Rabu, 26 November 2014

Skripsi Ekonomi: Implementasi Strategi Produk Speedy Pada Pt. Telkom Kandatel Solo

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.LATAR BELAKANG MASALAH.
Skripsi Ekonomi: Implementasi Strategi Produk Speedy Pada Pt. Telkom Kandatel Solo
Saat  ini  kebutuhan  akan  teknologi  sangat  tinggi,  baik  itu  teknologi  informasi  maupun  telekomunikasi.  Perkembangan  teknologi  membuat  akses  informasi  maupun  komunikasi  menjadi  lebih  cepat  dan  mudah.  Perkembangan  teknologi yang paling terasa pesat adalah teknologi informasi, yang menghadirkan  banyak  pilihan  teknologi  dan  kecanggihannya.  Banyak pengguna  internet yang  membutuhkan  jasa  komunikasi informasi,  hal  ini membuat hadirnyaperusahaan  yang  menyediakan  jasa  komunikasi informasi.  Saat  iniinternet  sudah  menjadi  kebutuhan  pokok  masyarakat,  tidak hanya  untuk  sekedar  mencari  data  saja,  tapi  layanan  internet  juga  digunakan  untuk  kegiatan  lainnya  seperti  social  media,  mengunduh  file  foto,  lagu,  maupun  video.  Setiap  hari  banyak  orang  yang  menghabiskan  waktunya  untuk  menjelajahi  internet,  dengan  berbagai  alat  dan  berbagai  perusahaan  penyedia  layanan  internet  yang  menawarkan  paket-paket  internet  dengan  kualitas  kecepatan  dan  harga  yang  bersaing  sesuai  dengan  kebutuhan masyarakat.

Untuk  menghadapi persaingan yang ketat  ini  serta perubahan selera pasar,  PT. TELKOM Kandatel Solo sebagai salah  satu penyedia  layanan telekomunikasi  yang  dipandang  berkualitas oleh  masyarakatjuga  dituntut  untuk  bisa  melakukan  penyesuaian  yang  harus  tepat  dalam  perencanaan  strategi  produknya. Suatu  produk  harus  memiliki keunggulan  dari  produk  lainnya,  sehingga  dapatmenarik  minat  konsumen  dan  konsumen  mau  mencoba  serta  membeli  produk bahkan  berlangganan  produk  tersebut.  Menurut  Kotler  (2000:12)  “Produk  adalah  segala   sesuatu  yang  dapat  ditawarkan  untuk  memenuhi  kebutuhan  atau  keinginan”.
Produk  dipandang  penting  oleh  konsumen  dan  dijadikan  sebagai  dasar  pengambilan  keputusan.  Produk  merupakan  inti  dari  suatu  kegiatan  pemasaran,  jadi  suatu  produk  harus  memiliki  perbedaan  bahkan  keunggulan  dari  produk  lainnya  dari  segi  kualitas,  merek,  kemasan,  pelayanan,  dan  garansi,  sehingga  konsumen  berminat  membeli  produk  yang  ditawarkan  tersebut.  Sedangkan  menurut  Lamb,  Hair,  dan  Daniel  (2001  :  414)  produk  sebagai  salah  satu  yang  menguntungkan  ataupun  tidak,  yang  diperoleh  seseorang  melalui  sebuah  proses  pertukaran.  Produk  diperoleh  dari  proses  pertukaran  oleh  seseorang,  kelompok,  ataupun organisasi untuk memperoleh nilai atau manfaat dari produk tersebut.
Menurut Gitosudarmo (1999), Strategi  produk  adalah  suatu  strategi  yang  dilaksanakan  oleh  suatu  perusahaan  yang  berkaitan  dengan  produk  yang  dipasarkannya. Strategi produk tidak  hanya terpacu  pada produk yang dipasarkan  saja,  tetapi  juga  berhubungan  dengan  hal  lain  seperti  merek,  bungkus, desain,  pelayanan,  garansi, dan  sebagainya.Suatu  perusahaan  harus  mempunyai  strategi  produk  yang  tepat  yaitu  yang  efektif  dan  efisien  untuk  bisa  bertahan  dalam  persaingan  dengan  perusahaan  lain.  Selain  itu  menurut Tjiptono(2007) bauran  produk adalahkombinasi berbagai produk yang ditawarkan organisasi jasa kepada  para  pelanggan. Bauran produk  bervariasi  tergantung  pada tingkat  kedalamannya  (depth) dan keluasannya (width).
Berdasarkan uraian yang sudah diutarakan di atas penulis dalam penelitian  ini  akan  membahas  tentang  penerapan  strategi  produk  PT.  TELKOM  Kandatel  Solo.  Melalui  sebuah  penelitian  yang  berjudul  :  “IMPLEMENTASI  STRATEGI  PRODUK SPEEDY PADA PT. TELKOM KANDATEL SOLO”.
 B. RUMUSAN MASALAH .
Rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  bagaimanastrategi  produk  yang digunakan produk Speedy pada TELKOM KANDATEL SOLO?.
C.TUJUAN PENELITIAN.
Tujuan  dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  bagaimana  penerapan  strategi  produk  Speedy  pada  TELKOM  KANDATEL  SOLO. Upaya  apa saja  yang  dilakukan  untuk  menarik  perhatian  konsumen  dengan  strategi  produk yang diterapkan.
D.MANFAAT PENELITIAN.
1) Bagi Akademisi.
Laporan  ini  dapat  digunakan  sebagai  bahan  informasi  dan  referensi  yang  digunakan  sebagai  pembanding  dan  pengembang  dalam melakukan  penelitian.
Selain itu, untuk informasi kepada masyarakat tentang produk-produk Speedy.
2) Bagi Praktisi.
Laporan  ini  dapat  digunakan  dalam  perusahaan  sebagai  informasi  untuk  pengambilan  keputusan di  waktu yang  akan datang.Juga  untuk  memperkenalkan produk, serta strategi produk yang digunakan.
 E. METODE PENELITIAN.
1. Desain Penelitian.
Desain  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  menggunakan  desain  kasus.  Digunakan  untuk  menjawab  pertanyaan  yang  telah  dirumuskan  dalam  perumusan masalah.
2. Objek Penelitian.
Penelitian dalam rangka penulisan laporan tugas akhir  ini  dilaksanakan di  PT.TELKOM KANDATEL SoloJl. Mayor Kusmanto No. 01 Solo. PT. TELKOM  KANDATEL  Soloadalah  satu-satunya  perusahaan telekomunikasi dan  informasi  terbesar di kota Solo yang dimilikiolehBUMN.
3. Sumber Data.
a. Data Primer.
Data  primer adalah  data  yang diperoleh  secara  langsung  dari  perusahaan.
Pengumpulandata primer dilakukan penulis dengan melakukan pengajuan wawancara  langsung  kepada  asisten  manajer  dan  karyawan untuk  memperoleh data sehubungan dengan objek yangditeliti.
b. Data Sekunder .
Data sekunder  adalah  data  yang  tidak  diperoleh  secara  langsung  dari  sumbernya  tapi  didapat  dari  literature  dan  referensi  yang  mendukung  penelitian. Data  diperoleh  dari  buku  resmi  perusahaan  dan  arsipdari  perusahan.
 4. Teknik Pengumpulan Data.
Metode  yang  digunakan  untuk  memperoleh  data-data  yang  diperlukan  adalah  dengan  melakukan  metode  wawancara. Wawancara  merupakan  teknik  pengumpulan data dengan mengadakan tanya  jawab  langsung dan tidak langsung  dengan pihak perusahaan PT Telkom Kandatel Solo.
5. Teknik Pembahasan.
Teknik  pembahasan  yang  dilakukan  dalam  penelitian  laporan  tugas  akhir  ini  adalah  pembahasan  berupa  deskriptif  kualitatif. Deskriptif  kualitatif  adalah penelitian  yang  dilakukan  untuk  mengetahui  nilai  variabel  mandiri,  baik  satu  variabel  atau  lebih  (independen)  tanpa  membuat  perbandingan,  atau  menghubungkan  dengan  variabel  yang  laindan  data  yang  diperoleh berbentuk  kata,  skema,  dan  gambar(Sugiyono  :  2003). Dalamhal  ini  akan  dilakukan  penelitian  terhadap  “ IMPLEMENTASI  STRATEGI  PRODUK  SPEEDY  PADA  PT TELKOM KANDATEL SOLO”.

 Skripsi Ekonomi: Implementasi Strategi Produk Speedy Pada Pt. Telkom Kandatel Solo

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi