Senin, 03 November 2014

Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Penawaran Telepon Seluler Dengan Menggunakan Metode Hedonic Price

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah .
Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Penawaran Telepon Seluler Dengan Menggunakan Metode Hedonic Price
Telekomunikasi  di  era  globalisasi  seperti  saat  ini  merupakan  kebutuhan yang sangat penting. Telepon seluler atau ponsel merupakan salah  satu  alat  telekomunikasi  yang  cukup  populer.  Kepemilikan  telepon  seluler  atau ponsel di seluruh dunia berdasarkan laporan dari International Telecom  Union(ITU) tahun  2013  menyebutkan  bahwa  jumlah  pengguna  ponsel  di  dunia mencapai 6,18 milliar sedangkan jumlah manusia di dunia saat ini telah  mencapai 7,1 milliar. International Telecom Union (ITU) juga memprediksi  bahwa  jumlah  ponsel  yang  digunakan  tersebut  pada  awal  tahun  2014  akan  mengalami peningkatan yaitu mencapai 7 milliar lebih. Laporan tersebut juga  menyebutkan bahwa sepertiga populasi global kini sudah online.

Penjualan  telepon  seluler diseluruh  dunia  pada  kuartal  ketiga  tahun  2013  mencapai 455.645  ribu  unit.  Jumlah  ini  mengalami  kenaikan  dari  kuartal  yang sama pada tahun 2012 yang sebesar 431.025 ribu unit. Vendor  atau produsen yang memiliki penjualan terbaik di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun 2013 adalah Samsung dengan penjualan sebanyak 117.054ribu unit  dengan market  sharesebesar  25,7%  kemudian  disusul  dengan  Nokia  dengan  penjualan  sebanyak 63.049ribu unit  dengan market  share 13,8%,  Apple  sebesar 30.330 ribu unit  dengan market  sharesebesar  6,7%,  LG  Electronics sebanyak 18.031ribuunit dengan market sharesebesar 4%, dan   berikutnya  ponsel  asal  China  ZTE  dan  Huawei  dengan market  shareyang  sama yaitu sebesar 3% dan penjualan sebanyak 13.697dan 13.575ribu unit  kemudian TCL Communicationdengan penjualan sebanyak 12.346ribu unit  dengan market  sharesebesar  2,7%  dan  yang  menduduki  posisi  terakhir  adalah  Sony Mobile  Communicationsdan  Yulong  dengan  masing-masing  market  share sebesar  2,1%  dan  1,9%  dan jumlah  penjualan  masingmasing sebanyak 9.758ribu unit  dan  8.801ribu unit  .  Berikut  dapat  dilihat  data  mengenai penjualan telepon seluler di seluruh dunia ke pemakai terakhir pada  kuartal ketiga tahun 2013 berdasarkan perusahaan telepon seluler: Tabel 1.1 Penjualan Telepon Seluler di Seluruh Dunia Untuk Pengguna Terakhir  Berdasarkan Perusahaan Pada 3Q13(Ribuan Unit) *3Q13: Kuartal ketiga tahun 2013 *3Q12 : Kuartal kedua tahun 2012 Sumber: Gartner (November 2013) diolah Perusahaan Penjualan  Telepon  Seluler pada  (3Q13) 3Q13  Market  Share (%) Penjualan  Telepon  Seluler pada  (3Q12) 3Q12  Market  Share(%) Unit Unit Samsung 117.054 25,7 97.957 22,7 Nokia 63.049 13,8 82.301 19,1 Apple 30.330 6,7 24.620 5,7 LG Electronics 18.031 4 13.969 3,2 ZTE 13.697 3 16.606 3,9 Huawei 13.575 3 11.919 2,8 Lenovo 12.999 2,9 7.204 1,7 TCL  Communication 12.346 2,7 9.327 2,2 Sony Mobile  Communications 9.758 2,1 8.202 1,9 Yulong 8.801 1,9 5.219 1,2 Lainnya 156.005 34,2 153.701 35,7 Total 455.645 100 431.025 100  Berdasarkan  survei GFK Asia pada tahun  2012 menunjukkan bahwa  penjualan  telepon  seluler  di Asia  Tenggara  mencapai  118  juta  unit  di  tujuh  negara  besar  di  Asia  Tenggara  seperti  Singapura,  Malaysia,  Thailand,  Indonesia, Vietnam, Kamboja dan Filipina selama  kurun waktu tahun 2012.
Indonesia  menduduki  peringkat  pertama  sebagai  pasar  ponsel  terbesar  Asia  Tenggara dengan lebih dari 54 juta ponsel terjual pada tahun 2012.
Perkembangan telepon  seluler  di  Indonesia  saat  ini  mengalami  kemajuan  yang  pesat. Menurut  dataBPS  tahun  2012  pengguna  ponsel  di  Indonesia  semakin  banyak.  Jika  pada  tahun  2010  persentase  rumah  tangga  yang  memiliki  atau  menguasai  telepon  seluler  sebanyak  72,01%  di  tahun  2011 jumlah tersebut meningkat menjadi 78,96% sedangkan pada tahun 2012  sebanyak 83,52%.  Berikut  data  persentase  rumah  tangga  yang  memiliki  telepon seluler di Indonesia tahun 2010-2012: Tabel 1.2 Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Telepon Seluler di  Indonesia tahun 2010-2012 Tahun Persentase (%) 2010 72,01 2011 78,96 2012 83,52 Sumber : Survei Sosial Ekonomi Nasional, BPS Tahun 2012 Jumlah  pengguna  telepon  seluler  di  Indonesia  yang  terus  menerus  meningkat tersebut tidak lepas dari semakin banyaknya ponsel-ponsel murah  yang dijual di pasaran. Harga dan teknologi yang cukup bersaing pada ponsel  tersebut bisa menarik minat pembeli untuk membeli ponsel. Salah satu alasan  konsumen  dalam  membeli  barang  adalah harga  serta  karakteristik  yang  ada   pada  barang  tersebut.  Harga  sebuah  telepon  seluler  dipengaruhi  oleh  karakteristik-karakteristik  yang  melekat  pada  telepon  seluler  itu  sendiri  seperti  model,  konektivitas  jaringan  internet,  daya  tahan  baterai,  serta  pengaruh merek yang ada pada ponsel.
Penelitian  yang  dilakukan  oleh  Nazari,et.al (2011)  menunjukkan  bahwa  merek  HTC,  konektivitas  jaringan  nirkabel  atau  wifi,  fasilitas  layar  sentuh,  GPS  dan  setiap  kualitas  megapixel  kamera  berpengaruh  positif  terhadap  harga  ponsel  di  Iran. Hal  ini  menunjukkan  bahwa  karakteristikkarakteristik yang ada pada suatu barang berpengaruh terhadap harga barang  tersebut.
Berdasarkan  uraian  paragraf  sebelumnya,  peneliti  mencoba  menganalisis  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  harga  penawaran  telepon  seluler  dengan  menggunakan  metode hedonic  prices.  Adapun  judul  yang Faktor  Faktor yang Mempengaruhi  Harga  Penawaran  Telepon  Seluler  Dengan  Menggunakan  Metode  Hedonic Price(Studi Kasus Pada Retailer Telepon Seluler).
B.Perumusan Masalah.
Berdasarkanuraian  latar  belakang,  dirumuskan  masalah  penelitian  sebagai berikut:.
1.Bagaimana analisis pasar telepon seluler di Indonesia?.
2.Apa  saja  faktor-faktor  yang  berpengaruh  terhadap  harga  penawaran  telepon seluler dengan menggunakan metode hedonic price?.
 C.Tujuan Penelitian.
Berdasarkan  rumusan  masalah  penelitian  yang  telah  dikemukakan,  tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:.
1.Untuk mengetahui analisis pasar telepon seluler di Indonesia.
2.Untuk  mengetahui  faktor-faktor  yang  berpengaruh  terhadap  harga  penawaran telepon seluler dengan menggunakan metode hedonic price.
D.Manfaat Penelitian.
Apabila tujuan penelitian ini dicapai maka diharapkan dapat memberi  manfaat secara praktis maupun teoritispada hal-hal berikut ini: 1.Secara Teoritis.
Secara  teoritis,  hasil  penelitian ini diharapkan  mampu menambah  referensi  dalam  bidang  ilmu  ekonomi.  Ada  dua  bidang  kajian  dalam  penelitian  ini  yaitu  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  harga  penawaran  telepon seluler dan penggunaan pendekatan hedonic price.
2.Secara Praktis .
a. Bagi Produsen.
Metode hedonic  prices bisa  membantu  produsen  atau supplier untuk  mengetahui  seberapa  banyak  fitur-fitur  yang  ada  pada  produk  mereka  memiliki  nilai  di  mata  konsumen.Kemudian  mereka  bisa  memproduksi atau mengimpor ponsel yang memiliki fitur-fitur tersebut  sehingga akhirnya bisa meningkatkan nilai market shareproduk mereka.
b. Bagi Konsumen.

Membantu  konsumen  dalam  menentukan  pilihan  mengenai  atribut-atribut  apa  yang  ada pada  telepon  seluler  sebelum  membeli  telepon seluler yang mereka inginkan.   
Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Penawaran Telepon Seluler Dengan Menggunakan Metode Hedonic Price

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi