Senin, 24 November 2014

Skripsi Ekonomi: Kontribusi Penerimaan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008-2012

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Gambaran Umum Perusahaan.
1. Sejarah Singkat DPPKAD Kabupaten Sukoharjo.
Skripsi Ekonomi: Kontribusi Penerimaan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008-2012
Peraturan  Pemerintah Nomor  38  Tahun 2007  tentang  “Pembagian  urusan  pemerintah  daerah  kabupaten/kota”  dan  Peraturan  Pemerintah  Nomor  41  Tahun  2007  tentang  “Organisasi  perangkat  daerah”  maka  terbentuklah  organisasi  dinas  daerah  yaitu  Dinas  Pendapatan  Pengelolaan  Keuangan dan Aset Daerah atau disingkat menjadi DPPKAD yang terletak  di Jl. Kyai Muwardi Nomor 01 Sukoharjo.

DPPKAD Kabupaten  Sukoharjo  berdasarkan  peraturan  daerah  Kabupaten  Sukoharjo  bertugas  sebagai  pelaksana  otonomi  daerah  berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dan dipimpin oleh seorang  kepala dinas, berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada bupati  melalui sekretaris daerah. DPPKAD mempunyai fungsisebagai berikut: a. Perumusan  kebijakan  teknis  di  bidang  pendapatan,  pengelolaan  keuangan dan aset daerah.
b. Penyelenggaraan  urusan  pemerintah  dan  pelayanan  umum  di  bidang  pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah.
c. Pembinaan  dan  pelaksanaan tugas di  bidang pendapatan, pengelolaan  keuangan dan aset daerah.
d. Penyusunan kebijakan pemungutan Pajak Daerah.
e. Pendataan, penilaian dan penetapan Pajak Daerah.
 f. Pengolahan data dan informasi Pajak Daerah.
g. Pelayanan Pajak Daerah.
h. Penagihan Pajak Daerah.
i. Pengawasan dan penyelesaian sengketa pemungutan Pajak Daerah.
j. Pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi.
k. Pengkoordinasian,  fasilitasi,  dan  pembinaan  kegiatan  di  bidang  pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah.
l. Pelaksanaan,  monitoring,  evaluasidan  pelaporan  kegiatan  di  bidang  pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah.
m. Pengelolaan urusan ketatausahaan.
Menurut  UU  Nomor  22  Tahun  1999,  sumber  penghasilan  daerah  adalah sebagai berikut:  a. Pendapatan Asli Daerah yang terdiri atas: 1)Hasil Pajak Daerah.
2)Hasil Retribusi Daerah.
3)Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.
4)Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah.
b. Dana Perimbangan.
c. Lain-lain pendapatan daerah yang sah.
2.Susunan Organisasi Adapun susunan organisasi DPPKAD Kabupaten Sukoharjo sebagai  berikut: a. Kepala Dinas.
 b. Sekretariat yang terdiri atas: 1)Subbidang Program.
2)Subbidang Keuangan.
3)Subbidang Umum dan Kepegawaian.
c. Bidang anggaran yang terdiri atas: 1)Seksi Perencanaan Anggaran.
2)Seksi Penyusunan Anggaran.
3)Seksi Pelaksanaan Anggaran.
d. Bidang Pendapatan yang terdiri atas: 1)Seksi Pendaftaran dan Pendataan.
2)Seksi Penetapan.
3)Seksi Penerimaan, Penagihan dan Pelaporan.
e. Bidan Perbendaharaan yang terdiri atas: 1)Seksi Perbendaharaan I.
2)Seksi Perbendaharaan II.
3)Seksi Perbendaharaan III.
f. Bidang Akuntansi yang terdiri atas: 1)Seksi Akuntansi.
2)Seksi Verifikasi.
3)Seksi Fasilitasi Penyusunan Laporan Keuangan.
g. Bidang Kas yang terdiri atas: 1)Seksi Penerimaan.
2)Seksi Pengeluaran.
 3)Seksi Pengendalian dan Pelaporan.
h. Bidang Aset dan Investasi Daerah yang terdiri atas: 1)Seksi Penatausahaan Aset Daerah.
2)Seksi Pendayagunaan Aset Daerah.
3)Seksi Perubahan Status Hukum.
i. UPTD Unit Pelaksana Teknis Dinas.
j. Kelompok Jabatan Fungsional.
3.Deskripsi Jabatan a.Kepala Dinas.
Dinas  DPPKAD  dipimpin  oleh  seorang  Kepala  Dinas  yang  mempunyai  tugaspokok  melaksanakan  urusan  pemerintah  daerah  di  bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah.
b.Sekretariat.
Mempunyai  tugas  melaksanakan  fungsi  kesekretariatan  meliputi  keseluruhan  aktivitas  mengenai  umum  dan  kepegawaian,  program  serta  keuangan yang diserahkan dan menjadi tanggung jawab pada sekretariat.
1) Subbidang Program.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  kegiatan  perencanaan,  monitoring,  evaluasi  dan  pelaporan  pelaksanaan programkegiatan.
 2) Subbidang Keuangan.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  kegiatan  administrasi  keuangan  dan  pelaporan  pertanggungjawaban keuangan.
3) Subbidang Umum dan Kepegawaian.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  kegiatan  administrasi  umum  organisasi  dan  tata  laksana,  pengurusan  rumah  tangga,  perlengkapan  dokumentasi,  perpustakaan  dan  kearsipan  serta  pengelolaan  administrasi  kepegawaian.
c. Bidang Anggaran.
Mempunyai  tugas  melaksanakan  fungsi  perencanaan,  penyusunan  anggaran  dan  meliputi  sebagian  aktivitas  mengenai  pelaksanaan anggaran, anggaran penerimaan, penyusunan anggaran  belanja  dan  pelaksanaan  anggaran  yang  diserahkan  dan  menjadi tanggung jawab pada bidang anggaran.
1) Seksi Perencanaan Anggaran.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang perencanaan anggaran.
2) Seksi Penyusunan Anggaran.
 Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang penyusunan anggaran.
3) Seksi Pelaksanaan Anggaran.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang pelaksanaan anggaran.
d.Bidang Pendapatan.
Mempunyai  tugas  melaksanakan  fungsi  perencanaan,  penyusunan  anggaran  dan  meliputi  sebagian  aktivitas  mengenai  pelaksanaan anggaran, anggaran penerimaan, penyusunan anggaran  belanja  dan  pelaksanaan  anggaran  yang  diserahkan  dan  menjadi  tanggung jawab pada bidang pendapatan.
1) Seksi Pendaftaran dan Pendataan.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan  pemberian  bimbingan  di  bidang  pendaftaran  dan  pendataan.
2) Seksi Penetapan.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang penetapan.
3) Seksi Penerimaan, Penagihan dan Pelaporan.
 Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan  pemberian  bimbingan  di  bidang  penerimaan,  penagihan  dan pelaporan.
e. Bidang Perbendaharaan.
Mempunyai  tugas  melaksanakan  fungsi  perbendaharaan  meliputi  keseluruhan  aktivitas  penerbitan  Surat  Pencairan  Dana  (SP2D)  untuk  pembayaran  berdasarkan  Surat  Perintah  Membayar  (SPM)  dari  permintaan  pengguna  anggaran  SKPD  atas  beban  rekening kas umum daerah.
1) Seksi Perbendaharaan I.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang perbendaharaan I.
2) Seksi Perbendaharaan II.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di b idang perbendaharaan II.
3) Seksi Perbendaharaan III.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang perbendaharaan III.
f. Bidang Akuntansi.
 Mempunyai  tugas  melaksanakan  fungsi  perencanaan,  penyusunan  anggaran  dan  meliputi  sebagian  aktivitas  mengenai  pelaksanaan anggaran, anggaran penerimaan, penyusunan anggaran  belanja  dan  pelaksanaan  anggaran  yang  diserahkan  dan  menjadi  tanggung jawab pada Bidang Akuntansi.
1) Seksi Akuntansi.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang akuntansi.
2) Seksi Verifikasi.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang verifikasi.
3) Seksi Fasilitasi Penyusunan Laporan Keuangan.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan  pemberian  bimbingan  di  bidang  fasilitasi  penyusunan  laporan keuangan.
g. Bidang Kas.
Mempunyai  tugas  melaksanakan  fungsi  perencanaan,  penyusunan  anggaran  dan  meliputi  sebagian  aktivitas  mengenai  pelaksanaan anggaran, anggaran penerimaan, penyusunan anggaran  belanja  dan  pelaksanaan  anggaranyang  diserahkan  dan  menjadi   tanggungjawab pada bidang kas.
1) Seksi Penerimaan.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di bidang penerimaan.
2) Seksi Pengeluaran.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan pemberian bimbingan di b idang pengeluaran.
3) Seksi Pengendalian dan Pelaporan.
Mempunyai  tugas  pokok  dalam  penyiapan  bahan  perumusan  kebijakan,  koordinasi,  pembinaan,  pengendalian  dan  pemberian  bimbingan  di  bidang  pengendalian  dan  pelaporan.
Skripsi Ekonomi: Kontribusi Penerimaan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008-2012



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi