Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Implementasi Strategi Positioning Dalam Meraih Potensi Pasar Baru Pada Pt. Jaya Asri Garmindo Di Karanganyar

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Implementasi Strategi Positioning Dalam Meraih Potensi Pasar Baru Pada Pt. Jaya Asri Garmindo Di Karanganyar
Perekonomian  dunia  mengalami  perubahan  sejak  dasarwarsa  tujuh  puluh  hingga  tahun  2000  an   yang  bersifat  mendasar  atau  struktural  serta  mempunyai  kecenderungan jangka panjang  dan konjungtural.  Perubahan dan  perkembangan ini  dikenal  orang  dengan  istilah   globalisasi. Perkembangan  dunia  saat  ini  tidak  bisa  dilepaskan  dari  proses  globalisasi  yang  sangat  masif  d i  abad  21. Eraglobalisasi  memungkinkan  batas-batas  suatu  negara  tidak  lagi  menjadi  permasalahan.  Hal  ini  disebabkan  karena  adanya  kemajuan  penyebaran  teknologi  informasi  yang  memberikan  solusi  atashambatan-hambatan  internasional  terutama  masalah  waktu  dan batas wilayah.

Globalisasi  mencakup  seluruh  aspek  kehidupan,  tidak  terkecuali  di  bidang  perdagangan.  Perdagangan yang terjadi  saat  ini  tidak terhambat  oleh  kendala ruang  dan  waktu  dalam  hal  transaksi.  Perdagangan  dapat  dilakukan  antar  negara  dengan  jarak  yang  jauh  hanya  dengan  memanfaatkan  teknologi  sebagai  akibat  adanya  globalisasi  di  bidang  perdagangan  ini  tanpa  harus  bertemu  langsung.  Perdagangan  antar  negara  sudah  terjadi  sejak  khususnya  di  Indonesia  sudah  berlangsung  sejak  kemerdekaan negara ini, namun baru mulai populer beberapa dekade ini yaitu setelah   munculnya globalisasi perdagangan antar negara, atau sering kita sebut dengan istilah  ekspor impor.
Perdagangan  internasional  atau  ekspor  impor  berbeda  denganperdagangan  dalam  negeri. Ini dapat dilihat dari beberapa  poin mengenai sistem  kerja keduanya.
Perdagangan  internasional  melibatkan  dua  negara  atau  lebih  yangmasing-masing  memiliki  kebijakan  politik,  ekonomi,  sosial,  serta  budaya  yang  berbeda. Perbedaan  ini  yang  menyebabkan  Ekspor  lebih  kompleks  dibandingkan  perdagangan  lokal.
Kegiatan  ekspor  memiliki  nilai  ekonomi  yang  sangat  penting,  baik  bagi  perkembangan industri itu sendiri maupun bagi perekonomian suatu negara. Manfaat  yang  diperoleh  dengan  adanya  perdagangan  internasional  salah  satunya  adalah  peningkatan pendapatan negara melalui devisa.
Indonesia  adalah  salah  satu  dari  banyak  negara  yang  telah  berpartisipasi  dalam  perdagangan  internasional  karena  perubahan  paradigma  lama  menuju  pandangan baru yang menyatakan bahwa tidak ada negara yang dapat mengisolasikan  dirinya dari arus globalisasi perdagangan yang sedang melaju dengan cepat. Kegiatan  ekspor  tersebut  selain  menambah  devisa  negara,  juga  dapat  mengurangi  pengangguran  melalui  penyerapan  tenaga  kerja  oleh  perusahaan  yang  mana  pengangguran telah menjadi masalah perekonomian skala makro di Indonesia. Ekspor  juga  dapat  meningkatkan  keharmonisan  hubungan  bilateral  antar  negara  yang  melakukan transaksi.  Ini  dapat dilihat  dari maraknya  kerjasama internasional dalam  bidang ekonomi perjanjian kawasan perdagangan bebas di Asia Tenggara atau biasa  disebut dengan AFTA (ASEANFree Trade Area) yang juga melibatkan Indonesia.
 Pembangunan  perekonomian  di  Indonesia dalam  sepuluh  tahun  terakhir  mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Hal ini ditandai dengan banyak berdirinya  perusahaan-perusahaan  baru  yang  khususnya  bergerak  dalam  bidang  perdagangan  yang  berorientasi  pada  perdagangan  luar  negeri.  Perdagangan  memegang  peranan  penting  dalam  menjaga  stabilitas  perekonomian  Indonesia.  Semakin  kompleksnya  kebutuhan  mayarakat  era  globalisasi  ini akan  membuka peluang danpotensi  pasar baru yang secara tidak langsung akan meningkatkan intensitas transaksi perdagangan  ekspor-impor yang dilakukan oleh perusahaan di Indonesia.
Komoditi ekspor beberapa perusahaan di Indonesia terutama adalah Garment.
Komoditi  Garment  ini  mengalami  perkembangan  yang  cukup  pesat  dalam  perdagangan  internasional  sehingga  menjadi  komoditi  yang  mengalami  tren positif  dalam  transaksi  ekspor  impor.  Hal  ini  dikarenakan Garment  merupakan  kebutuhan  primer  bagi  setiap  individu,  sehingga  prospek  industri  ini  memiliki  peluang  yang  terbuka  lebar.  Melihat  potensi  pasar  yang  memiliki  prospek  cerah  ini,  berdirilah  sebuah industri pada tahun 2004 yaitu PT. Jaya asri garmindoyang selanjutnya akan  disingkat  menjadi  PT. JAG. PT. JAGadalah  salah  satu  perusahaan  yang  bergerak  dalam  bidang  perdagangan  tekstil  dalam  skala  internasional.  Perusahaan  ini  telah  menjadi salah  satu supplier  tetap  produk  pakaian  bagi  perusahaan  retail  terbesar  di  dunia yaitu Wal-Mart  dan juga menjalin kerjasama dengan beberapa brand terkenal  seperti  Levi’s  Strauss, Esprit, Billabong, O’Neilldan Massimo Dutti. Keberhasilan  memanfaatkan potensi perdagangan internasional oleh PT. JAGini tidak didapatkan  melalui  usaha yang  mudah  karena perdagangan  internasional  memerlukan  suatu   upaya  untuk  memaksimalkan  perolehan  peluang  pasar  yang  telah  ditargetkan.
Namun,PT. Jaya asri  garmindomembuktikan bahwa hal  ini dapat  tercapai melalui  “Pemasaran” yang kuat efektif, efisien dan tepat. Pemasaran merupakansuatu proses  sosial dan managerial yang membuat individu  dan  kelompok memperoleh  apa yang  mereka butuhkan dan inginkan  lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk  dan nilai  dengan  orang  lain(Philip  Kotler, 2003). Pasar  merupakan  sasaran utama  berlangsungnya  pemasaran. Mengenali  karakteristik  pasar  dan  struktur  pasar  sangatlah  menguntungkan  bagi  perusahaan  untuk  dapat  tetap  bersaing  dan survive (kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan hendaknya  dianalisis  sehingga  menjadi  sebuah  titik  tolak  yang  kuat  buat  perusahaan  dalam  mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posisinya dari  para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal  ini  dapat  juga  sebagai  tolak  ukur  dalam  sukses  atau  tidaknya  sebuah  perusahaan  dalam  pencapaian  tujuannya.  Selain  itu  efektifitas  dan efisiensi  dalam  menjalankan  operasional  perusahaan  juga  memegang peranan  penting.  Efesiensi  yang dimaksud  adalah  strategi  pemasaran  yang  dilakukan  dengan  perhitungan  dan  pertimbangan  yang tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operasional maupun  dalam  biaya  promosi  maupun  iklan  dan  efektifitas  yang  dimaksud  ialah pemilihan  stategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan  sehingga  sasaran yang  ditetapkan  dapat  tercapai. Strategi  pemasaran  yang  cukup  efektifpada era globalisasi  ini salah satunya adalah Strategi Positioning(Penetapan   posisi). Menurut Al-Ries dan Jack Trout (2002). “positioningis not what you do to a  product, positioningis what you  do to the  mind of the prospect. that is you  position  the product in the mind of prospect”.
Perspektif  positioning menyatakan  bahwa positioning mencakup  isu-isu  komunikasi yang berhubungandengan psikologi positioningsuatu produk  yang ada  ke dalam benak konsumen. Dengan kata lain, fokus positioningadalah menanamkan  positioning (image) yang  diinginkan  dalam  benak  konsumen  dan  bukannya  berkenaan  dengan  produk  itu  sendiri.  Jadi  sebagai  pemasar  harus  benar-benar  memperhatikan hal ini. Karena suatu image yang baik yang tercipta dalam pemikiran  konsumen  akan  menimbulkan pemikiran  yang  positif  tentang  apa  yang  akan  atau  telah  dilakukan.  Positioningmenjadisalah  satu  strategi  pemasaran  yang  efektif  dalam  menghadapi  persaingan  perdagangan  dalam  era  globalisasi  ini  khususnya  dalam  konteks  perdagangan  internasional  atau  ekspor.  Strategi  inilah  yang  telah  diterapkan  dengan baik  oleh PT. Jaya  asri  garmindosehingga perusahaan  ini  tetap  pada  jalur  persaingan  industri tekstil yang  semakin sengit  dan tetap dapat bertahan  hingga saat ini.
Berdasarkan uraian di atas, pembahasanguna memperoleh pengetahuan lebih  mendalam  serta  pemahaman  tentang  strategi positioning dilakukan  dengan mengangkat  judul  “Implementasi  Strategi PositioningDalam  Meraih  Potensi  Pasar Baru pada PT. Jaya asri garmindodi Karanganyar”.
 B. Perumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  maka  penulis  tertarik  untuk  membahas  permasalahan  tersebut  dengan  menitik  beratkan  pada  perumusan  masalah  sebagai  berikut :.
1. Bagaimana  Implementasi  Strategi Positioning (Penetapan  posisi) ekspor  garment pada PT. Jaya asri garmindodi Karanganyar ?.
2. Bagaimana  potensi  pasar  yang  terbuka  oleh  adanya strategi  pemasaran  Positioning(Penetapan posisi)ekspor garmentpada PT. Jaya asri garmindodi  Karanganyar ?.
3. Hambatan-hambatan  atau  kendala  apa  saja  yang  dialami PT.  Jaya  asri  garmindodi Karanganyar dalam menerapkan strategi penetapan posisi?.
C. Tujuan Penelitian.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar penelitian tersebut dapat memberikan  mafaat dan menambah  pengetahuan  bagi pembaca. Adapun penelitian  ini bertujuan  untuk :.
1. Mengetahui Implementasi  Strategi  Positioning (Penetapan  posisi) ekspor  garment pada PT. Jaya asri garmindodi Karanganyar.
 2. Mengetahuipotensi  pasar  yang  terbuka  oleh  adanya strategi  pemasaran  Positioning(Penetapan posisi)ekspor garmentpada PT. Jaya asri garmindodi  Karanganyar.
3. Mengetahui hambatan yang  dialami PT. Jaya  asri  garmindodi  Karanganyar  dalam menerapkan strategi penetapan posisi.
D. Manfaat Penelitian.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat baik bagi penulis, perusahaan,  pihaklain, maupun pembaca.
1. Bagi Penulis Dapat  mengaplikasikan  ilmu  pengetahuan  yang  didapat  dibangku  kuliah  khususnya tentang strategi pemasaran Menambah  dan  memperluas  pengetahuan dan  cara  pandang  terhadap  suatu  masalah perekonomian terutama dalam skala mikro yaitu siklus perusahaan.
Memberikan gambaran keadaan riil bagi penulis dalam perusahaan 2. Bagi Perusahaan Sebagai  pertimbangan  dan  dasar  penentuan  dalam  perencanaan  strategi  pemasaran yang akan datang Dapat  membantu perusahaan dalam  mengukur efektifitas  pemasaran melalui  metode positioningpada skala ekspor  Memberikan  masukan  bagi  perusahaan  terhadap  permasalahan  khususnya  dalam aspek pemasaran 3. Bagi Pihak Lain Sebagai  referensi  dan  media  pembelajaran  bagi  seluruh  elemen  kehidupan  sosial terutama bagi pihak yang berkepentingan dalam permasalahan strategi  pemasaran melalui positioning Memnberikan gambaran  mengenai  metode  pemasaran positioningbagi  pihak  yang berkepentingan dengan hal ini.
Sebagai  media  informasi  yang  menambah  pengetahuan  penulis  jurusan  DIII  Manajemen  Perdagangan  tentang  adanya  metode  pemasaran  positioning dalam  kaitanya dengan upaya peningkatan  kualitas  sumber daya para  pelaku  pemasaran.
4. Bagi Pembaca Penelitian  ini  diharapkan  dapat  sebagai  masukan  untuk  penelitian  dengan  topik yang sama.
Sebagai referensi bagi pembaca yang tertarik dengan bidang pemasaran.
Sebagai  sarana menambah pengetahuan  dalam  bidang  pemasaran  khususnya  melalaui positioning, dan juga memberikan gambaran tentang perusahaan PT.
Jaya asri garmindoyang menjadi objek penelitian.

  Skripsi Ekonomi: Implementasi Strategi Positioning Dalam Meraih Potensi Pasar Baru Pada Pt. Jaya Asri Garmindo Di Karanganyar

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi