
30.330 6,7 24.620 5,7 LG Electronics 18.031 4 13.969 3,2 ZTE 13.697 3 16.606
3,9 Huawei 13.575 3 11.919 2,8 Lenovo 12.999 2,9 7.204 1,7 TCL Communication 12.346 2,7 9.327 2,2 Sony Mobile
Communications 9.758 2,1 8.202 1,9 Yulong
8.801 1,9 5.219 1,2 Lainnya 156.005 34,2 153.701 35,7 Total 455.645 100 431.025
100 Berdasarkan survei GFK Asia pada tahun 2012 menunjukkan bahwa penjualan
telepon seluler di Asia
Tenggara mencapai 118
juta unit di
tujuh negara besar
di Asia Tenggara
seperti Singapura, Malaysia,
Thailand, Indonesia, Vietnam,
Kamboja dan Filipina selama kurun waktu
tahun 2012.
Indonesia menduduki
peringkat pertama sebagai
pasar ponsel terbesar
Asia Tenggara dengan lebih dari
54 juta ponsel terjual pada tahun 2012.
Perkembangan telepon seluler
di Indonesia saat
ini mengalami kemajuan
yang pesat. Menurut dataBPS
tahun 2012 pengguna
ponsel di Indonesia
semakin banyak. Jika
pada tahun 2010
persentase rumah tangga yang
memiliki atau menguasai
telepon seluler sebanyak
72,01% di tahun 2011
jumlah tersebut meningkat menjadi 78,96% sedangkan pada tahun 2012 sebanyak 83,52%. Berikut
data persentase rumah
tangga yang memiliki telepon seluler di Indonesia tahun 2010-2012: Tabel
1.2 Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Telepon Seluler di Indonesia tahun 2010-2012 Tahun Persentase (%)
2010 72,01 2011 78,96 2012 83,52 Sumber : Survei Sosial Ekonomi Nasional, BPS
Tahun 2012 Jumlah pengguna telepon
seluler di Indonesia
yang terus menerus meningkat tersebut tidak lepas dari semakin
banyaknya ponsel-ponsel murah yang
dijual di pasaran. Harga dan teknologi yang cukup bersaing pada ponsel tersebut bisa menarik minat pembeli untuk
membeli ponsel. Salah satu alasan konsumen dalam
membeli barang adalah harga
serta karakteristik yang
ada pada barang
tersebut. Harga sebuah
telepon seluler dipengaruhi
oleh karakteristik-karakteristik yang
melekat pada telepon
seluler itu sendiri seperti
model, konektivitas jaringan
internet, daya tahan
baterai, serta pengaruh merek yang ada pada ponsel.
Penelitian yang
dilakukan oleh Nazari,et.al (2011) menunjukkan bahwa
merek HTC, konektivitas
jaringan nirkabel atau
wifi, fasilitas layar sentuh, GPS
dan setiap kualitas
megapixel kamera berpengaruh
positif terhadap harga
ponsel di Iran. Hal
ini menunjukkan bahwa
karakteristikkarakteristik yang ada pada suatu barang berpengaruh terhadap
harga barang tersebut.
Berdasarkan uraian
paragraf sebelumnya, peneliti
mencoba menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi harga
penawaran telepon seluler
dengan menggunakan metode hedonic prices.
Adapun judul yang Faktor
Faktor yang Mempengaruhi Harga Penawaran
Telepon Seluler Dengan
Menggunakan Metode Hedonic Price(Studi Kasus Pada Retailer
Telepon Seluler).
B.Perumusan Masalah.
Berdasarkanuraian latar
belakang, dirumuskan masalah
penelitian sebagai berikut:.
1.Bagaimana analisis pasar
telepon seluler di Indonesia?.
2.Apa saja
faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap harga penawaran telepon seluler dengan menggunakan metode
hedonic price?.
C.Tujuan Penelitian.
Berdasarkan rumusan
masalah penelitian yang
telah dikemukakan, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai
berikut:.
1.Untuk mengetahui analisis pasar
telepon seluler di Indonesia.
2.Untuk mengetahui
faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap harga penawaran telepon seluler dengan menggunakan
metode hedonic price.
D.Manfaat Penelitian.
Apabila tujuan penelitian ini
dicapai maka diharapkan dapat memberi manfaat
secara praktis maupun teoritispada hal-hal berikut ini: 1.Secara Teoritis.
Secara teoritis,
hasil penelitian ini
diharapkan mampu menambah referensi
dalam bidang ilmu
ekonomi. Ada dua
bidang kajian dalam penelitian ini
yaitu faktor-faktor yang
mempengaruhi harga penawaran telepon seluler dan penggunaan pendekatan
hedonic price.
2.Secara Praktis .
a. Bagi Produsen.
Metode hedonic prices bisa
membantu produsen atau supplier untuk mengetahui
seberapa banyak fitur-fitur
yang ada pada
produk mereka memiliki
nilai di mata
konsumen.Kemudian mereka bisa memproduksi
atau mengimpor ponsel yang memiliki fitur-fitur tersebut sehingga akhirnya bisa meningkatkan nilai
market shareproduk mereka.
b. Bagi Konsumen.
Membantu konsumen
dalam menentukan pilihan
mengenai atribut-atribut apa
yang ada pada telepon
seluler sebelum membeli telepon seluler yang mereka inginkan.
Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Penawaran Telepon Seluler Dengan Menggunakan Metode Hedonic Price
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi